A Girl with her Birthday Journey

Tadaaaa…!

udah bulan Desember lhoo ini… yang artinya ntar lagi tahun baru lagi, dan tanggal 30 November yang lalu adalah ulang tahun Aya yang ke 11.. yeaayy !! Welcome to the club as a teenager ya kakak! sementara emaknya udah mulai ngerasa ketar ketir hehehe…. Okelah perasaan ketar ketirnya kita simpan dulu yaa.. sementara aku mau lukis kenangan melalui tulisan disini. Karena ulang tahun Aya ini bersamaan dengan jadwal UAS di sekolah, jadi gak pake perayaan apa – apa deh.. Cuma berhubung tanggal 1 Desembernya tanggal merah, perayaan Maulid, tadinya malah gak pengen kemana – mana, tapi kok kasian juga sama my baby girl aku ini.. kok ulang tahun gak dikasih kenangan yang berkesan sama sekali hahahaha.. akhirnya ya udah lah diajak jalan aja dulu, gak tau mau kemana pokoknya jalan aja dulu deh.

Eskrim Nitrogen

Udah lama sebenarnya Aya minta makan eskrim nitrogen yang ada di SMB ini, tapi karena aku yang gak gitu ngerti apa itu eskrim nitrogen, ternyata sensasi asapnya itu yang bikin pengen cobain makan eskrim nitrogen ini.

Sebenarnya ini emak bingung kenapa jadi gaya begini.. hahaha..

Tapi yang kami temukan bukan eskrim berbentuk eskrim yang terbuat dari campuran susu yang dicampur dengan perasa dan pemanis pada umumnya, melainkan makanan ringan yang dicampur nitrogen + topping dengan berbagai pilihan dengan taburan chocochip diatasnya, tapi makan makanan ringan dengan nitrogen ini malah bikin lidah sakit, untungnya beli cuma 1 cup, gak kuat dinginnya kalau makan sendirian hehe…

Makanan ringan yang entah apalah namanya ini.. ditambahkan nitrogen, terus kenapa namanya jadi eskrim ya? hahaha…

Antri Tiket

Nonton Coco sebenarnya juga gak direncanakan, setelah makan eskrim atau kerupuk nitrogen, makan siang dengan berbagai macam pilihan.. Faeyza pilih makan roti cane dengan taburan mises dan keju, Aya yang pilih makan nasi goreng dengan rasa bumbu ala mie Aceh, aku malah pilih makan Mie Kocok, papayaza pilih nasi ayam bakar plus sambal, dan gak ada fotonya karena udah kelaparan gak inget lagi mau foto – foto haahha..

Akhirnya bisa nonton juga.. haha..

Balik lagi cerita tentang si Coco, setelah makan siang yang Alhamdulillah nikmat… mau antri di loket pembelian tiket udah bikin males duluan, antrian mengular dengan jam tayang yang udah mepet, mendingan nunggu untuk beli tiket di jam berikutnya, yaitu jam 16.45, tapi antriannya itu gak kuat deh.. akhirnya pindah lokasi tempat nonton deh.. ( dari SMB ke Revo), Alhamdulillah nemu juga tempat yang lebih sepi, dan akhirnya malah nonton di jam 7 malam. Lagi pengen banget ya sekali – sekali pulang malam, mumpung long weekend juga, padahal Aya masih UAS, hahaha…

Coco

Source : Pinterest

Film yang dimulai dengan pembukaan Olaf, Elsa, dan Anna ini lumayan buat ngobatin kangen ketemu sama Olaf, hehehe.. kayak yang akrab aja :p, tapi lumayan lhoo.. film Olaf’s Frozen Adventure ini sekitar 22 menit sebelum film Coco dimulai. Ceritanya bagus juga, Olaf yang lagi berusaha mencari tradisi natal untuk Anna dan Elsa, yang ternyata dirinya sendirilah (Olaf) sebagai tradisi natal untuk Anna dan Elsa. Yang bikin seneng usaha Olaf untuk menyenangi hati orang lain, padahal segala macam rintangan yang harus dia hadapi. Jadi buat yang mau nonton Coco yang masih antri beli tiket atau popcorn masih belum ketinggalan cerita Coco selama 22 menit, karena masih ada Olaf ini, tapi sayang juga kalau film Olaf ini terlewatkan :p.

Cerita Coco ini sebenarnya ringan aja, tapi maknanya dalam banget, bagus filmnya, mengingatkan kita betapa pentingnya peran keluarga untuk menguatkan satu sama lain. Terutama dalam cerita ini adalah Miguel, anak laki – laki berusia 12 tahun yang bercita – cita menjadi musisi, tapi sayangnya keluarganya menentang musik, karena dianggap canggahnya Miguel (Hector) yang musisi ini dianggap kena kutukan, apalagi Hector meninggalkan keluarga diam – diam, tanpa kabar yang membuat istri Hector harus menjadi single mom dan harus banting tulang menjadi pembuat sepatu. Miguel tentu aja udah direncanakan untuk meneruskan bisnis keluarga mereka sebagai pembuat sepatu, tapi Miguel menentang keras, keinginannya menjadi musisi lebih kuat dibandingkan menjadi pengrajin sepatu.

Cerita Coco ini dilatarbelakangi hari libur di Meksiko, yaitu hari orang mati (Day of the Dead) di bulan November. Pada hari orang mati ini biasanya mereka – mereka yang masih hidup kumpul keluarga untuk berdoa bersama, mendoakan mereka yang udah meninggal. Selain berdoa, juga disediakan makanan dan minuman kesukaan anggota keluarga yang udah meninggal, termasuk memajang foto mereka yang udah meninggal. Pantes aja di film Coco ini ceritanya yang udah meninggal itu akan melewati jembatan untuk kehidupan selanjutnya, tapi ada tiket masuknya, yaitu sebelum masuk harus di scanning dulu apakah keluarganya melupakan dirinya atau gak (keluarga yang masih hidup dengan memajang foto, dianggap keluarga gak melupakan mereka yang udah meninggal). Nah .. point ini yang bikin sedih, ada beberapa cerita yang meninggal dalam keadaan menyedihkan, ada arwah yang jadi nyasar entah kemana karena keluarga yang udah melupakan salah satu arwah tersebut, jadi semacam ga ada doa dari anak sholeha/sholeh gitu yaa.. hehe.. jadi arwahnya gak tenang. Point sedihnya lagi usaha Miguel yang ingin menyelamatkan Hector agar mama Coco (anak dari Hector, nenek buyutnya Miguel) ingat Hector, supaya Hector tenang dan bisa lulus melewati jembatan menuju dunia tempat orang yang udah meninggal. Miguel juga menyelamatkan sejarah perjalanan hidup Hector, selama ini Hector yang dianggap keluarga gak bertanggung jawab karena pergi tanpa pamit dan tanpa alasan, padahal Hector telah jadi korban pembunuhan. Aduh.. sedih deh jadinya.. gak kuat kalau air mata ditahan, jadi harus nangis haha.. (kalau aku :p), rasanya gak cukup sekali kalau mau nonton film ini, tapi harus berkali – kali dengan tissue yang lebih banyak apasih hahaha…

Rekomen deh cerita ini, wajib nonton dan sediakan tissue yaa.. hihihi.. Lagu – lagunya juga mendukung untuk bikin air mata bercucuran sekaligus ceria dan bikin pengen ikutan nari.

Ya udah deh.. segini aja sih cerita sepanjang Aya ulang tahun kemarin, selesai nonton lanjut pulang tentunya, Fa dan Aya udah ngantuk.. tapi asik masih ada 2 hari lagi libur..

Eh..

