5 mengapa kita harus mengimani malaikat Allah SWT jelaskan

Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim. Selain itu, juga terdapat berbagai hikmah mengapa kita harus beriman kepada malaikat.

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang berasal dari cahaya. Jumlah dari malaikat sendiri tidak ada yang mengetahui kecuali Allah. Akan tetapi, setidaknya ada 10 malaikat yang wajib dipercayai beserta dengan tugasnya masing-masing.

Dengan iman kepada malaikat, maka setiap muslim tentu saja diharapkan bisa mengambil hikmahnya. Berikut ini berbagai hikmah yang bisa Anda petik.

Hikmah dan Alsan Mengapa Kita Harus Beriman Kepada Malaikat

1. Menyempurnakan Iman Kepada Allah SWT

Hikmah pertama yang bisa Anda petik yaitu untuk menyempurnakan dan meningkatkan iman kepada Allah SWT. Menyempurnakan iman merupakan salah satu hal yang pastinya selalu diinginkan oleh setiap umat Islam.

Hal itu karena meningkatkan rasa iman terhadap Allah SWT akan dibuktikan dengan cara senantiasa menjauhi larangannya serta menjalankan perintahnya. Dimana salah satu perintah Allah SWT yang harus dijalankan adalah beriman kepada malaikat.

2. Percaya Bahwa Rezeki Dari Allah SWT

Malaikat Mikail memiliki tugas sebagai perantara untuk memberikan rezeki yang berasal dari Allah kepada umat manusia. Dengan memiliki rasa iman kepada malaikat, maka setiap manusia wajib senantiasa berusaha serta yakin bahwa Allah akan memberi rezeki itu. Rezeki yang diperoleh pun termasuk pertolongan yang diberikan oleh Allah juga.

3. Menghindari Dosa dan Selalu Melakukan Perbuatan Terpuji

Terkadang, manusia tidak sadar bahwa dirinya melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan dosa menjadi bertambah. Menghindari dosa dan selalu melakukan perbuatan yang terpuji merupakan salah satu hikmah mengapa kita harus beriman kepada malaikat. Umat muslim wajib percaya dengan tugas-tugas dari malaikat Raqib dan Atid.

Tugas dari malaikat Raqib yaitu mencatat seluruh amal baik, sedangkan tugas malaikat Raqib adalah mencatat seluruh dosa setiap manusia di bumi ini. Oleh sebab itu, Anda wajib dapat memiliki perilaku yang baik sebab akan terdapat malaikat yang selalu mencatat segala amal buruk maupun amal baik manusia.

4. Percaya Bahkan Terdapat Kehidupan Sesudah di Dunia

Beberapa tugas yang dijalankan oleh malaikat yang harus diimani ada kaitannya dengan kehidupan sesudah di dunia ini. Misalnya saja seperti Malaikat Ridwan dan Malik bertugas menjaga pintu surga dan neraka, Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala ketika hari kiamat serta hari dimana manusia dibangkitkan kembali, serta Malaikat Izrail yang ditugaskan untuk mencabut nyawa.

Hikmah iman kepada malaikat pun bisa membuat setiap umat muslim percaya bahwa ada kehidupan di alam kubur maupun di akhirat nantinya. Oleh sebab itu, diharapkan Anda selalu melakukan perintah Allah serta menghindari segala larangan sebagai usaha untuk masuk ke surga.

5. Menirukan Sifat Malaikat untuk Taat Ibadah Kepada Allah SWT

Bagi beberapa orang selalu taat dalam menjalankan ibadah merupakan suatu hal kerap meningkat dan juga tak jarang menurun. Tentu saja hal ini tidak lain disebabkan kurangnya kesadaran dan motivasi dalam menjalankan ibadah.

Malaikat merupakan makhluk yang tergolong paling taat terhadap Allah SWT. Malaikat senantiasa melakukan ibadah serta menjalankan perintah Allah dengan baik. Dengan beriman terhadap malaikat, maka manusia bisa mencontoh segala sifat dan perilaku malaikat tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan hikmah mengapa kita harus beriman kepada malaikat yang satu ini.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tahukah kamu mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt? Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya. Dalam Islam, iman kepada malaikat merupakan salah satu perintah yang wajib dilaksanakan. Setiap muslim harus percaya dan meyakini sepenuh hati bahwa malaikat itu benar-benar ada, meskipun keberadaannya tidak kasat mata. Malaikat termasuk salah satu perkara gaib yang dikenal dalam islam.

Dengan mengimani malaikat, itu artinya kita menjaga iman Islam kita. Agama islam yang mulia ini dibangun dengan 5 rukun Islam dan 6 rukun iman. Semua ajarannya disampaikan Allah Swt dalam Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril. Dari sini kita bisa mengetahui tugas penting dari malaikat sebagai makhluk yang selalu patuh dan taat mengerjakan perintah Allah. 

Nah, pada kesempatan ini kami akan jelaskan alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt. Semoga setelah membaca uraian ini, iman kita kepada malaikat semakin kuat.

Ada beberapa alasan mengapa sehingga kita harus mengimani malaikat Allah Swt, antara lain sebagai berikut:

Kita harus mengimani malaikat Allah Swt karena perintah ini termasuk ke dalam rukun iman. Artinya, iman kepada malaikat adalah salah satu syarat lengkapnya iman seorang muslim. Jika seseorang tidak mengimani malaikat, maka orang tersebut tidak dikatakan sebagai orang yang beriman atau mukmin. Perintah mengimani malaikat ini termuat dalam hadits Rasulullah Saw yang berbunyi:

Berimanlah kepada Allah, kepada malaikat-malaikat, kepada kitab-kitab, kepada rasul, kepada hari kemudian, dan kepada takdir, yang baik dan yang buruk." (HR. Muslim)

Alasan kedua mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt adalah karena ini merupakan salah satu perkara ghoib yang dikenal dalam Islam. Perkara ghoib adalah hal-hal yang tidak tertangkap oleh pancaindera, tetapi wujudnya benar-benar ada. Seorang muslim diperintahkan untuk meyakini perkara ghoib tersebut sebagai bagian dari iman. Seperti yang dijelaskan oleh Allah Swt melalui firmanNya dalam surat Al-Baqarah ayat 3, yang artinya:

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al-Baqarah ayat 3)

Alasan ketiga mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt adalah sebagai bukti ketaatan kita kepada perintah Allah Swt. Meskipun kita tidak bisa melihat wujud malaikat, tetapi kita percaya bahwa makhluk tersebut adalah ciptaan Allah yang benar-benar ada. Meyakini keberadaannya sama artinya dengan kita percaya dengan kebesaran Allah Swt.

Dengan mengimani malaikat, membuat kita selalu berhati-hati dalam bersikap karena kita percaya bahwa ada malaikat yang ditugaskan Allah Swt mencatat seluruh amal perbuatan kita. Malaikat tersebut adalah malaikat Roqib sebagai pencatat amalan baik dan malaikat Atid sebagai pencatat amalan buruk.

Mengimani malaikat juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Setiap muslim yang selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupan akan berusaha taat dan patuh kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangan yang bisa mendatangkan dosa. Jika hal ini bisa dilakukan secara konsisten, maka kedekatannya kepada Allah semakin bertambah.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt 2019-06-11T19:19:00-07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

mengapa kita harus mengimani malaikat Allah

BincangSyariah.Com – Di antara makhluk ciptaan Allah yang wajib diimani keberadaannya adalah para malaikat. Setiap orang mukallaf, baik laki-laki maupun perempuan, harus mengimani keberadaan para malaikat ini. Namun mengapa kita harus mengimani malaikat Allah ini?

Para malaikat termasuk makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya, tidak makan dan tidak minum, dan mereka senantiasa taat melakukan segala yang diperintahkan oleh Allah kepada mereka. Menurut para ulama, cara beriman kepada para malaikat adalah dengan meyakini bahwa mereka benar-benar ada, dan meyakini status mereka sebagai makhluk yang senantiasa patuh terhadap perintah Allah.

Beriman kepada para malaikat Allah termasuk bagian dari dasar-dasar keimanan. Keimanan kita kepada Allah, para nabi dan utusan Allah, dinilai tidak sah kecuali kita juga beriman kepada para malaikat. Hal ini karena wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada para nabi dan utusan melalui perantara malaikat. Sehingga jika kita tidak beriman kepada para malaikat, maka hal itu akan menyebabkan kita ingkar terhadap keberadaan para rasul, wahyu, dan bahkan keberadaan Allah.

Selain itu, terdapat banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Saw yang mengharuskan kita wajib beriman kepada para malaikat. Di antara ayat yang mengharuskan kita wajib beriman kepada para malaikat adalah surah Al-Baqarah ayat 177:

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi.

Juga surah Al-Baqarah ayat 285 berikut;

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ

Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya.

Adapun hadis Nabi Saw adalah riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Umar bin Al-Khaththab, Nabi Saw bersabda;

الإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَاليَوْمِ الآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Iman adalah kamu beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan kamu beriman pada qadar, baik qadar baik maupun buruk.