Persahabatan

pixabay

Satu musuh itu terlalu banyak, seratus teman itu terlalu sedikit

Jadi lebih baik menciptakan teman sebanyak – banyaknya kan..? 😀

Ngomong – ngomong tentang pertemanan ada tahap – tahap yang jadi perhatianku dari mulai teman baru kenal, ketemu sekedar basa – basi, sampai teman jadi sahabat yang bener – bener merasa udah klop. Kalau udah cocok, ada masa percobaan lagi tuh, yaitu ada sahabat yang sabar dan setia dengan pertemanan yang udah ada, atau sahabat sesaat yang tiba – tiba putus karena masalah tertentu yang biasanya udah diluar batas toleransi. Persahabatan itu menurut aku bukan cuma tentang hubungan baik antar ‘saya’ dan teman aja, tapi persahabatan bisa juga terbentuk dengan anak sendiri, ibu sendiri, kakak/adik ipar, sodara kandung ataupun bukan kandung, rekan kerja, tetangga, dan bisa siapa aja dalam kehidupan kita sehari – hari. Jadi ada semacam ‘kilk’ di hati, saling pengertian, saling menghormati, udah nyaman aja satu sama lain, semacam ‘soulmate’ dalam dunia pertemanan. Oya ini maksudnya beda ya dengan konteks ‘soulmate’ beneran.. catat : beda dengan soulmate beneran, hahaha.. kecuali kalau ada yang jadi soulmate beneran, sahabat jadi jodoh.. nah itu beda lagi ceritanya.. pokoknya ini bukan tentang sahabat jadi jodoh ya hahaha… (*penting gitu ditekankan sis… * iyaaa… hahaha…

Beberapa bulan yang lalu aku sempat dengerin temen sendiri yang curcol karena merasa pertemanan dia dengan beberapa grup pertemanannya gak sehat, ada aja yang bikin dia kesel, dia sih merasa udah toleran dan gak ikut – ikutan lagi, alasannya karena ada beberapa hal yang jadi prioritas dia dicampuradukkan dan diremehkan, alhasil ada aja perkataan yang bikin sakit hati, kesel??? iyalah.. temenku ini jadi nangis kakak.. Hubungan persahabatan mereka jadi gak sehat kan kalau begini?. Aku bisa apa kalau gini??? paling – paling nenangin hatinya. Dari sini aku jadi merhatiin persahabatan itu sulit didapat, karena pertemanan belum tentu lulus jadi sahabat. Ada banyak hal – hal yang harus kita lewati dan cermati pertemanan kita itu bisa jadi persahabatan yang sehat apa gak.

Memangnya persahabatan yang sehat dan gak sehat itu yang gimana??? Walaupun aku sendiri bukan dokter khusus dalam dunia percintaan eh.. persahabatan, tapi boleh dongs ya cek n ricek (versi diriku) gimana dunia persahabatan yang bikin hati adem itu :

1. Persahabatan yang saling membahagiakan.

Persahabatan biasanya udah melalui proses waktu yang cukup lama. Bisa aja persahabatan udah kebentuk sejak masa anak – anak atau remaja. Nah.. kalau persahabatan itu tetap terbina sampai dewasa dan menikah, udah waktunya lah ya mengerti satu sama lain, kapan harus memberikan ruang privasi bagi sahabat, kapan waktu bersama untuk saling bertukar pikiran atau sekedar kumpul melepas kangen. Kalau dalam hubungan itu mulai ada bibit – bibit ‘gak enakkan’ terus jadi merasa ada hutang budi, saling terikat ( dan udah gak bisa bedakan mana yang benar, mana yang salah) tanpa melihat prioritas lagi, otomatis ada yang timpang.. salah satu pihak merasa gak happy. Ini butuh penjelasan dan pengertian satu sama lain, kalau gak.. bisa bubar deh..

2. Persahabatan yang saling jujur dan terbuka

Udah jelas disini dibutuhkan kejujuran, sakit hati aja rasanya kalau ketauan salah satu teman yang berbohong. Udah merupakan harga mati hubungan apapun kalau ada unsur bohongnya pasti jadinya gak enak, hubungannya jadi gak sehat, gak nyaman kan kalau hubungan KW alias palsu? Hihihi… Jadi menerima sahabat apa adanya dan kita juga merasa diterima apa adanya itu bikin kita juga nyaman, gak perlu hidup penuh kepalsuan.

