Trik cantik atur “dilemma mama” di hari ulang tahun anak

Omongin tentang ulang tahun anak memang gak ada habisnya, khususnya untuk para mama yang punya anak diusia Playgroup atau TK. Dalam satu bulan bisa 3 dan atau (sampai) 5 anak yang berulang tahun. Bener kan? Hihihi..
Kayak di sekolah Fa (TK A) dalam satu bulan ini aja udah 4 anak yang berulang tahun. Senengkan? Ya senenglah pastinya, namanya juga berbagi kebahagiaan, pasti nular banyak yang ikut bahagia, saling mendoakan agar yang lagi berulang tahun penuh berkah.

Ungkapan Syukur
Perayaan ulang tahun anak sebenarnya bisa dikatakan ungkapan rasa syukur karena udah diberi kesehatan dan karunia dari Allah yang maha sayang, gak salah juga sih.. kalau mau rayain ulang tahun anak baik di sekolah, rumah, atau resto cepat saji, café, dan lainnya. Lebih seru lagi kalau bisa merayakan ulang tahun outdoor mengkhayal dulu, bisa di kebun, kolam renang, apalagi kalau pestanya ada tema tertentu, sebut aja misalnya tema dongeng ala Alice in a wonderland dengan setting lokasinya dibuat ala dunia wonderland-nya Alice.. lucu yaa.. seolah kita ikut petualang di dunia mimpinya Alice.

Photo : Etsy Property

Bisa juga pake tema masak pizza bareng, lebih mudah dan disukai anak – anak, jadi anak masak bareng bikin pizza, dan hasilnya bisa dibawa pulang. Wow… pestanya bukan cuma seru tapi pasti berkesan, dan cencunyaaa.. semua itu harus siap budget komplit banget nget nget yaa.. hahaha.. untuk pesta semewah itu gak aku biasakan pada Aya dan Fa pastinya hihihi… Karena pada dasarnya tanpa pesta juga ga apa – apa, tapi merayakan ulang tahun bagi anak punya makna penting, tapi bisa juga dianggap maknanya biasa – biasa aja, tergantung bagaimana sudut pandangnya. Tapi bagi anak – anak yang mulai melihat, belajar bagaimana teman – temannya yang ulang tahunnya dirayakan mendapatkan perhatian dan apresiasi dari banyak orang selain dari orang tuanya, jadi pada saat itu anak lebih merasa spesial. Perasaan “spesial” itu dapat membentuk energy/citra positifnya jadi muncul karena perhatian dan kehadiran teman- temannya. Efek perasaan positif itu bagus juga sih.. tapi perlu ditekankan memberikan pembentukan citra positif pada anak gak selalu harus dengan pesta/perayaan, tergantung orang tuanya mau dirayakan atau gak. Pemilihan perayaan juga macam – macam. Bisa perayaan sederhana (pake) banget, yaitu kumpul keluarga inti aja di rumah sambil bikin suatu kreasi bareng sehingga anak happy dan enjoy walaupun ulang tahunnya hanya dirayakan kakak/ adik dan orang tuanya aja. Selain itu bisa juga ada moment spesial bersama pergi jalan – jalan sambil menambah wawasan seperti wisata edukasi.

Berpetualang di hutan penuh dinosaurus.. disini Fa takut digigit sama dino disepanjang hutan hahaha..
Menikmati teriknya matahari.
si mbek – mbek ini setiap kita dekati mulutnya selalu mencari makanan, sepertinya mereka udah hapal pasti kita akan kasih makan untuk mereka hahaha.. ini memang wahana pakan ternak seru juga bareng anak – anak dapat pengalaman baru.

Perayaan ulang tahun sederhana versi kedua yaitu sedikit meriah, misalnya undang tetangga dekat dan keluarga dekat, atau bisa juga dirayakan di sekolah lengkap dengan goody bag dan beberapa kue.

Menurut aku yang paling penting adalah anak udah ngerti kalau ulang tahunnya dirayakan. Misal usia anak masih 1 tahun, tentunya anak belum ngerti perayaan ulang tahunnya di rayakan meriah, tapi kalau pun anak belum ngerti juga gak masalah untuk dirayakan, tergantung keinginan dan kemampuan orang tuanya.

Dilemma para mama
Perayaan ulang tahun di sekolah biasanya aku pilih ketika anak udah di TK B. Alasannya simple :

1. Sebagai kenang – kenangan.
2. Perpisahan dengan teman dan guru TK karena tahun depannya udah masuk SD.
3. Mengobati dilemma karena memang gak mau membiasakan pesta perayaan ulang tahun anak tiap tahun, sekalian irit juga kan.. hahaha..

Selebihnya aku memilih kumpul keluarga, beli kue tart kecil – kecilan, sedikit kado. Untuk tradisi nasi kuning, ini karena kebiasaan eyang aja, bikinin nasi kuning tiap tahun sejak aku dan adik – adikku kecil sampe nurun ke cucu – cucunya saat ini. Tapi biasanya aku gak mau terlalu ngerepotin, bikin nasi kuning hanya untuk keluarga aja, kadang beberapa piring untuk tetangga atau teman dekat. Waktu Aya TK B pernah dirayakan di sekolah, nasi kuning diganti dengan paket ulang tahun dari salah satu resto cepat saji lengkap dengan goody bag, simple banget kan.. aku tinggal nambah kue tart dan beberapa cemilan untuk nambah – nambah bekal di goody bag. Di kelas hanya doa dan makan bersama, gak ada perayaan lainnya, gak ada tiup lilin, gak mendatangkan badut juga, ~ so simple ~.

