Yang perlu dilakukan untuk keamanan listrik di rumah

Hari gini gak melek tentang listrik? Aih.. Kemana aja? Hehehe.. Nih aku ngomong gini kayak yang jago tentang kelistrikan aja ya.. Padahal sih gak juga.. tetep aja sih masih buta tentang dunia kelistrikan, tapi setidaknya kita harus juga tau minimal dalam kehidupan kita sehari – hari, contohnya : tarif listrik dan harganya, ya iyalah.. Ini sih gak usah dibahas hahahha.. Semua juga udah tau kalau listrik kudu kita bayar untuk keperluan kita sehari – hari, istilahnya listrik emang udah kebutuhan basic manusia juga. Selain itu, ada juga yang harus kita tau, apa itu?? Pernah merhatiin ga?? pasti gak kan? Hahahha.. Wajar aja..kebanyakan para cewek apalagi emak – emak macam aku ini kalau udah berhubungan sama genteng bocor, gas, dan listrik ada yang ga beres manggil pak suami, atau cari tukang buat bantuin hahahaha.. Iya sih.. Tapi ya harusnya sih ga juga harus sampe buta – buta amat yaa.. Misalnya nih tentang suatu alat yang sering kita temui di rumah, seperti ini contohnya :

RCBO yg sebelah kiri. Foto : sumber Twitter Edwina Hidayah
RCBO yg sebelah kiri. Foto : sumber Twitter Edwina Hidayah
ini dia ELCB. Foto sumber dari Twitter Suci Santy Risalah
ini dia ELCB. Foto sumber dari Twitter Suci Santy Risalah

Tips cara jitu menghindar bahaya listrik di rumah.

Jadi tanggal 30 september 2016 kemarin pertemuan lagi dengan komunitas Emak Blogger di Hongkong Cafe. Kali ini membahas tentang gimana supaya aman penggunaan listrik di rumah? pertama kali kenalan dulu sama alat – alat yang berhubungan sama listrik di rumah ya.. Ada saklar, kabel, meteran listrik, apa lagi? Itu yang sering kita lihat kan? Kira – kira apa lagi? Tersembunyi tapi penting. Nah ini dia yang kita sering lupakan yaitu MCB, padahal alat ini bertugas membagi arus listrik di rumah, tapi inget MCB bukan alat pencegah kebakaran listrik di rumah, paling – paling untuk membatasi arus listrik sekaligus pengaman dalam instalasi listrik. Kebayangkan kalau gak ada alat kontrol listrik di rumah, ga ada yang membatasi arus listrik, bahaya banget..

kebevent

suasana acara siang itu
suasana acara siang itu
Frankco Nasarino, dan MakPoh obrol seru tentang mencegah bahaya listrik.
Frankco Nasarino, dan Makpoh obrol seru tentang mencegah bahaya listrik. Foto : doc KEB
Yeaay.. udah pada ngerti dong mak gimana itu bahaya listrik? haahaha...
Yeaay.. udah pada ngerti dong mak gimana itu bahaya listrik? haahaha… foto : doc KEB

Terus kenapa kok bisa terjadi kebakaran atau korslet listrik? ini bisa terjadi karena ada satu titik pada sentuh titik pada listriknya gak sempurna, contohnya pengalaman aku di rumah, tiba – tiba listrik padam, setelah di cek ternyata bukan lampu padam dari PLN, tapi MCB yang lagi bertugas matiin listriknya, pas dinyalain lagi, mati lagi., begitu terus sampe 4 kali, bingung kenapa kok gini? Akhirnya cabut – cabutin dulu kabel – kabel yang berhubungan langsung dengan saklar listrik, lama – lama ketauan juga.. Penyebab matinya listrik itu karena kabel untuk magic com ada yang botak karena gigitan tikus, waduh.. Bahaya banget.. Cepat – cepat dah ganti magic com, jadi kan ada alasan ganti yang baru hahahhaa..

Kenalan sama MCB, ELCB, RCBO

Terus gimana caranya kita bisa tau bahwa MCB kita di rumah aman? Kualitasnya bagus? Ternyata MCB juga ada yang palsu. Kalau yang palsu tentunya kualitasnya jelek kan, karena ada komponen yang dikurangi. Kabelnya cepat panas, kalau panas cepat kebakar. Selain itu ada salah satu identitas MCB itu palsu atau gak, lihat dari label printingnya ya buibu… Kalau asli penampakan label printingnya lebih kecil/ramping dan lebih tebal.

Sekarang ada lagi alat demi keamanan pemakaian listrik untuk sehari – hari, Schneider Indonesia ternyata udah mikirin ini semua yaitu alat listrik yang dipakai kita sehari – hari dan tentunya kita gak sadar selama ini gak sadar atau sadar tapi gak tau? xixixi.. Selain MCB alat untuk listrik itu adalah ELCB dan RCBO.

ELCB singkatan dari (Earth Leakage Circuit Breaker), berfungsi untuk mencegah kejutan listrik alias kesetrum. Sebenarnya gangguan listrik kurang lebih 30% bukan karena beban atau hubungan singkat listrik. Tapi karena gangguan isolasi dan perkabelan yang buruk. Seperti kabel listrik yang kita gunakan di rumah idealnya setiap 10 tahun sekali kabel diganti untuk mencegah adanya kabel yang udah botak atau kerusakan. Jadi kalau nemu kabel yang udah keropos alias botak biasanya tukang listrik kalau megang kabel yang udah keropos cara menggangnya bukan dengan cara genggam kabel tersebut, karena refleks manusia pasti akan genggam kabel tersebut makin kuat, jadilah kalau kesetrum biasanya jadi lama mengenggam kabel. Sebaiknya pake punggung telapak tangan, otomatis tangan akan terpantul dengan sendirinya.

RCBO (Residual Current Device) yaitu kombinasi MCB dan ELCB.
RCBO ini biasanya dipasang di tempat – tempat peralatan listrik yang lembab. Karena di tempat yang lembab juga pasti mengalir arus listrik dari MCB box, terus dipasang juga pada sirkuit listrik yang berada pada jangkauan anak – anak.

Kenapa harus pasang RCBO?

Tentunya untuk menghindar kesetrum yang pelan – pelan membahayakan tubuh. Reaksi tubuh ketika kesetrum itu dari mulai kejutan listrik yang gak terasa, merasa dan tidak nyaman tapi belum berbahaya, semakin bahaya bisa terjadi kontaksi otot dan paru – paru mulai terjadi luka bakar, sesak nafas, terakhir jantung berhenti.

O My God!

jauhkanlah ya.. hati – hati banget sama yang berurusan dengan listrik. Makanya nih Schneider udah pikirkan untuk keselamatan diri dari bahaya listrik. Coba cek di rumah udah ada belum ELCB dan RCBO? (PR juga untuk aku) kalau belum, coba tanya – tanya aja ke Scheneider Indonesia.

Pusat layanan Pelanggan ( Jakarta ) :

Telephone : 1500055
Fax : (62)(21) 750441516
Email : Customercare.id@Schneider-electric.com

Jadi energi itu memang ada dimana – mana, tapi kalau gak di maintain juga terbuang percuma dan mungkin bisa membahayakan, kira – kira video ini bisa jelasin kalau Schneider Electric bantu memanfaatkan energi sebaik mungkin, di maintain dengan penciptaan alat – alat listrik jadi lebih bermanfaat. Kira – kira gitu deh xxixixixi.. dari pada panjang lebar cek aja videonya disini

Source : here

31 comments / Add your comment below

  1. haduh aku nih gak tau apa2 ttg listrik, nanti nanya deh sama suami apa listrik di rumah sdh pakai RCBO, thanks tipsnya mbak

Leave a Reply

error: Content is protected !!