Apa arti penting alunan musik dalam peragaan tari

apa tata pentas tari Panarat​

sebuah pedati ditarik seekor kuda dengan gaya ter besar 1000N hitunglah massanya jika perapatnya 10m/s²​

batik merupakan hasil karya seni rupa daerah asli indonesia adalah​

warna bahan lunak dari parafin​

tolong bantu menjawab tabel ini dan yg d bawah nya pertanyaan nya makasih ​

1.Media apa saja yg dipergunakan pada lukisana.b.c.d2.prinsip-prinsip yg digunakan pada lukisana.b.c.d.3.teknik yg digunakan pada lukisana.b.c.d.​

1. Tentukan 4 manfaat dari, jenis karya kerajinan dan contohnya!2. Tentukan ciri-ciri / karakterkteristik bahan lunak alama. Tanah liatb. Kulit3. Tent … ukan ciri-ciri / karakteristik bahan lunak buatana. Fiber glassb. Gips4. Jelaskan syarat-syarat perancangan benda kerajinan!5. Tentukan langkah-langkah proses perancangan benda kerajinan!#Prakaryatolong pakai penjelasan yang lengkap yah, soalnya besok udah harus dikumpulin please tolong bantuin yah ​

1. Tentukan 4 manfaat dari, jenis karya kerajinan dan contohnya!2. Tentukan ciri-ciri / karakteristik bahan lunak alama. Tanah liatb. Kulit3. Tentuka … n ciri-ciri / karakterkteristik bahan lunak buatana. Fiber glassb. Gips4. Jelaskan syarat-syarat perancangan benda kerajinan!5. Tentukan langkah-langkah proses perancangan benda kerajinan!#Prakarya​

apa perbedaan ketrampilan teknik dan ketrampilan tradisional​

1 . apa tema dari lukisan tersebut?2 . jelaskan makna dari lukisan tersebut!3 . deskripsikan gambar tersebut sesuai dengan pengetahuanmu, minimal 2 pa … ragraf! tolong bantu jawab​

Tuliskan peralatan dan perlengkapan untuk membuat patung dari kayu​

ini gambar apa ya kak​

sebutkan macam-macam tema dalam pembuatan seni rupa murni​

bantuin ya kak, besok di kumpulin ​

mohon bantuannya kak​

sebutkan 7 contoh kerajinan bahan lunak beserta identifikasinya​

Produk Kerajinan Bahan Keras | Bahan Dasar Kerajinan | Bentuk Kerajinan Bahan Keras | muatan nilai yang terkandug pada produk kerajinan bahan keras i … ni ​

Kunjungilah sentra pembuatan produk kerajinan bahan keras yang ada di daerahmu. Jika tidak ada, kamu dapat mencari referensi melalui media internet at … au buku. Tanyakan atau Cari informasi mengenai hal-hal berikut! 1. Bahan apa yang digunakan? 2. Alat apa saja yang digunakan? 3. Bagaimana proses pembuatannya? 4. Keunikan atau ciri khas apa yang terkandung pada produk kerajinan tersebut? 5. Bahan kemasan apa yang digunakan pada produk kerajinan tersebut? Buatlah laporan dari hasil kunjunganmu atau pengamatanmu tersebut kemudian presentasikan di depan kelas! Tolong dijawab yaa...

makna simbolis ukiran kayu toraja​

hitung jarak interval nada menggunakan 1 1 1/2 1 1 1 1/2 dan #=kres atau b#moljarak nadaNada C ke CNada D ke DNada E ke ENada F ke FNada G ke GNada A … ke A Nada B ke BMohon bantu jawab kakak yang bisaaa ​

Ilustrasi tari Bali. ©Pixabay

TRENDING | 10 Oktober 2020 12:02 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Fungsi musik dalam tari ada banyak macamnya. Musik sendiri merupakan sebuah hal yang tak mungkin dapat dipisahkan di dalam dunia seni tari. Sebab melalui musik, semua jenis tarian yang tercipta di seluruh penjuru dunia akan terkesan lebih hidup dan berwarna.

Bukan hanya tarian tradisional, segala bentuk tarian modern juga akan selalu membutuhkan irama dan denyut nadi yang bernama musik. Sekalipun musik hanya terdengar lirih, namun tarian akan tetap berdetak dan merasuk hingga ke jiwa sang penari sendiri.

Sejak zaman dahulu, berbagai musik sebagai pengiring tarian pun sudah mulai diciptakan. Meski hanya berbekal dengan alat musik sederhana dari lingkungan sekitar, namun tarian tradisional yang tercipta pada masa lampau dinilai lebih memiliki makna magis.