Bentuk dilemma lainnya adalah kado.

Yes.. suka bingung juga ya mau kasih kado apa, dan kira – kira harga berapa? Mungkin ada yang minimal 100 ribu, ada yang 200 ribu, atau mungkin ada yang lebih/kurang dari nilai nominal tersebut, sekali lagi tergantung para mama masing – masing. Bagi yang dekat sama mama lainnya bisa jadi kasih kado dengan harga yang agak mahal, karena dianggap akrab. Kalau kurang dekat, beli kado dengan harga yang biasa – biasa aja.

Hal – hal yang sepertinya sepele begini pasti kita hadapi, gak bisa dihindari juga karena ada semacam “titipan dalam dunia bersosial”, kalau gak ada kado gak enak juga hahaha.. Walaupun pemberian kado bisa juga berbentuk lain, misalnya hasil kerajinan tangan, hasil masakan. Dengan begitu terkesan lebih unik dan personalized.

Kesimpulannya merayakan ulang tahun bisa dianggap penting dan harus dirayakan, atau malah dianggap biasa – biasa aja, gak perlu perayaan sama sekali. Yang terpenting sebenarnya adalah ingatkan anak untuk bersyukur karena Allah masih memberikan kesehatan, jadi anak juga semakin mengerti bahwa ulang tahun tidak dirayakan tidak masalah baginya. Kalaupun mau dirayakan bisa disepakati dulu mau bentuk perayaannya seperti apa, hal ini selain memberikan pengertian pada anak bagaimana kemampuan orang tuanya jika dirayakan atau tidak, juga mengajarkan anak untuk mengambil keputusan, jadi kalaupun dirayakan tidak sampai memberatkan keuangan keluarga.

Tips ala LovelyRistin :
1.Perhatikan kenyamanan anak, ada anak usia 1 – 3 tahun yang punya kebiasaaan parallel play, yaitu tetap asik main
sendiri walaupun ditengah keramaian keluarga dan teman sebayanya. Kalau begini mungkin orang tua yang ingin
berbagi kebahagiaan bisa merayakan perayaan ulang tahun anak dalam bentuk sederhana saja.
2.Gak lebay.. hehehe.. kalau lebay dikhawatirkan anak jadi terbiasa mengukur perhatian dari segi materi aja
3.Perhatikan kenyamanan anak (lagi), misalnya tidak memaksakan pakaian yang akan dikenakan jika anak tidak berkenan
memakainya.

Tulisan ini dipersembahkan untuk Faeyza yang berulang tahun tanggal 30 April 2017. Barakallah Faeyza sayang, semoga selalu menjadi kebanggaan papa dan mama.

Love

Cahaya Lilin Yang Membahagiakanmu

30 April yang lalu Fa berusia tiga tahun. Aya udah memberikan atmosfere kebahagiaan pada Fa sehari sebelumnya. Fa yang gak ngerti apa – apa akhirnya dapat juga merasakan kebahagiaan yang selalu dielu – elukan kakaknya itu.
“ Besok adek tiup lilin” ucap Fa berulang – ulang sambil teriak dan berlari.
Aiih.. jadi anak kecil itu simple ya.. Hanya dengan pengharapan ia akan meniupkan lilin dihari ulang tahunnya besok udah happy banget. :). Jadi berasa banget deh energy bahagia itu bisa menular, buktinya aku ikut happy. Padahal ulang tahun Fa gak bikin pesta juga, gak bikin macam – macam #emaktakmaurempong :p.

ultahfa1
Kue ulang tahun itupun baru ada di sore hari, dan hanya sekedar kue tart dan lilin bertuliskan angka tiga aja. Nyanyian ulang tahun itu pun berkumandang. Jadi bisa dipastikan kadopun tak ada hahahaha.. (Eh… kadonya ada ding! Dari Lea,Millie dan Ibra hahaha..). Tapi perayaan ulang tahun dirayakan nanti aja kalo udah TK, udah ngerti dan udah bisa merayakan lebih meriah lagi bersama teman – teman.
Bahagia itu emang sederhana, sesederhana waktu Fa meniupkan lilinnya, dan ia bersorai ketika Fa udah selesai tiup lilin, hahahaha.. rameee kedengerannya. Hahahaha… Selamat Ulang Tahun ya Faeyza sayang, semoga selalu jadi kebanggaan papa mama.. selalu menjadi bintang papa mama, jadi anak yang sholeh, sayang kakak Aya juga yaa.. gak boleh usil. Hihihi.. (ucapan yang sangat telat :p). #latepost

