6 kegiatan yang bisa dilakukan ditengah kemacetan jalan

Gaya ditengah macet 😆

Macetsss Jakarta emang fenomenal yaa.. dan udah bikin gak betah banget, hampir gak pernah ke Jakarta kalau gak ada urusan penting, hmm.. apalagi puasa – puasa gini… syukurnya hari ini gak panas, hujan rintik bikin adem setelah beberapa hari panas banget. Apa nih nanti menu buat buka puasa? Hihi… masih siang aja dah mikir menu.. #dikeplakmassa. Selamat berpuasa yaa buat mantemanku yang menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir bathin. Berhubung masih ditengah macet, daripada bosen.. biasanya kegiatan apa sik yang bikin asik ditengah macet?? 😆

1. Selfie..

Iyakan, selfie nih jadi semacam hobbie ummat hahhaha… boleh – boleh aja selfie… asalkan gak berlebihan. Pemandangan yang itu itu aja bikin mumet kan.. selfie bisa jadi penghibur diri, tapi inget yaaa… selfienya dalam batas wajar aja, kalau gak nanti dianggap kelainan jiwa lhoo.. hihi..

2. Dengerin radio

Ho’oh.. dengerin musik – musik yang bikin ceria bisa jadi obat stress juga supaya gak bosen ditengah macet. Biasanya aku cari lagu – lagu yang santai enak di dengar telinga, apalagi kalau hapal liriknya.. asik bisa sambil nyanyi – nyanyi serasa diatas panggung konser #apasih.. 😂. Dan sekarang aku lagi dengerin lagu Dido, lumayankan.. dari lagu bisa nostalgia hehe..

I know you think that I shouldn’t still love you,
Or tell you that.
But if I didn’t say it, well I’d still have felt it
Where’s the sense in that?

I promise I’m not trying to make your life harder
Or return to where we were

But I will go down with this ship
And I won’t put my hands up and surrender
There will be no white flag above my door
I’m in love and always will be

White flag – Dido

3. Rumpi

Rumpi yang positif aja deh mending, apalagi ini puasa, nanti jatohnya jadi ghibah kalau rumpinya negatif hihi… tapi ini kalau lagi ada teman disamping kamu, kalau gak, iiihhh… rumpi ama siapa itu?? 😮😫

4. Chatting atau telepon

Ya jelas aja kalau lagi nyetir sebaiknya tinggalkan kegiatan ini, kalau masih dilakukan… sungguh ter – la – lu… kata bang Rhoma.. ehem… berhubung aku lagi ada di taxi online, bisa dong santai chatting 😜

5. Ngemil

Kalau lagi gak puasa, ngemil juga bisa asik buat obat stress ditengah macet. Bisa pilih yang gampang di kunyah yaa.. gak bikin ribet di mobil… yakali.. mau piknik makan durian di mobil 😂 #gaje

6. Baca buku, atau liatin foto/video di galery di gadget kamu.

Ini tergantung, ada yang baca di mobil ngerasa mual, tapi kalau liatin foto tu kadang bikin happy ya.. 😊. Jadi tinggal pilih, kamu mau kegiatan yang mana kalau lagi kena jebakan macet di jalan?.

Kamu ada ide lain?

Tentang Rasa (Curhat karena film – Bukan Review)

Beberapa kali nonton film tentang masak – masak atau tentang dunia kuliner berhasil bikin aku betah nontonnya, gak cuma liat makanan – makanannya yang bikin ngiler, tapi usaha para chef atau para pecinta masak – memasak ini yang selalu bikin penasaran.

Ada beberapa film masak – masakan ini yang bikin aku terbayang – bayang, tapi kadang mau nontonnya gak tau kapan hahaha… jadi sering telat nontonnya, udah gak kekinian lagi, tapi menurut aku masih seru aja sih buat ditonton, jadi emang kebanyakan nonton di rumah dibandingkan di bioskop. Biasanya nonton udah santai, udah ga ada lagi kerjaan/tugas negara di rumah, kalau gak santai kurang menghayati ceritanya gitu lhoo hihihi..

