Apa nama headset tanpa kabel

Istilah headset, headphone, atau earphone tentu sudah gak asing lagi deh. Aksesori itu sudah menjadi kebutuhan untuk mendengarkan audio di smartphone ataupun laptop. Apalagi saat ingin mendengarkan suara dari perangkat elektronik secara jelas, aksesori ini pasti sangat membantu.

Tapi disadari ataupun tidak, banyak orang yang sering salah kaprah dalam menyebut aksesori elektronik yang memang kegunaannya hampir mirip. Headphone disebut headset, begitu pula sebaliknya. Nah, biar kamu gak keterlaluan salah menyebut melulu, berikut perbedaan headphone, headset, earphone, dan handsfree yang perlu kamu tahu.

audiocheck.in

Headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi. Biasa kualitas suara headphone bagus karena memang didesain hanya untuk audio saja sehingga sangat cocok buat kamu yang selalu mendengarkan musik.

2. Headset

royalflushmagazine.com

Headset merupakan headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tetapi juga untuk komunikasi. Headset idealnya diguanakan untuk berkomunikasi seperti via Skype, call center maupun video call yang lainnya.

Headset maupun headphone lebih sering dipasang pada PC atau laptop. Biasanya headset mempunyai 2 jack audio, jack pertama untuk input yakni mikrofon dan jack kedua sebagai output yakni speaker.

Baca juga: 10 Wireless Headphone Paling Banyak Diburu Pencinta Musik di 2017

3. Earphone

businessinsider.com

Kalau dilihat dari kegunaannya, earphone sebenarnya tidak jauh beda dengan headphone. Namun earphone memiliki bentuk yang mungil sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Makanya, earphone lebih sering dipakai untuk perangkat mobile.

4. Handsfree

sonymobile.com

Handsfree ini merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu seperti mikrofon dan tombol fungsi. Lewat tombol fungsi tersebut, pengguna bisa menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan.

Handsfree inilah yang biasanya disertakan dalam dashbook smartphone seperti yang kamu miliki. Berkembangnya teknologi, saat ini banyak pula bluetooth handsfree yang bisa digunakan tanpa kabel yang dianggap mengganggu. Tapi memang karena earphone dan handsfree hampir sama, banyak orang yang lebih sering menyebut earphone ketimbang handsfree.

Itulah perbedaan empat perangkat yang hampir mirip. Sekarang kamu tahu kan, yang kamu punya itu headphone, headset, earphone, atau handsfree? Jangan sampai salah sebut lagi ya!

Baca juga: 6 Aplikasi Ini Memudahkanmu Belajar Alat Musik,Seru Banget!

Bahkan, para ilmuwan menemukan jika paparan radiasi EMF pada manusia bisa merusak DNA. 

Kendati demikian, profesor bioteknologi di University of Pennsylvania yang telah mempelajari efek radiasi perangkat nirkabel terhadap kesehatan manusia, Kenneth Foster meyakini jika paparan radiasi EMF tidak membahayakan kesehatan manusia.

"Ada ribuan makalah yang melihat relevansi frekuensi radio dengan kesehatan, tetapi argumen ini tidak memiliki kredibilitas," ucap Kenneth Foster yang diamini oleh sebagian ilmuan lainnya.

Menurutnya, WHO dan organisasi kesehatan dunia lainnya telah mempelajari efek samping Bluetooth, WiFi, dan teknologi perangkat nirkabel lain terhadap kesehatan manusia.

Hingga kini, Foster mengatakan lembaga kesehatan dunia belum menemukan bukti yang jelas terkait risiko potensial penggunaan perangkat nirkabel.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:

Pilih Headset Bluetooth yang Terbaik untuk Temani Aktivitasmu

Apa itu headset Bluetooth?

Headset Bluetooth adalah inovasi pada produk headset yang dirancang untuk penggunaan yang lebih praktis. Banyak istilah yang merujuk untuk headset Bluetooth ini seperti earphone wireless, earbuds, atau airpods.

Dulu yang memakai headset Bluetooth kebanyakan adalah pengemudi mobil. Namun sekarang earphone tanpa kabel (wireless) tidak hanya digunakan oleh para pengemudi mobil tapi juga semua kalangan. Selain karena harga headset Bluetooth atau earbuds semakin terjangkau, juga karena semakin canggihnya headset atau earphone ini.

Apa saja jenis-jenis Bluetooth headset?

  • One-Ear Type

Headset wireless satu ini merupakan salah satu jenis yang sudah ada sejak lama. Biasanya one-ear type ini digunakan oleh pekerja kantoran atau pengusaha untuk menelepon tanpa perlu menggenggam ponsel mereka.