Tapi itu kan cerita tiga hari yang lalu, kalau hari ini? udah kembali rutinitas seperti biasa.. hehe.. ya udah dinikmati aja semuanya yaa.. yang penting semua sehat – sehat. Happy Birthday my little girl! sukses dan doa terbaik untuk Aya. :*

Persahabatan

pixabay

Satu musuh itu terlalu banyak, seratus teman itu terlalu sedikit

Jadi lebih baik menciptakan teman sebanyak – banyaknya kan..? 😀

Ngomong – ngomong tentang pertemanan ada tahap – tahap yang jadi perhatianku dari mulai teman baru kenal, ketemu sekedar basa – basi, sampai teman jadi sahabat yang bener – bener merasa udah klop. Kalau udah cocok, ada masa percobaan lagi tuh, yaitu ada sahabat yang sabar dan setia dengan pertemanan yang udah ada, atau sahabat sesaat yang tiba – tiba putus karena masalah tertentu yang biasanya udah diluar batas toleransi. Persahabatan itu menurut aku bukan cuma tentang hubungan baik antar ‘saya’ dan teman aja, tapi persahabatan bisa juga terbentuk dengan anak sendiri, ibu sendiri, kakak/adik ipar, sodara kandung ataupun bukan kandung, rekan kerja, tetangga, dan bisa siapa aja dalam kehidupan kita sehari – hari. Jadi ada semacam ‘kilk’ di hati, saling pengertian, saling menghormati, udah nyaman aja satu sama lain, semacam ‘soulmate’ dalam dunia pertemanan. Oya ini maksudnya beda ya dengan konteks ‘soulmate’ beneran.. catat : beda dengan soulmate beneran, hahaha.. kecuali kalau ada yang jadi soulmate beneran, sahabat jadi jodoh.. nah itu beda lagi ceritanya.. pokoknya ini bukan tentang sahabat jadi jodoh ya hahaha… (*penting gitu ditekankan sis… * iyaaa… hahaha…

Beberapa bulan yang lalu aku sempat dengerin temen sendiri yang curcol karena merasa pertemanan dia dengan beberapa grup pertemanannya gak sehat, ada aja yang bikin dia kesel, dia sih merasa udah toleran dan gak ikut – ikutan lagi, alasannya karena ada beberapa hal yang jadi prioritas dia dicampuradukkan dan diremehkan, alhasil ada aja perkataan yang bikin sakit hati, kesel??? iyalah.. temenku ini jadi nangis kakak.. Hubungan persahabatan mereka jadi gak sehat kan kalau begini?. Aku bisa apa kalau gini??? paling – paling nenangin hatinya. Dari sini aku jadi merhatiin persahabatan itu sulit didapat, karena pertemanan belum tentu lulus jadi sahabat. Ada banyak hal – hal yang harus kita lewati dan cermati pertemanan kita itu bisa jadi persahabatan yang sehat apa gak.

Memangnya persahabatan yang sehat dan gak sehat itu yang gimana??? Walaupun aku sendiri bukan dokter khusus dalam dunia percintaan eh.. persahabatan, tapi boleh dongs ya cek n ricek (versi diriku) gimana dunia persahabatan yang bikin hati adem itu :

1. Persahabatan yang saling membahagiakan.

Persahabatan biasanya udah melalui proses waktu yang cukup lama. Bisa aja persahabatan udah kebentuk sejak masa anak – anak atau remaja. Nah.. kalau persahabatan itu tetap terbina sampai dewasa dan menikah, udah waktunya lah ya mengerti satu sama lain, kapan harus memberikan ruang privasi bagi sahabat, kapan waktu bersama untuk saling bertukar pikiran atau sekedar kumpul melepas kangen. Kalau dalam hubungan itu mulai ada bibit – bibit ‘gak enakkan’ terus jadi merasa ada hutang budi, saling terikat ( dan udah gak bisa bedakan mana yang benar, mana yang salah) tanpa melihat prioritas lagi, otomatis ada yang timpang.. salah satu pihak merasa gak happy. Ini butuh penjelasan dan pengertian satu sama lain, kalau gak.. bisa bubar deh..

2. Persahabatan yang saling jujur dan terbuka

Udah jelas disini dibutuhkan kejujuran, sakit hati aja rasanya kalau ketauan salah satu teman yang berbohong. Udah merupakan harga mati hubungan apapun kalau ada unsur bohongnya pasti jadinya gak enak, hubungannya jadi gak sehat, gak nyaman kan kalau hubungan KW alias palsu? Hihihi… Jadi menerima sahabat apa adanya dan kita juga merasa diterima apa adanya itu bikin kita juga nyaman, gak perlu hidup penuh kepalsuan.

3. Persahabatan yang saling mengerti cara bertengkar yang sehat.

Kalau lagi bertengkar ya baikkan dong.. ini sih klise ya hihihi.. tapi walaupun klise emang kenyataannya harus berbaikkan lagi. Yang jadi pokok masalahnya adalah yang bikin jadi perdebatan/berantem hebat selama ini tu apa?? Pasti kan ada ujung pangkalnya, menurut aku sih.. sahabat yang udah solid tau cara membenahi lagi hubungan yang kusut. Bahkan seharusnya berantem ini bisa membuat hubungan sahabatan jadi lebih baik. Karena selama berantem kan pasti ada sesuatu yang bikin salah satu pihak merasa dirugikan atau merasa tidak disetujui, sebaiknya sih berantemnya… ; berantem sehat aja, dengan cara sama – sama cari jalan keluar permasalahan, bukan mengabaikan permasalahan yang cuma jadi bom waktu aja.

4. Persahabatan yang saling menerima orang diluar lingkaran persahabatan

Namanya juga manusia hidupnya bersosial, ya pasti aja lingkaran hidupnya gak cuma sahabat yang itu – itu aja kan, perlu juga sahabat atau kita sendiri berteman dengan orang lain. Persahabatan yang exclusive sampai – sampai membuat inner circle (orang lain) gak boleh masuk, bagiku ini merupakan teman atau sahabat yang terlalu mengekang kebebasan bergerak. Kurang olah raga aja gak sehat kan? karena kurang gerak.. nah dalam dunia persahabatan juga gitu deh kira –kira. :p

5. Persahabatan yang saling percaya

Seringnya sih cewek nih… butuh banget yang namanya curhat, hahaha.. dan mau curhat ke siapa??? Biasanya sih ke sahabat, dan sahabat pastinya udah dapat nilai bintang terbaik sebagai orang yang bisa dipercaya, gak gampang ngumbar cerita kemana – mana. Tapi seharusnya siihh… ada batasan aturan jelas yang harus kita pahami satu sama lain, kalau bisa jangan sampai urusan pribadi juga jadi bahan curhatan… yakin gak tuh?? Hmmm…

6. Persahabatan yang saling mengerti

Nyambung yang nomor 5, ada saatnya kita gak perlu kepo semua tentang apa aja dalam kehidupan pribadi sahabat sendiri. Ada batasan kapan privasi sahabat sendiri gak perlu diganggu gugat, begitu juga sebaliknya kan?? ada batas privasi kita sendiri yang gak pengen diganggu orang lain, jadi saling mengerti aja.

7. Persahabatan yang saling menjaga harmonisasi hubungan persahabatan

Kira – kira kalau point satu sampai enam bisa kita jalani dengan baik, besar kemungkinan persahabatan bisa langgeng, kalau perlu langgeng sampai tua. Senangnya masih punya sahabat itu adalah.. perasaan masa muda selalu gentayangan dalam jiwa kita ini, ya kan? apalagi kalau sahabatannya sejak kecil, ceritanya banyaaakk dan perasaan happy terus.. ya jelas aja ceritanya jadi banyak, karena sahabat itu ibarat diary hidup kita, ya gak? Hahaha…

Salam persahabatan.
~ LovelyRistin

Dari Mata

Dari mata jatuh ke hati.

Kata – kata jadul yang sejak kecil sering aku dengar, rasanya gak salah juga pepatah tersebut ya, karena mata termasuk jendela hati.. Konon katanya kalau ingin tau orang lain itu bohong apa gak, lihat bahasa tubuhnya, salah satunya “mata”. Kalau pembohong melihat kearah bawah sewaktu berbohong seperti mencari sesuatu atau berpikir apa yang akan diucapkan selanjutnya, gak berani memandang tegak karena ada yang disembunyikan pada lawan bicara.

