Gara – gara Mucocele

Beneran awalnya tuh aku gak tau apa itu Mucocele?

Atau ada yang pernah pengalaman gak sama si mucocele ini?

Amit – amit yaa… semoga kita semua dalam keadaan sehat.

Kalau anak sakit tuh.. kepikiran terus..kalau sehat kan bisa melakukan aktivitas apa aja, termasuk bersepeda, caption yang maksa ini sih.. haha..
sumber foto : pixabay

Jadi, ceritanya gini…

Kira – kira akhir Oktober ( lupa juga sih sebenarnya kapan mulai ada mucocele ini) Faeyza ngasih tau benjolan kecil yang ada di dinding mulutnya, aku sih pas dikasih tau gitu tenang – tenang aja, kirain Cuma sariawan biasa, paling – paling aku ngasih saran “ banyak minum dek.. biar sariawannya cepat hilang”, seperti biasa aku rajinin deh kasih madu untuk Faeyza, dengan maksud sariawan di dinding mulutnya itu cepat hilang. Setelah kira – kira tiga minggu kemudian Faeyza nunjukkin lagi benjolan kecil di mulut bagian dalamnya itu, pikirku… “kok masih ada?” ya udah.. kali ini aku olesin obat sariawan.

Seiring waktu berjalan, udah akhir November Faeyza nunjukkin lagi benjolan di dinding mulutnya itu, kadang – kadang malah dia pamerin ke teman – teman sekolah dan gurunya, oalah… kok malah jadi dipamerin gitu sih dek? Hahaha.. gurunya cerita sih tentang tingkah Faeyza yang pamerin mucocelenya itu, akhirnya aku amati lagi.. “waduh! Kok makin gede?”

Panik! Edisi Lebay.

Pulang sekolah langsung Faeyza aku bawa ke klinik terdekat, kebetulan bu dokternya belum ada di klinik, jadi asisten dokter yang ngejaga fotoin benjolan mucocele yang ada di mulut Faeyza, setelah itu dia kirim via WA ke dokter. Dari pengamatan di fot, dokter bilang kalau benjolan itu namanya mucocele, harus diangkat karena benjolan tersebut akan semakin gede. Hhwwhaatt??? Segitu parahnya kah?? iya sih operasi kecil, tapi kan tetep aja gak tega bibir Faeyza bakal di suntik, dikasih anastesi alias bius local, benang dan jarum.. huhuhu.. aku gak tega.. T.T.

Ya udah setelah dari klinik, langsung info ke papayaza kalau Faeyza harus segera dibawa ke rumah sakit, ke dokter ahli bedah mulut, aiihh.. dengernya aja udah serem, tapi sebelum ke Rumah Sakit, aku penasaran emang Mucocele itu apa??? Setelah cari info via pak Google, nemu deh penjelasan tentang Mucocele.

mucocele gangguan mulut

Mucocele sebenarnya sering juga terjadi pada rongga mulut kita, semacam benjolan pada rongga mulut, tapi kadang kita gak sadar, atau malah benjolan itu hilang dengan sendirinya. Sebenarnya itu juga salah satu gangguan mulut, mulai bermasalah tuh kalau benjolan tersebut makin gede. Nah.. kasus pada kasus Faeyza ini kata dokter karena ada luka, dan darahnya menggumpal (karena ketika luka sembuh darahnya gak keluar) jadi terbentuknya kista kelenjar ludah. Jadi setelah operasi kecil ini dilakukan, dokter menyarankan hindari kebiasaan menggigit – gigit bibir bagian bawah, kalau sikat gigi hati – hati karena khawatir tersodok sikat gigi, jadi sebisa mungkin jaga supaya bibir gak terluka lagi. Untuk lebih detailnya apa itu Mucocele bisa googling aja yaa..

Setelah operasi nunggu satu jam baru lepas perban yang ditempel di bagian mulut yang luka karena bekas operasi kecil, setelah itu bisa makan dan minum seperti biasa, operasinya berlangsung cepat dan gak perlu nginep di rumah sakit segala kok.. tindakannya juga gak perlu harus ke ruang operasi.
Ya udah gitu aja sih cerita si mucocele ini, buat yang punya kebiasaan gigit – gigit bibir itu hati – hati juga lhooo.. jangan sampai luka dan kebentuk mucocele.

Salam sehat!

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

error: Content is protected !!