Sesuai namanya, one-ear type ini hanya digunakan pada salah satu sisi telinga saja. Daya baterai juga cukup awet. Jenis ini cocok untuk kamu yang harus banyak melakukan panggilan telepon. Namun, tipe satu ini tidak direkomendasikan untuk mendengarkan musik.

  • Neck Type

Jenis Bluetooth headset ini tidak wireless tetapi kedua sisinya terhubung dengan satu kabel yang dapat dilingkarkan di leher. Headset Bluetooth ini kebanyakan dipakai oleh orang yang punya aktivitas olahraga rutin.

Pengguna dapat dengan mudah memasang dan melepas headset tanpa takut jatuh atau hilang. Beberapa produk bahkan dirancang waterproof dan sweatproof.

  • Headphone (On-Ear/Over Ear)

Untuk kamu yang mengutamakan headset dengan kualitas audio bagus untuk mendengarkan musik, jenis headphone (on ear / over ear) ini cocok untukmu. Headphone ini memang memiliki produksi suara yang lebih real dan nge-bass.

Saat menggunakan headphone, telinga kamu akan tertutup rapat sehingga suara yang dihasilkan lebih maksimal. Beberapa headphone bahkan dilengkapi dengan fitur noise cancelling.

  • True Wireless Stereo (TWS)

True Wireless Stereo atau TWS adalah headset Bluetooth berukuran kecil yang kedua sisinya terpisah, tidak tersambung dengan kabel (wireless). Pada dasarnya TWS bekerja dengan gelombang radio yang didukung koneksi Bluetooth supaya bisa tersambung ke perangkat elektronik lainnya.

Dibandingkan jenis lainnya, TWS ini bentuknya ringkas. Sayangnya kapasitas baterai perangkat ini lebih terbatas, jadi kamu harus selalu mengisi daya charging case-nya.

Earphone dan headset apa bedanya?

Meski fungsi earphone dan headset pada dasarnya sama, tapi kedua perangkat ini sedikit berbeda. Secara ukuran, earphone biasanya lebih kecil dibandingkan headset. Tipe earphone juga biasanya dapat langsung dipasang di lubang telinga.

Sementara itu, headset memiliki tampilan yang lebih mirip headphone. Namun, perangkat headset umumnya sudah dilengkapi dengan mikrofon dan peredam suara.

Kualitas audio earphone dan headset sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, kalau kamu menginginkan perangkat dengan suara bass, pastikan untuk memahami spesifikasi audionya terlebih dulu ya.

Apa kelebihan headset bluetooth?

  • Nyaman, Praktis dan Mendukung Mobilitas

Bluetooth headset memberi kemudahan terhubung dengan gadget seperti handphone. Saat memakai perangkat ini, headset dan gadget seperti smartphone akan terhubung secara otomatis sehingga kamu bisa mengangkat telepon atau mendengarkan musik secara handsfree sambil melakukan aktivitas lain seperti olahraga tanpa perlu menggenggam smartphone dan terganggu dengan kabel.

  • Mudah Dibawa dan Disimpan dengan Rapi

Dengan desain tanpa kabel, kamu juga bisa lebih mudah membawa dan menyimpan headset dan Bluetooth earphone dengan lebih rapi tanpa khawatir dengan kabel melilit benda-benda lain di tas.

  • Banyak Fitur Menarik

Dengan harga headset Bluetooth yang beragam, kamu juga bisa menemukan berbagai spesifikasi canggih yang tidak bisa kamu temukan pada headset dan earphone biasa. Misalnya selain kemampuan mengontrol musik pada perangkat dari jarak jauh, kamu bisa menemukan headset Bluetooth dengan fitur seperti noise cancelling, voice commands, audio bass, hingga 3D sound simulation yang pastinya semakin memudahkan kebutuhan dan penggunaan.

Apa merk headset bluetooth yang bagus?

Banyak perusahaan sudah memproduksi dan memasarkan headset Bluetooth. Beberapa merk yang dikenal bagus di pasaran, seperti:

  • Jabra
  • Samsung
  • Sony
  • JBL
  • Xiaomi
  • Apple (airpods)
  • Baseus

Masih banyak merk Bluetooth headset yang bagus lainnya dengan ciri khas masing-masing. Pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhanmu ya.

Apa saja rekomendasi headset Bluetooth?

  • JBL Free X True Wireless In-Ear Headphones

Headset nirkabel yang memiliki kualitas JBL Signature Sound ini akan memudahkan aktivitas mobile kamu sehari-hari. Selain memiliki kualitas audio yang jernih, JBL juga membekali headsetnya ini dengan sederetan fitur dan teknologi canggih.

Headset Bluetooth JBL True Wireless ini memiliki teknologi anti-cipratan, smart charging, handsfree call, serta pengaturan yang mudah dengan kehadiran tombol intuitifnya. Desainnya pun ergonomis dengan tiga ukuran ujung telinga dan dua ukuran gel sleeve untuk memastikan keamanan sekaligus kenyamanan pengguna.

  • Xiaomi Redmi AIRDOTS TWS Bluetooth Headset 5.0

Xiaomi Redmi AIRDOTS TWS Bluetooth Headset 5.0 memiliki konektivitas Bluetooth 5.2 dengan jangkauan komunikasi 10 meter. Untuk baterai, headset TWS ini memiliki kapasitas 40 mAh yang dapat bertahan selama 4 jam.

Kualitas audio yang ditawarkan pun cukup jernih. Dengan desain standar handsfree yang ergonomis, kamu dapat menikmati alunan musik dari perangkat sambil beraktivitas. Harganya pun terjangkau, sehingga dapat menjadi alternatif buat kamu yang membutuhkan headset tanpa kabel nyaman.

  • Apple Airpods Gen 3

Airpods Gen 3 dibekali audio EQ adaptif dan audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala dinamis. Chip headphone H1 dan sederetan sensor pelengkap pun disertakan pada spesifikasinya, seperti sensor tekanan, deteksi kulit, akselerometer pendeteksi gerak dan bicara, serta mikrofon hadap dalam sekaligus pembentuk sinyal.

Perangkat ini juga sudah tahan air dan keringat serta memiliki waktu dengar 6 jam dengan sekali pengisian daya. Airpods Gen 3 juga kompatibel dengan hampir seluruh perangkat iPhone, iPad, Apple Watch, Mac, dan Apple TV.

  • Samsung Galaxy Buds2 Pro

Galaxy Buds2 Pro memiliki konektivitas seamless yang membuatnya lebih fleksibel. Earphone wireless Bluetooth Samsung ini pun sudah memiliki fitur Active Noise Cancellation dan speaker custom Coaxial 2-way. Headset ini juga memiliki fitur pendeteksi suara dan AirVent serta dukungan koneksi Bluetooth v5.3.

Bagaimana tips memilih headset Bluetooth?

  • Sebelum membeli headset Bluetooth, tentukan penggunaan headset yang kamu inginkan. Hal ini karena Bluetooth headset tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan juga kegunaannya.
  • Pilih headset Bluetooth terbaik yang punya fitur incaran kamu seperti noise cancellation, stereo audio, atau bahkan voice commands saat hands-free.
  • Selain itu, pastikan juga desain dari headset tersebut sudah sesuai dengan yang kamu inginkan sehingga nyaman saat digunakan.
  • Cek merek dari headset yang kamu incar dan pastikan jika brand tersebut memberikan garansi jika ada kerusakan.
  • Tidak lupa, cek harga Bluetooth earphone yang kamu incar. Jangan sampai perangkat yang kamu beli tersebut ada di luar budget kamu ya!

Berapa harga headset Bluetooth di Indonesia?

Harga headset Bluetooth di Indonesia terbilang cukup beragam, tergantung pada merek hingga fitur yang ditawarkan. Kalau kamu mau cek daftar harga selengkapnya, lihat saja melalui iPrice. Di sini sudah tersedia beragam merek headset Bluetooth mulai dari Samsung, Apple (airpods), Jabra dan lainnya dari berbagai toko online se-Indonesia.

Selain itu, iPrice juga memiliki pembanding harga yang membantumu untuk menemukan harga earphone Bluetooth dengan penawaran terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk beli headset Bluetooth pilihanmu melalui iPrice sekarang juga!

Headset Bluetooth namanya apa?

Daftar Isi.
Headset Bluetooth Vyatta Airboom Pro..
Headset Bluetooth JBL T450BT..
Xiaomi MiFa X3..
Headset Bluetooth Sony WH-CH510..
Headset Bluetooh QCY T1 Pro..
Baseus Encok D02..
Anker SoundBuds NB10..

Apa beda nya headset dan earphone?

Headset biasanya digunakan untuk melakukan panggilan video atau aktivitas gaming dengan komunikasi tanpa gangguan sekitar. Selanjutnya adalah earphone. Earphone memiliki bentuk yang kecil sehingga penggunaannya cukup dimasukkan ke dalam telinga. Perangkat ini sangat praktis karena mudah dibawa ke mana-mana.

Headset wireless itu apa?

Mengutip berbagai sumber, istilah True Wireless Headphone sendiri memiliki makna perangkat earbuds Bluetooth yang gak punya kabel dan kawat yang menghubungkan keduanya ke sumber audio atau suara seperti smartphone, pemutar MP3, tablet, dan lain-lain.

Apa nama lain dari headset?

Istilah headset, headphone, atau earphone tentu sudah gak asing lagi deh. Aksesori itu sudah menjadi kebutuhan untuk mendengarkan audio di smartphone ataupun laptop.