ultahfa2
Dan ulang tahun berlanjut lagi di tanggal 5 Mei 2015. Aha.. dia adalah sepupu Fa, yaitu Lea. Udah satu tahun usianya. Gak terasa juga yaa.. Semoga Lea selalu menjadi kebanggaan ayah dan bunda, sehat dan ceria selalu.
Karena ingin memberikan sesuatu yang istimewa, agak lama juga cari idenya.. cari sana sini secara online sih.. karena mau belanja offline lagi gak sempat. Eh dilalah.. kok nemu yang pas! Boneka cantik Hello Kitty bisa merekam suara pula! Ide bagus ni menurut aku. Aku cek satu – satu barang – barang jualan yang baru aku temukan ini. Wuuiiihhh.. lengkap! Udah kayak di mall! Hahahahahaha.. assiikk benerrr.. kayak jodoh aja dipertemukan sesuatu yang memudahkan aku. Aku cek, online shop blanja.com. Situs belanja online kerja sama antara ebay dan Telkomsel ini awalnya bikin aku ragu, maklum.. takut penipuan, selama ini juga seringnya belanja di online shop teman aja, jadi udah percaya aja, Kalau baru kenal? Agak was – was juga. Tapi karena udah pernah dengar nama ebay dan Telkomsel jadi yakin aja mau beli dua boneka rekam ini semoga bisa terwujud.

ultahfa3
Walaupun ada kendala dengan jaringan, pembelian sempat aku batalkan. Tapi karena penasaran aku coba telepon CS blanja.com. Ya enak sih mbak – mbaknya suaranya baik – baik, ramah gitu.. dan mau bantu banget. Haruslah ya.. namanya juga jualan :p hihihi…
Boneka rekam ini sengaja aku beli dua. Yang satu berbentuk Winnie The Pooh untuk Aya, biar gak cemburu maksudnya hahahaha.. Setelah pembayaran dilakukan. Aya yang selalu gak sabar, nanya terus kapan bonekanya datang hihihi.. Penantian Aya memang gak lama, dua hari kemudian si boneka imut ini pun udah diterima Aya. Jadi tinggal memberikan kado ulang tahun ini untuk Lea . Jadi percaya kan kalau bahagia itu sederhana?, karena yakin ada aja ketemu hal – hal yang bisa memudahkan kita juga, contohnya bisa belanja online di blanja.com serasa di mall. Hehehe…

What a beautiful day !

Tanggal 30 November yang lalu adalah hari yang dinanti – nanti Aya,    KENAPA ??? ada kado, ada kue ulang tahun, ada ucapan dan perhatian dari beberapa kerabat, teman.. wuaahh.. senangnya.. jadi bisa nebak dong yaa hari spesial buat Aya itu apa hahahaha… pancaran sinar kebahagiaan di wajah Aya jelas banget hehehe.. syukurlah dia merasa happy, aku jadi ikut senyum – senyum juga :))) .

Jadi, pas tanggal 29-nya kita sengaja juga sih udah bikin acara sendiri, karena awalnya mau ikut acara di kokas Kids Fantasy Run, tapi daftarnya telat, membernya udah full.. sayang sih sebenernya karena dah pengennya lama.. tapi ya sudahlah mau gimana lagi. Jadi kita datang cuma makan – makan dan aku dapat sepatu! horeee.. hahahahaha.. nih aya yang ulang tahun, tapi aku yang dapat sepatu :p.. hahahaha.. maklumlah yaa.. aku lagi butuh sepatu yang rapi soale.. sepatu lainnya dah gak bisa dipake lagi. :p.
okay lanjut cerita.. karena akhirnya makan – makan, aku cari resto yang sediain makanannya campur – campur, maksudnya.. ada masakan ala indonesia-nya dan juga ala western juga, nih karena aku lagi pengen makanan ala indo, tapi kan aya sama faeyza pasti maunya masakan khas eropa sana.. akhirnya kita memutuskan makan di D’ omelette, lantai bawah di kokas, ternyata lumayan lengkap masakan di sana plus harganya kurang bersahabat di kantong hahaha.. ya ga apa deh sekali – sekali demi yang akan ulang tahun :p.

ayaultah1Lagi males foto – fotoin makanannya, jadi penampakannya cuma air mineral dengan kemasan botol ala mirip botol wine ini aja ya hihihi..

ayaultah13Lagi nunggu makanan yang dipesan, narsis dulu :p

ayaultah12Ya ampunn.. bener – bener gak fotoin makanannya, sebelum hidangan tersedia kita malah foto – foto.. pas makanannya ada diatas meja, kita malah asik makan hahahaha.. maafkan ya kalau foto makanannya ga ada, tapi bener lhoo ini beneran mau makan, bukan numpang foto hahahahaha…

ayaultah3Waktu itu, disebelah restonya lagi terpajang boneka raksasa Elsa dan Anna Frozen.. Aya sempatkan foto sebentar 😉 – With Elsa Frozen

ayaultah11With Anna Frozen

pulangnyaaa… kita mampir dulu toko sepatu dan beli roti buat Faeyza kalau – kalau lagi ga mau makan. Perjalanan nuju Bekasi juga Alhamdulillah gak terlalu macet, cuma nuju Jakarta bikin ngeri.. macetsssss banget,mobil brenti ga gerak. Sempatin juga pesan kue tart sesuai permintaan aya buat tiup lilin..   nah berhubung sebenarnya tahun ini gak pake dirayakan ultahnya.. jadi buat penyenang hati paling cuma ngajak join eyang, nenek, om grendis, kebetulan ibra udah ke purwakarta jadilah ibra tersayang gak ikutan acara tiup lilin, padahal udah ngarep juga sih hehehe.. eh tapi kebetulan juga sih.. ada pengganti yang bisa di gemesin yaitu lea ikutan dateng bareng millie juga, asik juga deh millie mau ikutan.