Burnt

Film yang dibintangi Bradley Cooper sebagai Adam Jones. pertama kali nonton film ini karena aku tertarik sama mas Bradley ini hahaha… tapi di film ini om Bradley keliatan galak, wajar juga sih.. karena berperan sebagai chef yang selalu menuntut kesempurnaan, kalau gak sempurna siap – siap nampung piring terbang yang dilempar Adam hahaha.. Effect emosi Adam yang kadang meledak – ledak dan kadang – kadang menghina rekannya ini dilatar belakangi adanya pemakaian narkoba. Adam Jones sebenarnya termasuk koki cerdas tapi kebiasaan hidupnya buruk. Gara – gara narkoba, restoran milik Adam Jones hancur. Tapi sisi baiknya, Adam mulai sadar atas kesalahannya dan ingin segera bangkit dari keterpurukannya.

Pinterest

Seperti film lainnya tentang dunia masak tentu aja kita dikasih pemandangan yang menyenangkan yaitu bagian ‘garnish’, menata makanan semenarik mungkin mengundang selera makan. Kadang memang iya siiih… kalau masak tuh pengennya lengkap, sempurna, kalau bisa tenaga gak ada abisnya supaya bisa masak banyak. Kadang seneng dan penasaran cobain resep simple, enak, dan disukai Aya dan Faeyza, tapi kalau ternyata masakan gagal gak sampe ada piring terbang sih hahahaha… masih sayang sama piringnya kok :p hahaha.. Nah, nonton film Burnt ini sebenarnya aku nonton dari H*O, beberapa kali tayang tetep aja gak sempat nonton dari awal, padahal penasaran.

Ratatouille

Pinterest

Nah!.. film ini tentang dunia masak yang gak ada matinya menurut aku, suka sama film ini, ditonton berulang – ulang juga gak ada bosennya. Walau gak suka dan sedikit gak terima “gimana bisa manusia dikendalikan tikus yang jago masak?” hahaha… Gak masuk akal memang, tapi ceritanya bagus dan gak bosenin.

Pengalaman si tikus yang menyebalkan pasti semua pernah ngalamin kan?, termasuk aku juga. Jadi ceritanya emang dapurku tuh ada bukaan diatas, supaya kalau masak gak kepanasankan, akibatnya lumayan sering tikus – tikus selalu bikin aku kaget kalau aku lagi beraktivitas di dapur, nyebelin banget deh kalau gini… udah geli, sebel sama jorok dan baunya, pokoknya sebisa mungkin usir tikus sejauh – jauhnya dan udah coba segala macam cara usir tikus.

Beberapa cara yang pernah aku lakukan :

– Pake Lem tikus, tapi ternyata tikusnya pinter – pinter, bisa ngerti kalau lem itu berbahaya untuk mereka. Alhasil
tikus – tikus itu bisa menghindar dari lem tikus, dan para tikus masih bebas berkeliaran di dapur. Ampuun deh..
bukan aja bau tapi juga bikin berantakan.. Oh mereka mungkin udah kena radiasi otak yang bisa bikin pinter kali
ya??? Makin geregetan sebel aja liat mereka bisa bebas dari lem tikus.

– Balsem dan Kapur Barus
Ini sebenarnya hasil browsing, awalnya lumayan manjur. Jadi kapur barus aku olesin pake balsem super pedas, terus
disebar ke tempat – tempat tikus biasa singgah, dilalah… pas baru nyebar kapur barus yang udah dioles balsem itu,
gak sengaja air dari mesin cuci tumpah (lagi nyuci).. tumpah ruah… alias banjir di dapur.. huaaa… bikin panik…
tapi bau dapur jadi enak.. bau mint hahahaha… lumayan tikus – tikus gak mampir lagi ke dapur.

– Tapiiiii … mau gak mau jadi harus rajin olesin balsem pada kapur barus, terus disebar.. yaa ampun boros juga
jadinya, akhirnya ambil jalan paling manjur. Tutup akses keluar masuk si tikus, beres! Dapurku sekarang gak ada
tikus, ‘say No to Tikus’ walau tikus berbentuk Ratatouille aku gak mau hahaha..

Cloudy with a Chance Meatballs

Pinterest

Film produksi tahun 2009 ini tentang peledakan makanan dari mesin ‘Flint Lockwood Diatonc Super Mutating Dynamic Food Replicator’ yang diciptakan Flint Lockwood (Bill Hader). Dan terjadilah banjir permen, ice cream, burger, cake, dan lainnya.

