Apa nama dinosaurus terbesar?

Siapa sih yang tidak tahu dengan Dinosaurus? Meski sudah punah sejak lama, hewan ini masih dikenal oleh banyak orang. Bahkan ada beberapa film yang mengangkat tentang kisah Dinosaurus pada zaman dahulu. Di sekolah pun, kita juga akan mempelajari hewan-hewan purba tersebut. Mulai dari jenis dinosaurus, makanannya, hingga habitatnya.

Anda Mungkin Juga Menyukai

Komik Aku Ingin Tahu : Mengenal Dinosaurus

Rp 85.000

Mengenal Dunia Perjanjian Baru, Memahami Peristiwa-Peristiwa

Rp 124.000

Awas Gaya Hidup Dunia Masuk Gereja

Rp 75.000

SajianKu VOL 11/I/2014: Serba-Serbi Mengenal Jenis Cabe, Mengolah Jerohan Sapi Dengan Benar Single Edition

Rp 29.000

Dinosaurus merupakan salah satu hewan purba yang masih menyita banyak perhatian orang-orang di seluruh dunia. Nama dan juga jenis dinosaurus juga kerap muncul di dalam film terkenal. Salah satunya adalah Jurassic Park. Daya tarik dari hewan purba ini adalah bentuknya yang besar serta menyeramkan. Hal inilah yang membuat dinosaurus terkesan seperti hewan raksasa.

Nama dinosaurus diambil dari Bahasa Yunani deinos yang memiliki arti kuat, mengerikan, hebat. Kemudian juga istilah sauros yang berarti kadal. Sehingga bisa diartikan jika nama dinosaurus memiliki arti kadal yang kuat dan mengerikan serta hebat.

Hewan purba ini sangat ditakuti karena ukuran dan juga bentuknya yang besar. Dinosaurus juga mempunyai banyak spesies dengan nama dinosaurus yang berbeda-beda. Walaupun namanya berbeda, namun dinosaurus terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan makanannya.

Pertama adalah dinosaurus herbivora yang memakan tumbuhan, dinosaurus omnivora yaitu pemakan segala, dan yang terakhir dinosaurus karnivora yaitu pemakan daging saja.

Fakta Unik dan Sejarah Dinosaurus

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis dinosaurus dan nama-namanya. Berikut ini penulis akan menjelaskan mengenai sejarah serta fakta unik mengenai dinosaurus. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Masa Hidup Dinosaurus

Fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada abad ke-19. Adanya fosil tersebut menjadi bukti untuk para arkeolog dalam mengidentifikasi jika dulu pernah ada generasi dinosaurus yang memiliki jenis yang berbeda-beda.

Menurut para peneliti, nenek moyang dinosaurus adalah eoraptor yang telah hidup sejak 230 juta tahun yang lalu. Awal mulanya, hewan tersebut mempunyai ukuran badan yang kecil dan tidak sebesar gambaran dinosaurus pada umumnya.

Masa hidup dinosaurus berlangsung pada zaman mesozoikum yang terjadi pada 250 hingga 65 juta tahun yang lalu. Zaman tersebut berlangsung setelah zaman Paleozoikum dan sebelum Kenozoikum.

2. Kepunahan Dinosaurus

Salah satu penyebab kepunahan dinosaurus sebenarnya belum terpecahkan hingga sekarang. Itu artinya, kepunahan dinosaurus masih menjadi misteri untuk semua orang. Namun, ada yang menduga bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan oleh dua hal.

Pertama yaitu karena adanya peningkatan iridium yang terjadi secara mendadak. Iridium merupakan unsur kimia yang sangat berbahaya yang berasal dari luar angkasa. Yang kedua adalah karena adanya serangan vulkanik yang terjadi pada 65 juta tahun lalu. Dimana sumber magma dikeluarkan dalam aliran yang cukup besar. Sehingga menyebar sampai 2,5 km lebih.

Dari kedua hal tersebut, penyebab dari kepunahan dinosaurus cukup dipercaya oleh para peneliti. Oleh sebab itu, terdapat adegan gunung meletus di dalam film yang bertemakan dinosaurus.

Jenis Dinosaurus dan Penjelasannya

1. Abelisaurus

Jenis dinosaurus yang satu ini adalah omnivora atau pemakan daging. Abelisaurus memiliki kaki belakang yang cukup panjang dan juga langsing. Panjang kakinya mencapai 7,4 meter. Walaupun hal tersebut tidak pasti, karena hanya ada satu bukti dari satu tengkorak parsial.

