Apa manfaat gerakan lempar tangkap bola

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi Cara bermain lempar tangkap bola. Sumber foto : www.pixabay.com

Dalam permainan atau pelajaran olahraga, biasanya ada materi tentang cara bermain lempar tangkap bola yang fungsinya adalah untuk melatih sensorik pada anak. Selain itu juga bisa berfungi untuk melatih kekuatan otot tangan, melatih kelincahan, dan melatih kecepatan dan ketangkasan pada anak-anak.

ADVERTISEMENT

Ada berbagai macam cara bermain lempar tangkap bola. Ada yang dilakukan dengan beregu, ada yang dengan berpasangan, bahkan ada juga yang dilakukan di dalam air. Sepertinya seru ya? Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Tutorial Cara Bermain Lempar Tangkap Bola

Sebelum mulai berlatih tutorial cara bermain lempar tangkap bola, ada baiknya pastikan terlebih dahulu siapa yang akan membantumu bermain dan kondisi bola ada dalam keadaan yang baik. Tidak kempes, rusak, atau sobek. Karena hal ini akan berpengaruh pada jalannya permainan.

Langkah-langkahnya adalah:

Sikap melempar

  • Badan haruslah tegak.

  • Bola yang akan dilempar dipegang dengan menggunakan tangan kanan.

  • Angkat tangan dan lakukan sedikit tarikan ke arah belakang.

  • Lemparkan bola ke arah depan dengan tenaga yang tidak berlebihan.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari buku Sehat dan Tangkas Berolahraga, Asep Kurnia Nenggala & Irwansyah, 2007, jika ternyata permainan dilakukan dalam regu, maka berikut adalah caranya.

  • Pemain dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.

  • Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan.

  • Letakkan bola di depan masing-masing barisan.

  • Saat mendengar aba-aba mulai, anggota paling depan harus mengambil bola. Bola dipegang dengan kedua tangan.

Begitu seterusnya dilakukan secara bergantian.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Pixabay.com

Sebelum melakukan latihan cara bermain lempar tangkap bola pada permainan atau pelajaran olahraga, ada baiknya jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu.

Kamu bisa melakukan peregangan dengan mempraktikkan gerakan non lokomotor, seperti memutar pinggang, menekuk badan, tangan, dan kaki, memiringkan badan, membentang tangan dan kaki, memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang.

ADVERTISEMENT

Kemudian lakukan gerakan pemanasan dengan terapan variasi gerak dasar lokomotor, seperti: berjalan dengan lintasan lurus atau zig-zag, serta lari juga dengan lintasan lurus dan zig-zag. (DNR)