Painting Your Children’s Future

January 28, 2012

By : Bunda Lucy ( penggagas Smat talent) – Parent’s guide

Halooooo….

Kali ini aku ingin sharing dari buku yang pernah aku baca, mungkin ada mama – mama lain yang bisa memberikan pendapat atau info lain menyangkut Minat dan Bakat anak. Buku ini aku beli ketika Aya masih duduk di TK A, kira kira satu tahun yang lalu. Awalnya karena kebingunganku sendiri menghadapi bagaimana Aya tertarik mau belajar membaca dan menulis, tapi aku harus mengenal karakter belajar Aya. Akhirnya setelah cari info sana – sini melalui internet, tapi kok merasa lebih pas setelah aku baca buku ini ya?. Mungkin bisa bermanfaat juga buat mama – mama lainnya. :).

SEMUA ANAK ADALAH CERDAS!

hmm.. tentu saja semua anak adalah cerdas! dengan segala kelebihan dan kekurangannya,  karena anak adalah anugerah Tuhan, maka manusia dewasalah yang bertanggung jawab dalam pembentukkan citra anak.

Picture by ; http://nationalgeographic.com

Minat VS Bakat

Berawal dari mengajarkan Aya menulis dan membaca, mencari gaya belajarnya, maka aku pun sekaligus mencari bakat dan minatnya. Jujur sampai saat inipun pencarian itu masih kutelusuri, ternyata juga tidak mudah menjelajahi minat dan bakat anak, butuh proses dan waktu yang panjang. Menurut sumber info ( buku ) yang aku baca, pencarian minat anak yang sesungguhnya adalah observasi yang dilakukan secara rutin mulai usia dini oleh orang tua, bukan orang lain yang hanya sekali bertemu, lalu dapat berbicara panjang lebar mengenai minat dan anak tersebut (bunda Lucy p. 29).

8 Kemampuan Bakat yang dimiliki Anak.

1. Kecerdasan Linguistik ( Word Smart )

Kemampuan dalam kecerdasan Linguistik yaitu kecerdasan dalam menggunakan bahasa atau kata – kata secara efektif, baik lisan maupun tulisan. Kemampuan ini meliputi antara lain ; kemampuan berbicara, menulis, bercerita, mendengarkan, menganalisa tata bahasa, mengerti kata-kata dan nuansa makna kata, mengingat informasi, dan mampu meyakinkan orang lain.

Perkembangan anak yang memiliki bakat linguistik :

  •  Menaruh minat pada orang yang berbicara dengannya di usia 3 bulan
  • Mengucapkan kata “ma…,pa “, atau ” num” pada usia sekitar 6 bulanan
  • Mampu mengikuti perintah sederhana pada usia 6 bulanan, misal “ayo tunjukkan mana hidungmu pada mama”.
  • Punya lebih dari 200 perbendeharaan kata di usia 1 tahunan
  • Menggunakan 2 kata kombinasi yang diucapkan dengan jelas seperti, “mau minum” pada usia 1 tahun dengan kalimat pendek pada usia 3 tahun,
  • Anda mengerti apa yang dibicarakannya pada usia 2 tahun dengan artikulasi yang jelas.
  • Pada usia 4 tahun, ia sudah mampu membuat kalimat lengkap
  • pada usia 5 tahun, ia mampu merangkai cerita sederhana.
  • Pada usia 6 tahun, biasanya menyenangi kegiatan dengan penggunaan bahasa, seperti membaca, menulis karangan, membuat puisi, nmerangkai kata mutiara.

Ciri – cirinya :

  • Suka menulis kreatif
  • Suka mengarang kisah khayal atau menceritakan lelucon.
  • Hafal nama, tempat, tanggal, atau hal – hal kecil.
  • Membaca diwaktu sengangg
  • Mengeja kata dengan tepat dan mudah
  • Suka mengisi teka teki silang
  • Menikmati dengan cara mendengarkan
  • Unggul dalam mata pelajaran bahasa

Cara belajar kecerdasan linguistik

  • Mengarang puisi, merangkum pelajaran, menulis kisah sejarah
  • Suka bercerita panjang lebar dan berkisah
  • Menyukai permainan kata -kata
  • Suka membaca buku banyak bicara
  • cepat menangkap pelajaran lewat penuturan

Karir yang sesuai :

Penulis,  editor, jurnalis, guru, pengacara, penterjemah, repoter, public relations, ataupun manager.

 2. Kecerdasan Matematis – logis ( Logic Smart )

Kecerdasan dalam menggunakan angka – angka dan penalaran ( logika ). Kecerdasan yang meliputi bidang sains, mengklarifikasikan dan mengkategorikan informasi, berpikir, dengan konsep abstrak untuk menemukan hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya. Cara mengetahui apakah anak bakat dalam matematika adalah dengan pertanyaan, apakah ia tak hentinya ingin tahu  bagaimana alam dan benda – benda bekerja, apakah ia suka bermain dengan angka, sukakah ia akan pelajaran matematika, sukakah ia permainan asah otak seperti catur, sukakah ia mengelompokkan benda – benda.

