Inspirasi itu bernama cemilan ( Bonus : Resep Kue Putri Salju Lemon)

Pernah gak sih lagi nonton film tiba – tiba kepikiran “eh kayaknya enak juga nih makanan… Jadi pengen icip..” Atau.. “ini sih gampang bikinnya…” terus terinspirasi pengen bikin sendiri!.

Ada beberapa hasil pengamatan dari film atau drama yang tiba – tiba mengusik pikiranku, tapi kadang ada juga hasil browsing di pinterest, nemu resep dan pengen coba bikin (kalau resep dari Pinterest mungkin udah sering ya tergoda untuk coba bikin, karena biasanya pinterest link-nya nyambung ke blog), penasaran kan? Siapa tau aja ada diantara manteman yang lagi cari ide untuk bikin kado unik, atau sekedar nambah isi toples cemilan di rumah? Ini dia beberapa hasil pengamatan aku πŸ˜€ :

1. Permen Caramel ala Kdrama Temperature of Love

Walaupun katanya ada yang bilang kalau Temperature of love jalan ceritanya jadi lambat, tapi aku tetap setia sama drama ini, udah terlanjur jatuh cinta hehe, apalagi tampilan makanan – makannya bikin mata seger, tapi kalau buat aku porsi yang ditampilkan sedikit dan kecil begitu gak kenyang hahaha..

Ada di episode yang ke berapa gitu ya? (lupa, ada yang ingat?), ketika si chef ketemu lagi sama Hyun Soo setelah chef balik ke korea lagi dari perantauannya di Paris. Chef Jun sung bikin beberapa makanan dan salah satunya permen caramel berbentuk mini Hello kitty! terus dibungkus kertas roti, cute banget!. Itu permen imut banget deh, dan bisa ditiru!. Walaupun aku belum pernah bikin permen caramel Hello Kitty ini, tapi bikin caramel itu gampang – gampang susah, ada trik -trik tertentu yang harus dipatuhi supaya caramel gak gampang gosong, atau gak lengket di wajannya, caranya :

Tuang gula diatas wajan anti lengket, goyang – goyangin terus wajan anti lengket itu sampai gula mencair. Note : caramel ada 2 macam, caramel kering dan caramel basah. Aku pernah bikin yang caramel kering, jadi cara ini untuk caramel kering ya.. kalau posisi gula udah mencair cepat – cepat masukkan ke cetakan kue (kalau ngikutin ala chef Jun Sung ini pake cetakan bentuk wajah Hello Kitty), tunggu dingin, caramel udah membentuk wajah imutnya Hello Kitty, lalu bungkus memakai kertas roti, jadi deh permen homemade hihihi.. Tapi hati – hati ya.. makan permen karamelnya jangan berlebihan, waspada diabet.

Source : http://www.thekitchn.com/ wajah hello kitty-nya dibungkus kayak gini, bisa kebayang gak kira2 ? :p
Source : tenasia.hankyung.com
Kalau pasangan bisa masak enak juga ya.. bisa gantian yang masak :p

2. Lemon Snowball Cookies

Untuk resep yang satu ini sebenarnya udah lama mau posting, tapi apa daya banyak alasan gak di posting – posting juga, malah akhirnya baru bisa ditulis di post ini. Resep ini aku temuin dari pinterest, liat resepnya gak gitu sulit, dan hasilnya banyak yang suka! mau coba bikin juga gak? Resep aslinya bisa cek cookingclassy.com, dan aku sebenarnya cuma recook aja, dan ini versiku walaupun gak mengubah resep asli, tapi asli cookies campuran lemon ini enak pakai banget! ini resepnya ya :

Bahan :
282 g tepung terigu
24 g maizena
ΒΌ sendok teh garam
8 Ons butter
84 g gula halus
4 sendok teh lemon
2 sendok teh ekstrak lemon
2 sendok teh ekstrak vanilla
68 g almond ( cincang kasar)
180 g gula halus, untuk coating.

Cara membuat :

1. Campur jadi satu tepung, maizena, garam.
2. Dengan wadah terpisah dari nomor 1, gunakan mixer kecepatan sedang
untuk campuran butter ( mixer butter sampai creamy, kira – kira 20 detik),
lalu campurkan 2/3 cup (84 gr) gula halus. Kemudian campurkan lemon,
ekstrak lemon, dan ekstrak vanilla. Campur/di mixer jadi satu dengan
kecepatan rendah.

