Tentang Hobi

Hobi Aya

Sejak liat Aya suka isi waktu luangnya dengan gambar, diam – diam aku buka buku hariannya, hihihi.. abisnyakan kalau lagi gambar private banget deh dia itu, ga mau diliat, ngumpet dikamar bisa berjam – jam. Emang apa sih yang bikin dia asyik? Kadang juga minjem hp buat gambar katanya. Ternyata hasilnya ini.. :

karyaaya1Model yang digambar Aya ini dari gambar Aikatsu

karyaaya2Ini hasil imajinasi Aya.

karyaaya3Ini hasil belajar tutorial dari Pinterest

Waaaa.. aku terharu cyyiiinn.. haahaha.. gambarnya bagus, aku aja gak bisa gambar gini walopun nyontek. Duh, dasar emaknya ya :p mana ada sih kecap nomor 2, tetep aja begini udah heboh, sok dibilang bagus aja, ya lah.. bangga dong sebagai emaknya :p, hehe…

Setelah merit, aku mulai cari tau dan baca – baca buku atau browsing tentang parenting. Minimal mencari tau bagaimana cara mengembangkan bakat dan minat anak. pengen rasanya mengembangkan bakat Aya sejak kecil. Kenyataannya mengetahui bakat dan minat anak susah – susah gampang ya.. Dari Aya masuk sekolah sebenarnyapun dia udah suka menggambar, kalau ikutan lomba juga pasti deh carinya lomba gambar atau mewarnai. Bahkan ketika TK B dia pernah ikut lomba mewarnai di sekolahnya dan dapat juara pertama. Tapi pas Aya udah kelas 2 SD, Aya malah jarang juara kalau ikutan lomba mewarnai. Entahlah.. sepertinya nuansanya hilang, ga tau apaan, dia sempat down karena ga menang. Aku juga menyangka mungkin ini bukan bakat Aya walaupun dia ada minat.

Pas Aya udah kelas 3, minat Aya ternyata gak berubah terhadap menggambar. Dan ia udah memilih karakter gambar yang Aya suka. Gambar – gambar karakter anime gitu kesukaan Aya. Pantaslah kalau begitu, aliran gambar Aya berubah, yang tadinya mewarnai pemandangan, sekarang lebih kearah gambar karakter, dan ini sepertinya karena terpengaruh film Aikatsu. Ya tau sendiri lah ya.. anak – anak sekarang pada suka banget sama Aikatsu? Mungkin seperti aku dulu suka Candy – Candy, atau Sailor Moon. (Ketauanlahya aku ini angkatan berapa? Hahahha..).

Apakah hobby Aya ini termasuk minat dan bakat? gak tau juga, aku sendiri masih nebak. Tapi setidaknya ada sesuatu yang bikin dia jadi asyik dengan dunianya selepas penat dengan tugas sekolahnya. Menggambar jadi hiburan Aya, biasanya dia akan cari gambar Aikatsu dari mbah Google, lalu ia belajar otodidak dari sana. Walaupuuunn.. aku jadi agak ngeri juga, karena Anime tau sendirikan? Kartun – kartunnya penuh kejutan yang kurang berkenan untuk usia se Aya. Aku pastinya ikut mengawasi, tapi gak nutup mata juga, kalau aku dan Aya jadi banyak ngobrol tentang banyak hal termasuk hobi gambarnya, dan juga sex. Tentu aja aku jelasinnya disesuaikan usia plus sekaligus menanamkan nilai agama juga dalam pembicaraan kami. Terdengar serius? Gak juga kok.. justru aku ingin supaya Aya menghormati dan menjaga dirinya.

Sooo.. jadi penuh kehati – hatian kalau Aya udah minta pinjem hape buat gambar Aikatsu. Khawatir tepatnya hahahaha..Akhirnya aku minta tolong sama mbah Pinterest yang gak pelit bagi – bagi tutorial tentang apa aja. Aku cek dong tutorial menggambar anime dari pinterest. Good! Banyak banget tutorial, seolah ikutan les online, Aya pun baru mencoba – coba, dan dia seneng banget. Eh tapi ya.. tetep aja pemakaian pinterest ini masih dalam pengawasan aku hehehe..

Hobi Faeyza

Kalau adiknya Aya nih, lagi tergila – gila sama Mcqueen. Semua pilihannya rata – rata jatuh pada si mobil merah itu. Apalagi kalau abis mandi, baju mcqueen harus tersedia, jadilah sempat tuh baju cuci pake cuci pake. Lama – lama sih baju Mcqueen mulai banyak, maksudnya biar kalau pergi tuh pake baju yang keliatan rapi. Kalau gak, tetep maunya pake baju Mcqueen yang udah kucel x.x..

Sekarang malah pelan – pelan koleksi Mcqueen merambah pada buku cerita, mainan, bantal, apa lagi? Tas, maunyaa.. tapi tas belum karena belum sekolah. Hihihi.. Jadi ni termasuk hobi yang keluarin isi kantong ya, hhahaha.. Tapi ya sud lah.. toh biasanya begini nanti akan lewat. Aku sendiri juga ikutan senang liatnya semua serba MCqueen hahahaha..