Aku, aya, echa, faeyza muter ke beberapa rumah di kompleks anterin nasi kuning dari eyang untuk teman – teman dekat aya.. btw yang masak nasi kuningnya pia lhoo yang rasanya uenak ! hahaha… Setelah anterin nasi kuning.. baru deh ritual tiup lilin ultah sambil berebut yang balita – balita juga pengen ikut niup lilin hihihi…

ayaultah5Birthday Cake !

ayaultah4Berebut mau ikutan tiup lilin

ayaultah7

ayaultah8Potong kuenya !

ayaultah9Dapat ciuman dari nenek !

ayaultah10Sun sayang untuk eyang !

ayaultah6Keep Smile !

Yup.. begini aja kok acara ultah aya yang ke 8, ga terlalu spesial, tapi spesial di hati. Alhamdulillah aya happy, semua happy.. :)))

Thank You buat yeye udah foto – fotoin moment spesial Aya ini pada waktu tiup lilin dan potong kue.

Selamat ulang tahun anak mama tercinta, Fathia… semoga kelak cita – citamu terkabul, diberikan berkah terbaik selalu dari Allah disepanjang usiamu, tetaplah jadi anak yang baik,sholeha, pintar, kebanggaan papa mama, rezeki yang lancar, sehat, sukses dunia akhirat.. aamiin.. #pelukcium

Akhir cerita April

Supir taxi

20140501-000806.jpg pic diambil dari http://www.dailydooh.com/archives/41843

Cerita 1 :

Ada tiga cerita tentang supir taxi yang sebenarnya ga ada istimewanya, tapi macam – macam deh.. Ada yang bikin gregetan, nah.. Yang pertama.. Ceritanya udah agak lama, tahun 2011 kira – kira, aku janjian sama temen ketemuan di citos, kebetulan waktu itu hari kerja, dan lupa gimana cara nyetir mobil hahahaha.. Jadilah.. Dari Bekasi naik bis ke arah blok M, maklum yaa nih gaptek soal jalan, jadi meluncurnya ke blok m dulu, terus nyambung naik bis ke arah terminal lebak bulus, dari sanalah aku naik taksi.

“Ke citos ya pak”
“Citos dimana ya?”
“Citos pak.. Masa gak tau mall segede itu..” Mulai merasa aneh dan ga enak hati nih, tapi aku butuh cepat dan udah berjam – jam di bis, rasanya duduk sejenak di taksi dengan ac lumayan juga kan..trus si supir taxi jawab
“Saya baru pindah di jkt ini mbak, nanti tunjukkin ya arah jalannya lewat mana??”

Hah ??? Kaget lah aku ! Aku disuruh jadi navigator dia, udah lah aku juga gaptek soal jalanan.. Huh !!! Kok jadi supir taxi kalau ga tau jalan, mas ??? Hhhmmppfhhh..*###**+@@@

Tapi dengan sok santai aku jawab
“Baiklah.. Tapi cari jalan yang ga pake macet !” Hahahahahhaa…
Dan karena aku gak tau jalan, kok tu si supir taxi lewat jalan jalur lambat dan super duper macetnya ya??? Ini dia berusaha nipu aku gak sih ??? Mulai gak enak hati soalnya, soalnya dia setirin mobil juga gak enak banget, ngerem mendadak, jalan mendadak.. Hadeehh.. Bikin pusing ditengah macet dan panas bgini, akhirnya ditengah jalan aku bilang aja “stop pak !! Disini aja.. Ini uangnya! ”
Legaaaaaaa banget pas keluar taxi, entah kenapa hati ini udah campur aduk paniknya, ngerasa tuh supir taxi kok mau berbuat gak bener ya? Akhirnya lanjut naik angkot yang banyak penumpangnya, pheww.. Selamat sentosa sampe juga di citos hehehe..

Cerita 2 :

Masih seputar taxi juga, tapi ini ceritanya papayaza, waktu itu pulang kerja udah malem banget, dan lagi naik omprengan, harusnyaa.. Tapi karena kemalaman omprengan gak ada, ya udah naik taksi deh.. Kata papayaza si supir taxi dulu tuh orang berada, bapaknya tentara yang punya jabatan gitu deh, gak jelas juga jabatan apa hehehe.. Terus cerita punya cerita.. Katanya si supir taxi itu dulunya bandel, bolos sekolah lah.. Gak nurut kata – kata orang tua deh singkatnya, dan sebelum jadi supir taxi dia pun udah pengalaman jadi berbagai profesi dibagian kepremanan hehehe.. Tapi sekarang katanya udah insyaf… Teruss.. Selama jadi supir taxi, ya macam – macam pengalaman dia sama penumpang, termasuk sama mbak kunti.. Hiiii… Serem banget !!! Lagian kok bisa bawa – bawa kunti, coba?? Aku dengernya juga ngeri – ngeri penasaran hahahahaha.. Katanya sih supir taxi-nya waktu itu pulangnya juga telat, tengah malam, karena pengen cepat sampe rumah, dia lewat jalan pintas, dan itu lewat kuburan ( jangan tanya ya rumah dia dimana, karena gak tanya, dan ngapain juga pengen tau rumah si pak supir taxi-nya hahahahaa), lanjut cerita, si supir taxi pas udah memasuki daerah kuburan, tiba – tiba dia liat ada cewek berbaju putih melambai – lambaikan tangannya, stop-in taxi… Karena penasaran, si supir nerima penumpang misteriusnya itu..
“Selamat malam mbak…”
…..
“Mau kemana mbak?”
…..
Karena ga dijawab, si supir diam – diam curi – curi liat si mbak kunti itu dari spion, katanya wajahnya ya pucat gitu…