3. Persahabatan yang saling mengerti cara bertengkar yang sehat.

Kalau lagi bertengkar ya baikkan dong.. ini sih klise ya hihihi.. tapi walaupun klise emang kenyataannya harus berbaikkan lagi. Yang jadi pokok masalahnya adalah yang bikin jadi perdebatan/berantem hebat selama ini tu apa?? Pasti kan ada ujung pangkalnya, menurut aku sih.. sahabat yang udah solid tau cara membenahi lagi hubungan yang kusut. Bahkan seharusnya berantem ini bisa membuat hubungan sahabatan jadi lebih baik. Karena selama berantem kan pasti ada sesuatu yang bikin salah satu pihak merasa dirugikan atau merasa tidak disetujui, sebaiknya sih berantemnya… ; berantem sehat aja, dengan cara sama – sama cari jalan keluar permasalahan, bukan mengabaikan permasalahan yang cuma jadi bom waktu aja.

4. Persahabatan yang saling menerima orang diluar lingkaran persahabatan

Namanya juga manusia hidupnya bersosial, ya pasti aja lingkaran hidupnya gak cuma sahabat yang itu – itu aja kan, perlu juga sahabat atau kita sendiri berteman dengan orang lain. Persahabatan yang exclusive sampai – sampai membuat inner circle (orang lain) gak boleh masuk, bagiku ini merupakan teman atau sahabat yang terlalu mengekang kebebasan bergerak. Kurang olah raga aja gak sehat kan? karena kurang gerak.. nah dalam dunia persahabatan juga gitu deh kira –kira. :p

5. Persahabatan yang saling percaya

Seringnya sih cewek nih… butuh banget yang namanya curhat, hahaha.. dan mau curhat ke siapa??? Biasanya sih ke sahabat, dan sahabat pastinya udah dapat nilai bintang terbaik sebagai orang yang bisa dipercaya, gak gampang ngumbar cerita kemana – mana. Tapi seharusnya siihh… ada batasan aturan jelas yang harus kita pahami satu sama lain, kalau bisa jangan sampai urusan pribadi juga jadi bahan curhatan… yakin gak tuh?? Hmmm…

6. Persahabatan yang saling mengerti

Nyambung yang nomor 5, ada saatnya kita gak perlu kepo semua tentang apa aja dalam kehidupan pribadi sahabat sendiri. Ada batasan kapan privasi sahabat sendiri gak perlu diganggu gugat, begitu juga sebaliknya kan?? ada batas privasi kita sendiri yang gak pengen diganggu orang lain, jadi saling mengerti aja.

7. Persahabatan yang saling menjaga harmonisasi hubungan persahabatan

Kira – kira kalau point satu sampai enam bisa kita jalani dengan baik, besar kemungkinan persahabatan bisa langgeng, kalau perlu langgeng sampai tua. Senangnya masih punya sahabat itu adalah.. perasaan masa muda selalu gentayangan dalam jiwa kita ini, ya kan? apalagi kalau sahabatannya sejak kecil, ceritanya banyaaakk dan perasaan happy terus.. ya jelas aja ceritanya jadi banyak, karena sahabat itu ibarat diary hidup kita, ya gak? Hahaha…

Salam persahabatan.
~ LovelyRistin

Selamat datang Muharram penuh berkah…

November udah berada diantara kita, gak terasa memang.. dan.. tau gak sih?November itu bulan istimewa untuk Aya, karena akhir bulan ini dia ulang tahun hohohoho.. pengumumannya dari sekarang ya biar pada siapin kado hehehe.. #ajimumpung :p, ok skip bicara tentang ultah, yang sebenarnya aku tuh mau cerita tanggal 1 dan 2 november kemarin Aya ikutan lomba di sekitar perumahan aja sih.. tanggal satu itu lomba baca surat – surat pendek, dan tanggal dua lomba mewarnai sekaligus ada bazaar jual macam – macam makanan. Ada juga jual pakaian yang dijual murah, cuma 10.000, dan selebihnya memang untuk disumbangkan. Pakaiannya masih bagus – bagus lhoo.. ya dong masih yang layak pakai :-)… hehehe..

Waktu lomba membaca surat pendek Aya membaca surat At – katsur, dan Al humazah.. lumayan juga yang ikutan banyak, jadilah kemarin waktu mau lomba antri dulu ambil nomor 🙂

muharam16Aya dan teman bermain

muharam17Fa ikutan semangat ikutan kakak..

muharam15waktu awal lomba baca surat pendek, suasana di dalam masih belum teratur hehe.. di belakang itu baju – baju yang akan disumbangkan

Hari kedua

Di hari kedua perlombaan, tanggal 2 nov, sekaligus bazaar Alhamdulilah lancar, walopun panas terik banget ,dikit – dikit minum, apalagi banyak yang jual es.. menggoda iman banget jadi pengen es hehehe..

muharam13Fa udah minta mandi aja waktu masih di bazaar, sangking panasnya… ini dia lagi main sama teman di rumah..

muharam14Suasana bazaar

muharam12

muharam11Kakak Aya yang pake jilbab pink, diujung, serius mewarnai,

muharam10

Aya terlalu berharap ia akan menang pada lomba yang ia ikuti kemarin, tapi ternyata Aya gak menang.. langsung deh wajahnya terlihat kecewa, dan air mata menetes.. hehehe.. kasian juga sih liatnya, tapi itulah pelajaran yang ia dapatkan kali ini, ga semua harapan bisa ia dapatkan semua, ia akan lebih mengerti bahwa apapun itu butuh proses dan belajar, kalah bukan karena kalah, tapi salah satu proses menuju kemenangan. Aya tetap aku beri semangat dan juga pilihan lagi ia mau ikut les apa yang sesuai minatnya.

