Pengalaman menyenangkan belajar sambil bermain di Kidzania

Alhamdulillah.. Agustus 2016 ini lagi full rezeki banget ke Kidzania. Tanggal 13 Agustus dapat harga diskon bisa main ke Kidzania rame – rame bareng teman sekolah Faeyza, karena perginya hari sabtu jadi Aya bisa ikut, gak perlu bolos sekolah. hmmm… *Ayatersenyumbahagia.

Ini antri mau naik lift dan antri mau masuk Kidzania
Ini antri mau naik lift dan antri mau masuk Kidzania
Aya tanggal 13 Agustus bisa ikut main karena libur.
Aya tanggal 13 Agustus bisa ikut main karena libur.

Bermain sambil belajar melalui establishment yang berada di Kidzania ini bener – bener bikin anak betah berlama – lama main karena anak merasakan langsung bagaimana menjadi peran profesi tertentu. Unsur edutainment-nya terasa banget, yaitu belajar yang menghibur. Jadi sejak Kidzania yang udah tersebar di 18 negara ini, salah satunya berdiri tegak di di Pacific Place, lantai 6 Jl. Jendral Sudirman, Jakarta, tentunya aku dukung banget Aya dan Fa ikutan main di Kidzania. Bayangkan aja sangking semangatnya aku udah pernah ajak Aya main di Kidzania waktu Aya masih umur 3,5 tahun hehehe.. dan hasilnya adalah Aya memilih main masak – masakkan, merawat tanaman, dan disko. Memang banyak permainan yang masih belum bisa dimainkan seusia Aya waktu itu, masih sangat terbatas karena belum cukup umur jadi main tiga permainan aja, setelah itu pulang hahaha.. Makanya nih.. pas tau Aya main di Kidzania lagi dia pengen puas – puasin main apa aja, ya maklum aja siapa sih yang gak suka main di Kidzania ini?, bahkan pertama kali aku melihat Kidzania, rasanya ingin kembali pada masa anak – anak. Seperti mimpi yang menjadi nyata!. Semua anak pasti gak menolak bermain peran menjadi dokter, juru masak, banker, pembuat donat, pembuat mie, jadi pemetik teh, menjadi pemadam kebakaran, pilot, ilmuwan, presenter TV, polisi, dan masih banyak lagi. Wow! Bagi anak – anak ini adalah bermain yang asyik didukung suasana yang menyerupai ‘kota’nya anak – anak, benar – benar pengalaman yang luar biasa kan?.

Faeyza belum punya sim, jadi gak bisa naik mobil dulu, ya udah.. jadi pengisi bensin dulu deh.. hehe..
Faeyza belum punya sim, jadi gak bisa naik mobil dulu, ya udah.. jadi pengisi bensin dulu deh.. hehe..
(sok) Sibuk melayani customer yang datang..
(sok) Sibuk melayani customer yang datang..
Me and Fa
Me and Fa

Dunia anak adalah dunia bermain, dan anak akan mendapatkan kepuasan bermain tanpa beban adalah dimasa kecilnya, masa yang gak akan bisa terulang lagi ketika anak telah beranjak dewasa. Faeyza mendapatkan dua kali pengalaman dalam satu bulan menginjakkan kaki di Kidzania. Pada waktu tanggal 13 Agustus, Fa dan Aya bermain menjadi pekerja di pabrik coklat, pabrik teh, dan menjadi kasir di Ind*mart. Tanggal 25 Agustus, Faeyza ( Aya gak ikut karena harus sekolah) ketiban rezeki lagi dapat undangan dari KEB main sepuasnya di Kidzania.

Tanggal 25 tersebut juga merupakan acara peluncuran Establishment Police Station Cap Kaki Tiga anak Kidzania. Nah.. semua pasti udah tau ya, bahkan mungkin udah berpengalaman bagi anak atau adiknya yang berusia minimal 6 tahun tahun berperan jadi polisi. Sayangnya Faeyza belum bisa main di Police Station karena usianya masih 4 tahun. Padahal aku sendiri udah semangat membayangkan Faeyza jadi polisi baik, berani beraksi nangkap penjahat yang mencuri ramuan formula rahasia larutan Cap Kaki Tiga Anak. Gak apa – apa ya dek… kita tunggu 2 tahun lagi, dan puas – puasin ya main peran jadi Polisi hehe..

Establishment Police Station sebenarnya udah di resmikan Juni 2015, tapi hadir kembali dalam rangka re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Pada waktu acara re- launching ini Faeyza liat banyak kaleng bekas yang dilukis cantik sampai – sampai dia mau ambil salah satu kaleng lukis tersebut tanpa perasaaan bersalah hahaha… Tentunya aku jelaskan kalau kaleng – kaleng cantik itu adalah hasil karya teman -temannya yang sedang mengikuti lomba mewarnai diatas kaleng dan Faeyza gak bisa bebas ambil kaleng – kaleng tersebut begitu aja, harus izin dulu. Wah.. Faeyza sempat terpana sesaat melihat kaleng – kaleng lukis tersebut, tapi namanya anak kecil abis ngomong pengen sesuatu (baca : kaleng lukis dalam hal ini) malah lari lagi kesana sini, Fa gak bisa diam hahaaha.. Tapi semua pengalaman yang mengesankan untuk Faeyza, dan khususnya untuk anak – anak yang ikut lomba mewarnai. Ini menandakan bahwa pengalaman baru bisa bikin semangat, ini juga yang dijadikan salah satu alasan kenapa kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak ini perlu diperkenalkan.