Lagi jalan pelan gitu, tiba – tiba si mbak kunti kasih arahan kalau dia brenti disitu, masih daerah kuburan juga, terus kasih daun ke supir itu sebagai pengganti uang, abis itu ya si mbak kuntinya ngilang aja gitu…

Astagaaaahhhh… Aku dengernya langsung merinding…… Lagian kurang kerjaan amat ya itu supir ngelayanin tamu misterius mengerikan -____-”

Cerita 3 :

Ini terjadinya baru – baru aja… Tanggal 29 april lalu, biasanya hari selasa aku tuh punya tugas harus anterin aya makan siang, aya pulangnya agak sore-an karena ada les tambahan di sekolah. Jadi setelah beres – beres rumah dan urus fa ( kalau pagi, aya ke sekolah pake mobil sekolah, papanya naik mobil atau omprengan), jadi aku minta tolong sama ojek langganan di dekat rumah ortuku tuk panggilin taksi, singkat cerita… Datanglah taxi itu, aku bilang dong tujuan aku kemana…

“Saya baru aja dari sana bu..”
“Iya pak, ga apa – apa, saya karena bawa balita jadi saya panggil taxi,kalau ga ada balita saya sih pake ojek aja”

Udah mulai ngerti sih gelagat si supir taxi rada kesel, tapi aku nyantai aja, soalnya aku ngerti kok.. Walau jarak dekat gitu aku bayar lebih ! Oiyaa.. Tujuanku adalah ke rumah ortuku, karena sekolah aya dekat sama rumah ortuku, jadi gak repot juga anter – anter makan siang, fa bisa dititip. Oke cerita selanjutnya, pas aku bilang “stop pak.. Disini” sambil nunjuk rumah yang kutuju, aku kasih lah uangnya ke pak supir, tanpa dia liat dulu uangnya, mendadak dia ngomong gini :
“Udah bu.. Saya kasih gratis aja, ga usah bayar”
Nah lhoo.. Begimane ceritanyee.. Walopun jarak dekat dia kan lagi jalanin tugas, masa nolak rezeki??? Dalam hati sih nih ngomongnya :p

“Ga apa pak, ambil aja”
Dia nolak lho uangnya sambil ngomong lagi “ga usah bu, saya mohon doanya aja”
Hah??? Kok bisa??? Emang gue apanya dia minta didoakan? Hahahahahaha… *ups baiklah pak.. Saya doakan, tapi liat dulu dong uangnya, kataku dalam hati.. Uangnya aku taro aja di dashboard tengah, dekat supir.. Aku liat argo cuma 13ribu, tapi aku kasih 50 ribu, tuh supir taxi bener – bener nolak, aku bilang aja “gak pak, ambil aja.. Bapak kan udah nolong saya” dia terdiam dan udah liat uangnya, langsung dia cussss pergi.. Uangnya? Ya masuk kantong dia lah hahahahahahahahahahaha..

Suka aneh aja sih sama supir taxi karena kebanyakan ga mau jarak dekat, karena mungkin hasilnya cuma 10 – 20 ribu ya? Tapi itu juga uang kan?? Sekecil apapun itu, itu juga rezeki kan?? Justru bukakankah berawal dari yang kecil bisa membawa rezeki gede juga??? Atau cara pandangku salah??? Hmmm… Ga tau deh…

Ini sebenarnya pengen misahin cerita tentang supir taxi sama cerita aya dan fa, ga mau dekat – dekat ah ceritanya, harusnya bikin 2 posting, tapi bikin postingan juga kadang – kadang ribet sendiri hihihi… Maafkan, banyak alasan aja deh aku ini yaa.. Hehehhehe..

30 april 2014

Taaaarraaaaa…. 30 april tahun ini penuh kesan bagi aku, kenapa ???

Ada 2 kejadian..

Yang pertama : Fa ulang tahun ke 2…. *hiphiphoreeee… Tiup lilin, tiup terompet.. Hihihi…..
Ga banyak yang istimewa, hanya iringan doa untuk Fa ku sayang, semoga menjadi anak yang sholeh, jadi kebanggaan orang tua, tercapai cita – citamu kelak ya nak.. Selalu dalam lindungan Allah, limpahan berkah dari Allah, sehat selalu, aamiin.. *ini untuk aya juga :).. Jadi biarlah sekelumit foto ini yang bercerita tentang ultah fa ke 2 hehehe…

20140501-060828.jpg

20140501-001324.jpg kue ultah Fa

20140501-001523.jpgTiup lilin hehe..