Di minggu siang setelah berpanas – panas ria di acara bazaar, aku minta papayaza keluar cuci mata sekaligus hibur Aya yang lagi sedih #bisaajaalasannya hahahaha.. kita makan deh ke glossy di kokas (kota casablanca) dengan menu yang menyediakan ala western gitu, dan memang disukai Faeyza dan Aya, pilihannya jatoh pada spagheti don pedro. Sedangkan aku milih beef steak, papayaza milih chicken steak.. bagi aku sih untuk cita rasanya so.. so.. aja.. demi si buah hati ini sih biar mau makan hahahaha.. kalau boleh milih, aku sebenarnya lebih suka masakan Indonesia aja, lebih hauce ! :D.

muharam9Faeyza ngantuk abis berpanas – panas di bazaar, Ni dia lagi maunya tidur dalam kondisi duduk lhoo, biasanya posisi rebahan..

muharam5Suasananya tenang…

muharam6Penampakan menu yang kita pesan, untuk Faeyza cukup berdua aja sama kakaknya hihihi.. ya abis kalau pesan 1 porsi buat dia seorang gak  bakalan abis..

muharam8Udah mulai mau senyum.. hihihi

muharam4Eh kakak manyun lagi, gegara pulang dari resto dia minta es krim Zahra yang dari Timteng itu lhoo.. ya gimana dung.. abisnya kalau abis makan es krim seringnya malah jadi batuk.. maaf ya kakak.. gak bisa beli es krim

Welcome Ibra

oiya..campur dikit ya ceritanya.. tanggal 7 oktober kemarin kalau ga salah, aku dapat ponakan baru lagi.. senengnya.. pake banget! apalagi Faeyza jadi ada temen nih.. anaknya om yuga & tante marcha yang baru lahir ini cowok, dan dipanggil Ibra.

muharam2

???????????????????????????????Lea dan Ibra

Semoga ditahun baru ini selalu dipenuhi keberkahan, kesehatan, rezeki, dan ditetapkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang bertakwa dan bersyukur. aamiin..

yang mau liat :

cerita tentang Faeyza baru lahir, disini
cerita Millie ultah, disini
cerita Aya ikutan masak,  disini
cerita Faeyza, Aya liat Lea baru lahir ( setelah beberapa minggu ), disini..

Aya, William, Faeyza… in Singapore

Sebenarnya ini cerita udah basi, ya bayangin aja kita jalan awal bulan puasa yg lalu, dari 30 juni sampe 3 juli 2014, ke Singapore bareng baru bisa ditulis sekarang… hihihi.. maksud nulis disini juga buat kenang – kenangan aja kalau kami pernah jalan bareng di negeri sebrang, bukan buat sok kasih refrensi yaa, soalnya pasti udah banyak yg jalan ke negeri singa itu dengan perjalanan yg lebih seru kan hehe.. jadi, beginilah cerita kami kira – kira..soalnya udah rada lama, jadi ada yg lupa lupa dikit hihihi…

Awal pertemuan

Di airport, kami sepakat ketemu di bandara Sukarno Hatta, sambil nemenin Aya dan Fa makan, pelan – pelan dari kejauhan Maya melambaikan tangan, disambut Andrea.. huaaa… bertemu sobat lamaku ini, dan bisa jalan bareng ngerasa happy nya luar biasa… dan sampe sekarang sebenernya perasaan senang dan nyeselnya masih berasa, karena nyesel kemarin jalan barengnya kok cuma sebentar hahaha…

20140808-220608.jpg

sarapan pagi Fa dan Aya sepiring berdua saja, karena porsinya lebih dari cukup untuk mereka berdua, Maya dan Andrea beli kopi dari starbuck beberapa donat, dan sesekali icip icip capcay Aya dan Fa, soalnya gak abis juga tuh capcay. Alhamdulillah selama diperjalanan gak ada yang rewel, lancar semuanya..

