Animaland

*judul postingan ini bukan ikutan judul  film ya :p

Pinguin yang mengagumkan.

Ditengah – tengah menjelang sakit pusing yang lalu, ada saat aku jadi susah tidur. Aku pikir kumat lagi insomniaku ini, tersiksa bro! kalau insom itu menyerang lagi.

Gegara insom, jadi pelariannya nonton. Gak sengaja nonton BBC knowledge yang lagi bahas Pinguin. Aaiihh… sebenarnya pengen nonton film, tapi berhubung remote tv gak ketemu ujung pangkalnya, jadi tetep aja lanjut nonton si pinguin – pinguin lucu ini. Ajaib! terkesan bombay bo’ liat cara pemikiran pinguin – pinguin ini. Pantesan aja karakter pinguin ini sering nongol di film Hollywood ya.Dari mulai karakter jahat si Pinguin di Batman, sampai film animasi Happy Feet yang ceritanya bagus banget.

Sambil terkagum – kagum nonton si penguins, ya kagum juga sama team peneliti film dokumenter pinguin ini. Mereka bela – belain bikin robot berbentuk pinguin dan telur penguin mirip aslinya!. Gunanya, tentu aja untuk memata – matai kehidupan para pinguin tersebut. Sangking terkagum – kagumnya sama berbagai jenis pinguin yang aku dapat dari dokumenter ini, sampe ada hal – hal yang aku inget :

1. Ketika telur – telur pinguin tersebut belum menetas, para bapak pinguin dengan setia mengerami telur selama dua bulan tanpa makan dan minum sampe menetas. Kalau udah menetas, mereka jaga banget anak – anak mereka dari dinginnya udara yang kadang gak bersahabat. Tapi juga menjaga dari para pemangsa yang buanyak banget pengen icip daging lembut bayi – bayi pinguin. Bapak pinguin juga setia menunggu kedatangan ibu pinguin membawa makanan untuk bayi mereka.

2. Ketika para emak pinguin udah datang dengan stok makanan yang cukup. Mereka bingung, mana suami dan anak mereka. Secara bentuk mereka kan sama semua hahaaha.. Jadi ngenalnya lewat suara (nyanyi, mirip film happy feet :D). Para bapak pinguin dan anaknya berbaris rapi lhooo.. untuk menyambut kedatangan para emak. Mereka kan hidup bergerombol gak mungkin ketemu kalau gak berbaris rapi dan antri gitu. Jadi pas si emak pinguin manggil, si bapak jawab. Nah.. dengan mudah para emak mengenal mereka. Hebat ya! 🙂

3. Kalau emak pinguin udah nemuin suami dan anak mereka, baru deh.. ganti tugas yang cari makan. Giliran para suami yang bergerombol mencari makan, nyelam ke laut dalam waktu yang lebih lama. Jadi sementara mereka LDR an dulu hihihi..

4. Ada dari jenis pinguin lainnya yang ga seberuntung cerita pinguin yang nomor 1. Karena tempat tinggal mereka dikelilingi singa laut, jadi banyak yang nunggu malam hari buat berkunjung menemui anaknya. Si singa laut penglihatannya kurang bagus kalau malam hari, perlu kaca mata gratis kayaknya hohoho..

5. Kalau tiba saatnya si anak pinguin udah pinter jalan, kadang ada yang maruk.. pengen jalan terus tanpa perlindungan orang tuanya. Kalau udah gitu.. emak pinguin kebingungan, karena bakal mencari si pinguin kemana – mana. Selain sulit di tengah pinguin dengan jumlah banyak, badai salju suka nyerang mendadak. Jadi, kalau gak cepat nemuin anaknya dikhawatirkan si anak cepat mati karena kedinginan, tapi bisa juga cepat direbut pemangsa lain. Kasian lhoo waktu ada salah satu induknya yang nemuin anaknya udah dalam keadaan tak bernyawa. Si induk akan menangis lama, sampe salah satu teman emak pinguin datang menghampiri, membesarkan hatinya, hingga si induk rela ninggalin anaknya yang udah mati.

6. Uniknya lagi.. kalau ada anak pinguin yang berhasil di culik pemangsa, si induk akan mencuri anak dari induk pinguin dari komunitasnya sendiri. Tapi banyak juga induk pinguin lainnya yang belain emak pinguin yang jadi korban. Anak pinguin berlari – lari berkeliling sambil dikejar – kejar emak – emak pinguin. Lucu liatnya! hahaha.. antara pencuri, pelindung, dan pembela saling mengejar korban anak pinguin yang masih imut, hahaha..

