Apa fungsi perasan air jeruk dalam browning

Seorang ilmuwan akan meneliti tingkat toksin di sebuah danau, ilmuwan tersebut mengambil air danau dan memasukkannya ke dalam beberapa wadah untuk dit … eliti. Sampel penelitian tersebut adalah .......

Bentuk stup yang cocok bentuk ratu lebah yang sangat subur dengan jumlah sisiran 11 buah adalah stup dengan model

kelenjar yang berperan sebagai pemberi kekuatan pada sperma untuk dapat bertahan pada lingkungan PH asam vagina wanita adalah​

Berdasarkan teori sel,virus bukan merupakan makhluk hidup karena?A.virus tidak memiliki materi genetikB.virus memiliki kapsid yg tersusun atas protein … C.virus merupakan organisme aselulerD.virus dapat bereproduksi dalam sel hidupRitmisitas denyut jantung pada mamalia diinisiasi olehA.system saraf parasimpatikB.sino atrial modeC.jaringan purkinjeD.atrio ventricular mode​

faktor yang tidak mempengaruhi transportasi mineral dan unsur hara dari akar menuju daun adalahA.daya isap daunB.kapilaritas pembuluhC.kesuburan tanah … D.tekanan akarbantu woy​

Diketahui warna merah (M) pada bunga bersifat intemediet pada keadaan hererozigot. Jika persilangan bunga bergenetipe Mm dengan sesamanya menghasilkan … keturunan berjumlah 1.200. maka banyaknya keturunan dengan bunga berwarna merah muda adalah..​

1. tanaman ini merupakan tanaman pangan berupa semak yang tumbuh tegak. tanaman ini dibudidayakan di indonesia sejak 1746. tanaman ini ditanam pada la … han sawah sebagai rotasi tanaman padi. tanaman ini dapat tumbuh pada kondisi suhu yang beragam. suhu tanah yang optimal dalam proses perkecambahan yaitu 30 oc, bila tumbuh pada suhu yang lebih rendah (

kepanjangan NDPH2 adalah​

3. temperamen adalah suatu kondisi emosi manusia yang bersifat turun temurun dan mempengaruhi kepribadiannya. berikan masing-masing 1 contoh dari temp … eramen manusia yaitu tipe mudah, tipe sulit dan tipe netral/di tengah-tengah

Bioteknologi telah mengalami perkembangan yang menakjubkan dan semakin banyak dimanfaatkan dalam kehidupan. indonesia merupakan salah satu negara di d … unia yang memiliki sumber daya hayati yang sangat beragam dan sering dinyatakan sebagai negara "mega biodiversity". keanekaragaman hayati ini adalah rahmat karunia tuhan yang maha esa yang merupakan sumber plasma nuftah dan dapat dimanfaatkan untuk merakit varietas unggul masa depan. berikut contoh bioteknologi pertanian menggunakan rekayasa genetika berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, berikan pendapat dan hasilpemikiran berdasarkan pertanyaan berikut. a. mengapa pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika penting dilakukan baik untuk kepentingan masa kini dan massa mendatang dalam bidang pertanian, industri, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi? b. buatlah rancangan inovasi pemuliaan tanaman melalui rekayasa genetika pada suatu jenis tanaman (selain rekayasa genetika lemato) berdasarkan kombinasi ilmu pemuliaan tumbuhan dan bioteknologi! silahkan menyajikan langkah-langkah dan gambar konseptualnya.

Halo Teman Sehat! Saat mengolah buah seperti pisang, apel, kentang, pernah ngga kamu kecewa karena warna buah tersebut jadi kecoklatan? Yap, itu merupakan suatu proses enzimatis yang sering disebut juga dengan “browning”, Teman Sehat. Lalu gimana caranya supaya browning ngga terjadi sama buah yang ingin kita sajikan? Yuk, simak di sini!

Teman Sehat, kamu tau kan apa itu browning?

Yap, browning adalah suatu proses enzimatis yang bisa menimbulkan perubahan warna pada buah. Perubahan warna menjadi kecoklatan terjadi akibat adanya hidroksilasi (penambahan ion OH-) dan oksidasi setelah adanya interaksi oksigen dengan zat lain. Perubahan warna kecoklatan terkadang bisa menjadikan tampilan olahan buah jadi ngga menarik lagi, Teman Sehat.

Lalu gimana caranya supaya olahan buah itu ngga berubah jadi kecoklatan?

1. Pencegahan dengan zat antioksidan

Teman Sehat, ternyata antioksidan bisa membantu mencegah browning pada buah loh. Adanya antioksidan bisa memutus rantai reaksi browning. Zat antioksidan yang banyak digunakan ialah asam askorbat atau vitamin C. Sumber asam askorbat yang paling gampang didapatkan ialah perasan air jeruk. Teman Sehat bisa melumuri buah yang berisiko mengalami pencoklatan seperti potongan apel, pisang, pir, kentang dengan perasan air jeruk.

2. Pencegahan dengan zat kimia

Penambahan zat kimia pada buah atau sayuran tertentu bisa membantu penghambatan terjadinya reaksi enzimatis yang menjadikan warna kecoklatan pada buah. Contohnya, Teman Sehat bisa merendam apel pada natrium klorida (garam) ditambah asam sitrat dengan konsentrasi yang berbeda selama 1 menit. Kamu juga bisa merendam apel dengan 0.5% asam askorbat ditambah 0.5% kalsium klorida selama 5 menit.

3. Blanching

Blanching adalah teknik memasak dengan memasukkan buah atau sayuran ke dalam air rebusan, kukusan, atau microwave dalam suhu tinggi dalam waktu yang sangat singkat. Sebagai contoh, kamu bisa memasukkan kentang dalam air rebusan dengan suhu 69C selama 5.5 menit (sebaiknya ditambah asam askorbat), wortel dalam air rebusan 80-100C selama 1-10 menit, toge dalam air rebusan dengan suhu 100C selama 3 menit, bayam dalam air rebusan 100C selama 1-10 menit, buah salak dalam air rebusan 50-17C selama 5 menit.

4. Pembekuan

Selain ketiga cara di atas, Teman Sehat juga bisa bantu cegah browning dengan cara menurunkan suhu penyimpanan buah sampai -24C sebelum diolah tanpa di-thawing. Cara ini dinilai bisa menurunkan aktivitas air dan menonaktifkan enzim yang menimbulkan terjadinya reaksi pencoklatan, Teman Sehat.

Nah, itulah tadi 4 cara yang bisa kamu lakukan buat mencegah adanya reaksi browning, Teman Sehat. Menurut kamu, cara apa yang paling gampang dilakukan? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat

DokterSehat.Com– Anda tentu pernah memerhatikan beberapa jenis buah seperti pisang atau apel, cepat sekali berubah warnanya setelah kita potong. Hal ini disebut dengan browning atau pencokelatan warna pada buah. Agar tidak terjadi, maka kita perlu melakukan beberapa hal untuk mencegahnya.

Browning disebabkan adanya reaksi enzim pada buah yang berinteraksi dengan adanya oksigen atau disebut hidrosiklasi. Hal ini tentu membuat tampilan buah menjadi tidak segar ya.

Untuk itu beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, adalah:

1. Berikan perasan dari buah asam

Perasan dari jeruk atau lemon memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini akan memberikan efek antioksidan pada buah sehingga reaksi enzimatik pada buah bisa dicegah. Lazimnya hal ini yang paling sering dilakukan untuk mencegah terjadinya browning pada buah. Namun penambahan air perasan ini tentu sedikit banyak akan memengaruhi citarasa buah, ya.

2. Pengolahan suhu tinggi

Pengolahan suhu tinggi, misalnya dengan cara mengukus, merebus atau menggunakan microwave yang dilakukan dalam waktu singkat, misalnya buah apel atau pir dimasukkan dalam air rebusan selama 3-5 menit dalam suhu 80-100 derajat celsius, akan mencegah terjadinya browning pada buah.

3. Membekukan buah

Enzim pada buah tentu tidak aktif pada suhu beku, yaitu 0 hingga 24 derajat celsius. Hal inilah yang membuat pembekuan bahan makanan, menjadi efektif untuk mencegah browning.

Selain itu, jika kita sudah memotong buah dan sayur, maka sebaiknya segera olah dan konsumsi buah tersebut sebelum terjadi browning.

Jika olahan membutuhkan buah apel atau pir dalam bentuk potongan, misalnya untuk es buah atau salad buah, atau jus, pertimbangkan untuk menambahkan perasan air jeruk nipis es buah, salad atau jus ya.

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi