Alat apa saja yang menggunakan prinsip kerja tekanan?

Begini Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Mobil

Posted on 02 Agu 2021

Dalam kehidupan sehari-hari, AutoFamily pasti menggunakan macam-macam alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Salah satunya mungkin termasukfungsi dongkrakhidrolik yang dipakai untuk mengganti ban mobil. Namun, tahukah Anda cara kerja dongkrak hidrolik yang mampu mengangkat beban berat kendaraan hingga berton-ton? Kalau belum, mari simak penjelasannya di sini!

Hukum Pascal pada dongkrak hidrolik

Hukum Pascal adalah hukum fisika yang berhubungan dengan zat cair dan gaya-gaya yang ada padanya. Bunyi hukum Pascal adalah, Tekanan yang diberikan pada suatu zat cair di dalam suatu wadah akan diteruskan ke segala arah dan sama besarnya. Hukum inilah yang kemudian diterapkan pada cara kerja dongkrak hidrolik. Alat ini menggunakan kekuatan tekanan air atau fluida untuk bisa menghasilkan gaya angkat. Gaya ini akan digunakan dalam kegiatan mengangkat beban yang berat pada kendaraan hingga hitungan ton.

Prinsip kerja dongkrak hidrolik

Prinsip kerja dongkrak dengan sistem hidrolik benar-benar memanfaatkan prinsip hukum Pascal. Alat ini terdiri dari dua tabung utama yang saling berhubungan dan memiliki diameter berbeda ukuran. Masing-masing tabung ini ditutup dan kemudian diisi dengan fluida/cairan. Saat gaya tekan diberikan pada tabung berdiameter lebih kecil, maka tekanan tersebut akan disebarkan secara merata ke segala arah, termasuk ke tempat diletakkannya mobil. Akibatnya, fluida tersebut memberikan gaya dorong terhadap tabung berdiameter besar sehingga menimbulkan kekuatan untuk mengangkat mobil.

Pada desain dongkrak hidrolik berbentuk botol, AutoFamily akan menemukan sebuah tuas yang dipakai untuk mengangkat mobil. Saat Anda ingin mengangkat mobil, maka Anda bisa menggunakan tuas ini agar dongkrak memompa bagian atas mobil supaya bisa naik. Kemudian, Anda bisa dengan leluasa melakukan penggantian maupun perbaikan ban. Saat sudah selesai, putar katup yang terdapat di sisi dongkrak untuk mengembalikan posisi mobil ke semula.

​​​​​​​Baca Juga:Cara Perpanjang SIM Online via Website dan Aplikasi Sinar dengan Praktis

Cara menggunakan dongkrak hidrolik pada mobil

Untuk sekarang ini, sudah jauh lebih mudah menerapkan cara kerja dongkrak hidrolik pada kendaraan bermotor, khususnya mobil. Hal ini dikarenakan letak posisi titik tumpu pemasangan dongkrak sudah ditentukan letaknya. Bahkan titik tumpu ini sudah disesuaikan dengan kepala tumpuan dongkrak hidrolik agar pas dan mudah digeser.

Namun, satu hal penting yang perlu AutoFamily pahami, proses cara kerja dongkrak hidrolik ini hanya untuk mengangkat satu sisi ban mobil dari permukaan. Jadi, tidak bisa dipakai untuk mengangkat roda mobil dengan cara meletakkannya di bagian tengah kendaraan. Kemudian, saat Anda memasangkannya ke mobil, pastikan peletakkan bagian belakangnya berada di chasis mobil, sementara bagian depan pada arm.

​​​​​​​

​​​​​​​Keunggulan menggunakan dongkrak hidrolik

Bukan hanya untuk mengangkat bagian ban mobil saat akan dilakukan perbaikan maupun penggantian, dongkrak hidrolik sebenarnya juga bisa dipakai untuk pekerjaan lain. Misalnya pada industri perkapalan, pabrik besar, pembangunan jembatan, dan lain sebagainya. Umumnya, dongkrak hidrolik ini memang dipakai untuk membantu mengangkat benda berat agar lebih hemat tenaga manusia.

Keuntungan memakai dongkrak hidrolik di beberapa industri ini antara lain adalah ukuran alat yang relatif kecil sehingga mudah dalam hal penyimpanannya, harga belinya relatif terjangkau, dan mobilitas tinggi karena memang beberapa model dongkrak hidrolik dibekali roda yang memudahkan pergerakan. Belum lagi perawatan dongkrak hidrolik yang mudah sehingga tidak perlu biaya tambahan untuk menjaga fungsinya.

Baca Juga:Cara Bayar Pajak STNK Online Untuk Kendaraan Bermotor Terbaru 2021

Cara kerja dongkrak hidrolik memanglah sangat memudahkan para mekanik untuk memperbaiki maupun mengganti komponen kendaraan. Anda pun sebenarnya bisa menggunakan alat ini untuk mengganti ban mobil dan mengetahuicara melihat ukuran ban mobil. Enaknya lagi, sekarang AutoFamily bisa mendapatkan alat ini di setiap mobil Toyota. Setiap pembelian mobil di pasti mendapatkan kelengkapan dongkrak untuk kondisi darurat.


Video