2019 ~Resolusi

December 29, 2018

Worldsmile

Resolusi untuk tahun 2019?

Ga ada sih.. memang tiap tahun aku gak pernah bikin resolusi, jadi mengalir aja nikmati waktu – waktu yang lagi berjalan, dan tentunya hadapi semua yang memang harus dilewati, karena waktu adalah bagian dari perjalanan hidup. Ya kan?

Karena gak punya resolusi, paling tidak ada dong yang harus tetap di “maintain” yaitu kesehatan. Salah satunya “jaga makanan” ini yang masih berat rasanya.. hihihi.. makan nasi? semacam wajib deh.. padahal kalau bisa udah mulai tuh kan kurangi nasi, maklum Indonesian banget deh aku ini.. hahaha… diet? Jujur aku gak pernah diet, lah wong dari dulu susah naikin berat badan, dan sekarang Alhamdulillah timbangan tetap diangka 52 (dari 45) sejak Fa lahir sampai sekarang.

Huhuhu.. ya udah deh, ga usah ngomong timbangan yang kadang jadi sensi buat emak – emak hihihihi..

Maintain yang kedua, adalah Olah Raga.

Iyesss… Exercise sodara – sodara.. aku sih rada males sebenarnya olga, tapi apa daya mau gak mau harus rajin olga, dikarenakan :

1. Aku punya masalah dengan kesehatan tulang, jadi merawat supaya gak kambuh sakitnya, harus olah raga.
2. Gak bisa tidur kalau udah kelamaan gak exersice. Iyaa.. bener… gak bisa tidur kalau udah mulai kambuh sakit tulangku ini karena belum olah raga.
3. Akibatnya kalau gak olga, pusing bisa kambuh juga, dan penglihatanku kadang agak kabur.
4. Penyakit sinus bisa kambuh, tapi kalau sekarang sih lebih ke arah gejalanya aja, sinusnya udah sembuh. Jadi kalau udah gejala sinus kayak mau kambuh, signal buat aku, harus olga.

Rempong dan menyiksa banget kan?? Iya memang..karena sakit tulang bisa nyambung ke syaraf, dan aku mulai perawatan body harus olah raga ini sadarnya sejak baru masuk kerja, ya kira – kira tahun 2000-an awal. Sebelum sadar harus merawat body dengan olah raga… jadi rajin pijit, dan juga creambath ahaa… ini sih modus emang pengen perawatan hahaha.. tapi waktu zaman masih sekolah – kuliah, aku gak sadar kalau aku punya masalah sama tulang.

Sampai suatu ketika baru mulai memasuki dunia kerja, mulai deh aku hunting di mall, cari apaan coba??? Cari CD (compact disc) olah raga, biar bisa olga sendiri di rumah kalau gak sempat nge-gym. Nah.. waktu itu memang sempat juga aku daftar nge-gym, dengan maksud biar rutin olah raganya. Jadi pulang kantor, kalau ngerasa body udah sakit mampir dulu ke gym. Selain itu sempat juga ikutan olga di tempat senam dekat rumah, yang mana anggotanya para emak – emak hehe..

Waktu nge-gym olga yang sering aku ikuti beberapa berikut ini :

1.Belly dance

Iya gerakannya yang mirip gerakan tariannya Shakira yang nyanyi lagu Waka – Waka, aku ikutan belly dance, tarian perut yang lumayan berat juga pada awalnya, tapi bener – bener kuras keringat deh.. dan lucunya waktu itu ada aja kumpulan yang memang suka banget sama belly dance, jadi aksesoris segala yang berbau belly dance dia punya, dari ikat pinggang-nya yang mirip kalung (cuma bedanya diletakkan di pinggang) jadi kalau gerak bunyi “krincing – krincing” gitu.. hihihi.. Di kelas Belly Dance, kebanyakan yang ikut adalah para cewek yang lebih girly menurut aku, gerakannya memang erotis, tapi cuek ajalah yaa.. soalnya satu kelas juga isinya cewek semua, ruangannya juga tertutup, dan cuma beberapa peserta aja yang pakai pakaian ala penari India atau Timur Tengah gitu, kalau gurunya jelas pakai baju ala penari India, sisanya pakai kaos dan celana legging.

“Belly dance adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan gambaran tubuh positif, karena partisipan akan mengabaikan penampilan eksternalnya dan dan fokus pada pengalaman atas apa yang bisa dia lakukan dengan tubuhnya. Hal itu memungkinkan kesempatan yang langka, aman, dan kreatif bagi perempuan untuk mengeksplor dan mengekspresikan sensualitasnya sendiri.”

Marika Tiggemann dari Flinders University.