Pinterest

Mata memang salah satu ‘jalur komunikasi’ secara tidak langsung, dari mata juga kita bisa tegaskan “saya bisa” melakukan pekerjaan sebaik mungkin ketika sedang menghadapi wawancara kerja. Nah, sebegitu pentingnya bahasa lewat mata sampai – sampai tau sendiri doongg.. para wanita jadi mempercantik mata. Mulai dengan pemakaian pelentik bulu mata, eye shadow, contact lens, hilangkan mata panda, dan lainnya.

Baca disini : tentang mata panda

Tapi jujur aja aku ini bukan tipe yang sabar menghias mata, liat alatnya sih seneng, tapi maunya di dandanin hahaha.. males ya dandan sendiri apalagi bagian mata. Pemakaian dari mulai eye shadow, eye liner, mascara, merapikan alis, hadeeehh…. Beneran gak sabar hahaha.. Padahal lewat rias mata bisa memperbaiki penampilan juga, tapi ya sudahlah kalau gak suka “bhay.. bhay” aja.. hihihi..

Pixabay

Baca juga ini : waktu Aya kena alergi mata

Bagiku yang penting mata sehat dan cerah, sangking kesehatan mata ini juga penting, jadi wajar kesehatan mata anak juga jadi perhatianku, salah satunya menghadapi “mata malas”. Ada yang tau apa itu mata malas? Bukan malas maunya tidur terus ya.. hahaha.. Mata malas adalah kondisi koneksi saraf dari salah satu mata ke otak gak sempurna pada masa anak – anak. Tentunya dengan kondisi seperti ini ada gangguan penglihatan sebelah mata, otak dan mata gak sinkron, gak dapat kerja sama. Gejalanya : mata kelihatan juling sebelah ( amblyopia). Kebetulan Aya mengalami “mata malas”. Sejak Aya balita dan tau mata kanannya ‘malas’, aku udah heboh aja ajak Aya ke dokter mata untuk diketahui gimana penanganannya. Memang kondisi ‘mata malas’ ini gak bisa sembuh total, tapi setidaknya kinerja kedua mata dilatih terus supaya bisa sinkron, melatih otak untuk peka terhadap sinyal dari mata malas ini. Waktu itu dokter kasih solusi mata malas Aya ini ditutup perban, persis kayak bajak laut bermata satu hehehe…

Photo : cultofmac.com. by : Geoff Grubb. Kira – kira begini contoh waktu Aya masih balita terapy ‘bajak laut’/eyepatch untuk koreksi mata malasnya.

Jadi mata bergantian ditutup dalam jangka waktu tertentu (misal 20 menit secara bergantian). Terapy ‘bajak laut’ ini untuk melatih otot matanya supaya gak malas dan menyadarkan Aya sejak kecil kalau matanya harus di maintain/diperlakukan khusus. Sekarang apakah masih terapi ‘bajak laut’?

Kalau Aya disuruh fokus gini deh.. kesannya matanya lebih gede hihihi… *lebay

Udah gak lagi sih, karena Aya udah gak mau, tapi aku jadi bawel dan ingetin dia terus menerus supaya sadar, ingat sendiri kalau mata malasnya sedikit nyasar dari posisi normalnya, langsung aku suruh fokus!. Caranya : arahkan jari telunjuk kita tepat ditengah – tengah di depan hidung Aya, agar Aya melihat jari tersebut, dan membuat otot matanya bekerja. Mau gak mau harus terus menerus diingatkan, membantu supaya penglihatan pada mata buruk dapat berkembang dengan baik, mencegah gangguan (seperti juling permanen), atau kehilangan penglihatan permanen. *Amit-amit. Jadi kalau nemu “mata malas” pada anak segera ditangani ya.. ke dokter mata untuk dapat tindakan yang tepat, karena tingkat keparahan mata malas akan menentukan langkah pengobatan yang sesuai.

Mata yang indah tentu enak dilihat, perawatan mata menjadi keharusan. Dari mata juga dapat menunjang komunikasi yang lancar jika pembicara dan lawan bicara saling menanggapi komunikasi dengan baik.
Hmm.. gara – gara nulis tentang mata ini dari tadi dalam hati bersenandung lagu ‘dari mata’ deh.. hahaha.. kok bisa pas ya? :p

Disclaimer : Istilah kedokteran untuk nama terapy bajak laut tidak ada. Ini hanya bahasa saya saja untuk mempermudah saya menyampaikan pesan, jika ada kesalahan mohon maaf, karena sebenarnya saya bukan dokter, cerita ini hanya berdasarkan pengalaman saja.

Cerita si mata panda, kuku cantik, berdiri cantik, dan tiup lilinnya!

Aya ulang tahun yang ke 10! kemarin tanggal 30 November 2016. Seru sendiri aku buat kasih kejutan kecil – kecilan di hari ulang tahun Aya. Beli kado yang memang dia butuhkan, lilin kecil, dan kue ulang tahunnya yang simple banget! murah meriah, tapi mewakililah ya.. Hahahaha.. Apa itu? Tiramisu tanteeee… beli dikit aja hahaha.. Lilinnya juga yang kecil, itu juga gak dipasang sampe 10, rempong kalo banyak – banyak hihihi.. Yang penting anaknya seneng dah bisa tiup lilin, itu aja dah happy anak sama emaknya, emang iya kok bahagia itu sederhana hehe.
Jadi, waktu tanggal 30 nov itu, Aya sengaja aku bangunin pagi pake kue, lilin, dan nyanyian ulang tahun. Eyangnya ikutan deh.. Seru aja kan, sambil liat dia kucek – kucek mata, trus terpana sebentar, daannn… Tiup lilinnyaaa..! Hehehhe.. Fa sampe ikut bangun, padahal dia tidur malamnya, malam banget.. maaf ya dek, sekalian juga lah bangun untuk siap – siap mau ke sekolah.

tiup Lilinnya diatas Tiramisu in a cup.. dan ini beli ya sodara - sodara, gak bikin. #senyumlebar
tiup Lilinnya diatas Tiramisu in a cup.. dan ini beli ya sodara – sodara, gak bikin. #senyumlebar

tiramisu2

Untuk Foto tiup lilinnya, maaf ya gak di share, foto baru bangun tidur sambil tiup lilin, aiihh.. gak ada cantik – cantiknya hahahaha…

Beberapa bulan terakhir ini.

Jadi segitu ajalah ya cerita ulang tahunnya xixixi.. Sekarang balik ke cerita beberapa bulan terakhir ini, salah satunya tentang bawaan buku sekolah yang beratnya minta ampun! aku aja gak kuat, dan sebagai penderita skoliosis, tentu aja aku khawatir dengan tumbuh kembang Aya karena tas ransel sekolahnya yang berat hampir tiap hari. Jadi Khawatir dengan pertumbuhan untuk bagian tulang belakangnya. Gak pengen Aya sakit yang sama seperti aku, akhirnya aku beliin tas ransel troli, yang tadinya bolak balik ditolak Aya, gak mau beli tas model troli begitu. Padahal kan lumayan membantu kalau lagi bawaannya lagi berat, tasnya tinggal tarik/dorong aja. Selain itu aku juga ngingetin Aya untuk menjaga posisi tubuh yang baik, seperti duduk yang benar, termasuk sikap tubuh ketika berdiri supaya tegak.
Hmm.. tapi ini bener lhoo.. Salah satu trik juga supaya body keliatan lebih tinggi, langsing dan sexy. Posisi tubuh tegak, posisi bahu relax putar ke belakang dan turunkan. Ini emang bikin bahu jadi lebih nyaman, trus.. Inget.. Perut.. Perut… Hehehe.. tarik perut ke arah dalam, kepala juga harus sejajar dengan posisi bahu. Dan Pastikan posisi kedua bahu sejajar dengan tulang panggul. Cara ini supaya badan gak bungkuk. ya.. Mirip yaa cara berdiri dan berjalan princess, dan emang ini ngaruh banget untuk tubuh lhoo.. paru – paru menyerap oksigen lebih baik, posisi perut juga gak melendung kedepan hahahha..