Ciri – cirinya :

  • Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala
  • Suka mengajukan pertanyaan yang sifatnya analitis
  • Ahli dalam permainan catur, halma, dan permainan strategi lainnya
  • Mampu menjelaskan masalah secara logis
  • Suka merancang eksprimen untuk membuktikan sesuatu
  • Menghabiskan waktu dengan permainan logika

Cara belajar :

  • Menyukai pelajaran berhitung
  • Melakukan eksperimen atau percobaan – percobaan, menganalisis suatu hubungan masalah
  • Mudah memahami cara kerja komputer
  • Suka memikirkan hal dan kejadian yang berkaitan sebab akibat
  • Pandai bermain permainan strategi                                                                              
  • Menjabarkan segala sesuatu secara logis b
  • Banyak mengajukan pertanyaan ilmiah
  • Cepat memahami pelajaran IPA dan matematika
  • Suka bereksperimen terhadap apa yang ingin diketahui
 
 
 Beberapa karir yang cocok untuk karakter ini adalah :
 
  • pengacara
  • analis
  • akuntan
  • ahli tekhnologi insinyur
  • dokter
  • ilmuwan (biologi, kimia, fisika, farmasi)
  • programer komputer
  • peneliti
  • banker

3. Kecerdasan Spasial ( Picture Smart )

Kemampuan yang meliputi kepekaan akan bentuk dan ruang, misalnya memahami arah, menemukan lokasi dan jalan, dan memperkirakan hubungan antar benda dalam ruang. Termasuk kemampuan untuk mengerti diagram dan grafik, membuat sketsa, menulis, melukis, mendesain, dan mengiterpretaasikan gambar – gambar visual, serta mempunyai kepekaan terhadap warna dan garis.

Ciri – ciri

  • Senang bermain dengan bentuk dan ruang ( rancang bangun ), seperti puzzle dan balok
  • Hafal dengan jalan yang dilewati. Ia akan protes kalau jalan yang dilewatinya berbeda, padahal maksudnya agar terhindar dari kemacetan.
  • Aktif mengerjakan hal – hal yang berbau abstrak ruang, seperti mencoret – coret, mewarnai, menyusun balok,  bermain puzzle, dan lain – lain.
  • Memiliki problem solving yang lebih baik
  • Senang mengukur-ukur mana yang lebih panjang dan pendek, besar – kecil, jauh – dekat.
  • Dapat menangkap perkiraan atau jarak.
  • Memiliki perhatian tinggi terhadap detail
  • Menggambar sosok orang atau benda persis seperti aslinya
  • Senang melihat film, slide, foto, atau karya seni lainnya.
  • Senang dengan kegiatan visual, seperti teka teki.
  • Suka melamun atau berfantasi
  • Mencoret – coret diatas kertas atau buku tugas sekolah
  • Lebih memahami informasi lewat gambar daripada kata- kata atau uraian
  • Menonjol dalam mata pelajaran seni.

Pilihan Karir yang sesuai :

  • Arsitek
  • Pilot
  • Pelaut
  • Desainer
  • Perencana tata kota
  • Seniman
  • Fotogafer
  • Animator

4. Kecerdasan Musikal

 Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mnagamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk – bentuk musik.
 

Ciri – cirinya :

  • Suka memainkan alat musik di rumah atau di sekolah
  • Mudah mengingat melodi suatu lagu
  • Lebih dapat belajar dengan iringan musik
  • Bernyanyi atau bersenandung untuk diri sendiri atau orang lain
  • Mudah mengikuti irama musik
  • Mempunyai suara bagus untuk bernyanyi
  • Berprestasi bagus dalam mata pelajaran musik

Beberapa pilihan karir yang sesuai :

  • Penggubah lagu
  • Pemusik
  • Penyanyi
  • Komposer
  • Music Conductor
  • Guru musik
  • Guru vokal

5. Kecerdasan Kinestetik Jasmani ( Body Smart )

Kemampuan untuk menggunakan tubuh atau bergerak dengan ketepatan ( presisi), bergerak untuk mengekspresikan ide -ide, dan perasaan emosi tertentu, serta kemampuan untuk menggunakan keterampilan tubuh.

Ciri – ciri :

  • Banyak bergerak ketika duduk atau mendengarkan sesuatu
  • Aktif dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking, atau skateboard
  • Perlu menyentuh sesuatu yang sedang di pelajarinya
  • Menikmati kegiatan melompat, lari, gulat, atau kegiatan fisik lainnya
  • Memperlihatkan keterampilang dalam bidang keterampilan tangan, contohnya menjahit, mengukir, memahat.
  • Pandai menirukan gerakan, kebiasaan, atau perilaku orang lain.
  • Bereaksi secara fisik terhadap jawaban masalah yang dihadapinya
  • Suka membongkar berbagai benda, kemudian menyusunnya kembali
  • Berprestasi dalam mata pelajaran olah raga dan bersifat kompetitif

Pilihan karir yang sesuai :

  • Aktor
  • Pantomin
  • Penari
  • Olahragawan
  • Guru Olah raga
  • Perakit
  • Koreografer
  • dokter bedah

6. Kecerdasan Naturalis

Merupakan kecerdasan dalam memahami alam yang meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi dan mengklasifikasikan perbedaan maupun persamaan ciri -ciri diantara spsies, baik flora maupun fauna.