Ini sih kayak impian masa kecil ya.. Dulu tu aku waktu SD suka nyebayangin ada hujan Pizza atau es krim, maklum .. zaman aku kecil dulu masih jarang yang jualan Pizza, dan aku dilarang makan es krim. Jadi kalau bisa hujan es krim, permen, pizza, donat.. kan lumayan gak perlu beli diam – diam kan.. soalnya gratis dan banyak hahaha.. Tapi omong – omong banjir makanan tu berasa pada waktu acara nikahan aku dan adek – adekku, iyalah.. masa hajatan makanan kurang hihihi.. maaf ini gak ada maksud. Cerita banjir makanan lagi aku dapatkan dari guru ngajiku, karena guru ngajiku ngajarnya sukarela, jadi para murid – muridnya yang belajar di rumahnya malah banyak yang ngasih makanan, malah sering berlebih katanya… Wah memang ya.. janji Allah itu tepat, akan memberikan lebih kalau kita mau sedekah. Ilmu mengajar ngaji dengan sukarela juga termasuk sedekah kan?

The Hundred Foot Journey

Dalam film ini kira – kira bisa dikatakan “cinta datang karena terbiasa”, walaupun latar belakangnya tentang dunia kuliner. Bumbu asmaranya juga terasa. Seperti belajar bagaimana perbedaan itu begitu indah lewat film ini. Dua budaya dan dua resep rahasia bersatu, antara India dan Perancis, berlomba – lomba untuk mendapatkan pelanggan, antara restoran India milik Hasan Kadam, dan restoran Perancis milik Madame Mallory.
Kalau masakan India aku gak gitu suka, mungkin karena belum dapat yang pas ya.. atau memang belum ada yang sesuai selera aja. Mungkin ada yang merekomendasikan makanan India yang enak itu apa aja? hehe..

An American Girl : Grace stir up success

Aku suka film ini! Film remaja tanggung yang punya passion di dunia baking. Ceritanya sederhana tapi bagus. Grace (Olivia Rodrigo) begitu besar keinginannya untuk membantu nenek dan kakeknya. Toko kue milik kakek dan neneknya Grace dalam keadaan pailit, tentu aja Grace gak rela toko kue kakek neneknya tutup, akhirnya Grace mencoba peruntungan ikut Masterchef Junior. Dengan hadiah yang menggiurkan, Grace berpikir kalau dia bisa menang, hadiahnya bisa membantu toko kue kakek dan nenek tetap exist. Grace ini benar – benar melakukan tindakan ‘out the box’. Selama lomba Grace sangat tenang, dan mempunyai ide diluar dugaan siapapun, termasuk juri.

Tertarik waktu liat warna – warna kuenya, cupcake, macaron.. hmm… kue – kue manis menurutku aku kurang suka krim topping pada cupcake, tapi suka bolunya. Kalau macaron.. ups.. maaf.. lidahku juga gak cocok sama kue yang popular di Perancis ini, terlalu manis bagi aku hehe… Belum pernah coba bikin macaron dan cupcake, rasanya tingkat kesabaranku terbatas bikin – bikin kue yang harus penuh ukiran sana sini. :p.

My Heart twinkle twinkle

Photo by : koreandrama.org

Tiba – tiba nyasar ke film Korea. Walaupun film ini gak booming, tapi ada sisi cerita tentang rasa (kuliner). Usaha Soon Soo mendirikan restoran ayam yang harus bersaing dengan Woontak, pria berdarah dingin yang justru jadi kakak ipar Soon Soo. Soon Soo tipe cewek yang gak gampang nyerah, dia merintis usaha restoran ayamnya dari nol, dalam keterpurukan pun dia jalanin. Walaupun harus bersaing kuat dengan Woontak. Dan akhirnya Soon Soo tau bahwa Woontak adalah pembunuh ayahnya (bapak mertua Woontak). Akhir ceritanya sih happy ending, Woontak akhirnya sadar dengan kesalahannya. Soon Soo malah punya restoran ayam yang besar dan laris.
Ayam yang disajikan adalah ayam tepung semacam K*C gitu.. aku termasuk gak sabar bikin ayam tepung yang tepungnya harus dibuat dulu (bukan instan). Beberapa kali masak gagal terus hihihi.. Akhirnya jarang bikin ayam tepung, kalau mau bikin pakai tepung instan aja :p. Dasar emak pemalas hahaha.. ya sudahlah jangan ditiru pemalasnya ya.. masak itu memang harus dari hati.

Dari Mata

Dari mata jatuh ke hati.

