Resep Pizza Kentang rumahan

July 23, 2019

Wuaahh… sebenarnya udah posting resep ini beberapa hari yang lalu, tapi ternyata hilang karena memory udah penuh… panik? iya sih awalnya hahaha.., soalnya udah susah payah edit – edit dan… hilang begitu aja, ya udah tulis ulang deh.. daripada menyesal dikemudian hari hehe.. Sekali lagi aku cerita tentang pizza kentang ini yaa… Resep ini mantap banget, kalau ikutin step – stepnya pasti berhasil deh.. soale aku baru bikin pertama kali aja dah langsung bisa menul – menul gitu, lembut pula.. dan hasil 1 resep banyak banget! cocok lah buat stok di rumah.

Dengan topping alakadarnya, waktu aku bikin Pizza kentang ini, aku bentuk pizza mini, hasilnya bisa sampe 30an pcs lhoo.. lumayan banget kaann..

Bikin 1 resep, sisanya bisa simpan di freezer dalam kemasan rapat dan rapi yaa.. supaya gak terkontaminasi, kalau mau di bikin pizza atau donat, keluarkan dulu adonannya, tunggu sampai gak beku. Oya, ini buat jualan oke juga lhoo.. bisa di coba :*

Pizza kentang / potato pizza

(Potato Pizza by nani saptina)

POTATO PIZZA

BAHAN :

400gr Terigu protein tinggi
100gr Terigu protein sedang
3 butir kuning telur
75gr Gula pasir halus
100gr margarine
1 bungkus ragi instan (11gr)
250 gr kentang kukus, haluskan
1 sdt garam halus
Air matang dingin secukupnya.
25gr Susu bubuk

CARA MEMBUAT :
Campur semua bahan kering seperti gula, tepung dan ragi instan. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan kentang dan telur, aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit.. kira2 sudah tidak lengket lagi. Ingat ya masih ada margarine yg belum dimasukin. Masukkan margarine dan garam. Uleni hingga kalis dan lembut. Cukup sampai lembut dan gak perlu sampai elastis. Jika ternyata setelah masuk margarine jadi kelembekan atau lengket tambahkan lagi terigunya. Uleni lagi. Dibanting2 boleh juga.
Bulatkan dan tutup wadah dengan kain bersih. Istirahatkan hingga mengembang 2 kali lipat. Biasanya 30 menit sampai 1 jam.
Setelah mengembang lalu dikempiskan kembali dan timbang masing2 175gr untuk diameter 20cm. Dapat 6 sampai 7 loyang.
Cetak dalam cetakan pizza setelah digiling terlebih dahulu.
Diamkan lagi 15 menit. Tusuk2 dengan garlu Oven 15 menit. Di rak atas 5 menit dan 10 menit rak bawah dengan api besar (190°C). Angkat dan beri topping.
Oleskan saus secara merata. Taburi berturut2 jagung manis, bawang bombay, paprika, daging asap, sosis, keju cheddar parut, dan keju mozarella.
Oven lagi hingga mozarella leleh kurang lebih 5 – 10 menit.
Angkat dan hidangkan hangat dengan tambahan mayonaise dan saus sambal.

SAUS BOLOGNAISE

BAHAN :
250gr daging sapi, cincang halus
1 buah bawang bombay sedang cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
3 buah tomat segar, buang bijinya, potong kotak kecil
1 kaleng 170gr pasta tomat
1 sdt merica
1 sdt daun basil
1 sdt oregano
4 sdm saus tomat
1 sdm saus cabe
3 sdm gula pasir
Garam dan margarine secukupnya.

CARA :
Panaskan margarine, tumis bawang bombay dan margarine hingga harum. Masukkan daging sapi dan garam. Masak hingga daging keseluruhan berubah warna. Masukkan tomat cincang, pasta tomat, saus tomat dan sambal juga merica, tambahkan 2 kaleng bekas pasta tomat air matang. Aduk2 hingga kental. Tambahkan gula, oregano dan basil. Cicipi. Tambahkan apa yg kurang. Masak hingga kekentalan yg diinginkan. Angkat. Sajikan.

LovelyRistin

Saos bolognese-nya juga hasilnya banyak banget, waktu aku bikin bisa sampai 3 botol (dalam kemasan toples 330 gram), bisa disimpan di freezer, dan tahan sampai sebulan lho.. Untuk saus spaghetti juga bisa, atau dijadikan topping roti tawar juga enak banget ini, pastinya disukai anak – anak deh.. minimal di rumah ada cemilan untuk mereka. Karena menu ini termasuk favorit anak jadilah aku simpen disini aja yaa.. buat dokumentasi, kalau aku mau bikin lagi, bisa intip lagi ke sini, eh kamu boleh coba juga lhoo… dijamin pasti disukai deh.. hihihi.. met mencoba ya ^^.

8 People reacted on this

  1. Kayanya boleh sekali-kali diterapkan dari pada beli terus, apalagi adik saya terbilang cukup menggemari pizza. Buat ala home Made kan jadi lebih banyak yang bisa dinikmati 😀

Leave a Reply