Apa arti ???? di BTS?

Jakarta -

Hari ini, 9 Juli 2021, menjadi hari yang bersejarah bagi para ARMY (sebutan penggemar BTS). Delapan tahun lalu, BTS mengumumkan nama fanclub yang telah ditetapkan melalui fancafe dan arti spesial di baliknya.

Para ARMY pun menyerukan tagar #HBD_TO_ARMY dan #HappyBirthdayToARMY untuk merayakan hari jadinya di jagat Twitter. Tagar #8YearsToInfinityWithBTS juga diserukan untuk mengenang kebersamaan dengan BTS.

Tak butuh waktu lama bagi BTS untuk menentukan nama fanclub. Nama ARMY diumumkan sebulan setelah BTS debut dengan album '2 COOL 4 SKOOL' dan merilis video klip 'No More Dream' pada 12 Juni 2013.

Baca juga: Ini yang Bikin BTS Meal Diserbu ARMY Indonesia, Bukan Sekadar Junk Food

Arti Nama ARMY

Penggemar BTS disebut dengan nama A.R.M.Y yang merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Nama ARMY yang berarti militer dalam bahasa Inggris pun memiliki keterkaitan kuat dengan nama BTS.

BTS berpose membentuk huruf A.R.M.Y. dalam video klip Butter Foto: dok. Big Hit Music

BTS merupakan singkatan dari "Bangtan Sonyeondan" yang diambil dari kata "bang-tan" yang berarti "anti peluru" dan "so-nyeon-dan" yang berarti "sekelompok laki-laki." Nama tersebut mewakili konsep BTS untuk melawan stereotype dan kritik yang diibaratkan sebagai peluru.

Dalam bahasa Inggris, Bangtan Sonyeondan diartikan sebagai Bulletproof Boy Scouts. Pelindung tubuh dan militer selalu bersama, sehingga ketujuh personel Bangtan Boys akan selalu bersama dengan para ARMY.

Sejarah Nama ARMY

BTS memiliki acara spesial untuk merayakan hari jadi ARMY yaitu FESTA. Perayaan tahunan FESTA yang berlangsung selama 10-14 hari, menghadirkan berbagai konten seperti lagu khusus, program radio, ataupun video terbaru BTS.

Untuk merayakan FESTA 2021, BTS merilis video 'ARMY Corner Store' melalui channel YouTube BANGTAN TV. Dalam kesempatan tersebut, personel BTS mengungkap kandidat nama fanclub sebelum ARMY tercetus.

Jimin mengungkap, nama "Cherry" sempat tercetus sebagai fanclub BTS. Kemudian sang leader, RM BTS mengungkap ada dua kandidat nama fanclub yang terpilih saat final yaitu ARMY dan "Bell."

Jin BTS berkomentar bahwa nama ARMY sangat sempurna karena bersifat universal. Suga menambahkan bahwa ARMY mirip dengan pelafalan "ami" yang berarti teman dalam bahasa Prancis.

V BTS lalu mengungkap alasannya menyukai nama ARMY. "Dua huruf yang berada di tengah ARMY adalah RM, mereka sangat terhubung," ungkap V BTS sambil melirik ke arah RM BTS.

Baca juga: Jin BTS Pakai Sweater Brand Indonesia, ARMY Berebut Minta Pre Order

Kado BTS Buat ARMY

Selain konten video, BTS juga menyiapkan kado spesial untuk merayakan hari jadi ARMY. Bangtan Boys merilis versi CD dari lagu Butter yang sebelumnya dirilis sebagai digital single pada 21 Mei 2021.

Versi CD Butter akan memuat empat lagu, termasuk lagu Butter, lagu kolaborasi BTS dengan Ed Sheeran 'Permission to Dance', dan kedua versi instrumental dari lagu tersebut.

Versi CD Butter dirilis bersamaan dengan video klip 'Permission to Dance' hari ini, 9 Juli 2021 pukul 13.00 KST. Para ARMY pun menyerukan tagar #Butterfest untuk menandai perilisan kado spesial BTS.



Simak Video "Curhat Pilu Fans BTS di Afghanistan Saat Taliban Berkuasa"
Curhat Pilu Fans BTS di Afghanistan Saat Taliban Berkuasa

(rcp/rcp)

Video