2.Yoga

Unsplash

Siapa yang gak tahu Yoga? Hampir semua pasti tahu, waktu aku ikutan kelas Yoga, gak berani sampai posisi kepala dibawah, kaki diatas, takut dan ngeri hahahaha.. padahal katanya posisi itu bagus untuk sembuhkan darah rendah. Ya udah deh.. jadilah aku ikutan kelas basic-nya aja, itu aja udah bikin keringat mengucur deras, sumpaahh ikutan kelas Yoga itu memang bikin body lebih bugar. Tapi anehnya.. sejak pengobatan tulangku selesai, aku malah gak bisa lagi ikutan Yoga, dikarenakan aku gak boleh olah raga yang banyak posisi menunduk, Yoga kan banyak posisi nunduknya, jadi sekarang gak pernah yoga lagi, karena efeknya sekarang malah pusing setelah yoga.. so sad… atau karena aku yang ga tahu yaa… yoga apa yang cocok untuk aku? Sekarang emang udah bukan yoga lagi exercise yang aku pilih, tapi lebih kearah aerobic ringan, renang, dancing atau senam ringan aja.

“Hal yang paling penting, filosofi yoga adalah fokus pada kombinasi tubuh, pikiran, dan jiwa. Fokuskan perhatian Anda untuk memperoleh manfaat yoga secara optimal.

3.Body Combat

Body Combat.. wah.. favorit banget ini, waktu aku ikutan gym, combat termasuk yang aku cari banget waktunya biar bisa ikutan, sampai papayaza juga suka ikutan kelas body combat waktu itu (inget yaa… ini cerita udah lewat… 2000an awal kok.. hihihi ). Sangking favoritnya kelas ini sering penuh, bener – bener deh.. kalau mau ikutan kelas ini kudu datang lebih awal supaya bisa dapat tempat. Abis gimana ya? Gerakannya itu asyik banget…. serasa ikutan acting film Tomb Raider gitu hahahaha… ada yang gak tau sama Tomb Raider?

Pexels

“Gerakan-gerakan dalam Body Combat merupakan perpaduan dari Kick Boxing, Karate, Tae Kwon Do, Capoeira, dan Tai Chi.

Dan semakin bertambahnya usia, makin ngerasa yaa harus jaga kesehatan, salah satunya dengan berolah raga. Gak perlu olah raga berat sih menurut aku, yang penting rutin. Kalau aku sekarang wajib banget itu olah raga minimal seminggu sekali, kalau sekarang lebih milih senam sendiri di rumah, pasang CD (compact disc) aerobic di rumah, terus senam deh sampai satu jam setengah kurang lebih. Tapi aku juga bukan yang olah raga sampai kebentuk body semacam Jelo (Jeniffer Lopez) gitu ya.. hehehe… biasa – biasa aja, asalkan ada waktu khusus untuk body bergerak, karena pada dasarnya gerakan tubuh kita itu kan rutin begitu – begitu aja, sedangkan badan juga perlu bergerak supaya relax, peredaran darah juga lancar, kulit kelihatan lebih glowing. Jadi apa pilihan olga favorit kamu? 😀

“Sports teaches you character, it teaches you to play by the rules,it teaches you to know what it feels like to win and lose-it teaches you about life.” – Billie Jean King

Sumber : Hipwee, Kompas, cewekbanget.

14 People reacted on this

  1. Terima kasih telah berbagi, saya termasuk yang sangat jarang olahraga, mungkin ini juga yang jadi sebab saya sering sakit, flu-pilek terutama, ririwit orang Sunda bilang. Kekebalan tubuh rendah.

    Semoga tulangnya tetap sehat.
    Salam.

    1. Aamiin.. makasih doanya.. sama yaa semoga kita semua sehat selalu. Btw eh iya tuh.. bener siapa tau emang perlu olga untuk kurangi flu – flu yg menyerang, semoga olga nya bener2 berkhasiat hilangin flu/sakit ya ^^

  2. Saya ga ada yang paham olga senam ini,mba. Dulu banget pernah ikut kelas senam untuk naikin berat badan, ga tau namanya apa. Itupun hanya bertahan sebentar, hanya betah jalan pagi, kalo ga gowes.

    1. Eh senam naikkin berat badan ada ya?? aku malah baru tau hahahaha… tp setau aku berenang termasuk bs bantu naikkin berat badan, krn klo abis renang nafsu makan bisa meningkat hahaha… Jalan pagi asal rutin jg bagus kok mbak.. salam sehat ya ^^

  3. Duh jadi malu. Aku selalu resolusi olahraga tiap tahun tapi semangat di awal aja. Kalau tulang coba rajin berenang mbak, works buat suamiku. Kalau dikotaku ada jadwal khusus perempuan.

    1. Berenang memang best deh mnrt aku untuk tulang, di kotaku ga ada sayangnya yg jadwal khusus perempuan, duh mbak.. jadi pengen mampir ke kota mbak hahaha… btw mbak tinggal di kota mana kah?

  4. semangat banget ya mbak Ristin olahraganya.., sampai udah nyobain berbagai jenis senam dan tarian..
    kalau yg jenis tarian itu lebih semangat ya mbak karena musiknya bikin ikut bergoyang makin asyik

    1. hahahaha… terpaksa mbak, krn sakit tulangku ini, dan asiknya kalau bisa senamnya rame2, tmbh semangat, apalagi klo musiknya asik buat goyang, makin deh mengucur keringat 😀 haha…

  5. Sama, semoga tahun ini jarum timbangan berhasil geser ke kiri haha. Semoga olahraganya semakin teratur dan makan kian terjaga. Sehat selalu buat kita semua 🙂

Leave a Reply