di Changi airport

Memasuki airport yang bersih, rapi ini bikin bener bener ga berani kotorin lantainya sedikitpun, dan.. ternyata Faeyza sempat numpahin susu uht nya, cepat – cepat deh bersiin pake tisu hahaaha.. Setelah semuanya lulus pemeriksaan pasport dan segala macamnya, malah papayaza kena halangan, gak ngerti juga alasannya apa, tiba – tiba papayaza harus hadapi polisi pihak keamanan di bandara, waduh.. kenapa yaa.. mana agak lama juga nunggu.. dan kena deh avoid di pasport papaza, mungkin papayaza dikira salah satu anggota teroris kah? huhuhu.. sedihnyaa.. main nuduh aja si mas, pak bro, pak bapak ini… tapi ya sudahlah.. yang penting lulus bisa jalan – jalan di negeri singa ini hehehe…

willfainsporeSejak ketemuan dari awal William udah kompak sama Faeyza

???????????????????????????????Ini gak nyangka kami saling memotret lhoo hihihi.. Posisi ini Maya motret aku

facebook_-1037246831Posisi rebutan kamera pocket sama Fa ini, aku lagi motret Maya, foto diatas, dan ini gak janjian lhoo hahahaha…

facebook_-1379709993William dari awal udah nempel terus sama Aya hihihi..

ke Hotel

Berhubung sampe di Singapore ini udah hampir sore, jadi pengennya cepat sampe hotel, mandi, dan cari makan buat buka puasa. Lumayan perjalanan dari airport ke daerah Geylang agak jauh, jadi lumayan banyak jalan, itung – itung olah raga, secara kan di Jakarta, Bekasi orang jalan di jalan raya gak mungkin, kalah sama mobil dan motor hehehe… Awal liat Geylang jadi melihat sisi lain dari kehidupan yang selama ini aku tahu/ lihat hanya dari tv, tidak pernah ketemu langsung dengan mata kepala sendiri, yaitu tempat – tempat dimana para wanitanya ditengah malam berbaris berjejer dipinggir jalan, hampir sepanjang jalan, baik muda sampai yang udah nenek – nenek dengan pakaian mereka yang serba minim, menawarkan diri mereka pada pelanggan yang membutuhkan jasa mereka. Sebenarnya udah tau sih kalau Geylang ini tempat prostitusi yang mungkin udah legal di Singapura ya? (mungkin aku salah, hanya menebak), karena di sekitar hotel dikelilingi bangunan – bangunan yang mirip bentuknya, entahlah gedung apa saja, mungkin hotel juga, tapi banyak juga.bangunan berupa rumah – rumah kecil, yang konon katanya sih itu tempat pertemuan pelanggan dan penyedia jasa prostitusi dan juga bisnis yang haram jika dilakukan sebelum menikah sah, hehe.. selain itu hotel yang kami.tempati dikelilingi restoran Cina, ada juga restoran muslim yang kutemui satu – satunya dengan masakan khas melayu atau mungkin india, yang pasti aku kurang suka masakan India, hehe. Yang aku khawatirkan adalah pertanyaan Aya kalau misalnya dia tiba – tiba melihat yang aneh, karena gak jarang juga sepanjang jalan liat yang jualan benda – benda *maaf.. yang berhubungan dengan benda obat kuat, semacam itu lah.. belum lagi mainan untuk melengkapi obat kuat tersebut, halah.. ngomongnya gak jelas, tapi pasti tau kan yang dimaksud, ini khusus buat yang udah nikah ya hahahaha.. tapi ternyata hanya ke-parno-an aku aja, anak – anak aman, memang kami jaga banget, hehehe… terus kenapa kok cari.hotel didaerah begitu? pertama, kami semua awalnya gak tau, kedua memang cari hotel yang murah, bersih,nyaman… selama kami menginap di hotel di daerah Geylang tersebut, aman – aman aja, kecuali andrea mengalami hal kurang menyenangkan, yaitu kehilangan piyama barunya, yang harganya juga lumayan mihil, sampai manggil polisi segala lhoo untuk minta ganti rugi dari pihak hotel, karena sebelumnya hotel kayak gak mau tau. Tapi, aku gak rekomen hotel ini, lupa euy nama hotelnya hahaha, hotelnya sih nyaman – nyaman aja walaupun kamarnya kecil, tapi cukuplah.. tempat tidur untuk berempat, kamar mandi bersih, tv,ac,kulkas,oke semua. tapi lingkungannya yang gak asik banget.

facebook_-447765248Foto di Lobby hotel, hasil jepretan Maya..