20140501-001652.jpg

20140501-001916.jpg

Dan cerita ke dua : adalaaahh…

Aya ikutan outbond ke Ciseeng, Bogor, untuk yang pertama kalinya, hahahahhaa.. Sebenarnya outbond sudah ada sejak Aya TK, tapi Aya belum mau ikut, aku gak bisa paksa juga, selain bikin gelisah juga kan karena anaknya belum mau. Nah.. Kali ini dia udah mau, selain senang, teuuteuupp yaaaa.. Sebagai ortunya ada bagian khawatirnya juga, entah apa yang dikhawatirkan… Gak bisa dijelaskan dengan kata – kata :p, mungkin yang udah punya anak ngerti bahasa kalbu ini, ciee.. Hahahahahhaa…

Nah.. Ini dia foto – foto Aya selama outbond, sebenarnya sih bisa dikatakan bukan foto khusus Aya, karena foto – foto ini aku copas dari display picture bbm wali kelasnya hehehe.. *makasih miss Tuti…

20140501-002059.jpg

20140501-002203.jpg

20140501-002244.jpg

November 30, what a wonderful day!

*Sorry…Late post…. hihihi…

30 November, Di siang hari.

Ulang tahun Aya, 30 November 2013 kemarin tuh jauh diluar dari rencana, hahhaha.. Bukan pengen dirayain sih.. Tapi tadinya pengen ajak Aya dan Fa jalan – jalan. Tapi, ternyata, Aya ikut KPM, apa itu KPM? Bisa cek di web nya yang ini. Jadilah 30 siang Aya ikutan test seleksi awal untuk ikut lomba matematika. Dari teman sekelasnya terpilih 6 orang anak yang ikutan KPM. Oiya, kalau penjelasan dari gurunya, KPM ini memberikan pengalaman yang sangat berharga, jika anak mampu melewati setiap tahap demi tahap test di KPM, ia bisa terus melesat ikut terus sampai SMA, bahkan jika mampu, anak yang berbakat bisa diikutkan semacam Olimpiade gitu. Yang ikutan juga dari berbagai macam daerah, misalnya dari Medan, Surabaya, Palembang, Malaysia, dll. Seru kan???… Yup! Cukup seru juga, tapi.. Disamping itu, udah 3 mingguan ini Aya jadi pulang jam 2 siang terus, buat ikut semacam pelajaran tambahan gitu, jadilah tiap jam 12 siang aku anter makan siangnya, cerita makan siang ketika ikut tambahan KPM akan ada cerita lanjutannya ya, hehe..

Pertanyaannya, apakah Aya mau ikutan KPM??? Pada awal guru menawarkan KPM ini untuk anak, guru menanyakan lebih dulu, apakah ibunya sanggup mengantar – jemput sang anak untuk di test di Bogor dan Cibinong? Denger – denger sih.. Di Bogor dan Cibinong ini adalah perjalanan test selanjutnya jika test awal lulus. Selain itu, anak juga jadinya ikut tambahan pelajaran setelah jam pelajaran selesai. Aku sih gak tega juga ya memaksakan kehendak kalau anaknya gak mau, jadi setelah guru ngomong kayak gitu, aku tanya Aya dulu, dia mau gak ikutan KPM? Selain aku juga jelaskan apa itu KPM, dampak positif – negatifnya, ternyata Aya mau! Yowes.. Lanjut dong kakak, kita ikutin saja alur perjuangan ini hehehe… Aku sih menganggap ini adalah pengalaman positif yang berharga untuk Aya, jadi gak cari harus juara 1 kok… Karena Aya sebenarnya sih anaknya moody  banget, dia belajar pelajaran kelas satu tuh dari TK A, terus pelan – pelan mulai belajar pelajaran kelas 2, pas kelas TK B. Tapi pake cara pelan – pelan, tiap hari dicicil, rutin, sambil bermain, Alhamdulillah Aya bisa ngejar deh pelajaran di sekolahnya. Jadi, Aya mau ikut KPM aja udah merupakan juara untukku, karena Aya mau ber-proses untuk menambah pengalaman positif dalam hidupnya, bukankah pengalaman juga merupakan pelajaran berharga, yang gak di dapat dari sekolah? Betul apa betul? Hahahahahaha… Cencunya yaa.. Pengalaman KPM ini juga bukan segala – galanya, karena banyak juga ditengah jalan gak sanggup ikutin lagi, karena anak kelelahan, tapi ada juga yang udah maunya mundur, sang ibu malah terus memberi support agar anak gak gampang menyerah, contohnya : sesuai cerita sang ibu guru, ada salah satu murid yang ikutan KPM dengan lokasi rumah yang jauh dari tempat test, ibunya gak gampang menyerah, ia tetap mengantar anaknya dengan kereta api, tau sendiri kan??? Kendaraan umum di daerah Jabodetabek ini jauh dari kenyamanan dan keamanan, jadi walaupun begitu, aku tetap ancung jempol untuk sang bunda tersebut, support terus anaknya untuk mau menambah pengalaman anaknya.

DSC01834bersama teman – teman sekelas yang ikutan KPM, semuanya cewek, cowoknya cuma satu orang, tapi gak tau kemana pas di foto ini hihihi..

DSC01837Suasana diluar kelas

DSC01838Mesjid di lingkungan sekolah

DSC01842Fa mulai bosan.., muter – muter dulu deh jalan – jalan hehe..

30 November, di pagi hari.

Ups! Kok ceritanya lompat ya? Lupa kakak.. Hahahaaha.. Ga apa lah ya.. Mundur dikit dulu, jadi pas 30 nov pagi, aku ucapin “met ultah” buat Aya, gak ada kue dan lilin sih.. Hahahaha.. Jadi ucapan sama kecup manis buat Aya :*. Gak terasa.. Aya udah umur 7 tahun, rasanya baru kemarin si wajah bulat yang menggemaskan itu lahir di dunia :), sekarang udah 7 tahun :). Jadi tradisi lama di keluarga kami, ada nasi kuning sebagai selametan untuk yang ulang tahun, gak ada acara khusus sih.. Cuma hari itu kami makan nasi kuning beserta teman – temannya nasi kuning, hahahaha.. Kebetulan tradisi nasi kuning ini sejak dulu dijalankan eyang dan nenek, hihihi.. Asik yaa.. Hehehe..

30 November, di sore hari.

KPM ternyata dimulai jam setengah 3 siang menjelang sore! Ya ampun deh.. Dari sekolah diberitahu jam 1 siang dimulai, jadi dari jam setengah satu siang kita udah nungguin itu test awalny lhoo.. Dan nunggu ke setengah tiga itu cukup lama kan.. Tapi ya Alhamdulillahnya.. Kok berasa waktu malah cepat ya? Liat jam udah jam satu, eh aku liat lagi udah jam 2 aja, hahahaaha… Berarti kan nunggu setengah jam lagi! Ya sudah lah.. Selama kakak Aya test, aku lanjut sholat dulu, dibarengi Fa yang lari sana – sini, hehehe..

IMG01448-20131130-1550Suasana menjelang selesai test

IMG01449-20131130-1551Gak sabar mau pulang hehe

30 november, di malam hari.

Aya minta kado!

Sebenarnya, Aya tuh tadinya minta kado kue tart! Kayak zaman dia ulang tahun ke 5, di sekolahnya, contoh kue tart-nya begini :

IMG-20111130-00396(1)Kue ultah waktu umur 5 tahun, kalau sekarang, ultah ke 7 gak ada kue tart hahaha..

IMG-20111130-00393

Tapi karena KPM, jadilah kue tart terlewatkan, baiklah, sebagai gantinya, Aya minta main aja di area permainan di mall, hihihi… Murmer yang cukup happy juga ya…

DSC01843Ini mau bayar tiket, rempong amat yak.. dan abaikan perut ndut itu ya’! hahahaha..

DSC01846Tiketnya ceritanya buat bayar naik mainan kereta, fa awalnya mau, lama – lama nangis mau ikut papanya ^ ^. Aya bergaya sambil nunjukkin kue pie sama tiket *penting ya? hahahaha..

DSC01852Fa sebenernya udah ngantuk, tapi gak mau melewati permainan hehe

DSC01858Cari kakak Aya.. dimana yaaa…?

DSC01870Aha! ternyata kakak Aya main lompat – lompatan hahahaha

DSC01877Sekarang malah asik berdua naik Nemo, abis ini kita pulang deh.. udah waktunya tidur hehehe

Sampai jam 8.10 malam! Cukup sampai disini yaa.. Fa udah ngantuk, khawatir kelelahan, aku minta ke Aya kita pulang saja, karena esoknya masih ada acara lagi. 30 November 2013, sungguh hari yang rame! Selain Aya ikutan test KPM, aku juga lagi pesan pintu anti nyamuk buat di rumah, hahahahhaa.. (Penting ya diceritain disini? Gak juga sih.. Hahahaha), selain itu.. Seragam Aya untuk nikahan om Yuga di Januari nanti juga udah selesai.

Terus… Main pada malam hari, ini gak biasa, karena biasanya jam 7 atau jam 8 malam Aya dan Fa harus udah tidur.

Jadi 30 november malam, Fa tidur jam setengah sembilan malam, dengan cepat karena lelah, hehehe.. Aya nyusul jam sembilan malam. Selamat tidur ya 2 malaikat kecilku 🙂 Mama selalu mencintai Aya dan Faeyza.

Selamat ulang tahun Aya, semoga cita – citamu tercapai, Menjadi anak yang sholeh yang dibanggakan papa – mama, doa terbaik mama selalu menyertai Aya ( dan Fa) selalu. I LoVe you. :* :*

99c7fc58-e169-4632-911f-f19d22a4373cwallpaper

Yang telah terjadi…

Menanti Bel sekolah berdering

Tadi siang waktu mau jemput Aya, udah ada dua orang buibu yang duduk nungguin anak – anak tercinta kita pulang sekolah. Dan ternyata.. Ketika aku baru nimbrung, mereka lagi asik obrolin tentang kebiasaan anak – anak mereka di rumah ( anak – anak mereka teman sekelas Aya ), so gini deh kira – kira pembicaraan singkatnya :

Mama D : “ iya.. Kalau udah harus rapiin buku, jawabannya ‘aku cape harus rapiin buku tiap hari, sekali – sekali mama dong yang rapiin’ “

Kita yang ibu – ibu senyum – senyum dengernya.. Ih yang sekolah siapa? Gak tau apa ya? Dulu mamanya juga kerjaannya tukang rapiin buku, dari mulai nyampul buku, rapiin pensil + penghapus + rautan, itu dilakukan sendiri tanpa harus ditemenin siapa – siapa.. hahaha..

