Berkenalan dengan Alia Blues

Akhirnya bisa lagi ngobrol disini, setelah hampir tiga minggu absen karena ada hal kepentingan diluar kegiatan tulis menulis disini tentunya.

Ok deh.. tinggalkan pembahasan hal – hal yang hanya penting untuk aku itu ya.. hihi.. tapi sebenarnya dibalik absenku ini pasti masih deh aku sempatkan online, salah satunya browsing dan blogwalking.

Ngomong – ngomong tentang kegiatan browsing dan blogwalking emang bikin dunia jadi sempit ya.. Gak nyangka dunia digital ini bikin perkenalan antar teman bisa terjalin kapan aja, dari dunia online ini pula yang nganterin aku kenalan sama Alia Blues, nama lengkapnya Mina Amalia. Ada yang tau siapa dia??? Kenalan yuk..

Kesan pertama ketika pertama kali kenalan dengan Alia Blues adalah musik, yess.. dari nama “Blues terkesan banget musiknya ya.. dan memang benar adanya, embel – embel nama “Blues itu merupakan aliran music yang dia sukai. Eh tapi aliran music bergenre pop, rock, rock and roll dia juga suka kok.. Terus apakah kenalan singkat ini aku diamkan aja? Hohoho.. NO lah.. aku jadi pengen kenal lebih jauh tentang Alia Blues, cewek yang piawai bermain gitar ini gak kalah dengan pemain gitar senior di Indonesia yang notabene pemain gitar lebih banyak dikuasai oleh para cowok, bener gak?. Hmm.. cewek kelahiran tahun 1984 ini memang gak main – main dengan minatnya terhadap musik, setelah kami ngobrol banyak, ketauan deh kalau Alia bermain gitar elektrik secara otodidak. Pertama kali main gitar justru karena kegiatan nge-band ketika SMP di Kota Pati Jawa Tengah. Passion-nya terhadap gitar gak berhenti disitu aja, pada waktu SMU doi pindah ke Jakarta Selatan, meneruskan SMU di Dharma Karya sambil kursus gitar. Dia seriusin belajar di sekolah musik Yamaha, kelas instrument gitar klasik. Menurut aku belajar instrument musik klasik adalah langkah awal yang tepat, karena musik klasik seperti mengajarkan tentang musik yang sesungguhnya, coba aja lihat nada – nada yang digunakan pada musik klasik hampir semua nada terpakai, terlihat rumit tapi indah. Hal ini sekaligus melatih Fingerstyle Alia lebih terasah. Kecintaan Alia pada gitar elektrik ternyata tak bisa pindah kelain hati, walaupun gitar klasik dia udah kuasai, Alia kembali lagi bermain dengan gitar elektriknya, No problemo dooongg… karena secara basic nada – nada yang sulit udah Alia kuasai.

Komitmen Alia pada dunia gitar mulai terlihat hasilnya, ketika dia lulus SMU, Alia hijrah ke Yogyakarta, meneruskan kegiatan belajar gitarnya bersama Rahmat Raharjo, salah satu gitaris klasik terbaik Indonesia. Kemudian dia iseng ikutan daftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi dengan memilih jurusan yaitu jurusan Psikologi UGM, dan Pendidikan Seni Music di UNY. Ternyata Alia diterima di Pendidikan Seni Musik UNY, baru beberapa bulan kuliah di semester I, Alia udah gabung dan tampil sebagai pemain gitar di acara UNY Orchestra dengan anggota Personil para seniornya. Sebagai adik kelas, ini cukup membanggakan, apalagi Alia juga aktif dalam “inilah” Ansambel Gitar UNY. Berbekal pengalaman berani tampil, di semester 6 Alia udah mulai mengajar di Purwacaraka Music School di Yogyakarta dan Solo. Jadi selama kuliah, pengalaman bermain band dari panggung ke panggung semakin sering, ditambah ikut mengisi acara di Jogja TV dan TVRI Yogyakarta bersama Niwangi Band dan personilnya cewek semua. ( Bravo Alia!).

event International Jazz Day (30 April 2016) Jamming dg bassis IBF dan dari IDI “Ikatan Drumer Indonesia.
event International Jazz Day (30 April 2016) Jamming dg bassis IBF dan dari IDI “Ikatan Drumer Indonesia.
Jamming Blues dengan “Pesenku” Pecinta Seni Kudus (9 Maret 2016)
Jamming Blues dengan “Pesenku” Pecinta Seni Kudus (9 Maret 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (Februari 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (Februari 2016)
Bersama  Beben Jazz Di acara Gathering Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”
Bersama Beben Jazz Di acara Gathering Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”

Setelah lulus kuliah tahun 2008, Alia pindah ke Jakarta, dan sempat mengajar di Purwacaraka Music School cabang Cibinong, tapi hanya beberapa bulan karena Alia diterima di PNS jadi guru music di SMU I Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Awal tahun 2010 Alia pindah lagi ke Pati dan mengabdikan diri pada dunia pendidikan sebagai guru musik.

Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (22 Mei 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (22 Mei 2016)
Bersama  teman2  Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”
Bersama teman2 Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”

Fakta tentang Alia :

– Sempat berjualan nasi bungkus bersama kakaknya, ketika Alia masih SMA untuk membiayai kursus gitarnya.

– Bermain Musik bersama teman – teman Komunitas Musik, seperti Komunitas Pecinta Seni Kudus. Hasilnya diundang Jamz Session Blues (2016).

– Kolaborasi musik dengan Komunitas Rock Kudus (22 Maret 2016).

– Diundang Jamming oleh Presiden IBF Harry Toledo pada event Indonesian Bass Family (IBF) International Jazz Day ( Jakarta, 30 April 2016).
Tampil bersama bassis dari IBF dan drummer dari ikatan drummer Indonesia (IDI).

– Pengurus/ admin sejak 2015, forum gitar online di Facebook yang bernama “Revolusi Gitaris Indonesia” (RGI), tapi mengundurkan diri di bulan Mei 2016 karena kesibukannya dengan kegiatan lainnya, tapi masih jadi anggotanya sebagai aktivis komunitas musik.

– Diajak IBF untuk mengadakan event “Bass Coaching Clinic” oleh Harry Toledo, yang diadakan di SMA I Juwana ( 18 April 2016), sekaligus berduet dengan sang Maestro Bass Harry Toledo, membawakan lagu “Malibu” dari Lee Rite Nour, dan Alhamdulillah berjalan sukses.

18 April 2016 Bass coaching clinic harry toledo
18 April 2016 Bass coaching clinic Harry toledo

AliaBlues10

– Saat ini sedang kuliah S2 Jurusan Pendidikan Seni, di Universitas Negeri Semarang.

Gadis yang mulai berhijab tahun 2012 ini ingin terus memberikan yang terbaik bagi dunia musik melalui permainan gitarnya. Ia menganggap bakat dan ilmu musiknya adalah anugerah dari Tuhan sebagai amanah yang dapat membawa manfaat untuk orang lain, khususnya dunia pendidikan musik dan hiburan. Hobby dan minatnya terhadap musik luar biasa, bercerita tentang bagaimana Alia menikmati setiap fasenya berproses mengejar impiannya. Kita doakan aja semoga Alia Blues sukses, semakin dikenal luas, ikut memperkaya musik Indonesia, bahkan Internasional, dan semakin banyak Alia – Alia lain diluar sana yang mempunyai komitmen dan berjuang untuk meraih cita – citanya.

Salam,
Ristin.

Foto dan Narasumber : doc. Alia Blues

Temukan Alia :

Instagram : Alia Blues
Youtube : Alia Blues
Twitter : @Alia_Blues
FB : Alia Blues
FB Page : Alia Blues

Source : Pixabay.com
Source : Pixabay.com

Music in the Soul can be heard by the Universe

Lao Tzu

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply

error: Content is protected !!