Cerita kue kering

May 23, 2019

Pic by : Pexels

Udah lama rasanya gak baking, dan kadang ada perasaan kangen juga pengen nge-baking minimal untuk krucils di rumah. Jadi ceritanya kemarin sore setelah pulang dari toko, mampirlah dulu ke rumah eyang, karena Aya n Fa dititipkan di rumah eyang hehe.. Pada heboh deh pamer kalau baru aja pada makan kue bikinan eyang ( waduh… Faeyza puasa bedug, jadi repot deh.. hahaha…), jadi ga sabar juga pengen icip – icip kue kering untuk lebaran yang selalu ngangenin. Tahun lalu aku masih bikin kuker dikit – dikit, kadang buat cemilan aja di rumah, kuker salju dengan lemon, kue chocochip, dan sekarang mau bikin kenapa kok berasa udah cape duluan ya… *sigh.

Baca : Resep Kue Salju Lemon

Nah, kemarin tuh cium aroma kue dari kejauhan aja udah bikin seneng, pastinya semua anak akan bilang masakan mamanya paling terenak di dunia kan.. hihihi… Kadang mikir juga kenapa harus kue kering yaa yang dibikin untuk lebaran? Ini kan bikin aku ngunyah terus hahaha… Dan mamaku kali ini lagi pamer resep kastengel yang baru di dapat dari temannya, resep kastengel memang udah banyak berseliwer di dunia maya, tapi dapat resep dari seseorang juga sangat ‘sesuatu’ hihihi… Kali ini resep kastengel tanpa telur, karena biasanya pakai telur, jadi yang tanpa telur bikin penasaran.

Kuker Kastengel handalan kue lebaran yang bikin heboh para krucils hehe..

Sedikit banyak ada beberapa saran dan masukan dari mamaku ini supaya kuker hasilnya bagus alias anti gagal :

1. Ketika memasak kuker di dalam oven, pakai loyang datar, yang tingginya maksimum 2 cm, supaya panas oven merata ke seluruh kuker.

2. Perhatikan tingkat kematangan, biasanya pakai oven bawah dulu sampai kuker sedikit kecoklatan, kemudian pindahkan kuker pada oven diatas, agar tingkat kematangan disisi atas kuker juga merata, tapi sisi bawah kuker yang udah kecoklatan juga gak sampe gosong, dengan begitu hasil kue lebih terasa “kresssshhh….”

3. Suhu oven juga harus stabil, kurang lebih 160°C – 170°C, tapi lebih baik kenalkan baik – baik oven sendiri yaa… karena tiap oven punya tingkat suhu panas masing – masing.

4. Ketika mengocok margarine atau butter dan gula disarankan gak usah terlalu lama, supaya kuker tidak melebar ketika dipanggang, kecuali kalau memang resepnya disarankan lebih lama supaya kue lebih lembut.

5. Setelah kuker matang, letakkan pada tempat yang terbuka dan bersih, biarkan panasnya hilang dulu supaya kuker terasa lebih renyah, kemudian masukkan ke dalam toples.

Begitu deh kira – kira saran dan masukkannya, ada tambahan lagi gak nih tips & trik-nya bikin kuker anti gagal? Boleh ya tambahin tipsnya di komen ^^.

Bikin kuker ketika bulan puasa, jelang lebaran kadang bikin suasana rumah jadi lebih hangat, kehangatan inilah yang kadang bikin kangen, yaitu dari aroma kue-nya yang bikin lidah meleleh, kehebohan krucils yang udah gak sabar pengen makan kue-nya, jadi buat yang lagi puasa, sabar – sabar dulu tunggu azan magrib yaa… setelah itu baru deh bisa icip kukernya ^^.

Sungguh ini postingan geje hari ini, entahlah mungkin karena pengen update disini.. hahaha..

4 People reacted on this

Leave a Reply