Apa gagasan pokok paragraf kedua pada teks tersebut

Ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut tersebut adalah?

  1. Hutan memiliki peran penting untuk menjaga kelangsungan siklus air
  2. Hutan gundul menyebabkan cadangan air dalam tanah berkurang.
  3. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau
  4. Air hujan yang meresap ke dalam tanah dapat menyuburkan tanah dan disimpan menjadi air tanah
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau.

Dilansir dari Ensiklopedia, ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut tersebut adalah Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau.

[irp]

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Hutan memiliki peran penting untuk menjaga kelangsungan siklus air adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Hutan gundul menyebabkan cadangan air dalam tanah berkurang. adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

[irp]

Menurut saya jawaban C. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. Air hujan yang meresap ke dalam tanah dapat menyuburkan tanah dan disimpan menjadi air tanah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

[irp]

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau.

[irp]

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

ST Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at st.dhafi.link. with Accurate Answer. >>


Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Hutan memiliki peran penting untuk menjaga kelangsungan siklus air
  2. Hutan gundul menyebabkan cadangan air dalam tanah berkurang.
  3. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau
  4. Air hujan yang meresap ke dalam tanah dapat menyuburkan tanah dan disimpan menjadi air tanah

Jawaban terbaik adalah C. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut tersebut adalah...❞ Adalah C. Jika hutan gundul, air yang seharusnya diserap menjadi air tanah akan langsung mengalir ke sungai dan danau.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Makna kata yang bercetak tebal pada teks tersebut adalah... dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Apa itu st.dhafi.link??

st.dhafi.link Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Pembahasan Apakah Gagasan Utama pada Paragraf Kedua Teks 'Pencemaran Udara di Jakarta'? Kunci Jawaban Kelas 6.* /Pexels/Pixabay

PORTAL PURWOKERTO - Simak kunci jawaban untuk soal apakah gagasan utama pada paragraf kedua teks berjudul Pencemaran Udara di Jakarta.

Soal apa gagasan utama pada paragraf kedua teks tersebut merupakan salah satu materi ujian sekolah muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6.

Pembahasan dan kunci jawaban untuk soal apa gagasan utama pada paragraf kedua teks 'Pencemaran Udara di Jakarta' disusun oleh Alans Rilo Pambudi, alumni FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Para siswa diharapkan membaca teks dengan teliti dan melakukan eksplorasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6, Sebutkan Sifat yang dapat Diteladani dari Tokoh Kancil!

Materi ini berkaitan dengan topik mengenai teks fiksi dan teks nonfiksi. Masih ingatkah Adik-adik tentang apa itu teks fiksi dan teks nonfiksi?

Teks fiksi merupakan sebuah cerita khayalan berdasarkan imajinasi penulisnya. Sementara teks nonfiksi merupakan sebuah teks bersifat nyata dan sesuai dengan fakta.

Pada materi ujian sekolah muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6, terdapat teks nonfiksi berjudul 'Pencemaran Udara di Kota Jakarta', seperti kutipan berikut ini.

Apakah kamu lagi mencari jawaban dari pertanyaan gagasan pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalah?

Berikut pilihan jawabannya:

  1. jenis-jenis gangguan tulang
  2. posisi duduk yang benar
  3. posisi kepala saat duduk
  4. Semua jawaban benar

Kunci Jawabannya adalah: B. posisi duduk yang benar.

Dilansir dari Ensiklopedia, gagasan pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalahgagasan pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalah posisi duduk yang benar.

Penjelasan

Kenapa jawabanya bukan A. jenis-jenis gangguan tulang? Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.

Kenapa jawabanya B. posisi duduk yang benar? Hal tersebut sudah tertulis secara jelas pada buku pelajaran, dan juga bisa kamu temukan di internet

Kenapa nggak C. posisi kepala saat duduk? Kalau kamu mau mendaptkan nilai nol bisa milih jawabannya ini, hehehe.

Terus jawaban yang D. Semua jawaban benar kenapa salah? Karena menurut saya pribadi jawaban ini sudah keluar dari topik yang ditanyakan.

Kesimpulan

Jadi disini sudah bisa kamu simpulkan ya, jawaban yang benar adalah B. posisi duduk yang benar.

Cermati teks berikut, kemudian kerjakan soal berikut!


      (1) Di era digital ini semua orang bisa menjadi reporter walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan. (2) Setiap orang dapat mengunggah berita di media sosial. (3) Redaksi dan penyuntingnya adalah diri sendiri. (4) Peristiwa demi peristiwa dapat dilaporkan secara langsung dari lapangan oleh pengguna telepon pintar yang akan terus meningkat.

        Berbagai informasi dapat diwartakan, terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik, dari berbagai daerah di Indonesia. Cara mengirimkan warta dapat melalui foto, video, atau tulisan ringan yang singkat. Informasi bisa sangat beragam. Laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat atau melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam, seperti letusan gunung api. 

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ... 

  1. cara mengirimkan warta di media sosial 

  2. berbagai cara mewartakan informasi yang positif 

  3. laporan peristiwa terjadinya bencana alam 

  4. laporan tentang kuliner yang khas di suatu tempat 

    Prev

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba roboguru plus!

Bacalah teks berikut! 


Sepeda Bambu

    Sepeda adalah kendaraan roda dua atau tiga yang memiliki setang, tempat duduk, serta sepasang pengayuh. Untuk menjalankannya, kita hanya perlu mengayuh sepeda menggunakan kaki.

    Biasanya, sepeda terbuat dari besi. Namun, di Jawa Tengah ada sepeda terbuat dari bambu. Sepeda bambu Pak Singgih Susilo Kartono. Untuk membuat sepeda, jenis bambu yang digunakan adalah bambu petung. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah sepeda bambu, mulai dari pengasapan bambu, pengeringan bambu, hingga perakitan bambu menjadi sepeda. Dalam pembuatannya, sepeda bambu tidak hanya menggunakan bambu melainkan juga besi-besi sebagai pengait. Sepeda bambu ini bisa dikendarai, tidak hanya untuk sekadar pajangan.

(Sumber http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/ Bobo-File/Sepeda-Bambu dengan penyesuaian)  

Ide pokok dari paragraf kedua pada teks tersebut adalah .... 

  1. sepeda bambu sebagai pajangan 

  2. sepeda bambu asal Temanggung 

  3. jenis-jenis bambu untuk sepeda 

  4. cara membuat sepeda bambu 

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba roboguru plus!