Menginap di Hotel Palm ketika mudik ke Bondowoso

June 10, 2019

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin ya manteman 😊.

Mudik terasa udah gak asing lagi ketika menjelang hari raya keagamaan, atau yang lebih umum tradisi mudik ketika akan lebaran menjadi kegiatan yang menyenangkan dan gak membosankan kecuali kena macet di jalan hehe…

Setelah 4 tahun berlalu, akhirnya aku ikutan mudik di lebaran 2019 ini. Seperti biasa di 6 tahun terakhir ini ada reuni keluarga besar, yang diadakan setiap 2 tahun sekali, diharapkan semua hadir walopun dari luar kota sekalipun. Tapi tetap gak paksakan juga kalau ada yang benar – benar mendesak gak bisa ikut.

Tahun ini Faeyza udah 7 tahun, dan terakhir dia mudik masih umur 2 tahun, jadi jelas dia lupa gimana rasanya mudik hihihi.., dan dia antusias banget ketika tahu akan mudik hahaha, apalagi Faeyza juga tau akan menginap di hotel (pokoknya judulnya hotel, anak – anak pasti jadi semangat banget deh… hahaha..).

Nah.. berhubung keluarga besar mama dan papaku kebanyakan ada di Jawa Timur, di seputaran Bondowoso, Jember, Situbondo gitu deh :p, tapi karena acara lebih banyak di Bondowoso, jadilah kami selalu menginap di Hotel Palm, dan gak tau kenapa semacam udah tradisi gitu di keluarga kami, kalau ke Bondowoso nginepnya di Hotel Palm, walaupun udah ada hotel – hotel baru disekitarnya, tetap saja milihnya di Palm hahahaha… memang sih… kami cari yang sesuai budget. Hotel Palm ini termasuk murah, dengan suasananya yang nyaman, kamarnya bersih, ada air panas untuk mandi, udah disediakan handuk, sikat gigi, shampoo, sabun juga, jadi memang lumayan banget untuk ukuran hotel kelas β€˜melati’, dan yang penting aman buat istirahat.

Hotel Palm tampak dari depan.
Lobby disisi kanan dan kiri, ditengah meja resepsionis. Sejak aku kecil posisi ruang tunggu tamu ini ga berubah, furniture-nya juga tetap sama, dari kayu bergaya Eropa zaman dulu seperti ini.
Ini entahlah ruang apa, tapi kegunaannya sama sih.. ruang tempat duduk jika tamu – tamu dalam jumlah banyak. Posisinya ada di ruang belakang setelah lobby dekat meja resepsionis yang aku ceritakan diatas tadi.
Masih ruang yang sama, gaya ‘antik’nya terasa kental banget.
Ditengah – tengah antara kamar ada taman seperti ini, dan maaf sejarahnya gimana, dan ditengah itu bangunan apa, aku gak tau.. hehehe…
Kalau malam terlihat seperti ini, serem apa bagus menurut kalian? hehe..
Taman ditengah kamar – kamar.

Lokasinya ditengah kota jadi kemana – mana juga dekat. Tapi memang dasarnya kota Bondowoso ini sejak dulu ya begitu – begitu aja.. dari secara sudut pandang yang aku lihat sejak kecil maksudnya ya… kotanya syahdu, sepi – sepi gimana gitu hahaha… Cuma bedanya kalau dulu kota ini termasuk sejuk selalu, sekarang gak, udah panas juga, tapi kalau sore sampai subuh udaranya lebih sejuk dibandingkan Bekasi, eh maklum… aku kan tinggal di Bekasi, jadi bandingannya sama Bekasi deh hahaha. Kalau Bekasi kan panas.. terus sore ke subuhnya bukan sejuk, tapi hangat, jadi jarang banget merasa dingin di Bekasi, kecuali hujan yang ga ada berhentinya berhari – hari dan yang ada malah takut banjir.. Oh No…

Btw yang bikin menariknya lagi adalah bentuk bangunan gedung Hotel Palm ini, bentuk bangunan peninggalan zaman Belanda yang menjadi ciri khas, denger – denger dulu sebelum jadi hotel, bangunan tua ini adalah rumah lhoo… kebayang gak itu rumah gede banget, dan bikin keren ditengah – tengahnya ada taman, dan ada kolam renangnya juga lhoo.. Untuk kolam renangnya ini aku gak tau, apakah udah ada sejak zaman Belanda dulu, atau baru dibikin, tapi yang jelas lumayan juga kan hotel Murmer udah ada kolam renangnya, dan yang terpenting bersih. πŸ˜€

Lumayan kan kolam renangnya..

Untuk kamar, sayangnya aku lupa foto’in kamar, yang penting untuk aku : kamar bersih, sprei bersih, ada ac, tv, kamar mandi bersih, dan ada air panas untuk mandi. Nah.. Hotel Palm kira – kira cukuplah udah memenuhi standar tersebut, walopun pernah juga sih dapat kamar yang kebetulan bau asap rokok, duh… ampun deh.. lama banget hilang bau asap rokoknya, aku gak suka banget hahahaha… lagian gak berperasaan banget yang nginep merokok, kok di dalam kamar? ☹

Eh tapi sempat foto kamar mandinya.
Aku nih tipe yang suka banget mandi pake air hangat, jadi kalau ke hotel pasti nanya “ada air hangatnya kan? bagusnya di hotel ini sedia air hangat untuk mandi”

Buat yang mau ke Bondowoso tapi pengen hemat penginapan, hotel ini cocok banget, harga memang disesuaikan dengan kelas kamar yang diinginkan sih.. kira – kira jenis kamar dan harga bisa liat langsung di web-nya ya.. Palm-hotel.net, atau bisa langsung booking online. Selama ini kalau aku nginep disini pada waktu moment lebaran aja sih, alasannya karena posisi hotel ini dekat dengan rumah beberapa saudara akoeh yang memang jaraknya gak jauh, tapi lumayan kalau jalan kaki hihihi… jadi posisi hotel memang memudahkan untuk mobilitas di sekitar kota Bondowoso.

Disclaimer : Tulisan ini bukan tulisan berbayar, isi tulisan adalah murni pengalaman penulis. Jika ditemukan berbeda dengan tulisan diatas, adalah diluar tanggung jawab penulis, karena setiap kondisi dan situasi bisa saja berbeda – beda.

12 People reacted on this

  1. Kubah bagian depan hotel bagus banget mevvah.
    Kolam renangny juga enak ya bersih dan luas, pas nih kalau mau staycation dan menyepi sebntar di bondowoso.

    1. hihihi iya mbak, ini hotel udah lama banget, dari zaman aku masih kecil, bentuknya masih sama, furniturenya jg masih sama, ga ada yg berubah, lumayanlah buat nginep πŸ™‚ klo dulu banyak turis bule prancis nginep disini, ga tau klo skrg, soalnya skrg dah ada tambahan hotel di ijen view, dan bbrp hotel lainnya πŸ™‚

  2. Hotel nya bagus ya mba. Nuansa old style ala victorian tapi tetap comfy. Ajak anak anak liburan kesini seru juga ya.. aku suka soalnya sama bangunan yg style nya seperti ini

Leave a Reply