Perjalanan penuh lika liku

Kenapa selama perjalanan disebut penuh lika liku? so far sih perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, lancar.. tapi karena ada anak balita dua, dan satu anak, yaitu Aya, Fa, dan William, jadi kadang – kadang heboh hahahaha.. tapi seru juga.. kenangan indah banget, ada cerita nanti buat mereka kalau udah pada  gede nanti. Hari kedua, perjalanan, agak kesiangan, belum tau tujuan mau kemana, tapi akhirnya kita semua memutuskan ke Sentosa dulu, karena mau liat “song of the sea”, tapi gak jadi karena ternyata udah gak ada lagi, diganti wahana lain, yg keliatannya gak cocok buat balita, jadi ya udah deh, kita tetep ke Sentosa Island yang belum tau mau apa nanti hehehe.. oiya, disini misah deh Andrea, tapi ketemu di Mc’d dekat Universal Studio. Andrea nunjukkin beberapa foto hasil jepretan dia, ternyata dia baru aja keliling pantai, bawain deh beberapa cangkang kerang, siput yang masih berpasir, semua cangkang dikasih Aya buat mainan hahaha..

facebook_1594285980Mejeng dulu sambil nunggu MRT nuju Sentosa hehe…

Kekecewaan Song Of The Sea tiba – tiba terbayar dengan kehadiran air mancur juga, full music, menari mengikuti irama, maklum yaa, nih lagi pada norak hihihi… jadi hampir beberapa jam nongkrong depan air ini, ditambah fa minum susu yang dibeliin tante maya, super yummy.. hehehe..

???????????????????????????????Maya ngejar anak – anak yang udah cepat banget lari – lari kearah air menari

facebook_1020978150Wahana ini pengganti Song of the sea, gak tau juga ini permainannya gimana, jadi foto – foto sama posternya aja deh hihihi.. *Jepretan Maya

???????????????????????????????Pas udah sampe Sentosa, udah jam makan siang, khawatir anak – anak belum makan, jadi nih sambil muter – muter cari makanan, aku iseng motret – motret hehe.. yang akhirnya makan di Mc’d juga.

???????????????????????????????

???????????????????????????????

facebook_1851359704

facebook_105107433

???????????????????????????????Fa lari – lari selama nunggu Aya dan William main Go car

IMG-20140912-WA0000(1)Aya sempat main Go car ( maaf kalau salah nama permainannya ), bareng Andrea, sedangkan William bareng papanya, seru banget ya…

Selama di Sentosa Island, entah kenapa aura fotografer dadakan papayaza muncul, hampir sepanjang jalan para wisatawan minta tolong papayaza untuk fotoin mereka hahahaha.. apa ada tampang tukang foto kali ya? hahahaha.

???????????????????????????????Ini foto candid.. tapi dari sinilah berawal papayaza jadi dimintain tolong foto-in para wisatawan selama perjalanan kami di Sentosa Island ini hahaha…

Karena Andrea udah pamer jalan – jalannya di seputar pantai Sentosa, kami akhirnya bermaksud ke pantai juga, cuma yang jalan William, papanya, dan Andrea duluan, aku, Aya, Fa, payaza, dan Maya malah ke resto yang katanya khas Indonesia, namanya ayam penyet, ternyata gak sih kalau menurut aku, keliatannya aja lezat, tapi sumpeh deh…ga cocok banget dilidahku hihihi..

???????????????????????????????Sesuai selera sih yaa… mungkin ada yang bilang ayam penyetnya enak, tapi maklum udah lidah ndeso, jadi tetep kangen ayam penyet khas Indonesia hehe

teh

Oya, maaf yaa.. karena seharian full gendong Faeyza, jalan tanpa henti dengan panas yang terik, aku bukan cuma lemes tapi juga tepar, terpaksa puasa batal, hiks, jadi kudu deh puasa ganti hehe.

facebook_-555261476Kita lagi pada makan, Will lagi asik di pantai, tapi cuaca panas banget lhoo..

facebook_379606091Dan bener kan.. setelah rewel sana sini karena kelelahan.. Will tepar di kursi, dia tidur dalam posisi begini cukup lama lho hahaha.. lucu banget liatnya.. hihihi…

Gak terasa waktu cepat banget berjalan, tujuan mau ke pantai kita batalkan, karena anak – anak udah pada rewel, cape.. ya udah deh tujuan akhir akhirnya balik ke hotel aja, istirahat dulu karena malam harus jalan lagi buat cari makan malam.

???????????????????????????????

???????????????????????????????Masih seputar Sentosa, mau pulang.. sempatkan narsis dulu ya nih lokasinya hehe…

???????????????????????????????Salah satu pemandangan dari MRT

Kasus hilangnya piyama Andrea bikin kita pada geram, abis ga nyangka aja kalau ada maling diam – diam, Andrea sama Maya sampe manggil polisi segala buat kembaliin ganti rugi kehilangan, good deh.. biar gak sembarangan, dan bikin kita lebih waspada, aku jadi jaga banget benda – benda penting supaya gak kececer.

Setelah makan malam kita malah ngiterin sepanjang mall Ion, karena cari susu untuk Faeyza dan aya, ya lucu juga sih soalnya kita malah sempat beli gareth lagi, maya malah beli kaos kaki, baju william, kaca mata dan topi untuk aya.. wuaahh.. makasih banget ya tante maya.. hihihi..