Untuk tangannya sendiri memiliki ukuran yang tergolong pendek. Kemudian pada bagian kepala agak panjang dan sempit tanpa adanya tanduk maupun hiasan lain. Bagian mata abelisaurus terbenam ke dalam. Jenis dinosaurus ini hidup di zaman Cretaceous akhir, di wilayah Amerika Selatan.

2. Albertosaurus

Ini adalah salah satu anggota dari keluarga T-rex. Panjang dinosaurus ini mencapai 7,6 meter dengan berat sekitar 2 ton. Jenis dinosaurus ini hidup pada zaman kapur di wilayah Amerika Utara.

Banyak yang menduga bahwa dinosaurus ini adalah pemakan bangkai. Salah satu ciri khas dari dinosaurus jenis ini adalah kecepatan larinya yang diperkirakan bisa mencapai 48 km/jam. Kecepatan tersebut merupakan kecepatan yang sangat cepat untuk ukuran badannya.

3. Allosaurus

Allosaurus merupakan salah satu jenis dinosaurus pemangsa terbesar di zaman Jura. Dinosaurus ini memiliki panjang tubuh mencapai 12 meter dengan berat sekitar 2 hingga 5 ton. Allosaurus biasanya memangsa jenis dinosaurus lain seperti Stegosaurus dan bahkan kemungkinan sudah pernah memburu Sauropoda Jurassic terbesar seperti Apatosaurus dan juga Diplodocus.

Dalam Bahasa Yunani, Allosaurus berasal dari kata allos yang berarti berbeda atau aneh, dan sauros yang berarti kadal. Allosaurus adalah jenis dinosaurus karnivora terbesar dalam sejarah Jurassic. Jenis dinosaurus ini merupakan dinosaurus yang dikenal paling baik sejauh ini selain dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex dan Megalosaurus.

4. Ankylosaurus

Ankylosaurus merupakan salah satu anggota dari keluarga dinosaurus yang bernama Ankylosauria. Nama tersebut memiliki arti yaitu kadal bersama yang menyatu. Jenis Ankylosauria merupakan anggota kelompok dinosaurus yang memiliki ukuran yang besar dan disebut sebagai dinosaurus lapis baja.

Jenis ini mempunyai panjang tubuh yaitu sekitar 10 meter dengan berat 5 ton. Mereka mempunyai tulang pada bagian ujung ekornya seperti bola yang berduri. Hal tersebut merupakan salah satu senjata ampuh dalam melawan predator dan musuh.

5. Apatosaurus

Jenis dinosaurus ini adalah jenis sauropoda yang tergolong besar. Mereka hidup pada masa periode jurasik akhir. Untuk berat badannya sendiri yaitu berkisar 20 hingga 30 metrik ton dengan panjang mencapai 20 sampai 23 meter.

Menurut penelitian, jenis dinosaurus ini memakan tumbuh-tumbuhan bukan daging. Mereka hanya menggunakan ekor panjangnya sebagai senjata untuk melindungi diri mereka dari para predator.

Dinosaurus yang satu ini juga sering disebut dengan nama Brontosaurus atau yang berarti kadal kilat. Spesies yang satu ini pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Othniel Charles Marsh pada tahun 1879.

Nama tersebut tetap digunakan dalam literatur resmi sampai tahun 1974. Walaupun dikenal sebagai spesies dari genus yang sudah disebutkan di atas. Apatosaurus adalah jenis dinosaurus yang memiliki leher sangat panjang. Namun dinosaurus ini termasuk ke dalam golongan hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan.

Panjang tubuh dinosaurus ini mencapai 26 meter dengan berat sekitar 32 ton. Berat dari Apatosaurus bisa melebihi berat 6 ekor gajah. Jenis ini diperkirakan hidup pada zaman Jura. Selain memiliki badan yang tinggi dan besar, apatosaurus juga mempunyai ekor yang panjang dan digunakan sebagai cambuk untuk melawan predator.

Musuh utama dari jenis dinosaurus ini adalah dinosaurus karnivora yang besar seperti Allosaurus. Mereka biasanya hidup di tepi danau atau di tengah hutan.

6. Archaeopteryx

Archaeopteryx merupakan jenis burung yang primitif serta paling awal yang diketahui. Burung jenis Archaeopteryx ini hidup pada Periode Jura yaitu sekitar 155150 juta tahun lalu. Dan yang pada saat ini lebih dikenal sebagai wilayah Jerman bagian selatan.

Persilangan antara dinosaurus kecil dan burung adalah burung Archaeopteryx. Serta Anda pasti memiliki gambaran yang sangat bagus tentang seperti apa burung Archaeopteryx itu. Mulut Archaeopteryx dipenuhi dengan gigi serta tulang ekor dinosaurus. Dan juga dengan sayap burung yang berbulu.

Banyak ekali ilmuwan saat ini yang menganggap burung sebagai jenis dinosaurus. Archaeopteryx dahulu kala hidup saat Periode Jurasik Akhir.

7. Baryonyx

Baryonyx merupakan jenis dinosaurus yang makanan utamanya ikan dan memiliki dua kaki serta hidup pada Zaman Kapur (Cretaceous) Awal.

Di tahun 1983, seorang kolektor fosil amatir bernama William J. Walker menemukan fosil yang dinilai sangat aneh. Dia memberitahu kepada Museum Sejarah Alam di London, yang menyadari bahwa dia sudah membuat penemuan yang sangat penting.

Lalu setelah dilakukannya penggalian yang lebih lanjut, para ahli paleontologi juga menemukan fosil lagi. Yaitu sekitar tiga perempat dari dinosaurus yang baru tersebut. Itu bernama Baryonyx walker, karena agar menghormati penemunya.

8. Brachiosaurus

Sauropoda raksasa ini dapat tumbuh dengan panjang sampai 25 meter dan memiliki berat kurang lebih antara 30 dan 50 metrik ton.

Brachiosaurus merupakan salah satu hewan darat yang terbesar di dunia yang pernah ada. Nama Brachiosaurus mempunyai arti kadal bilah. Mengapa demikian? Hal ini karena Brachiosaurus memiliki garis depan lengan yang bergabung dengan pundak.

Tidak sama seperti sauropoda yang lain, Brachiosaurus memiliki kaki depan yang lebih panjang dari kaki belakangnya.

9. Coelophysis

Dinosaurus yang paling awal dikenal adalah Coelophysis. Dinosaurus ini hidup pada periode trias akhir. Fosil Coelophysis telah banyak ditemukan, meskipun usianya sangat besar.

Coelophysis adalah dinosaurus yang memiliki postur tubuh kecil, ringan, lincah dan cepat dalam bergerak. Makanan yang dimakan Coelophysis adalah binatang reptil dan serangga kecil.

10. Deinonychus

Dinosaurus Cretaceous ini tumbuh dengan panjang tubuh 3 meter dan beratnya kurang lebih 80 kg. Dinosaurus ini memiliki nama yang berarti cakar mengerikan itu karena kuku pada kaki dinosaurus jenis ini sangat panjang dan tajam.

Dinosaurus ini memiliki tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan dinosaurus jenis lainnya. Deinonychus ini memiliki kecepatan dan dapat menjadi predator yang sangat efektif. tak hanya itu saja Deinonychus juga memiliki forelimbs panjang dan cakar tangan yang cukup kuat.

11. Diplodocus

Diplodocus adalah seekor dinosaurus yang besar berkaki empat dan memiliki leher dan ekor yang panjang. Diplodocus menggunakan ekornya sebagai cambuk untuk melindungi diri dari pemangsa.

Panjang dari Diplodocus kurang lebih 25 meter dengan tinggi 5 meter dan berat 10 hingga 26 ton. Diplodocus terdapat di Amerika Utara pada periode Jurasik Akhir. Nama Diplodocus berasal dari bahasa Yunani dan Latin yang berarti Bertiang Dua.

12. Edmontosaurus

Edmontosaurus adalah dinosaurus herbivora yang besar. Edmontosaurus termasuk anggota dinosaurus bebek, itu dikarenakan mulut nya yang menyerupai bentuk mulut bebek. Edmontosaurus ditemukan di barat Amerika Utara pada Zaman kapur Akhir.

Edmontosaurus berjalan dengan dua kaki belakangnya. Namun ketika ia turun dan mencapai makanan yang letaknya di dekat tanah, ia akan berjalan menggunakan keempat kakinya.

Nama-nama Dinosaurus yang terpopuler di Dunia

Nama-nama dari Dinosaurus ini telah ada 1000 lebih. Akan tetapi, dari data yang ditemukan, ada sekitar 700 nama yang valid dan secara resmi digunakan untuk Dinosaurus. Bahkan, di film-film maupun movie luar negeri, nama-nama Dinosaurus sudah sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa nama dinosaurus yang terpopuler di dunia:

1. Tyrannosaurus Rex

Pertama, yaitu Dinosaurus dengan nama Tyrannosaurus Rex, atau yang lebih sering disebut dengan T-Rex. Nama T-Rex ini sering digunakan pada fim action maupun kartun.