3. Masukkan tepung ( tepung pada nomor 1) tumpahkan perlahan sambil di aduk,
sampai tepung habis dan tercampur rata.
4. Masukkan almond yang sudah di cincang halus
5. Tutup wadah dengan menggunakan plastic wrap, dinginkan di dalam kulkas
hingga 30 menit.
6. Cetak kue, kemudian letakkan diatas Loyang yang sudah dilapisi silpat atau
diolesi mentega terlebih dahulu, panggang dalam oven sampai kuning
keemasan.
7. Setelah matang, biarkan dingin kemudian gulingkan kue kedalam gula halus.
8. Simpan dalam toples kedap udara

Recipe Source: Cooking Classy

Coatingnya kurang banyak… -.-
campuran lemon dan almond-nya bikin kue putri salju ini punya cita rasa unik.

3. Roti dibentuk unicorn ala – ala

Namanya juga anak – anak yaa.. pasti niru idolanya deh, seperti yang pernah aku ceritakan sebelumnya tentang Aya yang pernah ketemu Naura (ceritanya disini). Naura bercerita kalau dia suka sama Unicorn, jadilah Aya latah suka unicorn juga.. dan entah dapat ide darimana tiba – tiba dia bikin roti dibentuk Unicorn ini, dan satu kue lagi yang dibentuk seperti cake, semuanya terbuat dari roti.

Roti ini dibentuk kepala Unicorn sama Aya, tanduknya terbuat dari wafer, susu coklat untuk matanya, dengan baluran butter pada pinggirannya bikin roti ini mirip cake ala Aya hahahaha…
Cake ini juga terbuat dari roti, hasil karya Aya juga, pasangannya si Unicorn ini ya, hehe.. roti yang dibentuk bulat berlapis – lapis ini dibalut butter,keju, dan siraman susu coklat diatasnya sebagai topping. ^ ^

Aku sendiri tau unicorn pertama kali dari film kartun, ditambah film – film sejenis Harry Potter, Narnia, dan beberapa film dongeng lainnya yang kehadiran makhluk mitologi bertanduk di dahinya ini kadang muncul.

4. Dorayaki

Source : http:/lovjub.exblog.jp/i5

Dorayaki yang dikenal juga dengan nama mikasa ini dibuat dari adonan castela (castela adalah kue bolu dari Jepang, berbentuk persegi panjang yang dibuat dari gula, telur, tepung terigu, dan mizuame (gula cair dari pati). Castella terkenal sebagai kue khas Nagasaki, walaupun kemungkinan besar berasal dari Spanyol, dan dibawa ke Jepang oleh misionaris Portugis pada abad ke-16.

Nama “Castella” berasal dari bahasa Portugis pΓ£o de Castella (roti dari daerah Castilla). Castella umumnya dijual dalam kemasan kotak berbentuk persegi panjang, dan disebut castella batangan (sao castella). Selain itu, baby castella (castella berukuran mini dengan bentuk berbagai karakter anime yang populer) banyak dijual di kaki lima sewaktu ada matsuri.
Sumber : Wikipedia
.

Dorayaki mulai diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagi tahun 1914 (Wikipedia). Pertama kali aku tau dorayaki Ini dari film Doraemon. Dulu waktu kecil sih kebayang dorayaki itu pasti enak banget, lihat kuenya mirip pancake, teksturnya kayaknya lembut banget.. Sekarang dorayaki banyak dijual, resepnya tinggal nanya pak Google kalau mau bikin sendiri, tapi aku cukup beli aja, sampai sekarang belum tergerak pengen bikin sendiri hahaha..

Kira – kira segitu dulu deh inspirasi cemilan yang aku simak dari drama/film/sosmed, kalau kamu sendiri gimana? film atau drama apa yang ngeliat makanannya jadi pengen makan/bikin juga?. Lumayan kan buat nambah postingan di Instagram kalau dapat makanan/minumannya, jadi niatnya makanannya buat di foto atau di makan? Ya mending makan sambil di foto dong.. hahaha..

3 comments / Add your comment below

Leave a Reply

error: Content is protected !!