Kata – kata jadul yang sejak kecil sering aku dengar, rasanya gak salah juga pepatah tersebut ya, karena mata termasuk jendela hati.. Konon katanya kalau ingin tau orang lain itu bohong apa gak, lihat bahasa tubuhnya, salah satunya “mata”. Kalau pembohong melihat kearah bawah sewaktu berbohong seperti mencari sesuatu atau berpikir apa yang akan diucapkan selanjutnya, gak berani memandang tegak karena ada yang disembunyikan pada lawan bicara.

Pinterest

Mata memang salah satu ‘jalur komunikasi’ secara tidak langsung, dari mata juga kita bisa tegaskan “saya bisa” melakukan pekerjaan sebaik mungkin ketika sedang menghadapi wawancara kerja. Nah, sebegitu pentingnya bahasa lewat mata sampai – sampai tau sendiri doongg.. para wanita jadi mempercantik mata. Mulai dengan pemakaian pelentik bulu mata, eye shadow, contact lens, hilangkan mata panda, dan lainnya.

Baca disini : tentang mata panda

Tapi jujur aja aku ini bukan tipe yang sabar menghias mata, liat alatnya sih seneng, tapi maunya di dandanin hahaha.. males ya dandan sendiri apalagi bagian mata. Pemakaian dari mulai eye shadow, eye liner, mascara, merapikan alis, hadeeehh…. Beneran gak sabar hahaha.. Padahal lewat rias mata bisa memperbaiki penampilan juga, tapi ya sudahlah kalau gak suka “bhay.. bhay” aja.. hihihi..

Pixabay

Baca juga ini : waktu Aya kena alergi mata

Bagiku yang penting mata sehat dan cerah, sangking kesehatan mata ini juga penting, jadi wajar kesehatan mata anak juga jadi perhatianku, salah satunya menghadapi “mata malas”. Ada yang tau apa itu mata malas? Bukan malas maunya tidur terus ya.. hahaha.. Mata malas adalah kondisi koneksi saraf dari salah satu mata ke otak gak sempurna pada masa anak – anak. Tentunya dengan kondisi seperti ini ada gangguan penglihatan sebelah mata, otak dan mata gak sinkron, gak dapat kerja sama. Gejalanya : mata kelihatan juling sebelah ( amblyopia). Kebetulan Aya mengalami “mata malas”. Sejak Aya balita dan tau mata kanannya ‘malas’, aku udah heboh aja ajak Aya ke dokter mata untuk diketahui gimana penanganannya. Memang kondisi ‘mata malas’ ini gak bisa sembuh total, tapi setidaknya kinerja kedua mata dilatih terus supaya bisa sinkron, melatih otak untuk peka terhadap sinyal dari mata malas ini. Waktu itu dokter kasih solusi mata malas Aya ini ditutup perban, persis kayak bajak laut bermata satu hehehe…

Photo : cultofmac.com. by : Geoff Grubb. Kira – kira begini contoh waktu Aya masih balita terapy ‘bajak laut’/eyepatch untuk koreksi mata malasnya.

Jadi mata bergantian ditutup dalam jangka waktu tertentu (misal 20 menit secara bergantian). Terapy ‘bajak laut’ ini untuk melatih otot matanya supaya gak malas dan menyadarkan Aya sejak kecil kalau matanya harus di maintain/diperlakukan khusus. Sekarang apakah masih terapi ‘bajak laut’?

Kalau Aya disuruh fokus gini deh.. kesannya matanya lebih gede hihihi… *lebay

Udah gak lagi sih, karena Aya udah gak mau, tapi aku jadi bawel dan ingetin dia terus menerus supaya sadar, ingat sendiri kalau mata malasnya sedikit nyasar dari posisi normalnya, langsung aku suruh fokus!. Caranya : arahkan jari telunjuk kita tepat ditengah – tengah di depan hidung Aya, agar Aya melihat jari tersebut, dan membuat otot matanya bekerja. Mau gak mau harus terus menerus diingatkan, membantu supaya penglihatan pada mata buruk dapat berkembang dengan baik, mencegah gangguan (seperti juling permanen), atau kehilangan penglihatan permanen. *Amit-amit. Jadi kalau nemu “mata malas” pada anak segera ditangani ya.. ke dokter mata untuk dapat tindakan yang tepat, karena tingkat keparahan mata malas akan menentukan langkah pengobatan yang sesuai.