T-Rex ini merupakan jenis dinosaurus yang paling ganas dan mengerikan. Memiliki kaki yang besar, rahang yang kuat dan keras, serta semua bagian tubuh yang penuh dengan duri sehingga bisa mematikan mangsanya dengan mudah.

Jenis T-Rex ini memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan berat badan hampir di angka 1 ton. Untuk sekali makannya, jenis dinosaurus ini bisa melahap 250 kg daging.

2. Brontosaurus

Jenis dinosaurus ini memiliki tubuh yang sangat besar dan panjang. Bahkan, Brontosaurus lebih berat daripada jenis T-Rex. Memiliki leher yang panjang menyerupai jerapah, Brontosaurus memiliki tinggi dengan kisaran 27 meter dengan berat 39 ton.

Jenis dinosaurus ini lebih nyaman tinggal di padang pasir yang sangat luas daripada harus tinggal di hutan.

3. Stegosaurus

Jenis dinosaurus dengan nama Stegosaurus ini memiliki panjang mencapai 9 meter dan berat sekitar 3 ton. Tubuhnya yang dipenuhi oleh lempengan duri, dapat menarik mangsanya ketika masa kawin.

Perlu diketahui, walaupun memiliki tubuh yang besar, dinosaurus jenis ini memiliki otak dengan volume yang kecil.

4. Triceratops

Memiliki tanduk yang besar di belakang kepala, menjadikan jenis dinosaurus ini sebagai ciri khasnya dan mudah untuk dikenali. jenis dinosaurus ini memiliki tinggi kurang lebih 9m dengan berat hampir 10 ton. Kepala Triceratops tergolong paling besar, karena sebagian dari beratnya tertahan di kepala.

5. Velociraptor

Nama dinosaurus yang selanjutnya adalah velociraptor. Nama dinosaurus yang satu ini dari segi bentuknya hampir mirip dengan T-rex. Hanya saja tubuh dinosaurus ini lebih kurus dan kecil.

Meskipun kecil, ukuran tubuh dinosaurus ini terlihat sangat besar. Ukuran dari nama dinosaurus ini tingginya sekitar 1,5 meter dengan berat sekitar 135 kg. Dinosaurus ini mempunyai tubuh yang kecil, sehingga lincah dan tanggap. selain itu juga dinosaurus ini juga cerdas.

Hewan ini diperkirakan dapat berlari hingga kecepatan 39 km per jam. Selain itu hewan ini juga dapat berinteraksi dengan kawanan sejenisnya dan lebih suka berburu dalam jumlah besar atau berkelompok.

Selain itu, hewan ini sangat pandai dalam membuat jebakan untuk mangsanya, seperti mamalia dan serangga kecil lainnya.

6. Dilophosaurus

Dilihat dari tampilannya, dilophosaurus mempunyai bentuk tubuh yang unik. keunikan yang dimiliki yaitu terdapat sirip di bagian kepalanya. Sirip ini dapat menutup dan membuka. Hewan ini mempunyai tinggi sekitar 6 meter dengan berat sekitar 400 kg.

Selain itu, hewan ini mempunyai rahang yang sangat kuat yang digunakan untuk memangsa dan memakan mangsanya karena hewan ini merupakan dinosaurus karnivora.

7. Spinosaurus

Spinosaurus menjadi salah satu dinosaurus terbesar diantara dinosaurus lainnya. Tingginya mencapai 18 meter dengan berat tubuh sekitar 22 ton.

Ciri khas dari dinosaurus ini yaitu mempunyai sirip besar yang tumbuh pada bagian punggung hingga ke ekor.Hewan ini merupakan hewan karnivora, spinosaurus lebih suka mengkonsumsi ikan dan hewan laut meskipun badannya besar, spinosaurus ini diperkirakan dapat berenang dengan gesit di dalam air.

8. Corythosaurus

Dinosaurus yang terakhir yaitu corythosaurus. Hewan ini menjadi salah satu nama dinosaurus yang sangat populer di dunia. Corythosaurus mempunyai ciri khas yang unik yaitu bentuk mulutnya yang seperti paruh bebek dan bagian atas kepalanya yang memiliki jengger seperti ayam.

Jengger pada bagian atas kepalanya ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan bunyi ketika disalurkan ke udara.Apabila jengger tersebut berbunyi, itu tandanya corythosaurus memberikan peringatan bagi hewan pemangsa yang ada disekitarnya supaya tidak mendekat. Corythosaurus memiliki tinggi mencapai 9 meter dengan berat sekitar 3-4 ton.

Itulah beberapa jenis dinosaurus yang pernah ada di dunia. Kira-kira, jenis dinosaurus mana yang paling kamu suka?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien