Dari Mata

Dari mata jatuh ke hati.

Kata – kata jadul yang sejak kecil sering aku dengar, rasanya gak salah juga pepatah tersebut ya, karena mata termasuk jendela hati.. Konon katanya kalau ingin tau orang lain itu bohong apa gak, lihat bahasa tubuhnya, salah satunya “mata”. Kalau pembohong melihat kearah bawah sewaktu berbohong seperti mencari sesuatu atau berpikir apa yang akan diucapkan selanjutnya, gak berani memandang tegak karena ada yang disembunyikan pada lawan bicara.

Pinterest

Mata memang salah satu ‘jalur komunikasi’ secara tidak langsung, dari mata juga kita bisa tegaskan “saya bisa” melakukan pekerjaan sebaik mungkin ketika sedang menghadapi wawancara kerja. Nah, sebegitu pentingnya bahasa lewat mata sampai – sampai tau sendiri doongg.. para wanita jadi mempercantik mata. Mulai dengan pemakaian pelentik bulu mata, eye shadow, contact lens, hilangkan mata panda, dan lainnya.

Baca disini : tentang mata panda

Tapi jujur aja aku ini bukan tipe yang sabar menghias mata, liat alatnya sih seneng, tapi maunya di dandanin hahaha.. males ya dandan sendiri apalagi bagian mata. Pemakaian dari mulai eye shadow, eye liner, mascara, merapikan alis, hadeeehh…. Beneran gak sabar hahaha.. Padahal lewat rias mata bisa memperbaiki penampilan juga, tapi ya sudahlah kalau gak suka “bhay.. bhay” aja.. hihihi..

Pixabay

Baca juga ini : waktu Aya kena alergi mata

Bagiku yang penting mata sehat dan cerah, sangking kesehatan mata ini juga penting, jadi wajar kesehatan mata anak juga jadi perhatianku, salah satunya menghadapi “mata malas”. Ada yang tau apa itu mata malas? Bukan malas maunya tidur terus ya.. hahaha.. Mata malas adalah kondisi koneksi saraf dari salah satu mata ke otak gak sempurna pada masa anak – anak. Tentunya dengan kondisi seperti ini ada gangguan penglihatan sebelah mata, otak dan mata gak sinkron, gak dapat kerja sama. Gejalanya : mata kelihatan juling sebelah ( amblyopia). Kebetulan Aya mengalami “mata malas”. Sejak Aya balita dan tau mata kanannya ‘malas’, aku udah heboh aja ajak Aya ke dokter mata untuk diketahui gimana penanganannya. Memang kondisi ‘mata malas’ ini gak bisa sembuh total, tapi setidaknya kinerja kedua mata dilatih terus supaya bisa sinkron, melatih otak untuk peka terhadap sinyal dari mata malas ini. Waktu itu dokter kasih solusi mata malas Aya ini ditutup perban, persis kayak bajak laut bermata satu hehehe…

Photo : cultofmac.com. by : Geoff Grubb. Kira – kira begini contoh waktu Aya masih balita terapy ‘bajak laut’/eyepatch untuk koreksi mata malasnya.

Jadi mata bergantian ditutup dalam jangka waktu tertentu (misal 20 menit secara bergantian). Terapy ‘bajak laut’ ini untuk melatih otot matanya supaya gak malas dan menyadarkan Aya sejak kecil kalau matanya harus di maintain/diperlakukan khusus. Sekarang apakah masih terapi ‘bajak laut’?

Kalau Aya disuruh fokus gini deh.. kesannya matanya lebih gede hihihi… *lebay

Udah gak lagi sih, karena Aya udah gak mau, tapi aku jadi bawel dan ingetin dia terus menerus supaya sadar, ingat sendiri kalau mata malasnya sedikit nyasar dari posisi normalnya, langsung aku suruh fokus!. Caranya : arahkan jari telunjuk kita tepat ditengah – tengah di depan hidung Aya, agar Aya melihat jari tersebut, dan membuat otot matanya bekerja. Mau gak mau harus terus menerus diingatkan, membantu supaya penglihatan pada mata buruk dapat berkembang dengan baik, mencegah gangguan (seperti juling permanen), atau kehilangan penglihatan permanen. *Amit-amit. Jadi kalau nemu “mata malas” pada anak segera ditangani ya.. ke dokter mata untuk dapat tindakan yang tepat, karena tingkat keparahan mata malas akan menentukan langkah pengobatan yang sesuai.

Mata yang indah tentu enak dilihat, perawatan mata menjadi keharusan. Dari mata juga dapat menunjang komunikasi yang lancar jika pembicara dan lawan bicara saling menanggapi komunikasi dengan baik.
Hmm.. gara – gara nulis tentang mata ini dari tadi dalam hati bersenandung lagu ‘dari mata’ deh.. hahaha.. kok bisa pas ya? :p

Disclaimer : Istilah kedokteran untuk nama terapy bajak laut tidak ada. Ini hanya bahasa saya saja untuk mempermudah saya menyampaikan pesan, jika ada kesalahan mohon maaf, karena sebenarnya saya bukan dokter, cerita ini hanya berdasarkan pengalaman saja.

18 comments / Add your comment below

  1. Sangat penting mbak. Aku sendiri ngerasa punya mata yang gak enak dilihat. Bukan karena gangguan apa-apa. Cuma rasanya kalau diperhatikan kelihatan mata gak semangat, jadi membulatkan mata sering aku lakuin biar jadi enak dilihat, hehe.

  2. Ada yang bilang mata adalah jendela hati ya hehe. Duh harus rajin merawat mata nih, apalagi umur sudah mulai tuwir 😀

  3. Sebagai Trainer, menatap para trainee/peserta didik adalah salah satu cara saya untuk “memegang” kendali mereka. Dengan menatap mata mereka … mereka merasa dihormati.

    Tentang senam mata?
    saya pernah beli kaca mata untuk melatih otot mata itu. (itu lho kaca mata hitam yang ada lubang kecil-kecil)
    Katanya bisa untuk mengurangi silindris dll dll …

    Tapi saya baru beli dua hari, kacamata itu akhirnya tergeletak begitu saja. Aku ndak telaten orangnya … hahhaa

    salam saya

    1. oh harus telaten olga matanya ya om, rutin gitu.. hmm.. aku baru liat kemarin kaca mata ada lubang2 kecilnya, di centu*y liatnya, apa itu ya? owh.. boleh juga u olga mata anakku ni, makasih infonya om dan maaf baru respon balasan komen ini hahaha..

Leave a Reply

error: Content is protected !!