Apa arti kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Jakarta -

Selain disebut dasar negara Indonesia, Pancasila dalam kedudukannya sering disebut sebagai pandangan hidup bangsa. Seperti apa kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia?

Mengutip dari buku yang berjudul Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara karya Aa Nurdiaman, hakikat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sebagai pegangan hidup, pedoman hidup, dan petunjuk arah bagi semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Baca juga: Arti Lambang Pancasila, Makna dan Bunyinya

Hal ini dapat berarti semua sikap dan perilaku warga Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari pengamalan sila-sila Pancasila.

Kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup tertuang dalam kelima sila dalam Pancasila. Pancasila memberikan gambaran dari sikap dan cara pandang manusia Indonesia terhadap keagamaan (sila pertama), terhadap sesama manusia (sila kedua), terhadap bangsa dan negaranya (sila ketiga), terhadap pemerintahan demokrasi (sika keempat), dan terhadap kepentingan bersama (sila kelima).

Pandangan hidup bangsa juga dapat disebut sebagai ideologi. Melansir dari buku Panduan Resmi Tes CPNS karya Raditya Panji Umbara, sebagai intisari dari nilai budaya masyarakat Indonesia, maka Pancasila merupakan cita-cita moral bangsa yang memberikan pedoman dan kekuatan rohaniah bagi bangsa. Tentunya dalam berperilaku luhur dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Ini Bunyi Sila ke-5 dan Pengamalannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Senada dengan hal tersebut, dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dapat disimpulkan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa artinya semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila.

Adapun fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup dijelaskan secara rinci berdasarkan lima sila yang dikandungnya, yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Artinya, setiap warga Indonesia memiliki nilai untuk mempercayai dan bertakwa pada Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing.

Fungsi ini memberi makna bahwa setiap warga negara Indonesia harus saling menghormati antar umat beragama agar tercipta kehidupan yang rukun dan damai.



Simak Video "Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik"
Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik

(rah/nwy)

Video

Advertising