FayannaRist Ikutan Bekasi Fashion Week menjelang Ramadhan.

May 11, 2019

Jadi event-nya BFW memang menjelang Ramadhan, tanggal 25 – 28 April 2019 yang lalu, Fayannarist coba ikut, bukan maksud pamer sih.. tapi lebih kepada keinginan belajar, dan kepo.. kira – kira gimana tanggapan pasar?

Sebelumnya aku udah pernah cerita kalau Aya pernah ikutan Fashion Show disini, dan sebenarnya penampilan perdana Aya ikut Fashow yang lalu itu, bener – bener untuk ajang belajar dia aja, soalnya masih banyak yang harus dia pelajari, jadi masih bau kencur banget hehehe…

Oya, buat kenang – kenangan rasanya sayang kalau aku gak abadikan disini, pengalaman kemarin ikutan BFW. Setelah produksi memakan waktu 2 bulan, akhirnya jadi juga baju – baju hasil desainnya Aya, dengan tema Tosca, terkesan segar penampilan Fayannarist kali ini. Menjelang pembukaan BFW sempat juga aku kebingungan, maklum pengalaman pertama hahaha.. tadinya ada teman yang bareng dalam satu booth, tapi ternyata temanku ini lagi dapat kado istimewa, yaitu bisa pergi umroh dalam waktu yang bersamaan dengan BFW, ya sudah lah.. jadi aku sendirian dalam satu booth, antara canggung dan bingung… karena takutnya tempatnya kegedean buat aku hahahaha.. maklum karena stok nya juga masih pas – pas’an banget, tapi Alhamdulillah.. ternyata dalam satu booth masih memenuhi kuota, ga terlihat kosong, tapi juga ga sesak karena overload.

Rapiin booth-nya sendiri gak begitu lama (dari jam 8 – jam 10 pagi), dibantu papayaza, dan terpaksa toko tutup dulu di hari pertama. Pintu masuk lewat pintu dock 2, masih terasa pengap yang pasti ruangannya karena SMB belum buka hehe..

Hari pertama pembukaan disambut dengan tarian – tarian dan kata sambutan dari pak Walikota Bekasi, dan pengenalan desainer – desainer yang akan muncul selama BFW berlangsung, aku gak begitu ngamatin banget sih di hari pertama ini, karena banyak yang tanya dari customer yang lewat, jadilah gak sempat juga ambil foto – fotonya :D.

Di hari kedua, ada talkshow tentang tata rias dan penggunaan produk untuk kulit yang disarankan lebih mementingkan untuk kesehatan kulit dari grup Hijaber Mom Community, ada juga pembahasan tentang bagaimana kalau pengen ikut Fashion Show di New York Fashion Week, serunya lagi membahas tentang trend fashion 2019/2020. Ada konsep Exuberant, dengan pembicara Kasubdit Metodologi dan Analisis Riset Bekraf Dian Permanasari dan Researcher Trend Forecasting Dina Midiani dan Patricia Sandjaja.

Exuberant sendiri artinya optimis, bisa dikatakan ide yang di dapat dari komik – komik atau kartun, bagi aku ini menarik juga sih.. karena jujur aja ini wawasan baru untuk aku yang baru kenal istilah – istilah di dunia fashion. Walopun aku sendiri bukan yang mendalami dunia fashion, tapi kayaknya wajar juga kalau cewek masih suka intip atau minimal cari tahu fashion apa yang lagi uptodate, ya kan???

Kalau bisa ambil kesimpulan, Aya untuk saat ini banyak dapat ide dari tema komik yang dia tuangkan pada desain pakaiannya, wajar juga mungkin yaa.. karena faktor usianya yang baru memasuki usia teenager.

Selain Exuberant, ada lagi istilah Neo Medival, yang artinya pertahanan atau tegas. Lalu bagaimana bentuk Neo Medival dalam jika dituangkan dalam bentuk fashion? Kira – kira bentuknya terinspirasi dari seni bela diri, jadi pakaian ditampakkan ada pemanis seperti tali – tali, aksesories berupa topi kulit, kalau dalam bentuk hijab, bentuknya simple aja dengan sedikit drapery. Jadi gimana ya gampangnya kasih kesimpulannya tentang Neo Medival ini? Hmm… seperti gaya berpakaian di film hunger game gitu deh.. hahaha.. berani bermain tumpuk untuk tipe medival ini.

Svarga.

Nah ini juga istilah baru yang aku dengar, seru lhoo ternyata mengetahui hal – hal baru yang selama ini kita gak tahu hihihi… Dari namanya kedengaran keren yaa.. Svarga artinya surga, svarga menceritakan tentang keindahan spiritual, berani bermain motif. Dan yang terakhir tentang dunia trendforecast 2019/2020 dunia fashion ini adalah Cortex.
Apa sih Cortex ?
Cortex itu gaya fashion yang unik menurut aku, kayak semacam di sengaja gitu desainnya dibikin rusak, padahal emang gayanya begitu, misal jaitannya dibikin miring, kecenderungan karena pengaruh high tech juga sih… pemilihan warnanya lebih tenang, seperti warna – warna pastel, neon, dan warna mengarah ke abu – abu.

Selanjutnya untuk lebih jelasnya lagi silahkan googling sendiri ya.. hihihi.. atau dari seseorang yang lebih berpengalaman.

Oya, apakah kali ini Aya ikutan Fashion Show? Jawabannya gak, hehehe… karena jadwalnya bentrok dengan Ujian Negara untuk masuk SMP, gileee cepet banget ya perasaan, kayaknya baru aja tuh anak lulus TK, sekarang udah mau masuk SMP aja hahahaha..

Aya setelah UN, sempatkan mampir ke booth nya sebentar.
Aya dan Kania, ketemu lagi setelah Fashow November 2018 lalu
Booth FayannaRist
Booth tampak dari kejauhan. Photo by : Group WA

Selama ikutan BFW setiap sore aku lihat gratis acara fashion show, ya gimana gak bebas lihat??? Panggungnya persis di depan booth-ku hahaha..

Setiap pagi ada gladibersih, latihan cara berjalan di catwalk sesuai tema busana yang nanti akan dibawakan.
Foto ketika Fashion Show, fotonya random.. soalnya kadang ga keliatan ketutupan customer yang nonton hihihi…

Salah satu pelajaran yang bisa diterima disini adalah, para peragawati tidak mematok tubuhnya harus ramping dan sexi, semua dari yang kurus banget, sampai yang montok alias berisi maksimal juga ada.. mereka dengan percaya diri menampilkan semua pakaian yang sedang ditampilkan, jadi pede aja jadi diri sendiri ya ^^.

Terus ngapain ikutan BFW ?
Buat aku pribadi, tujuan utamanya sebagai sarana belajar untuk Aya, menjembatani antara minat dan bakatnya, kalau untuk masuk industri dunia fashion, kayaknya belum… karena itu butuh proses dan belajar yang panjang, langkah ini sebagai salah satu wujud pembuktian pada Aya “bahwa kamu sebenarnya bisa”, apalagi semua yang dia lakukan karena berdasarkan minat dan bakatnya. Selain itu, bisa dikatakan juga, ini salah satu aset yaitu personal branding. Jadi terserah Aya aja nanti kedepannya mau bagaimana, mau tetap memilih membesarkan FayannaRist atau gak?, karena menurut aku memberikan pelajaran bagi anak bukan hanya di dapat di sekolah, tetapi juga di dunia luar sekolah, yang justru banyak memberikan pelajaran tentang hidup.

Segitu dulu deh.. dah mau buka puasa nih… :p

Jadi takjil apa untuk buka puasa hari ini? Jangan terlalu serius bacanya ya.. hihihi… yang pasti sayaa.. mau mengucapkan mohon maaf yaa.. kalau selama ini cuap – cuap di blog ada kesalahan tulis, ucap, dan lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT, aamiin…

Sumber :
https://trendforecasting.id/singularity-section/tema-impulse-book-2/exuberant
https://trendforecasting.id/singularity-section/tema-modest-fashion-4/neo-medieval

Leave a Reply