Mata yang indah tentu enak dilihat, perawatan mata menjadi keharusan. Dari mata juga dapat menunjang komunikasi yang lancar jika pembicara dan lawan bicara saling menanggapi komunikasi dengan baik.
Hmm.. gara – gara nulis tentang mata ini dari tadi dalam hati bersenandung lagu ‘dari mata’ deh.. hahaha.. kok bisa pas ya? :p

Disclaimer : Istilah kedokteran untuk nama terapy bajak laut tidak ada. Ini hanya bahasa saya saja untuk mempermudah saya menyampaikan pesan, jika ada kesalahan mohon maaf, karena sebenarnya saya bukan dokter, cerita ini hanya berdasarkan pengalaman saja.

Trik cantik atur “dilemma mama” di hari ulang tahun anak

Omongin tentang ulang tahun anak memang gak ada habisnya, khususnya untuk para mama yang punya anak diusia Playgroup atau TK. Dalam satu bulan bisa 3 dan atau (sampai) 5 anak yang berulang tahun. Bener kan? Hihihi..
Kayak di sekolah Fa (TK A) dalam satu bulan ini aja udah 4 anak yang berulang tahun. Senengkan? Ya senenglah pastinya, namanya juga berbagi kebahagiaan, pasti nular banyak yang ikut bahagia, saling mendoakan agar yang lagi berulang tahun penuh berkah.

Ungkapan Syukur
Perayaan ulang tahun anak sebenarnya bisa dikatakan ungkapan rasa syukur karena udah diberi kesehatan dan karunia dari Allah yang maha sayang, gak salah juga sih.. kalau mau rayain ulang tahun anak baik di sekolah, rumah, atau resto cepat saji, café, dan lainnya. Lebih seru lagi kalau bisa merayakan ulang tahun outdoor mengkhayal dulu, bisa di kebun, kolam renang, apalagi kalau pestanya ada tema tertentu, sebut aja misalnya tema dongeng ala Alice in a wonderland dengan setting lokasinya dibuat ala dunia wonderland-nya Alice.. lucu yaa.. seolah kita ikut petualang di dunia mimpinya Alice.

Photo : Etsy Property

Bisa juga pake tema masak pizza bareng, lebih mudah dan disukai anak – anak, jadi anak masak bareng bikin pizza, dan hasilnya bisa dibawa pulang. Wow… pestanya bukan cuma seru tapi pasti berkesan, dan cencunyaaa.. semua itu harus siap budget komplit banget nget nget yaa.. hahaha.. untuk pesta semewah itu gak aku biasakan pada Aya dan Fa pastinya hihihi… Karena pada dasarnya tanpa pesta juga ga apa – apa, tapi merayakan ulang tahun bagi anak punya makna penting, tapi bisa juga dianggap maknanya biasa – biasa aja, tergantung bagaimana sudut pandangnya. Tapi bagi anak – anak yang mulai melihat, belajar bagaimana teman – temannya yang ulang tahunnya dirayakan mendapatkan perhatian dan apresiasi dari banyak orang selain dari orang tuanya, jadi pada saat itu anak lebih merasa spesial. Perasaan “spesial” itu dapat membentuk energy/citra positifnya jadi muncul karena perhatian dan kehadiran teman- temannya. Efek perasaan positif itu bagus juga sih.. tapi perlu ditekankan memberikan pembentukan citra positif pada anak gak selalu harus dengan pesta/perayaan, tergantung orang tuanya mau dirayakan atau gak. Pemilihan perayaan juga macam – macam. Bisa perayaan sederhana (pake) banget, yaitu kumpul keluarga inti aja di rumah sambil bikin suatu kreasi bareng sehingga anak happy dan enjoy walaupun ulang tahunnya hanya dirayakan kakak/ adik dan orang tuanya aja. Selain itu bisa juga ada moment spesial bersama pergi jalan – jalan sambil menambah wawasan seperti wisata edukasi.

Berpetualang di hutan penuh dinosaurus.. disini Fa takut digigit sama dino disepanjang hutan hahaha..
Menikmati teriknya matahari.
si mbek – mbek ini setiap kita dekati mulutnya selalu mencari makanan, sepertinya mereka udah hapal pasti kita akan kasih makan untuk mereka hahaha.. ini memang wahana pakan ternak seru juga bareng anak – anak dapat pengalaman baru.

Perayaan ulang tahun sederhana versi kedua yaitu sedikit meriah, misalnya undang tetangga dekat dan keluarga dekat, atau bisa juga dirayakan di sekolah lengkap dengan goody bag dan beberapa kue.