Itu tadi hobi yang aku temukan sejak Aya kecil. Kalau Fa aku masih mencari – cari, karena selain hobi ngoleksi si mcqueen, dia suka lihat benda yang berputar, mulai dari kipas angin, kipas ac,mesin cuci yang sedang berputar, bahkan kipas kecil yang ada di freezer kulkas jadi perhatiannya juga. Jadi menurut aku siih.. salah satu tugas orang tua juga bantu anaknya menyadari hobinya, kemudian mengajaknya konsisten dan tekun. Pastinya dengan begitu dia juga gak merasa ada beban kan? Karena memang suka.

karyaaya4Ini juga modelnya adalah Aikatsu.

karyaaya5Ck..ck..ck.. gini nih.. kalau ngefans sama Aikatsu, gambar Aikatsu lagi dah nih hahaha..

karyaaya6Hmm.. ini sepertinya lagi coba – coba bikin komik..

Mencari celah dari hobi

Banyak keuntungan menekuni hobi yang gak bisa dianggap remeh. Bisa dikatakan sebagai salah satu terapy jiwa, relaxasi, karena melakukan kegiatan yang disenangi. Bisa juga dijadikan lahan rezeki, yaitu bisnis. Karena untuk melakukan bisnis bukan kah berawal dari yang kita kuasai dan kita enjoy didalamnya?. Nah.. kalau udah bisa mengubah hobi menjadi bisnis perlu kreativitas yang menjadikan pembeda dari orang lain. Selain itu kudu pertajam sense of business, pendidikan, plus pergaulan dengan sesama minat, yaitu pelaku bisnis juga tentunya.

Gak semua hobi memang butuh pendidikan, tapi kalau udah masuk dunia bisnis rasanya udah bukan dunia main – main lagi. Perlu ketelitian seperti menarik ketertarikan calon konsumen dengan produk kita, menarik konsumen biar lebih kepo sama produk kita, dan yang paling penting menarik konsumen happy membeli produk kita.

Eh.. yoweslah ini pembicaraan mendadak sok pembisnis gini hahahaha.. Eh tapi ini seriusan lhoo.. mulai deh korek – korek hobi anak kita tuh apa, bantu dan terus kasih semangat untuk terus berkarya sesuai hobinya itu. Siapa tau kelak emang bisa dijadikan ladang bisnis. Haree genee ya bu… lapangan kerja makin sempit, dari hobi itu mungkin aja bisa membantu menyerap tenaga kerja. Nah.. gimana? Masih anggap remeh dan gak perhatiin hobi anak – anak dan kita hobi kita sendiri? Sayangkan kalau terlewatkan, walopun hobi kita gak jadi ladang bisnis, misalnya.. ya bisa juga sebagai ladang berbagi, hati senang sambil cari pahala. Setuju? πŸ˜‰

10 comments / Add your comment below

    1. iya emang bnr Dep.. klo gini2 kan tinggal asah aja, emang aku jadi rajin cari2in gambar buat Aya gambar, tp yg klo dia bilang itu susah, ya skip dulu, cari yg gampang mnrt dia hahaha…

  1. Hai mbak…bagus skali gambar anaknya..
    Anakku yg kecil jg suka bgt liat benda2 elektronik kyk kipas, mesin cuci, ac dan radio..sempet panik jg klo2 kbiasaannya ini ‘ajaib’. Kira2 diarahkan kmn ya hobi yg spt ini?

    1. Hi mbak, anak2 memang punya karakter masing2 ya.. anakku yg kedua jg tadinya suka liat alat2 elektronik, spt mesin cuci klo lagi bekerja dia suka bgt liat, tp biasanya aku gak kasih terlalu lama ngeliatnya, selain itu jg tertarik sm ac, byk pertanyaan seputar ac yg bikin aku mabok jg krn ga ngerti ac hahahaha… jd jwb nya seadanya aja, sempat jg suka liat gmn cara kerja kipas. Selama gak membahayakan saya sih biasanya membiarkan dirinya berexplorasi. Kdg pny pemikiran apakah dia suka teknik mesin seperti kakeknya? Hahahaha… anaknya usia brp mbak? Anakku yg kedua itu hobby ajaibnya itu wkt dia masih usia 2 sampe 4 tahun, skrg anaknya udh 5 tahun, saya lihat minat dia sm dunia mesin masih ada, tp krn udh tk b waktunya kebagi jg u bljr persiapan masuk sd. Mnrt saya sih mbak.. kenalkan aja sama smua bidang pelajaran sambil kita amati dia minatnya kemana, insyAllah nanti kliatan arahnya kemana, tugas kita sbg ortu cuma membimbing aja, semoga anak2 kita sukses ya mbak.. waduh komenku dah banyak aja hahaha… btw makasih ya mbak udh mampir β˜ΊπŸ˜‰

Leave a Reply

error: Content is protected !!