Glycine max

February 17, 2012

Kali ini judulnya sok ber-bau latin :).. kedengerannya biar keren hihihi… tapi tau gak sih itu bahasa latin artinya apa??  yupz!  Glycine max kalau di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya kacang kedelai. Hmm.. kok bisa ya mau ngomongin kacang kedele?? hihihi.. emang nih akhir – akhir ini kacang kedele lagi bahan omongannya Aya.

Ceritanya kira – kira tiga minggu yang lalu, ada arisan keluarga di zamrud – Legenda, Bekasi. Tepatnya sih rumahnya om. ( Aya manggilnya kakek) hehehe… waktu arisan tanteku itu ngasih susu kedelai yang katanya juga bagus buat ibu hamil. Dengan senang hati dan dengan penuh rasa terima kasih aku nerima susu tersebut, masih fresh dan pastinya enak banget!.  Tanteku bilang dia bikin sendiri susu kedelai itu, Aya dengar, dan langsung aja dia nagih supaya bikin susu kedelai juga, trus di jual. Hah?? di jual? ya boleh lah.. tapi gak tau nantinya bakal emang di jual atau gak sama Aya hahahaha… paling juga setelah bikin langsung abis diminum sendiri hihihii…

Tepatnya hari ini barulah terealisasi bikin susu kedelai itu, kemarin masih direndam semalaman. Tapi baru lima menit aja di rendam, Aya udah nanya, “ma, ayo bikin..”, udah gak sabar banget kayaknya, padahal udah diberi tahu kalau bisa besok pagi dibuat, dia tanya lagi, “kenapa?”… Jadilah menerangkan lagi…kalau ngerendam kacang kedelainya perlu waktu selama kurang lebih 10 – 16 jam biar gampang ngelupas kulit kacangnya. Terus dijelasin juga sambil lihat jam dinding kalau kacang itu baru bisa di buat setelah Aya pulang sekolah, dan itu besok (hari ini). Akhirnya ngerti juga… hehe…

Tanggal 17 Feb ini lah semua kulit kacang udah terkelupas semua, berhubung Aya belum pulang sekolah, jadi nunggu dulu sampai Aya pulang.  Tepat pukul 10.50, Aya udah di rumah, minta susu, ganti pakaian, langsung nagih bikin susu kedelainya. Lihat Aya semangat jadinya ikut semangat juga hehe.. ok.. buat hilangin bau langu dari kacang tersebut perlu dipanaskan dulu selama 2 menit pakai microwave, jadi gak perlu nunggu lama.

Setelah itu baru deh di giling pakai blender kemudian disaring. Aya semangat banget waktu nyaring kacangnya, padahal tadinya aku udah gak yakin aja bakal jadi susu yang enak, karena blender penyaring yang khusus untuk bikin susu kedelainya rusak, pelan -pelan Aya saring ditambah air sedikit… jadi juga! wah… Aya penyemangat banget deh.. karena emaknya baru kali ini bikin susu kedelai hahaahhaha….

Lumayan.. dapat banyak juga yang disaring… setelah itu direbus sampai mendidih. Waktu susu kedelainya udah matang dan udah ditambah gula sesuai selera, Aya malah gak mau minum, dia gak yakin bikinannya enak, aku juga agak ragu sih… enak gak ya? ya udah… diicip dulu, ternyata…. ENAK!!!. 😀

Paksa Aya minum dikit aja hasil karyanya itu, untung dia masih mau icip, biasanya walau sedikit aja kalau emang gak mau.. gak mau sama sekali. Pas dia udah icip sedikit dia malah memuji hasil buatannya itu.. hahaha… Baguslah.. jadi semangat buat ngabisin susu kedelai itu. :). Senang juga buatan susu kedelai untuk pertama kali dibuat aya dan emaknya ini berhasil, hehe jadi narsis sendiri deh hehehe… Gelas pertama Aya dan aku rebutan buat ngabisin, padahal masih ada banyak di panci, tapi kenapa di gelas yang sama Aya maunya rebutan sama mamanya ya? hahahaha…

Tadinya susu itu ada yang mau dijual, tapi ternyata hasil susunya juga ga terlalu banyak.. malah setelah dibagi – bagiin buat sepupu yang tinggal dekat rumah, dan bagiin ke tante Winda, udah habis :).  Sip lah.. mungkin lain kali bisa juga nih jadi ide bikin lagi sendiri terus jualnya ke tempat lain yang lebih ramai, asik juga yaa… sekalian ajarin Aya berbisnis hehehe…

Ciayo Aya!!!! 🙂 😉

0 People reacted on this

Leave a Reply