Menurut aku yang paling penting adalah anak udah ngerti kalau ulang tahunnya dirayakan. Misal usia anak masih 1 tahun, tentunya anak belum ngerti perayaan ulang tahunnya di rayakan meriah, tapi kalau pun anak belum ngerti juga gak masalah untuk dirayakan, tergantung keinginan dan kemampuan orang tuanya.

Dilemma para mama
Perayaan ulang tahun di sekolah biasanya aku pilih ketika anak udah di TK B. Alasannya simple :

1. Sebagai kenang – kenangan.
2. Perpisahan dengan teman dan guru TK karena tahun depannya udah masuk SD.
3. Mengobati dilemma karena memang gak mau membiasakan pesta perayaan ulang tahun anak tiap tahun, sekalian irit juga kan.. hahaha..

Selebihnya aku memilih kumpul keluarga, beli kue tart kecil – kecilan, sedikit kado. Untuk tradisi nasi kuning, ini karena kebiasaan eyang aja, bikinin nasi kuning tiap tahun sejak aku dan adik – adikku kecil sampe nurun ke cucu – cucunya saat ini. Tapi biasanya aku gak mau terlalu ngerepotin, bikin nasi kuning hanya untuk keluarga aja, kadang beberapa piring untuk tetangga atau teman dekat. Waktu Aya TK B pernah dirayakan di sekolah, nasi kuning diganti dengan paket ulang tahun dari salah satu resto cepat saji lengkap dengan goody bag, simple banget kan.. aku tinggal nambah kue tart dan beberapa cemilan untuk nambah – nambah bekal di goody bag. Di kelas hanya doa dan makan bersama, gak ada perayaan lainnya, gak ada tiup lilin, gak mendatangkan badut juga, ~ so simple ~.

Bentuk dilemma lainnya adalah kado.

Yes.. suka bingung juga ya mau kasih kado apa, dan kira – kira harga berapa? Mungkin ada yang minimal 100 ribu, ada yang 200 ribu, atau mungkin ada yang lebih/kurang dari nilai nominal tersebut, sekali lagi tergantung para mama masing – masing. Bagi yang dekat sama mama lainnya bisa jadi kasih kado dengan harga yang agak mahal, karena dianggap akrab. Kalau kurang dekat, beli kado dengan harga yang biasa – biasa aja.

Hal – hal yang sepertinya sepele begini pasti kita hadapi, gak bisa dihindari juga karena ada semacam “titipan dalam dunia bersosial”, kalau gak ada kado gak enak juga hahaha.. Walaupun pemberian kado bisa juga berbentuk lain, misalnya hasil kerajinan tangan, hasil masakan. Dengan begitu terkesan lebih unik dan personalized.

Kesimpulannya merayakan ulang tahun bisa dianggap penting dan harus dirayakan, atau malah dianggap biasa – biasa aja, gak perlu perayaan sama sekali. Yang terpenting sebenarnya adalah ingatkan anak untuk bersyukur karena Allah masih memberikan kesehatan, jadi anak juga semakin mengerti bahwa ulang tahun tidak dirayakan tidak masalah baginya. Kalaupun mau dirayakan bisa disepakati dulu mau bentuk perayaannya seperti apa, hal ini selain memberikan pengertian pada anak bagaimana kemampuan orang tuanya jika dirayakan atau tidak, juga mengajarkan anak untuk mengambil keputusan, jadi kalaupun dirayakan tidak sampai memberatkan keuangan keluarga.

Tips ala LovelyRistin :
1.Perhatikan kenyamanan anak, ada anak usia 1 – 3 tahun yang punya kebiasaaan parallel play, yaitu tetap asik main
sendiri walaupun ditengah keramaian keluarga dan teman sebayanya. Kalau begini mungkin orang tua yang ingin
berbagi kebahagiaan bisa merayakan perayaan ulang tahun anak dalam bentuk sederhana saja.
2.Gak lebay.. hehehe.. kalau lebay dikhawatirkan anak jadi terbiasa mengukur perhatian dari segi materi aja
3.Perhatikan kenyamanan anak (lagi), misalnya tidak memaksakan pakaian yang akan dikenakan jika anak tidak berkenan
memakainya.

Tulisan ini dipersembahkan untuk Faeyza yang berulang tahun tanggal 30 April 2017. Barakallah Faeyza sayang, semoga selalu menjadi kebanggaan papa dan mama.

Love

error: Content is protected !!