???????????????????????????????di Mall pas Aya lagi milih kaca mata sama tante Maya, nih anak dua main di depan cermin sambil lari – lari, kadang nari – nari ikuti irama musik hahaha..

Heboh.. kata tepatnya… hahahaha.. tapi seru juga.. kenangan indah banget, ada cerita nanti buat mereka kalau udah pada  gede.

Karena waktu itu masih ada piala dunia, jadi gak heran deh ditengah mall ketemu tv super guede buat nobar, kita- kita bukannya nobar juga lhoo.. tapi jagain krucil – krucil pada lompat – lompat, naik – naik di bangkunya, untung deh yang nonton waktu itu cuma dikit hihihihi…..

Waktu udah makin larut, anak – anak udah pada ngantuk, ya udah kita akhirnya  ke hotel biar anak – anak cepat istirahat. Andrea tetap memutuskan jalan – jalan muterin Singapore ini, dan hasilnya, dia pamerin lagi foto – foto di malam hari, aduh sumpah deh keren banget.. sebenarnya rugi gak ikutan, tapi mau gimana lagi.. ada anak kecil ga bisa terus – terusan jalan, akhirnya ya cuma bisa memandang kagum hasil jepretan Andrea ini :

DSC00963picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00965picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00967(1)picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00968picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00970picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00971picture Singapore at night captured by Andrea Luck

DSC00972picture Singapore at night captured by Andrea Luck

facebook_-544935984picture Singapore at night captured by Andrea Luck

facebook_845266691picture Singapore at night captured by Andrea Luck

facebook_1091015282picture Singapore at night captured by Andrea Luck

facebook_1014554012 picture Singapore at night captured by Andrea Luck

Hari ketiga

Malam sebelum tidur, eyang putri bbm, ternyata nitip beliin susu untuk bikin kue lebaran, hahahaha.. hebat ya kue lebaran bahannya ada yang dibeli ke negeri sebrang hehe.. okelah.. akhirnya perjalanan kami selanjutnya ke Little India, tadinya papayaza dan papanya will yang mau jalan,  aku ga mau dong ketinggalan hihihi.. secara biar tau juga little india tuh kayak apa, eh ternyata Andrea juga pengen ikutan gabung, kecuali Maya karena masih nemenin will bobok. Di Litte India kita ga sempat foto – foto karena rempong cari – cari susu plus beberapa suvenir kecil – kecil untuk oleh – oleh hihihi..

facebook_1702994229Abis cari oleh – oleh, cari makan, dan tetep Mc’d di mall terdekat (lupa nama Mallnya), sempatkan narsis dulu, sampe di ledek Andrea “tourist..tourist”  hahahaha…

Setelah Little India, tujuan berikutnya adalah China Town.

facebook_-894240931Muter – muter dulu sambil nunggu Maya bentar lagi sampe di China Town

???????????????????????????????Akhirnya ketemu juga sama Maya

facebook_2034725572Nemu mainan kayak marmut gitu… kayak beneran binatang lhoo yang lagi main muterin bola di dalam air

facebook_-283356004Cowok – cowok ganteng ini lagi pada heboh teriak – teriak pada lubang koin terbesar di dunia ini lhhoo.. sampe diliatin orang – orang yang lalu lalang hahahaha…

Setelah muterin China Town, istirahat dulu duduk – duduk :

facebook_719527974Fa langsung bergaya gini pas di foto Maya hahahaaha

 facebook_-422324793cantik – cantik yaa.. pada kepanasan, minum es kelapa

facebook_1089195894

facebook_1563754599

facebook_-519728843

photo(9)

facebook_-860334465

perasaan sih cuma dua tujuan ya, tapi ga taunya udah sore aja.. bener – bener deh rasanya belum puas, tapi besok udah harus pulang, jadi wajib dong abis dari China Town walaupun belum tau kemana lagi kudu jalan terus hahahaha.. ya udah deh waktu itu kita jalan lagi ke Marina Bay, walopun nih kaki udah gak jelas rasanya gimana karena tetep masih sambil gendong Faeyza, tapi ya lumayan deh semua terbayar dengan berhasil foto – foto di lokasi sejuta umat ini hahaaha..

???????????????????????????????

???????????????????????????????

facebook_2114395833

facebook_-76295172Aya sempat bete karena apa.. aku juga lupa hahaha.. kalau gak salah sih, karena lagi ngambek sama aku, tapi alasannya apa itu deh yang lupa hihihi.. pas lagi bete gitu, adeknya datang mau ngajak maen, eh tapi si kakak dah terlanjur bete hehe..