Kadang aku suka lupa juga sih kalau posisi berdiri tuh gak bener, tapi sekarang lucu deh.. Kadang kayak ada alarmnya, kalau posisi gak bener, berasa banget tulang kayak ngetuk – ngetuk hahahahha.. Kayak ngasih tau, duh posisi bu.. Posisi.. Lagi gak bener neh hahahha.. Jadi, selama berdiri usahakan bobot badan dibagi sama rata ke kedua kaki, caranya? Gantian pindah tumpuan tubuh pada kaki kanan ke kiri (bergantian). Trus, kalau lagi berdiri lama,misal di bis, di kereta, atau lagi masak dalam jangka waktu yang lama, kakinya dibuka selebar bahu. Nah.. Bobot badan jadi sama rata di kedua kaki kan, usaha untuk berdiri tegak juga bisa terjaga. Eitss.. Tapi daguu juga posisinya biasa aja, gak terlalu menjorok keluar, angkat bahu setinggi mungkin, kepala lurus kedepan, dan gak bawa beban yang terlalu berat.

Cara berdiri dan duduk aja aku jadi termasuk bawel ke Aya dan Fa, biarin ajalah yaa.. Soalnya gak mau jadi sakit kayak aku, ngaruh untuk kesehatan juga soalnya.

Selain masalah gaya berdiri yang benar, pernah juga masalah sama kuku. Kuku Aya nih modelnya kuku pete gitu bentuknya, panjang dan langsing, duuhh.. Sejak Aya bayi aku suka banget sama kuku dia, sering deh aku pandangin kuku – kukunya, cantiiikk gitu kuku hahaha.. Ni muji kuku anak sendiri deh hehhe.. tapi jangan salah, punya kuku pete gitu ternyata pernah bikin ribet.. Selain lebih cepat panjang, guntingin kukunya harus pelan – pelan, hati – hati, sedikit – demi sedikit, gak bisa lebih pendek.. Karena sakit.

Kuku ini yang aku bikin aku gemes sejak Aya bayi hehehe...
Kuku ini yang aku bikin aku gemes sejak Aya bayi hehehe…

Jadilah untuk kuku ini aku sarankan Aya gunting kuku 3 hari sekali, tapi yaaa yg namanya anak -anak, tetep aja urusan gunting kuku tidak serajin yang disarankan, alhasil pernah beberapa kali diomelin gurunya hahha.. Kadang pernah juga gunting kuku dadakan, udah kayak tahu bulat aja :p, maksudnya baru gunting kuku pagi – pagi jelang mau berangkat sekolah, alamak.. Pusing tujuh keliling aku urusan gunting kuku Aya gak kepegang, soalnya aku udah percayakan ke Aya supaya dia disiplin gunting kukunya 3 hari sekali, ternyata gak bisa segampang itu.. Harusnya bisa sih yaa aku bantu gunting kuku malam sebelum tidur, tapi jangan sampe guntingnya tengah malam deh hahaha.. Selain ngantuk, bisa menyebabkan si mata panda juga. Eh tapi, percaya gak sih? Ternyata si mata panda ini bisa timbul bukan karena kurang tidur. Aku seriusan lhoo ini.. Coz aku juga punya mata panda.

Mata panda ternyata bisa timbul karena kurang olah raga, iyaa.. Ini terjadi pada diriku, jadi walaupun aku cukup tidur, tapi kalau kurang olah raga, mata panda setia menemani. Bete kan.. apalagi kalau yang punya penderita alergi, mata panda juga setia menemani. Jadi kudu piye ??

Setelah dapat info dari Bapak Dr. Abraham Arimuko pada Intisari. Emang bener penyebab mata panda bukan karena kurang tidur, tapi bisa juga karena alergi, dehidrasi, ras, dan genetik. Cara mengatasinya : cukup minum air putih, penggunaan serum atau krim yang mengandung hyaluronic acid, mata panda ilang, kerut di mata juga bisa berkurang. Gimana kalau disebabkan karena gen? contohnya orang indian, dan beberapa orang Indonesia, macam aku ini.. Si mata panda susah ilanginnya. Jadi, minimal si mata panda bisa disamarkan, karena gak asik banget ya mata panda ini bikin wajah keliatan gak seger. Cara menyamarkannya ala diriku nih.. Rajin olah raga, pake krim mata, rajin minum air putih, bisa juga di kompres pake timun. Si mata panda setidaknya bisa diminimalisir, kalau gak bisa juga? Mendingan makan mie-nya Mr.Ping, ayah angkatnya Po aja, si kungfu Panda… Hahahaha… #ngaco…

Tiba – tiba nyanyi

Everybody was kung-fu fighting
Those cats were fast as lightning
In fact it was a little bit frightning
But they fought with expert timing..

[LittleBit Review] Between November and Moana

Udah lama gak cerita – cerita disini yaa.. kalau sekarang ni maunya cerita jelang Aya ulang tahun, tapi kan Aya ulang tahunnya masih tanggal 30 Nov nanti, jadi mending nanti ajalah yaa ceritanya, Lagian tanggal 30 masih beberapa hari lagi hehhe, ya sih.. tinggal menghitung hari hehe..

Pinterest - here the link
Picture from Pinterest
Senyum sebelum masuk ruang nonton xixxiixi
Senyum sebelum masuk ruang nonton xixxiixi

Jelang akhir tahun juga ni.. Kan pasti ada aja tu di Disney Channel mulai iklan film – film kartun barunya, aaiihh.. Beneran deh ga tau kenapa aku termasuk yang suka, dan biasanya tergelitik pengen nonton, iyaaa.. Udah dari kecil emang suka sama cerita – cerita Disney. Ditambah ini cerita Moana, kayaknya beda dengan cerita princess ala Disney seperti biasanya, dan emang terbukti.. Cerita Moana ini beda, punya karakteristik yg kuat. Moana yang punya keteguhan hati bahwa dirinya bisa menyelamatkan masyarakat di pulaunya dari kelaparan dan kekeringan. Pesan moral film Moana yang berasal dari Polenesia ini bikin aku inget tentang ungkapan yang sering aku dengar sejak kecil, yaitu kata – kata “nenek moyangku seorang pelaut”. Film ini juga ngingetin kita untuk menjaga kelestarian alam sekitar kita. Contohnya nih.. Si monster Te ka ternyata adalah Te fiti yang baik hati, hanya karena jantungnya dicuri oleh Maui, otomatis Te fiti jadi marah. Ibarat alam yang dirusak dan terjadi bencana alam. Dan yang bikin alam menjadi marah karena ulah manusia juga.

Ada yang bikin lucu yaitu si Heihei.. Ayam rabun yang konyol, lucu banget ni ayam, bener – bener bikin cerita jadi cair lucunya, ya kok bisa gitu yaa dapat ide ayam rabun hahahaha.. Bisa aja yang bikin, plus si babi kecil, pua, yang lebih mirip puppy menurutku, teman dekatnya Moana. Saksi mata bagaimana Moana punya keistimewaan, yaitu laut yang bersahabat dengan Moana.

Nah, karena tujuannya bikin Aya dan Fa (kebetulan Echa ikut juga) happy, ya seneng juga kalau liat mereka tersenyum atau bahkan ketawa ngakak karena ngeliat tingkah konyol si Heihei, atau Maui yang tiba – tiba berkepala ikan hiu, hehehe.. Dan tips jitu cara ajak mereka nonton adalah : Sebelum nonton, ajak mereka makan dulu hahaha.. iyalah ini pasti, aku juga udah kelaparan, apalagi menu makan siangku kemarin itu adalah bebek panggang yang pedas lumayan bukan aja bikin kenyang, tapi juga pengen nambah. #eh. hehehe..

rebutan makan Takoyaki
sebelum nonton rebutan makan Takoyaki
Fa paling semangat di awal kalau diajak nonton, setelah itu.. dia diam sih.. tapi ada aja komen.. "ma, kok lama yaa.." gak sabar pengen cepat pulang hihihi...
Fa paling semangat di awal kalau diajak nonton, setelah itu.. dia diam sih.. tapi ada aja komen.. “ma, kok lama yaa..” gak sabar pengen cepat pulang hihihi…

Ada satu hal lagi yang mengganjal dihati sebenarnya, yaitu dimana orang – orang mungkin lebih rame nonton Fantastic Beast, dan aku juga pengen nonton sebenarnya, tapi kami malah lebih milih nonton Moana, hehe.. ini demi Fa.. yang cepat bosan di dalam, kalau kartun dengan gambar yang lucu – lucu kan berharap dia lebih betah nontonnya. Dan berhasil manjur kok, hihihi.. Fantastic Beast pasti kok nyusul nonton juga, walopun suka telat.

