Ritual menjelang tidur

February 13, 2012

Setiap orang tua pasti punya ritual khusus menjelang tidur buat sang buah hati, tak terkecuali bundanya juga pasti punya ritual menjelang tidur. Pengalaman Aya dari bayi sampe sekarang ritual mau boboknya juga berubah – ubah, dulu waktu bayi dia seneng banget mau bobok di gendong, di ayun – ayun sambil kepala dia ngumpet dibawah ketiak yang gendong, hehe.

Begini nih.. modelnya kalau mau bobok, hihihi… diayun – ayun sambil Aya bersenandung lagu gak jelas, sampe dia bener – bener tertidur. ๐Ÿ™‚

Siap – siap aja tangan pegel kalau gak pake selendang :). Seiring waktu… kebiasaan tidurnya berubah lagi, Aya selalu minta susu sebagai pengantar tidur, ditepok – tepok lembut bagian pantatnya, baru dia tertidur, tapi tetep kepalanya ujung- ujungnya sembunyi dibawah ketiak, hihihi.

Kebiasaaan Aya minta tidur dibawah ketiak itu sampe usia kurang lebih 1 tahunan, abis itu dia maunya di tempat tidur, minum susu, sambil gosokin pusernya dia hahaha.. kalau ini kebiasaaan sampai sekarang. ^ ^

Setelah usia tiga tahun kebiasaan minum susu di botol ^ ^ masih sampai sekarang, sambil tiduran dan mainin puser dia :D. Tapi ada tambahannya, dari usia tiga tahun itulah dia mulai aku kenalkan untuk sikat gigi sebelum tidur, cuci tangan, kaki, berdoa, membacakan dongeng, dan memijat kakinya sampai ia tertidur. Malah ketika ia masih berusia dua tahun ritual bangun tengah malam sengaja kulakukan untuk mengajarkan ia pipis di kamar mandi, walaupun ia masih tertidur hehhe.. awalnya gak tega sih.. lagi enak bobok aku bangunin buat pipis, tapi ini gak tiap malam… dalam seminggu mungkin cuma 2 atau 3 kali aja, lama – lama ia tahu bahwa walaupun di tengah malam mau pipis ya ke kamar mandi…

Aya katanya pernah mimpi buruk gara – gara belum berdoa sebelum tidur, mimpinya juga lucu ^ ^, didalam mimpinya, ia di dalam mobil sendirian, tanpa ada yang menyetir mobil, sedangkan mesin mobil dalam posisi menyala danย  berjalan tanpa supir, ia ketakutan dan teriak minta tolong, tapi tidak ada yang menolong, hihihi.. sejak itu ia makin getol kalau tidur harus ada ritual baca doa dulu hehe… Walau setelah berdoa kadang – kadang masih kesulitan untuk tidur, terpaksa mendongeng lagi jadi senjatanya. Kebiasaan mendongeng untuk anak memang terasa banget manfaatnya… Aya tidak ngompol lagi karena dulu sering aku bacakan cerita tentang anak yang suka mengompol akan ada resikonya… dan resikonya apa saja aku beritahukan dalam bentuk cerita pula, selain itu.. menjelang pertama kali masuk sekolah, dari mendongenglah aku kenalkan bagaimana sekolah itu. Tentang hubungan baik dengan teman, orang tua, saudara, dan lain – lain, aku tuangkan semua melalui dongeng. Pelan – pelan terasa juga kok manfaatnya kalau kita rajin mendongeng. ๐Ÿ™‚

Lain lagi masalah ritual buat bundanya nih… ritual menjelang tidur tentu berbeda dengan anak kecil, selain membersihkan wajah dari riasan, memakai krem malam buat wajah, mata. Lotion pada kaki, tangan, bibir… keliatannya memang ribet, tapi kalau udah bangun tidur terasa banget bedanya, kulit lebih lembut, dan lebih segar.ย  Tapi selain itu,ย  tentuย  perlu juga minum air putih dulu, sikat gigi, dan berdoa :).

Mungkin ada juga tambahannya, sebelum tidur memakai krem khusus untuk telapak kaki kemudian dipakaikan kaos kaki semalaman, lumayan buat hilangin kekeringan pada telapak kaki yang menganggu, belum lagi memakai obat jerawatย  bagi yang sedang melakukan pengobatan menghilangkan jerawat. Sebenarnya ritual menjelang tidur tidak ada ketentuan khusus, tapi pasti tiap orang punya ritual yang berbeda – beda dan masing – masing memiliki keunikan tersendiri untuk lebih cantik dan sehat.ย  Nah… ritual apa aja nih yang biasa bunda lakukan untuk si kecil dan untuk bunda sendiri??ย  ๐Ÿ™‚

0 People reacted on this

  1. Haaaah.. sama dong mba, aku juga suka mainin udel kalau tidur waktu kecil.. sambil sibuk ngedot.. uugh itu rasanya nikmat beneeeer.. tapi udah gede ga lagi.. abis trauma botol susuku dibuang supaya aku berenti minum susu dari botol dot.. X_X

    Aku sekarang paling sikat gigi, ganti baju tidur, trus ngobrol2 dulu sama si bubu sampai akhirnya ngomong sendirian karena ditinggal tidur… aseeeem… ๐Ÿ˜›

    1. hahahaha… kompakan bgt sama Aya, tidur mainin pusernya hihihihi.. dep, itu yg di foto pas Aya lagi gigit jarinya di foto blog ini pake baju kado yg dari Dedep lhooo.. inget ga? hehehe… eh Ternyata suka ngbrol di tpt tidur sama bubu, buat bubu itu dongeng pengantar tidur tuh hahaha….

  2. Lucunya fotonya Aya yang ngumpet di ketiak, imut banget hihihihi… ๐Ÿ™‚
    Hebat yah Aya, rajin berdoa sebelum tidur. Aku sejak kecil juga rajin baca doa, alasannya sama takut mimpi buruk hehehehe… Berdoa sebelum tidur aku rasa membuat hati dan pikiran tenang, jadi pas tidur juga lebih tenang dan nggak bermimpi yang aneh-aneh deh. ๐Ÿ˜‰

    1. hihihihi… iya nih chitta.. kebiasaaan Aya masih baby, sekarang sih dia udah 5 tahun, kalo usia 5 tahunan gtu.. yg lucu skrg dia suka niru gaya ngomongnya kayak orang dewasa, kadang ngikutin cara bicara papanya deh.. gubrak! hahaahahaha…

        1. hahaha… iyaa emang iyaa.. klo papanya mau marah gak jadi, tapi bukan mem-beo sih chit… papany kan klo ngomong kadang gaya bicaranya kyk dosen :p misalnya efektif, efisien.. jadi Aya ikutin omongan itu.. misalnya ” papa.. Aya minta tolong lipatkan kertas ini secara efektif” gtu deh.. hahahahahaa….bahasanya jadi terlalu formal hahahaha….

Leave a Reply