Ciri – ciri :

  • Suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan
  • Sangat menikmati berjalan – jalan di alam terbuka
  • Suka berkebun, dekat dengan tanaman, dan memelihara binatang
  • Menghabiskan waktu di dekat akuarium atau sistem kehidupan alam
  • Suka membawa pulang serangga, daun, bunga, atau benda alam lainnya
  • Berprestasi dalam mata pelajaran IPA , biologi, dan lingkungan hidup

7 Kecerdasan Interpersonal ( People Smart )

Kecerdasan interpersonal adalah suatu kemampuan untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap, kepribadian, dan karakter orang lain.

Ciri – ciri :

  • Mempunyai banyak teman
  • Suka bersosisasi
  • Banyak terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam sekolah
  • Berperan sebagai penengah ketika tejadi konflik antar teman
  • Berempati besar terhadap perasaan atau penderitaan orang lain
  • Sangat menikmati pekerjaan mengajari orang lain
  • Berbakat menjadi pemimpin dan  berprestasi dalam mata pelajaran ilmu sosial

Karir yang sesuai :

  •  Pengajar
  • Konselor
  • marketing
  • Politisi
  • Businessman                                 
  • Guru
  • Pekerja sosial
  • Aktor
  • Ahli terapis
 
 
 
 

 8. Kecerdasan Intrapersonal ( Self Smart )

Merupakan kecerdasan dalam mengerti dan memahami diri sendiri, kemampuan untuk merefleksikan diri, mengenai kekuatan maupun kelemahan pada diri, menyadari perasaan, harapan, keinginan, dan tujuan yang hendak dicapai, serta mampu untuk memahami peran diinya dalam berhubungan dengan orang lain.

Karir yang sesuai :

  • Trainer
  • Wiraswasta
  • Penulis
  • Peneliti
  • Konselor
  • Psikiatri atau psikolog
  • Pemimpin agama

Jadi, setelah membaca buku bunda Lucy tersebut, kesimpulannya aku mulai mencari tahu apa yang menjadi minat dan bakat Aya.  ketika dia masih usia batita ( 1 – 3 tahun) dia senang sekali menyanyi, hampir semua lagu dia hafal, tapi setelah memasuki usia 4tahun ia malah senang menggambar, terkadang memasak.  Hmm.. Aya masuk kategori apa ya?hahahahaa…. selamat berproses mencari tahu bakat dan minat buah hati kita 😉

Beberapa hasil karya dan kegiatan Aya yang disukai :

 
           
 
 
 
 
 
 
 
 
                                                                                                                               
 
          
 
 
 
 
 
 
                      
 
 
 
            
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Begitu banyak gambar Aya yang tidak semua aku rekam ( foto ) sebagian di tempel di dinding dan  di kulkas, begitu juga di dinding… aku sampai menyediakan dinding khusus yang bisa ia jadikan tempat berkreasi :).  Satu hal lagi.. jika diajak memasak, saat ini selalu bersemangat :).  Jadi, Apapun kegiatan yang ia lakukan begitu senang melihatnya, semoga saja ia berhasil dengan cita – citanya :). Amin…
 
 

                                                         HAVE A NICE DAY! 🙂

 
 
 
 
 
 
 

0 People reacted on this

  1. wew! keren! kayaknya anakku yang nomor 3, 6, 7…banyak yah? hehehehe..masih umur 3 dan 2 tahun sih tapi kayaknya udah mengarah ke nomor2 tersebut!…visiting direkomen sama bebe nih…salam kenal yaa…mau ngajak listing blognya juga yuk di Indonesia Mom Blog Directory http://blog.cutecoconut.net ikutan yaa 🙂

  2. hai mama mama yang tercinta, terima kasih untuk komentarnya. o ya boleh ga komentar tentang buku saya bisa saya masukkan di website saya bundalucy.com. saya juga ada 4 buku terbaru loh, yaitu 21 jurus ampuh hypnosis anak, brain smart teaching, 5 menit menguasai hypnoparenting, ayah bunda tolong dukung mimpiku (new release)

    1. Oh My God! ini bundaLucy sendiri ya??? yang karang buku tersebut?? wow! aku sampe merinding sangking senengnya!!! boleh banget bunda masukin ke website.. dengan senang hati 🙂 terima kasih udah mampir ke blog saya 🙂 dan ga sabar lihat buku baru bunda lagi.. semangat ya bund ^ ^

Leave a Reply