Malam hampir menjelang, dari kejauhan kita liat ada bianglala super gede, Andrea ngajak Aya naik bianglala gede itu, tapi karena lokasinya agak jauh, Aya gak mau, maklum udah harus pada makan malam, tapi Andrea tetep sendiri jalan ke tempat bianglala tersebut. Kita akhirnya emang gak jadi naik bianglala gede karena udah malam juga sih.. dan sekali lagi kasian ya para anak dan balita – balita ini hehehe.. jadi abis makan langsung ke hotel lagi.

facebook_-71491282Persiapan susu untuk Aya dan Faeyza, sekalian bekal untuk di jalan

Mendadak tuh aku kok kangen gitu sama suasana puasa di Bekasi, hahaha.. kangen masakan rumah, kangen suasana buka puasa bersama, kangen sama takjilnya.. semuaaaa yang berhubungan sama puasa hehe.. mulai agak lebay ya.. :p. Di malam ini papayaza beli makanan di seputar hotel, cari makanan yang ada lambang muslimnya, dan akhirnya kepilih nasi goreng (mirip nasi kebuli), yang porsinya banyak banget!!! sebungkus serasa tiga piring, hahaha.

Hari ke empat

Hari terakhir di Singapore, waktunya pulang.. persiapan udah dari kemarin malam, sekarang tinggal packing yang tersisa aja. Pas pulang ini aku dah gak kuat harus gendong- gendong, mana aku juga kan puasa.. jadi aku agak maksa supaya Fa mulai mau di strollernya, dengan wajah cemberut akhirnya dia mau.. horeeee.. hahaha.. udah lama lhoo pengen Fa mau duduk di strollernya tapi dia gak mau, dengan wajah cemberutnya itu mendadak Maya godain Fa, abis deh Maya di teriakin hahahahaha…

AyafainsporeHoree.. Faeyza udah mau di stroller, jadilah Aya yang rempong pengen dorong stroller adeknya hihihi..

Sayangnya jadwal pulang aku dan Maya gak bareng, beda se-jam, jadi Maya, Afi, William, Andrea duluan ke Jakarta, aku dan keluarga kecilku ini nunggu dulu sambil muter – muterin Changi dulu, beli dikit – dikit deh coklat dan juga sambil cari – cari resto untuk buka puasa, akhirnya makan di Mc’d lagi hahahaha.. Sempat bingung jam untuk buka puasa jam berapa ya, soalnya kan gak ada pemberitahuan, jadi papayaza cari info lewat internet, eh.. disebelah kita kebetulan lagi nunggu buka puasa, jadi dia nunggu sambil dengerin radio, pas udah buka puasa, dia ngasih tau ke aku kalau udah bisa buka puasa, Alhamdulillah…

10477919_10202363183502914_4853787268088432752_nMaya sempat – sempatnya kirim foto ini sebelum take off, “see u soon in Jakarta..”

AyafainpesawatAkhirnya kita deh giliran terbang ke bandara Soeta.. ini Fa sebenarnya di pangku yaa, belum mau duduk sendiri pastinya hehe

Di kemacetan Jakarta – Bekasi lagiii..

Perjalanan ke Singapore ini bukan cuma seru buat aku, tapi juga gak nyangka bisa jalan bareng sama Maya, Andrea, William, Papanya william, apalagi aku bisa jalan bukan cuma sama Papayaza, tapi juga dengan Aya dan Faeyza. Petualangan yang berharga karena bisa jalan rame – rame, ga gampang buat nyatuin dua keluarga, dan satu teman yaitu Andrea, dimana kami tinggal di tempat yang bukan cuma beda waktu, tapi juga beda benua, sungguh persahabatan yang sangat manis menurutku, karena selama bersama beberapa hari ini bener – bener ngerasa kompak dan udah kayak keluarga dekat, semoga nanti kapan –  kapan kita bisa jalan bareng lagi yaa…

Thank’s to :

– papayaza, yang udah ngorbanin uang cutinya hihihi..

– Winda & Leo, yang udah ngorbanin waktu buat kirimin foto – foto dari Andrea. (waktu kita bukber di rumah Winda, aku minta Andrea supaya upload fotonya ke laptop Winda dulu hehe.. )

– Andrea, Your Singapore at night pictures are adorable!

– Maya, Buat foto – fotonya makasih yaa.. yang diam – diam gue culik dari fb lo hihihi..

Oya, yang terakhir.. berhubung ini tulisan lama banget di draft, dan hari ini ultah adekku, Yuga.. Jadi selamat ultah ya dek.. *cipikacipiki

Sekian dan terima kasih, buat yang udah nyimak cerita ini… ucapan makasihnya dah kayak di Piala Oscar aja yaaa hahahahahaha…

Bersama sahabat

Seperti postingan sebelumnya, kalau aku mau cerita tentang makan siang Aya waktu menjelang test KPM, yang belum tau tentang Aya ikutan KPM, bisa meluncur kesini.

