Di Balik Ceritaku bersama Qwords

August 27, 2015

Mendengar kata Qwords untuk pertama kalinya aku gak gitu perduli, melihat kata Qwords pun masih penuh tanda tanya. Qwords ini sebenarnya apa sih? Maklum.. aku masih awam di dunia perhostingan, walaupun udah ngeblog dari tahun 2012, tapi ngeblog masih sekedar iseng aja, jadilah gak terlalu mikirin apa itu domain, hosting, SEO, Alexa, dan lainnya. Tapi lama – lama informasi seputar istilah dunia ngeblog itu makin merajalela di kepala, jadi sempat mikir juga sih pengen punya domain sendiri, tapi gimana caranya? Teuteup masih seputar angan – angan aja, hehe..

Satu tahun kemudian setelah penglihatanku sempat tertuju pada spanduk Qwords saat mengikuti Fun Blogging, rasanya mulai mendapatkan hidayah kalau Qwords ini penting peranannya kalau pengen punya domain sendiri, sekaligus meningkatkan personal branding. Keinginan pergantian pada domain pribadi pun semakin kuat. Akhirnya setelah menjelajah dan lewat bantuan teman blogger juga, kalau bisa beli hosting dan domain tersebut di Qwords. Setelah itulah baru aku mengerti Qwords yang selama ini aku pernah temui bisa bikin blogku terlihat kekinian #GedeRasaajagakapakan. Tapi sebelumnya aku cek dan ricek dulu beberapa hosting yang ada di Indonesia pada umumnya. Akhirnya tetap deh pilih Qwords, mungkin karena udah kenal dari awal. Seperti pepatahkan.. tak kenal maka tak sayang hehe.. Jadi pengen kenalan lebih jauh sama Qwords, yang pasti Qwords yang aku kenal pertama kali adalah pelayanannya cepat dan tanggap, juga sebagai wadah penyewaan space untuk meletakkan file website dan akses email di internet, selain itu juga ada layanan registrasi nama domain yang kita sukai, dengan syarat nama pilihan kita itu masih available.

Buat yang masih awam tentang model hosting – hosting begini kan pasti masih bingung, kayak aku nih contohnya, syukurlah ketemu teman blogger juga yang baik hati bernama Ryan, dia bantu aku kasih tutorial dari mulai pembelian domain dan hosting, sampe blog yang baru ini jadi hehehe.. Pertama kali sih.. agak takut juga mau beli domain, udah nyangka harganya gak kejangkau, tapi ternyata gak juga kok.. masih bisa lah merogoh kocek dari dompet, gak sampai makan tabungan banget heheh. Termasuk murah karena bayarnya pertahun, harganya juga cuma 100 ribu sekian, tapi karena aku juga pake domain sendiri, total sekitar 200an. Apalagi Qwords juga sering banget ada diskon – diskon harga, seperti beberapa hari yang lalu, aku baru aja upgrade kapasitas memory dengan harga diskon. Hmm.. Jadi buat yang pengen punya domain sendiri gak perlu takut dan ragu lagi deh sekarang.

Proses pembuatan domain juga gak lama, proses bayar selesai, nunggu sebentar, gak sampe sehari, kita udah punya domain sendiri, tapi maksudnya di hari kerja ya.. kalau hari libur, nunggu sampe hari kerja berlangsung. Setelah itu ngapain lagi??? Nah ini nih.. proses pemindahan blog lama ke blog baru yang perlu proses agak lama, soalnya waktu aku beli tuh menjelang lebaran, jadilah waktu export – import data, pembuatan email, pembuatan widget, import follower, pemilihan plugin yang ternyata gak boleh asal juga, belum lagi beberapa error yang terdapat pada plugin Askimet dan Jetpack, dan setting – setting lainnya, ngurusnya terpotong – potong sama jadwal dan kegiatan selama bulan Ramadhan dan mudik ketika Idul Fitri yang lalu. Jadi bisa fokus untuk semuanya setelah mudik selesai.
Masalah gak selesai gitu aja.. Error demi error dan beberapa istilah masih terus ketemu, dikarenakan aku yang gaptek ini kadang masih pengen punya tampilan ini itu.. coba ini itu.. jadilah ketemunya Error hahahahaha.. tapi banyak juga yang berhasil kok, tentunya dibantu Ryan juga kalau udah ketemu yang error – error hahahahaha.. makasih banyak nih untuk Ryan. Selain itu juga para mas – mas customer care Qwords yang selama 24 jam setia menjawab pertanyaanku selalu ramah ngejawab setiap pertanyaanku, salut deh sama mereka.

Mau tau error yang kudapat terakhir?? Aku gak bisa log in ke blog aku sendiri, bisa bayangin aku galaunya waktu itu?? Hahahahha.. lebay.. setelah tanya ke customer care Qwords, disarankan untuk kirim keluhan ke support ticket, kira – kira dua hari kemudian aku udah bisa login lagi seperti sediakala. Gak nyesel deh milih Qwords buat Web Hosting kita pribadi, karena udah terpercaya sampai saat ini udah 10 tahun menjadi salah satu Hosting terbaik di Indonesia.

8 People reacted on this

  1. Yeay! Selamat buat personal blognya mbak! Pengin nyusul tapi setelah semua urusan kuliahnya kelar :D. Jadi sekarang bisa utek-utek lovelyristin.com/cpanel dong 😀

  2. Sy juga baru nyoba disana 2 harian buat hosting blog temen, dan ternyata nemuin error juga pas aktifkan plugin 🙁 blom ketemu ni masalahnya dimana karena kalau di tempat lain itu plugin & theme lancar, moga aja supportnya bisa bantu

Leave a Reply