Menarik banget deh pokoknya kehidupan pinguin ini. Kalau pengen tau lebih lanjut bisa cari di youtube tentang kehidupan mereka, hehe.. Jenis pinguin itu sendiri ternyata lumayan banyak. Sedikit Aku copas dari wikipedia ya :

Penguin atau pinguin (ordo Sphenisciformes, famili Spheniscidae) adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan.

Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin[1] tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies. Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

Masa kecilku di Animaland

lion_tiger

Source : This Link

Boleh dikatakan ketika aku kecil tinggal di hutan buatan yang terkadang ada beberapa hewan yang tinggal sementara di dekat rumah. Tapi jangan khawatir mereka semua dalam pengawasan dan aman dalam kandang masing – masing. Gak heran kalau teman bermainku biasanya akan pengumuman kalau ada hewan baru yang datang.
” Ada harimau” atau..
” Ada ular sawah besar..”
“Ada singa..”
orang utan, gajah, atau monyet – monyet kecil.

Kalau udah begitu.. namanya juga anak kecil, langsung deh aku dan beberapa teman akan berlari rame -rame datang melihat binatang yang lagi jadi tetangga sementara itu. Kalau udah begitu, tergantung binatangnya, ada aja yang suka kasih wortel, kangkung, atau kacang untuk hewan yang bisa memakan sayuran tersebut. Tapi kalau udah bagian hewan buas, ya.. cuma bisa mandang dari jauh. Kan ngeri juga kalau mendadak pintu kandang terbuka, dan mereka keluar sambil pamer taring gitu hahahaha.. Jadi, setelah aku ingat – ingat, terkadang gak perlu ke kebun binatang, hewan – hewan tersebut malah jadi tetangga sementara. Tapi bukan berarti aku bagian dari mereka lhooo.. hahahahha.. emangnya Tarzan :p.

Binatang – binatang tersebut kadang bisa sebulan berada di dekat rumah, atau cuma bisa juga lebih cepat dari itu. Mereka nantinya akan dibawa ke kebun binatang atau ke habitatnya lagi. Aku juga gak begitu mengerti dari mana asal binatang tersebut. Waktu masih kecil sih gak gitu mikirin tuh proses binatang dari mana dan mau dibawa kemana. Yang penting liat udah bahagia banget hahaahaha..

Nah.. kok bisa binatang – binatang tersebut bisa jadi tetangga sementara?. Yang pasti bukan tetangga sebelah rumah lhoo.. kandang mereka agak jauh berada di depan, mendekati pagar masuk kompleks perumahan. Ada yang bisa bayangkan model perumahan macam apa ini? huahahahahha..

0 comments / Add your comment below

    1. huhahahaha.. skrg animal land nya beda.. penuh motor, mobil, gedung.. mall sih kyknya ya.. sm minimarket.. bingung.. hampir tiap sudut penuhnya sm minimarket dan mall

    1. bener mas! lbh seru nonton pinguin aslinya. gak nyangka bgt mereka pinter2 gitu. selain itu mereka sangat setia dan melindungi anaknya bgt. bs jadi contoh bgt 🙂

  1. Mbak rumahnya di dekat kebun binatang ya :hehe.
    Unik yah pinguin itu. Betapa besar ciptaan Tuhan, semua makhluknya sama-sama diberi keunikan dalam hal tingkah dan polah :)).

    1. haahahha.. iyaaa.. dulu wkt gw msh anak2 tinggal di kompleks perumahan kantor, di medan. rumahnya cuma ada 8 bijik aja. di depan rmh adalah hutan buatan yg isinya ada lapangan bulu tangkis, lapang tennis, lapangan volley. depan lapangan2 itu perkantoran. nah.. di salah satu perkantoran itulah ada binatang2 yg dtg dan pergi. makanya gw bilang jadi tetangga sementara ha ha ha..

  2. Pinguin memang lucu ya, hehehe 🙂

    Wah, seram juga ya kalau tetangganya memiliki binatang buas begitu. Mungkin jinak sih memang, but still…

    1. hihi.. pinguin bikin aku kagum ko. hihi binatang2nya kdg ada, kdg gak sih.. binatang yg dtg dan menetap sementara ada di kantor dpn rmh ko. Dulu rmh aku adalah rumah dinas. letaknya dibelakang perkantoran, tp dikelilingi hutan buatan. jadilah.. klo ada binatang di taro di kantor khusus u simpan binatang, lokasinya dpn rmh. jadi kdg sambil main sepeda sm teman, kita mampir ke ktr tsb buat liat binatang yg lg menetap sementara itu. Binatangnya ganti2. Tp bs jg gak ada dlm wkt yg lama hehehe..

Leave a Reply

error: Content is protected !!