Beberapa kali setiap makan siang, Aya selalu minta ditemenin, awalnya sih rempong ya bu! Karena kepikiran juga Fa belum makan, gak mungkin juga ngandelin pia, karena dia repot masak dan bla..bla..bla. Jadi awalnya sih.. Gak bisa deh temenin aya makan siang. Eh tapi kesini – sininya.. Ada aja yang bisa bikin bisa lho! Hahaha.. Fa sering tidur agak lama soalnya, jadi moment ini aku gunakan untuk bisa dekat juga dengan teman – teman Aya, biar bisa nyambung gitu lhoo kalau ngobrol sama Aya hehe, dan bisa kenal baik ama temen2nya, duh.. Semoga aja ya moment kayak gini bisa sampe Aya gede.. Aya ngajak aku ngobrol juga ama temen2nya, jadi serasa deh..bukan cuma hubungan antar anak dan ibu, tapi juga hubungan sahabat baik :). Nanti juga begitu sama Fa, *hope.

Pas Aya makan bareng sama sahabatnya, aku jadi bisa ngobrol agak banyak dung ama sahabatnya Aya ini, dan Alhamdulillah.. Aya punya sahabat bukan cuma cantik tapi juga sholeha, :)… Semoga persahabatan cantik ini juga bikin (nular ke) Aya makin semangat belajar di sekolah dan belajar ibadahnya ya.. Aamiin.

DSC01833Aya dan sahabatnya

Pernah juga pas makan siang itu, ada temen Aya yang hampiri Aya dan sahabatnya itu, kasian juga liatnya, ini jam makan siang, tapi dia cuma makan wafer, aku tanya.. Mana makan siangnya? Jawabnya “gak ada, mama gak sempat bikinin karena repot sama adek” oiyaa.. Aku tau dia punya adek yang seumuran sama Fa, aku bisa bayangkan gimana repotnya sang bunda mengurus adiknya tanpa pembantu, aku aja karena masih ada dibantu pia, tapi bentar lagi gak bisa deh… *balada gak ada art… Akhirnya aku belikan makanan ala kadarnya dari kantin, sayangnya aku gak bawa makanan lebih :(, tapi syukurlah yaa.. Dia dengan lahap mau makan :).
Selain itu, gak kalah lucu.. Ada aja teman – temannya yang ikutan nimbrung ngobrol, dasar anak kelas 1 yaa.. Kepolosan mereka bikin aku selalu senyum – senyum hihihi… Abisna bikin gemes! Lutu – lutu gaya mereka bicara, polos tapi sok gede, misalnya nih, aku tanya gini, tarolah nama dia A yaaa..

Aku : “kamu kok ga makan?”
A.    : “aku tadi udah makan”
Aku : “oo.. Cepat banget makannya yaa.. ”
A.    : “iya.. Di rumahku rame”.

Lho? Kok bisa lari ngomongin rumah? Hahaha.. Ternyata karena sebelumnya dia denger aku tanya ke temennya Aya, biasanya di rumah main sama siapa? Jadi dia mungkin mau cerita jg hahahahhaa..

Aku : “oiya.. Kamu punya kakak? Punya adik?”
A.    : adekku 5″
#eh
Aku : “kalau kakak kamu ada berapa?”

Wah.. Terus gak jelas.. Akunya yang puyeng abis itu ngomong apa ya waktu itu dia, lupa hahahahahahhaa…

Kalau ngomongin tentang sahabat memang ga pernah ada abisnya, contohnya nih.. Mamayaza.. Hahahahaa.. Siapa juga yang tanya ya? *biarin :p… Tetep dong aku mau cerita hahahahaha.. Waktu SD, mamayaza punya juga sekumpulan teman – teman dekat, dan akhir – akhir ini malah bisa ketemu lagi, maklum yaa.. Rasanya amazing juga, karena SD dan SMP ada di Medan, dan masih belum ada internet waktu itu.. Masih musim filateli gitu deh..hahahaha.. Ketauan dah jadulnya.. Hahahahahaha… jadi ya maklum aja deh kalau ngerasa amazed  karena happy bisa ketemu teman lama, dan hobby surat menyurat ini berlanjut sampe kuliah.
fa dan surat

DSC01898

Nah, kalau Sekarang kan udah lebih simple karena udah ada bbm, whatsapp, facebook, path, dan media sosial lainnya yang memudahkan kita bertemu dengan teman – teman, baik sahabat lama, teman baru, dan juga cocok buat ajang narsis karena happy bisa reuni bareng sahabat, atau malah kopdar sesama teman nge-blog, ya kan? Jadi yaa.. Semoga aja Aya dan teman – temannya, sahabatnya bisa terjalin akrab sampai tua nanti ya, aamiin…

bff

 

error: Content is protected !!