Mama D : ” terus, kalau mau rapiin buku tuh.. Ngomongnya ‘sama mama’ “

Hahahahhaa.. Kok sama ya ? Aya juga gitu.. Ke kamar mandi aja.. ngomong dulu ‘Sama mama’, makan ‘sama mama‘, rapiin buku ‘sama mama‘.. Jadi dari bangun tidur sampe mau tidur ya ‘sama mama‘ huahahahahaha.. Ternyata ada juga yang mirip Aya. :p

Mama S : “iya sama… ! Maunya apa – apa sama mama”

Mama D : “iya.. Dan sampe selalu bilang ‘kapan mama berhenti kerja?’ Suami saya udah bilang aja ‘ya udah cuti dulu deh, kasian anaknya tuh.. Udah mengharap – harap, nanti nyesel lhoo.. Giliran anaknya udah gede, udah gak mau minta ditemenin lagi”

Hihihi.. Ini juga mirip Aya, waktu mamayaza ini masih kerja, bagai dikejar – kejar setoran, kapan mama berhenti kerja… Yah.. Sebenarnya lebih asik deh yaa kerja kantoran itu.. Walo stress dikejar – kejar kerjaan, tetep aja hiburannya masih lebih banyak.. Yang terutama : karena merasa banyak temen, dikelilingi temen – temen kerja, walaupun isi temennya macam – macam kelakuannya, tapi it’s really fun, ya kan!… Pas udah di rumah aja, udah resign nih ceritanya aku ………. Karena memikirkan kata – kata yang sama seperti yang diucapkan papanya D itu, dan tau gak apa yang kudapat ketika sudah full menjadi mom ?? …

Lanjut cerita… Awalnya enak juga gak harus ribet menghadapi macet – macet, tapi makin kesini ada kangen gak? Gak! Hahahaha.. Siapa yang mau kangen kena macet – macet? :p, tapi kangen kumpul sama teman kantornya sesekali ada sih.. Tapi makin kesini.. Aku makin menikmati bonus rezeki waktu yang lagi di kasih Tuhan ini, melihat anak – anak tumbuh, senyuman mereka, canda tawa, manjanya mereka, gak apa deh.. Semua – mua maunya ‘sama mama’ yaahh.. Lebih baik begitu kan daripada sama orang lain :p.

Aha nana

Kata – kata ‘aha nana’ ini mirip kedengerannya ‘sama mama’ ya? Hihihi.. Padahal beda arti, ‘aha nana’ ini kata – kata ciptaan Fa, ungkapan kata – kata mau sesuatu yang dia inginkan, entahlah itu makanan, minuman, benda, dan lainnya. Nah.. Hebatnya lumayan membooming juga kata ‘aha nana’ ini hahahahahaaha.. Jadi ada beberapa yang ikut – ikutan pake bahasa ‘aha nana’ hahahahaha.. Lucu ya kata – kata yang diciptakan bayi :p hihihi.. Ada aja yang tercetus dari pikirannya, bikin gemes 😀 hehehehe… Sebenarnya ada nih rekaman suaranya, tapi aku gak bisa masukin ke blog ini -_________-

Daging tumbuh

Mendadak Aya ngadu kalau telapak tangannya sakit, setellah di cek kok kayak ada daging tumbuh gitu, aduh! Ini apa ya?

20131115-001605.jpg

Setelah cek ke dokter, dokter saranin ke dokter bedah anak, tapi ya gitu.. Mau ke dokter udah lah susah – susah cari waktu, sekalinya bisa.. Eh malah ketiduran, dodol banget gak sih.. Hahahahaha… Terus bikin appointment kedua, papanya deh yang anterin, udah di bela – belain setengah hari di kantor, cepat pulang, eh dokternya yang gak kasih tau dari awal kalau dia lagi ada operasi, Makin ga lega itu benjolan apa ya? Hiks!.

Kehangatan keluarga

Yang namanya keluarga, kehangatannya selalu dirindukan ya??? Hehe.. Minggu lalu diadain lagi arisan keluarga, dan senangnya sekaligus ponakan cantikku ini lagi ulang tahun yang ke dua.

20131115-001917.jpg

20131115-002126.jpg

20131115-002425.jpg

Maaf ya aku punya fotonya gak gitu jelas gini hehe… Ini juga fotonya dapat dadakan dari tanteku yang juga udah menyandang gelar nenek hahahahahahaha.. *makasih nek jesi :p hehehe.

Melalui arisan keluarga ini, tante – tante – nenek – kakek… Semuanya saling mengingatkan ulang tahun di bulan november ini ( dan mungkin ‘every month‘ kita jadi akan saling ingetin siapa yang lagi ultah). Minimal tiup lilin kalau lagi bisa kumpul di arisan, kalau gak bisa, cuma ucapin ultah aja, minimal kan lewat fb juga udah senang ya? Hehe.. So.. Siapa aja yang ulang tahun di November ini?

1. Millie ( 10 nov )
2. Nenek Rina ( 22 nov )
3. Aya ( 30 nov )
4. Keindra ( 30 nov )

Jadi.. Selamat ulang tahun yaaa.. Buat yang lagi ulang tahun di November ini, semoga makin cemerlang disegala bidang hehe… *peluk sayang untuk semuanya. 🙂 🙂 🙂

error: Content is protected !!