Oiyaa, satu lagi.. Suara Moana (suara dari Auli’i Cravalho), kok mengingatkan aku dengan suaranya Anggun ya? ada kemiripan. Bener gak sih? Atau perasaan aku aja?
So far.. Aku suka sama lagu – lagunya, bikin semangat..

See the light where the sky meets the sea
It calls me
And no one knows how far it goes
If the wind in my sail on the sea stays behind me
One day I’ll know
How far I’ll go

From Japanese Cuisine, Look, Taste.. and You’ll love it!

Say Hi!

Holaaa… udah lama banget gak update disini, bukan karena banyak alasan gak mau nulis ya.. hahaha… tapi lagi banyak banget yang harus dikerjakan sok sibuk lagi deh hihi, janji deh.. pasti aku akan cerita, tapi abis cerita tentang makan – makan masakan Jepang ini dulu ya.. Maaf ya kalau ada yang gak kebagian makanannya hihihi… bisa langsung cuzz kok ke Mall Kota Kasablanka, dari tanggal 31 Oktober sampai 13 November 2016, di Food Society . Masakan otentik dari Jepang ini belum pernah ada di Indonesia, penasaran kan?.

Kenalan sama Jetro (Japan External Trade Organization).

Jetro, didirikan tahun 1958, adalah Government-Related Organization sebagai penggerak acara Japan Food Festival yang bekerja sama dengan Eat and Eat, mengadakan program test kitchen untuk pertama kalinya di Indonesia. Ada 5 perusahaan industri jasa makanan dan menjual kuliner khas Jepang, misalnya Ramen, Dango, Champon ( mie campur Jepang). Alasan Jetro melakukan ekspansi ke Jakarta selain melihat minat masyarakat Jakarta dan sekitarnya terhadap masakan Jepang ini cukup tinggi (peringkat 3 teratas), perusahaan Jepang juga perlu melihat dan mencari / survey dari mana aja sumber – sumber bahan di Indonesia ini bisa lebih akrab, baik dari segi rasa dan kantong orang Indonesia. Menurut survey ( Maret 2015) Jetro yang dilakukan dua tahun sekali ini Indonesia termasuk peringkat ke 4 ekspansi setelah Tiongkok, Thailand, dan Amerika. Jakarta di posisi ketiga. Jadi gak heran kalau Jakarta salah satu tempat yang menjanjikan untuk ekspansi masakan Jepang ini.

Kenalan sama masakan Jepang

Sushi, Dorayaki, Ramen, Teriyaki, siapa yang gak tau makanan khas Jepang ini? Pasti hampir semua tau, tapi ada jenis masakan Jepang lagi yang selama ini belum pernah ada di Indonesia, seperti Dango, Manju, Taiyaki, Champon, Takoyaki, dan lainnya. Nah.. biar enak cerita tentang makanan khas Jepang ini, rumpi asik yuk disini..

Launching Japan Food Festival
Launching Japan Food Festival
Melihat proses masak Sushi dari Chef ganteng. Kazuki Kawabata
Melihat proses masak Sushi dari Chef ganteng. Kazuki Kawabata
Dango yang mirip cilok
Dango yang mirip cilok
Enokiya
Enokiya

Ini dia list perusahaan industri jasa makanan Jepang, tapi belum terkenal di Indonesia :

1. Menya Takeichi (Take You Co Ltd.), menu : Ramen ayam
2. Enokiya (Morinaga Gyunyu Haikyu Co, Ltd) menu : manisan Jepang
3. Fujisan Taiyaki (Yataro Co, Ltd), menu : Taiyaki
4. Sushi Kaz (Riverside Inc), menu : Sushi
5. Ringer Hut (Ringer hut Co, Ltd), menu : Champon (mie campur Jepang).

Setiap masakan pasti mempunyai ciri khas dan ceritanya sendiri – sendiri, contohnya Sushi, Niku Sushi yang terkenal di Jepang, menggunakan saus khusus dari Jepang. Cara memasaknya dengan sistem aburi, yaitu dibakar sehingga rasa dagingnya tidak hilang. Terus ada lagi Champon, mie campur Jepang ini beda dengan ramen, karena Champon lebih banyak menggunakan tumisan sayur, ada sih campuran udangnya, tapi dikit… mienya juga di rebus, gak ada goreng – gorengan, lebih sehat tentunya. Champon ini udah tersebar di 640 cabang, 11 cabang ada di Thailand, Hawaii, Hongkong, dan Indonesia. Di Indonesia akan dibuka Desember di CityWalk Sudirman, jadi kalau ke CityWalk Sudirman pengen cari makanan sehat bisa milih nih Champon, tapi sabar ya nunggu Desember, udah dikit lagi kok Desember.. hhwhhaatt Desember udah di depan mata.. so fast.. *gumamsendiri. Ada lagi… martabak ala Jepang, cara mengolahnya gak pakai minyak, jadi lebih sehat juga.. apa tu namanya?? Taiyaki.. iyesss… ini makanan enak banget! Isinya ada matcha, keju, dan kacang merah.. aku suka semuanya hahaha..

Manju, aku suka ini!
Manju, aku suka ini!
Champon, versi foto yang kurang lengkap, karena sesi foto Champon dalam bowl kehabisan hehe
Champon, versi foto yang kurang lengkap, karena sesi foto Champon dalam bowl kehabisan hehe
Mie rebus Champon masih proses rebus
Mie rebus Champon masih proses rebus
Taiyaki yang enak!
Taiyaki yang enak!

Ada lagi yang lain?? Hmm ada!, ada Manju, Enokiya, dan Dango.. gimana cita rasanya? Setelah aku icip – icip.. aku paling suka Manju, gak tau kenapa ya.. yang lain kurang suka, mungkin karena manju taste-nya masih mendekati makanan Indonesia menurut aku, menyerupai bapia pathok, Cuma manju kulitnya sedikit crispy (Crispy Bean Cake) karena pengolahannya di panggang, isinya full kacang merah, dan kacang merah ini yang bikin enak banget!.

Kalau Enokiya dan Dango mirip – mirip sama moci – moci, karena terbiasa dengan moci – moci ala Indonesia, jadi terasa banget pas makan Enokiya dan Dango ini kurang terasa manis, dan teksturnya juga tidak selembek moci – moci. Ternyata memang semua itu sejenis moci – moci, Cuma beda level aja, orang Jepang mempunyai sensitivitas yang tinggi terhadap makanan yang ia makan, jadi orang Jepang sendiri tau mana makanan yang memakai bahan berkualitas baik dengan yang tidak baik. Pasta kacang pada Enokiya menggunakan pasta gandum yang bertekstur, jadi rasa selai kacangnya tidak begitu tajam, hal ini dikarenakan ingin memberikan rasa penasaran dan kepuasan pada pelanggan dapat merasakan cita rasa kacang merah dengan hati – hati. Sedangkan Dango yang mirip cilok ini ada varian rasa yaitu Oreo dan madu. Jadi, aku sendiri baru tau nih.. ternyata sejenis moci – moci ini ada level – levelnya juga, bisa dilihat dari kualitas bahan. Selain Enokiya, Dango, makanan lain yang mempunyai kemiripan sama moci – moci adalah Daifuku, Daifuku ini katanya yang mempunyai level paling tinggi diantara sejenis moci – moci. Disclaimer : aku berpatok pada moci – moci deh jadinya, karena menurut aku, moci – moci yang lebih familiar dan udah lebih dikenal di Indonesia).

Dango Oreo
Dango Oreo
Harga Dango dan Enokiya
Harga Dango dan Enokiya
Daifuku
Daifuku
mendadak ketemu adekku, langsung beli Sushi kesukaannya ^ ^
mendadak ketemu adekku, langsung beli Sushi kesukaannya ^ ^
Sushi.. Yummiii...
Sushi.. Yummiii…

Lumayan kenyang setelah test kitchen ini, hihihi.. ohya.. aku juga sempat icip Sushinya, ini sih adekku yang beli, karena kebetulan kami ketemuan di acara JFF ini, kebetulan adekku ini penggemar Sushi, dan ternyata memang maknyuss ini Sushi!. Masih banyak acara lain di JFF ini, cepetan mampir deh kalau sempat. Satu pelajaran penting yang bisa kita petik disini adalah, bagaimana dengan ekspansi kuliner Indonesia agar lebih terkenal di mata dunia??? Cara ekspansi makanan Jepang ini bisa di tiru lhooo… yang penting gak merugikan pihak lain, pasti bisa!. Semangat!!!
Met makan – makan yaa di JFF.. See you…. !

Behind the Story

Emang mau ngomongin apa cobaaa sok pake gaya behind the story??? Ehem.. ehem.. udah lama bener gak nulis disini, maklum yaa tenaga lagi lowbat banget karena flu, batuk, pilek, asma(ra) betah bener dibodyku, jadi kan maunya bobok terus.. padahal banyak banget yang pengen dilakukan, tapi ya udah deh.. emang disuruh istirahat dulu kali ya.. kemauan, pengennya besar banget.. tapi tenaga yaa kayak hape hehehe.. ada masa lowbatnya.

Ngomong – ngomong selama gak nulis, lagi heboh deh aku anter si ganteng baru pertama kali masuk sekolah, iyaaa dong tante, om… Faeyza sekarang udah sekolah, hari pertama masuk sekolah, yang katanya waktu itu tanggal 18 Juli para orang tua setengah wajib harus anter anaknya sekolah, ya kita termasuk heboh hehehe.. anter Aya sekolah, udah gitu kepo Faeyza kalau udah sekolah gimana? Norak gitulah emaknya hahahhaha.. yang norak pun ikutan kok selain papanya, om-nya, dan si lucuk gemesin Ibra ponakan tersayang, ikutan semua anter Fa sekolah di hari pertama hahahahha.. kebayanglah Ibra yang masih setahun setengah nih umurnya ikutan berbaris hahahhaha..

Selama sekolah, salah satunya yang bikin bingung adalah.. bekal makanannya kan? Kalau lagi gak males ya iseng suka masakkin yang simple – simple aja, mulai cuma roti tawar oles mentega terus mises, keju, hihihi.. atau beli jadi aja deh.. mulai dari biskuit, roti isi, dan lainnya. Nah.. ada masakan iseng yang udah dua kali aku bikin. Awalnya kepikiran untuk bikin sarapan yang simple, karena Aya termasuk rempong kalau sarapan, alias susah makan banget di pagi hari, jadi mikirnya sekali makan tapi udah masuk beberapa bahan yang mengandung gizi baik, mulai dari daging, sayuran, nasi. Tjentunyaaaa… saiah dibantu mbah Google cari masakan yang simple tersebut, dapatlah resep dari sumber disini yang simple dan emang enak banget! cocok untuk sarapan atau bekal anak sekolah, oiyaa.. sekali lagi kenapa cobak tampilannya kayak nugget lagi? hahahaha.. maklum ini anak – anak suka banget yang dimakan bisa kriuk di lidah. Cuma sayangnya Fa gak suka bola nasi keju, Aya yang doyan banget, jadi bikin ini khusus untuk Aya. Aku bener – bener ikutin resep aslinya, palingan ganti isinya aja,pake daging giling dan wortel, yang kedua aku bikin isi ayam cincang dan wortel, kenapa pake wortel? rasanya sip aja menurut aku.. pas dikunyah berasa kressss dimulut dibalur sama keju lumernya.. hmm.. yummi..

Untuk bekal sekolah kesukaan Aya.
Untuk bekal sekolah kesukaan Aya.

Biar lengkap, aku tulis ulang ya resepnya :

Bola nasi keju.
By : Bunda Nina

Bahan :

300 gr nasi (1 piring)
100 gr ayam cincang ( aku juga udah coba pake daging giling)
1/2 butir bawang bombay.
2 siung bawang putih, cincang
200 ml air kaldu (aku pake air biasa)
75 gr keju cheddar parut (atau sesuai selera aja)
garam,
gula pasir dan merica bubuk sesuai selera.
keju mozzarella atau quick melt potong dadu secukupnya

untuk isi :
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pelapis :
3 butir telur kocok lepas
tepung panir secukupnya.

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga berubah warna.
2. Masukkan nasi dan keju cheddar parut. Aduk rata.
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian bumbui dengan garam, gula pasir dan merica. (aku perbanyak keju, jadi garam aku gak pake).
4. Masak hingga kaldu meresap. Matikan api. tunggu sampe hangat.
5. pipihkan adonan, isi dengan mozarela atau keju melt. bulatkan.
6. Kocok telur balur adonan nasi yang udah diisi mozarela tadi ke tepung panir, masukkan ke kulkas sesaat supaya panir merekat kuat pada adonan.
7. Goreng hingga kekuningan.

Dijamin anak – anak pasti suka, kalau bikin sendiri kan lebih aman karena bahan – bahan masakakan dibawah pengawasan kita ^ ^..

Yang menggemaskan kesan dari Lebaran

Tahun ini aku lagi males banget foto - foto, kayaknya lagi pengen nikmati dunia lebaran tanpa diganggu kamera atau narsis #uhuk! ssooo... gambar bunga ini Aya yang gambar, jadilah aku edit sedikit ( kan lumayan juga yaa.. emaknya bisa nebeng gambar, secara emaknya ga bisa gambar hehe), anggap aja kartu lebaran :p untuk pemanis postingan ini yaa... Maaf Lahir Bathin ya semua :*
Tahun ini aku lagi males banget foto – foto, kayaknya lagi pengen nikmati dunia lebaran tanpa diganggu kamera atau narsis #uhuk! ssooo… gambar bunga ini Aya yang gambar, jadilah aku edit sedikit ( kan lumayan juga yaa.. emaknya bisa nebeng gambar, secara emaknya ga bisa gambar hehe), anggap aja kartu lebaran :p untuk pemanis postingan ini yaa… Maaf Lahir Bathin ya semua :*

Minal Aidin Wal Faizin yaa.. selamat lebaran buat teman – teman yang merayakan. Maaf nih baru update lagi disini, karena lebaran hari kedua Faeyza sakit, dan alhamdulillah sekarang udah semakin membaik, biasa deh.. penyakit perutnya yang kambuh – kambuhan akibat picky eaternya, mudah – mudahan kali ini picky eaternya mulai berkurang, karena Faeyza sepertinya udah mulai ngerti dampak kebanyakan susu dan gak mau makan.. hmm.. see.. lanjut cerita waktu lebaran, ada beberapa cerita yang pengen aku simpan disini, maklum yaa.. emak ga mau kehilangan moment masa kecil anak – anaknya hehehe.. apa aja maunya ditulis disini. :p

Lebaran Day 1 :

Diusia yang ke 4 ini Faeyza mulai belajar tentang puasa, walaupun belum mengikuti kegiatan puasa seperti kakaknya, Faeyza udah mulai aku ajak buka puasa bersama, menjelang buka puasa biasanya aku hidangkan teh hangat untuk berempat, jadi pas bedug magrib ikutan heboh deh dia minum teh juga, tapi kadang ya anaknya ga mau sabar, belum magrib udah minum duluan hehehe..

Waktu bulan Ramadhan berakhir, setelah magrib mulai deh terdengar takbir Idul Fitri, dan rasanya bikin hati nyessss…. meleleh.. antara seneng dan sedih, disaat ini juga Faeyza mulai tanya itu suara apa ma? Dia baru ‘ngeh’ setelah puasa ada suara takbir kemenangan. Untuk sholat ied-nya sendiri juga pengalaman yang pertama bagi Faeyza ikutan sholat Ied, soalnya tahun – tahun sebelumnya Faeyza bangunnya kesiangan, aku belum tega ngebanguninnya, tapi di tahun ini, bagiku udah haruslah dia merasakan dan ngerti gimana proses sholat Ied.

Setelah sholat Ied, biasalah ya berkunjung ke beberapa tetangga, terus lanjut ke rumah eyang dan ke rumah nenek. Ada yang lucu setelah dari rumah nenek, dasar anak kecil ya polos bener.. pas kita mau pulang, Faeyza liat ada seorang nenek lagi duduk – duduk sambil menyapa Faeyza, nah.. Faeyza ini kan kadang anaknya sok akrab, jadi dia ajak obrol deh nenek tersebut, “itu kenapa giginya mau copot?” Huahahahahha.. berasa kayak ketimpa lemari, yg polos dan gak ada rasa dosa ngomong gitu, aku sama papayaza yang ngerasa gak enak hati hahahahahahaha…

Duh.. maaf ya nek.. maaf lahir bathin lagi.. hehe..

Lebaran Day 2.

Gak banyak yang kita lakukan di lebaran hari kedua ini, pengennya sih setelah kunjung mengunjung lagi melipir ke mall bentar buat beliin Faeyza sepatu buat sekolah, kan tanggal 18 udah mulai masuk sekolah.. tapi gak jadi 🙁 lagi – lagi Faeyza perutnya bermasalah.. lambungnya luka lagi, jadi kita dari lebaran hari kedua sampe kemarin tuh ( senin, 11 Juli 2016) urusan ke dokter mulu, cepat sembuh yaa Faeyza sayang..

Jadi kayaknya Lebaran tahun ini mati gaya ya? Karena gak kemana – mana, yah.. gak juga sih.. karena ternyata ada hal yang banyak bisa aku lakukan, ceritanya lanjut setelah postingan ini aja ya.. Dan teuteup yaa.. yang menggemaskan selalu ada disekitar anak – anak.. iyaa mereka itu selalu ‘amazing’ dengan segala tingkah laku mereka, salah satunya.. kue yang dicetak Aya dan Faeyza, waktu bikin kue sagu keju, hasil cetakannya malah begini, mungkin beberapa teman yang udah liat di instagram, path, atau fb akan lihat ikan bohay nan cantik ini hahahaha..

No reseplah yaa.. banyak berseliweran di internet, dan aslinya rasa kuenya enak, cuma modelnya aja ajaib, ada yang bulat, panjang, bintang, ikan montok, bunga, dan ada dong yang gosong hahahaha..

Mumpung masih ada suasana lebaran, dan udah arus balik buat yang mudik dan liburan, dan pastinya ada yang sedih karena si mbak gak balik dengan berbagai alasan.. yah.. dinikmati aja semuanya, yang penting kita udah saling memaafkan yaa, dan berdoa semoga next Ramadhan kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin :).

Salam,
Ristin

Ramadhan nan Istimewa dengan Banana Cream Caramelo

Wuaahh.. baru nulis lagi disini, dan gak terasa puasa udah masuk hari ke 9, dan besok udah hari ke 10 ( kritik kalau aku salah itung), so fast yaa.. ga terasa gitu dah seminggu lebih kita berpuasa. Alhamdulillah.. bulan yang dinanti – nanti oleh umat muslim ini memang terasa istimewa (minimal terasa istimewa untuk diriku sendiri). Why ??

Ramadhan secara harfiah artinya membakar, jadi diharapkan dosa – dosa kita selama ini juga ikut terbakar, dan berharap kedepannya lebih baik lagi. Selain itu bulan Ramadhan terasa istimewa karena banyak moment yang terjadi di bulan Ramadhan, yaitu :

1.Pertama kali turun ayat suci Al qur’an, sekaligus sebagai tanda pelantikan Muhammad SAW sebagai nabi

2.Kemenangan besar pasukan Rasulullah di dalam perang Badr, bertepatan tanggal 17 Maret 624M/17, Ramadhan tahun ke 7 H

3.Perebutan kembali kota Mekah (Fathu Makkah), Ramadhan 8 H

4.Perjanjian Tsaqif terjadi di bulan Ramadhan 9 H

5.Diplomasi Qadasiayah yang membawa keuntungan besar bagi ummat Islam, terjadi di Ramadhan 15 H

6.Penaklukkan Rodesia, bulan Ramadhan 53 H

7.Perang Andalusia Spanyol, Ramadhan 91 H

8.Penaklukkan kota Spanyol. Ramadhan 92 H

9.Runtuhnya Daulat Bani Umayyah, digantikan rezim baru Bani Abbania, Ramadhan 132 H

10.Pemisahan diri Mesir dari Dinasti Annasia, Ramadhan 253 H

11.Pendirian Universitas Al-Azhar, Cairo Mesir, Universitas tertua di dunia didirikan dalam bulan Ramadhan 361 H, oleh Dinasti Fatimiyah (Syi’ah)

12.Salahuddin al-Ayyubi menghalau pasukan salib dan merebut kota Surya, Ramadhan 584 H

13.Pasukan salib dikalahkan di Baibars,Ramadhan 675 H

14.Memperoleh kemerdekaan di bulan Ramadhan, termasuk Indonesia.

Ini cuma sekilas info aja tentang istimewanya bulan Ramadhan, sekarang kita lari ke menu special yaa..buat dijadiin salah satu menu untuk takjil.

kemarin sore aku bikin, berbahan dasar pisang, emang yaa… bahan dasar dari pisang ini flexible banget bisa dibikin apa aja, dan rasanya pasti enak!. Kebetulan juga hari sabtu lalu maen ke rumah mama mertua dikasih pisang, sayang kalau gak cepat – cepat diolah, karena pisangnya bagus banget, tapi maaf dengan hasil penampakannya ya.. hahaha.. bikinnya buru – buru banget, karena sebelumnya Aya minta bikin martabak tahu, ya udah bantu dia deh bikin martabak tahu, di rumah pada doyan banget sama martabak tahu, mungkin kalau digigit serasa crispy jadi bikin nagih hehe..

Nah.. untuk menu yang kali ini juga seger lhoo.. enak.. ga eneg, cocoklah untuk makanan pembuka puasa, cepat juga bikinnya, segera aja deh ke resepnya.

Sebenarnya buah yang sesuai resep adalah strawberry, tapi apa daya di rumah lagi ada melon, jadi melon pengganti strawberry deh :)
Sebenarnya buah yang sesuai resep adalah strawberry, tapi apa daya di rumah lagi ada melon, jadi melon pengganti strawberry deh 🙂

Banana Cream Caramelo

Bahan :

5 buah pisang matang
2 sdm Butter
150 ml Whipped cream
100 g gula pasir
Stroberi segar ( aku lagi ga ada stock stroberi, adanya melon, jadi melon aja deh pengganti stroberi hehehe).

Cara membuat :

1.Kupas pisang dan panaskan sebentar dengan butter yang udah leleh hingga agak kecoklatan
2.Kocok whipped cream hingga setengah kaku ( ga perlu pake mixer)
3.Panaskan gula hingga menjadi caramel.
4.Masukkan caramel ke whipped cream kocok dan aduk dengan cepat sampai tercampur
5.Siramkan saus caramel keatas pisang yang sudah dimasak tadi bersama butter.
6.Hidangkan

Sekali – kali bikin menu takjil yang berbeda dari biasanya, dijamin deh satu rumah suka semua. coba bikin dong .. :). Besok pake takjil apa lagi ya? hmm…

Sumber : Noor – Ramadhan 1435 H

Berkenalan dengan Alia Blues

Akhirnya bisa lagi ngobrol disini, setelah hampir tiga minggu absen karena ada hal kepentingan diluar kegiatan tulis menulis disini tentunya.