Ini dia hasil kaleng - kaleng yang udah diwarnai, bagus - bagus ya..
Ini dia hasil kaleng – kaleng yang udah diwarnai, bagus – bagus ya..
Begini deh suasana lombanya, Faeyza gak bisa diam selama acara berlangsung, lari kesana sini pengen main.
Begini deh suasana lombanya, Faeyza gak bisa diam selama acara berlangsung, lari kesana sini pengen main.

Acara re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak ini dibuka dengan sambutan drama komedi Peter Pan di gedung Theatre Kidzania. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta, ibu Merlyana – GM Marketing Beverages PT. Kino Indonesia, dan Ibu Efnie sebagai pakar Psikolog anak. Menurut ibu Efnie masa kecil adalah masa yang ideal membentuk ikatan kasih sayang antara antara anak dan orang tua, dan ini akan menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak ketika dewasa. Disinilah biasanya peran ibu sangat besar, walaupun tidak mudah tetapi menyenangkan karena menjadi ibu itu adalah seni.

Faeyza menikmati drama komedi Peter Pan ini.. para pemain theater berhasil bikin para penonton ketawa ngakak :)
Faeyza menikmati drama komedi Peter Pan ini.. para pemain theater berhasil bikin para penonton ketawa ngakak 🙂
Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta
Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta
Peluncuran kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak
Peluncuran kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak

kidzania18

Pembukaan Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Bapak Kerry Riza, Ibu Merliana, dan Ibu Efnie.
Pembukaan Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Bapak Kerry Riza, Ibu Merliana, dan Ibu Efnie.
Minuman Cap Kaki Tiga Anak raksasa, kita foto yuk dek.. ehehehe...
Minuman Cap Kaki Tiga Anak raksasa, kita foto yuk dek.. ehehehe…

Salah satu kedekatan aku, Aya, dan Fa adalah saling bercerita termasuk kalau lagi ga enak badan/sakit. Sakitnya seperti kejedot pelan aja Aya juga cerita lhoo.. Kadang walau aku mikir itu sepele, tetap aja aku tanggapi, minimal aku tanya penyebabnya apa, perasaannya bagaimana, termasuk juga kalau ngerasa tenggorokan ga enak karena panas.

“Ma, tenggorokan Aya panas”. atau sekedar nanya
“ma, Aya anget gak?”.

Hal kecil pertanyaan begini kan kadang bikin ibunya panik, ya kan?. Ini pernah aku alami kira – kira dua atau tiga tahun yang lalu tahun yang lalu, jadi gak konsen karena waktu itu lagi di jalan tiba – tiba Aya ngeluh sakit atau tenggorokannya ga enak karena panas dalam. Aku saranin cari minuman anak dulu, buat jaga – jaga aja supaya gak jadi flu. Agak lama waktu itu cari minuman yang cocok diantara minuman kemasan kaleng di rak – rak terbuka di supermarket. karena aku cari yang memang khusus untuk anak. Menurut aku kalau produk khusus anak bahan – bahan yang digunakan pasti lebih aman. Akhirnya malah Aya yang nemuin larutan Cap Kaki Tiga Anak. Lega juga deh ternyata minuman larutan Cap Kaki Tiga menyediakan minuman untuk panas dalam anak. Yang lebih menggemaskan adalah kemasannya yang friendly banget untuk anak, warnanya cerah tapi lembut, gambarnya juga lucu – lucu. Gambar tokoh kartun Disney, yaitu Mickey Mouse, dan Donald Duck. Dengan 3 varian rasa yaitu rasa Jeruk, Leci, dan strawberry.

Setelah acara re-launching dengan senang hati dong aku pamer ke Aya kalau dia juga dapat minuman Cap Kaki Tiga Anak, eh dia malah ngingetin aku kalau dulu pernah minum Cap Kaki Tiga Anak ini, oyakah?? aku sendiri lupa hahaha… Jadi terbukti ya kalau melalui pengalaman justru lebih gampang diingat oleh anak. Ibu Lani, GM Marketing Komunikasi dari PT. Kino Indonesia, mengatakan bahwa PT. Kino Indonesia perduli terhadap tumbuh kembang anak melalui campaign masa kecil cuma sekali #masakecilcumasekali, yang bermaksud supaya para orang tua lebih memperhatikan buah hatinya untuk mengikuti aktifitas baru anak. Memberikan wawasan pada anak untuk menciptakan pengalaman baru yang dapat memberikan warna baru pada anak. Dari pengalaman tersebut pada akhirnya anak dapat belajar mengambil keputusan terbaik untuk dirinya sendiri.

Salam,
Ristin

43 comments / Add your comment below

  1. mengajarkan sesuatu kepada anak, terutama dengan cara mengajarkannya dengan bermai sangat menyenangkan sekali, lucu dan sangat menggemaskan sekali.

Leave a Reply

error: Content is protected !!