Sebagai contohnya, musik dapat mengantarkan sang penari menuju kepada rasa emosionalnya yang terdalam. Saking dalamnya, beberapa fenomena pernah menangkap betapa magisnya kekuatan musik pada sang penari.

Lantas, sebenarnya apa saja yang menjadi fungsi musik dalam tari tersebut? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Fungsi musik dalam tarian yang pertama adalah sebagai simbol budaya. Yang dimaksud menjadi simbol budaya di sini, musik akan selalu hadir melengkapi gerakan tarian.

Kedua unsur ini lah yang kemudian membentuk sebuah budaya dari masyarakat. Tentu saja, iringan musik dalam tarian akan selalu berkaitan erat dengan bagian dari kebiasaan yang akan diingat oleh masyarakat tempat tarian tersebut berasal.

©2017 Merdeka.com

Dilihat dari perbedaannya, musik yang telah mendarah daging menjadi bagian budaya tersebut sangat beragam. Jadi, bukan hanya alunan musiknya saja yang menjadi identitas suatu masyarakat, melainkan juga bentuk hingga jenis dari alat musik itu sendiri. Beberapa contohnya yaitu meliputi gamelan hingga non gamelan yang berupa perkusi.

3 dari 6 halaman

Fungsi musik dalam tari berikutnya adalah sebagai sarana pelengkap komunikasi. Sebab, tarian merupakan salah satu seni yang membawa banyak pesan di dalamnya.

Pesan tersebut seolah dikomunikasikan oleh penari dalam wujud gerakan yang begitu indah. Dengan penambahan musik, maka suasana atau gambaran yang ingin disampaikan kepada penonton menjadi semakin jelas.

©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Berbagai jenis alunan musik pun juga dinilai sangat mempengaruhi latar suasana di dalam tarian itu sendiri. Beberapa karakter suasana yang ingin dibangun dalam tari yakni berupa watak halus, keras, indah, atau pun gagah.

4 dari 6 halaman

Dalam seni tari, hal mendasar yang perlu dipahami oleh semua penari ialah mengenai tempo gerakan. Sebab melalui tempo, alur cerita dalam tari tersebut menjadi semakin mantap dan tersampaikan.

Terlebih, jika tarian tersebut menggunakan musik sebagai latarnya. Maka fungsi musik dalam tari yang satu ini menjadi sesuatu hal penting.

©Liputan6.com/Johan Tallo

Hampir mustahil bagi penari untuk dapat menyesuaikan irama dan menentukan waktu di setiap gerakan tanpa dibantu dengan alunan musik. Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu cepat atau lambatnya dari suatu rangkaian gerak serta saling mengiringi.

Saat tempo yang dimainkan oleh penari cukup baik, maka kekompakan penari pun juga dapat dilakukan dengan baik pula. Sebab, semua penari akan memiliki sebuah nada ketukan yang sama saat melakukan pergantian gerakan secara bersama-sama. Mustahil bagi penari dapat menunjukkan gerakan yang sama tanpa iringan musik di belakangnya.

5 dari 6 halaman

Fungsi musik dalam tari yang keempat adalah sebagai instrumen yang meningkatkan rasa emosional dari sang penari. Bagi penari, emosi merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan.

©Liputan6.com/Johan Tallo

Sebab, penari dinilai mampu membawakan tarian dengan lebih indah saat mereka mengilhami setiap gerakan yang dibawakannya. Musik merupakan sarana yang dapat membantu penari agar lebih dekat dengan penghayatan terhadap tarian itu sendiri.

Bahkan, sejak zaman prasejarah, musik tersebut merupakan bagian dari tari yang tak boleh ditinggalkan. Di beberapa tarian, musik bahkan dapat mengundang hawa mistis tatkala sang penari terlalu terbawa oleh suasana yang berhasil dibangun.

6 dari 6 halaman

Fungsi musik dalam tari yang terakhir adalah untuk mempertegas gerakan. Dalam seni tari, tentu terdapat banyak gerakan yang ditonjolkan dengan tekanan-tekanan tertentu.

Tekanan tersebut diatur oleh tenaga yang ada di dalam tubuh. Hal ini tak lain untuk memberikan suasana dan kesan yang lebih dalam bagi penonton saat mengamati setiap gerakan tari.

©2020 Mladen ANTONOV / AFP

Untuk mendapatkan energi tersebut, di sana lah musik hadir untuk melengkapi gestur penari. Mempertegas ekspresi gerakan tari akan lebih sempurna saat terdengar hentakan atau perpindahan nada dari musik yang mengalun merdu dan jelas.

Pada beberapa tarian seperti karakter yang tegas, maka musik juga akan menyesuaikan. Hal tersebut juga berlaku saat tarian pada karakter lembut, maka iringan musiknya akan terdengar lebih halus.

(mdk/mta)