Ok deh.. tinggalkan pembahasan hal – hal yang hanya penting untuk aku itu ya.. hihi.. tapi sebenarnya dibalik absenku ini pasti masih deh aku sempatkan online, salah satunya browsing dan blogwalking.

Ngomong – ngomong tentang kegiatan browsing dan blogwalking emang bikin dunia jadi sempit ya.. Gak nyangka dunia digital ini bikin perkenalan antar teman bisa terjalin kapan aja, dari dunia online ini pula yang nganterin aku kenalan sama Alia Blues, nama lengkapnya Mina Amalia. Ada yang tau siapa dia??? Kenalan yuk..

Kesan pertama ketika pertama kali kenalan dengan Alia Blues adalah musik, yess.. dari nama “Blues terkesan banget musiknya ya.. dan memang benar adanya, embel – embel nama “Blues itu merupakan aliran music yang dia sukai. Eh tapi aliran music bergenre pop, rock, rock and roll dia juga suka kok.. Terus apakah kenalan singkat ini aku diamkan aja? Hohoho.. NO lah.. aku jadi pengen kenal lebih jauh tentang Alia Blues, cewek yang piawai bermain gitar ini gak kalah dengan pemain gitar senior di Indonesia yang notabene pemain gitar lebih banyak dikuasai oleh para cowok, bener gak?. Hmm.. cewek kelahiran tahun 1984 ini memang gak main – main dengan minatnya terhadap musik, setelah kami ngobrol banyak, ketauan deh kalau Alia bermain gitar elektrik secara otodidak. Pertama kali main gitar justru karena kegiatan nge-band ketika SMP di Kota Pati Jawa Tengah. Passion-nya terhadap gitar gak berhenti disitu aja, pada waktu SMU doi pindah ke Jakarta Selatan, meneruskan SMU di Dharma Karya sambil kursus gitar. Dia seriusin belajar di sekolah musik Yamaha, kelas instrument gitar klasik. Menurut aku belajar instrument musik klasik adalah langkah awal yang tepat, karena musik klasik seperti mengajarkan tentang musik yang sesungguhnya, coba aja lihat nada – nada yang digunakan pada musik klasik hampir semua nada terpakai, terlihat rumit tapi indah. Hal ini sekaligus melatih Fingerstyle Alia lebih terasah. Kecintaan Alia pada gitar elektrik ternyata tak bisa pindah kelain hati, walaupun gitar klasik dia udah kuasai, Alia kembali lagi bermain dengan gitar elektriknya, No problemo dooongg… karena secara basic nada – nada yang sulit udah Alia kuasai.

Komitmen Alia pada dunia gitar mulai terlihat hasilnya, ketika dia lulus SMU, Alia hijrah ke Yogyakarta, meneruskan kegiatan belajar gitarnya bersama Rahmat Raharjo, salah satu gitaris klasik terbaik Indonesia. Kemudian dia iseng ikutan daftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi dengan memilih jurusan yaitu jurusan Psikologi UGM, dan Pendidikan Seni Music di UNY. Ternyata Alia diterima di Pendidikan Seni Musik UNY, baru beberapa bulan kuliah di semester I, Alia udah gabung dan tampil sebagai pemain gitar di acara UNY Orchestra dengan anggota Personil para seniornya. Sebagai adik kelas, ini cukup membanggakan, apalagi Alia juga aktif dalam “inilah” Ansambel Gitar UNY. Berbekal pengalaman berani tampil, di semester 6 Alia udah mulai mengajar di Purwacaraka Music School di Yogyakarta dan Solo. Jadi selama kuliah, pengalaman bermain band dari panggung ke panggung semakin sering, ditambah ikut mengisi acara di Jogja TV dan TVRI Yogyakarta bersama Niwangi Band dan personilnya cewek semua. ( Bravo Alia!).

event International Jazz Day (30 April 2016) Jamming dg bassis IBF dan dari IDI “Ikatan Drumer Indonesia.
event International Jazz Day (30 April 2016) Jamming dg bassis IBF dan dari IDI “Ikatan Drumer Indonesia.
Jamming Blues dengan “Pesenku” Pecinta Seni Kudus (9 Maret 2016)
Jamming Blues dengan “Pesenku” Pecinta Seni Kudus (9 Maret 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (Februari 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (Februari 2016)
Bersama  Beben Jazz Di acara Gathering Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”
Bersama Beben Jazz Di acara Gathering Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”

Setelah lulus kuliah tahun 2008, Alia pindah ke Jakarta, dan sempat mengajar di Purwacaraka Music School cabang Cibinong, tapi hanya beberapa bulan karena Alia diterima di PNS jadi guru music di SMU I Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Awal tahun 2010 Alia pindah lagi ke Pati dan mengabdikan diri pada dunia pendidikan sebagai guru musik.

Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (22 Mei 2016)
Kolaborasi dengan musisi Komunitas Rock Kudus (22 Mei 2016)
Bersama  teman2  Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”
Bersama teman2 Forum “Revolusi Gitaris Indonesia”

Fakta tentang Alia :

– Sempat berjualan nasi bungkus bersama kakaknya, ketika Alia masih SMA untuk membiayai kursus gitarnya.

– Bermain Musik bersama teman – teman Komunitas Musik, seperti Komunitas Pecinta Seni Kudus. Hasilnya diundang Jamz Session Blues (2016).

– Kolaborasi musik dengan Komunitas Rock Kudus (22 Maret 2016).

– Diundang Jamming oleh Presiden IBF Harry Toledo pada event Indonesian Bass Family (IBF) International Jazz Day ( Jakarta, 30 April 2016).
Tampil bersama bassis dari IBF dan drummer dari ikatan drummer Indonesia (IDI).

– Pengurus/ admin sejak 2015, forum gitar online di Facebook yang bernama “Revolusi Gitaris Indonesia” (RGI), tapi mengundurkan diri di bulan Mei 2016 karena kesibukannya dengan kegiatan lainnya, tapi masih jadi anggotanya sebagai aktivis komunitas musik.

– Diajak IBF untuk mengadakan event “Bass Coaching Clinic” oleh Harry Toledo, yang diadakan di SMA I Juwana ( 18 April 2016), sekaligus berduet dengan sang Maestro Bass Harry Toledo, membawakan lagu “Malibu” dari Lee Rite Nour, dan Alhamdulillah berjalan sukses.

18 April 2016 Bass coaching clinic harry toledo
18 April 2016 Bass coaching clinic Harry toledo

AliaBlues10

– Saat ini sedang kuliah S2 Jurusan Pendidikan Seni, di Universitas Negeri Semarang.

Gadis yang mulai berhijab tahun 2012 ini ingin terus memberikan yang terbaik bagi dunia musik melalui permainan gitarnya. Ia menganggap bakat dan ilmu musiknya adalah anugerah dari Tuhan sebagai amanah yang dapat membawa manfaat untuk orang lain, khususnya dunia pendidikan musik dan hiburan. Hobby dan minatnya terhadap musik luar biasa, bercerita tentang bagaimana Alia menikmati setiap fasenya berproses mengejar impiannya. Kita doakan aja semoga Alia Blues sukses, semakin dikenal luas, ikut memperkaya musik Indonesia, bahkan Internasional, dan semakin banyak Alia – Alia lain diluar sana yang mempunyai komitmen dan berjuang untuk meraih cita – citanya.

Salam,
Ristin.

Foto dan Narasumber : doc. Alia Blues

Temukan Alia :

Instagram : Alia Blues
Youtube : Alia Blues
Twitter : @Alia_Blues
FB : Alia Blues
FB Page : Alia Blues

Source : Pixabay.com
Source : Pixabay.com

Music in the Soul can be heard by the Universe

Lao Tzu

error: Content is protected !!