Nugget Hati Ayam Wortel Keju Mix Cornflakes

Holaaa…

Setelah berkutat dengan obat, minyak telon, sakit perut, dan dokter.. Karena Faeyza akhirnya tiga hari yang lalu balik lagi ke dokter, dan cek darah untuk yang kedua kalinya, sedih liatnya ya kalau anak sakit, ditambah gak mau makan, bingung banget!. Setelah ditawari makan ini – itu, tapi hasilnya nihil. Faeyza kemarin hampir seminggu sakit, selama sakit maunya makan pake nugget, nugget, nugget.. dan nugget lagi.. ga ada bosennya!, sempat sih dibikinin bubur, tapi tetep aja maunya nugget lagi. Alhamdulillah pake nugget makannya jadi lahap, eitss.. tapi tunggu dulu… gak mungkin kan kasih nugget siap saji dari supermarket terus menerus, bisa gawat bagi kesejahteraan kantong dan kesehatan perut Faeyza, hehe..

Dari hasil cek darah, Faeyza kena anemia karena picky eaternya yang lumayan udah lama, ampuuunn… antara malu dan gimana gitu yaa?? Malunya kesannya gituuu selama ini gak pernah dikasih makan hahaha.. padahal segala macam cara, segala macam resep masakan udah dicoba, tapi tetep aja gitu. Ya berhubung pas lagi sakit ini maunya nugget – nugget terus, dan saran dokter Faeyza harus banyak makan hati ayam (sebelum ini juga pernah dicoba kasih lauk hati ayam, tapi anaknya nolak mentah – mentah), jadilah aku kepikiran untuk bikin nugget hati ayam. Aku coba search via mbah google, kebanyakan resep nugget ayam sayur, resep dengan hati ayam hanya beberapa, dan rasanya gak ada yang pas untuk Faeyza.

Setelah uji coba… ini beneran lhoo bikinnya kayak mau menghadapi sidang skripsi kelulusan kuliah, hahahaha… lebaayy… tepatnya khawatir ditolak sih, ya abis gimana dong?? Kalau anaknya gak mau, kan terbuang percuma aja ini nugget hati ayam, sayang kan??..
Jadi sebelum dibikin, aku pikir – pikir dulu selama tiga hari, hasil modifikasi dari beberapa resep dan beberapa sumber, yaitu dari mbah google, tanteku, dan hasil coba – coba sendiri. Akhirnya jadilah nugget hati ayam ala aku ini, dan setelah aku icip! Swear enak lhoo… bisa nih buat anak yang susah makan hati ayam, kadang kan butuh untuk anak makan hati ayam untuk penambah darah, seperti kasus Faeyza ini, langsung aja yuk ke resepnya :

Bahan :

5 buah hati ayam
30 gr cornflakes
1 butir telur, kocok lepas
½ sdt garam
¼ sdt lada
1 siung bawang putih
Wortel potong dadu secukupnya, ( Aku pake separoh wortel, kebetulan persediaan di kulkas wortel yang ada ukuran jumbo. Selain wortel bisa juga pake bayam atau brokoli, sesuai selera aja).

80 – 100 gr keju cheddar parut
2 butir telur untuk pencelup sebelum dibaurkan pada tepung panir.
75 gr tepung panir / atau secukupnya
50 gr maizena
80 gr sagu tani
Daun jeruk dan/atau daun salam, secukupnya untuk membantu menghilangkan amis.

Cara membuat :

1.Campurkan hati ayam, cornflakes, keju parut, garam, lada, telur, bawang putih, wortel, aduk rata, kemudian blender, tidak perlu sampai halus banget, yang penting tercampur semua bahan, karena kalau adonan terlalu lembek/halus jadi sulit menyatukan adonan pada tepung panir pada tahap akhir nanti.

2.Setelah semua bahan diblender jadi satu, campurkan maizena dan sagu tani, aduk rata.

3.Tuang adonan pada Loyang yang sudah dialas kertas roti, kukus sampai matang, kira – kira 40 – 45 menit. ( aku tambahkan daun jeruk pada proses pengukusan ini),oya tutup pancinya aku lapis dengan serbet bersih, supaya adonan nugget tidak tercampur tetesan air sisa kukusan dari tutup panci.

4.Setelah itu biarkan dingin, potong sesuai selera.

5.Siapkan putih telur (kalau aku campur jadi satu kuning dan putih telur, karena sayang aja ngebuang kuning telur hehe). Balurkan adonan nugget yang telah dikukus tadi pada putih telur, kemudian lapisi lagi dengan tepung panir ( kalau aku, tepung panirnya aku campur lagi dengan cornflakes).

6.Siapkan minyak sayur panas, goreng nugget hingga matang

Gampang kan? Silahkan dicoba yaa..

penampakan adonan nugget hati ayam sebelum di kukus
penampakan adonan nugget hati ayam sebelum di kukus
Ketika mengukus aku tambahkan daun jeruk (bisa juga pake daun salam juga), lumayan bisa hilangkan bau amisnya.
Ketika mengukus aku tambahkan daun jeruk (bisa juga pake daun salam juga), lumayan bisa hilangkan bau amisnya.
pelapis tepung panir aku tambahkan cornflakes
pelapis tepung panir aku tambahkan cornflakes
Ahaa... akhirnya jadi juga nugget hati ayam ini, gak kalah nih lezatnya sama nugget ayam pada umumnya hihihi... narsis dikit ya :p
Ahaa… akhirnya jadi juga nugget hati ayam ini, gak kalah nih lezatnya sama nugget ayam pada umumnya hihihi… narsis dikit ya :p

Alhamdulillah.. Faeyza suka nugget hati ayam cornflakes ini, pada dasarnya dia memang suka makanan yang crunchy kriuk kriuk gitu, jadi nugget ini bisa jadi pilihan banget karena kulitnya terasa kriuk karena tepung panir dan cornflakes.Pas banget deh aku bikin siang tadi bisa untuk bekal makan untuk sekolahnya besok. Oh yaaa.. besok hari pertama Faeyza masuk sekolah lhooo.. Aya ikut antusias siapin pakaian adeknya untuk sekolah besok, hahaha.. kita semua jadi penasaran gimana Faeyza di hari pertamanya sekolah, ya kita liat aja besok, semoga semuanya berjalan lancar, aamiin.. ^ ^

12 comments / Add your comment below

  1. Duh,semoga faezya kembali sehat dan sehat terusssss. Emang perlu usaha banget ya mba kalau menghadapi anak picky eater. Semoga mba Ristin selalu semangat biar kreatif menyajikan makanan buat keluarga 🙂

    Maaf lahir batin yaa

  2. Maaf lahir bathin juga ya Ipeh 🙂 makasih doanya, aamiin… iya nih.. jd pusing emaknya mikirin supaya Faeyza mau makan hehe.. semoga dan harus kayaknya yaa.. kreatif cari2 makanan/resep sehat yang disukai anak hahaha…

  3. Ya ampyuuun…salut banget nih Mama Ristin kreatif abeesss. Demi anak apapun dijabanin yak. Duh, seneng deh usaha uji coba nugget-nya berbuah manis. Mama mana sih yg ga seneng liat anaknya doyan makan? Sehat terus ya, Faeyza. Muach…

    1. makasih mama Danisha.. xixixi.. aslinya mah aku jarang masak mbak.. cuma klo anak lagi susah banget pake banget lho ini hahaha.. terpaksa puter otak, kira2 makanan apa yg bagus u Fa, alhamdulillah dia suka nugget hati ayam ini ^ ^

Leave a Reply

error: Content is protected !!