Apa pengaruh letak astronomis pada musim gugur

Jakarta -

Benua Amerika merupakan benua yang pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Eropa bernama Christopher Columbus pada tahun 1492. Benua ini terletak antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.


Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, nama benua Amerika diambil dari penjelajah yang berjasa mempopulerkan benua baru ke Benua Eropa yakni Amerigo Vespucci. Berkat jasanya itu, nama bangsawan dari Italia tersebut akhirnya diabadikan sebagai nama benua Amerika.

Baca juga: Siswa, Ada yang Tahu Julukan Benua Amerika?

Letak Astronomis, Geografis, Luas Wilayah, dan Kondisi Alam Benua Amerika

Letak Astronomis dan Letak Geografis Benua Amerika


Letak Astronomis Benua Amerika adalah 35 BB-170 BB dan 83 LU-55 LS. Sedangkan letak geografis Benua Amerika adalah di belahan bumi barat dan terletak antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, serta terletak antara Samudra Arktik dan Samudra Pasifik.

Luas Wilayah Benua Amerika


Luas benua Amerika 42.188.000 km2. Di sekelilingnya terdapat batas-batas dengan laut ataupun samudera.


Batas Benua Amerika:


- Sebelah Utara: Laut Arktik dan Pulau Greenland

- Sebelah Timur: Samudra Atlantik

- Sebelah Selatan: Samudra Pasifik Selatan

- Sebelah Barat: Selat Bering, Samudra Pasifik

Kondisi Iklim Benua Amerika


Berbeda dengan benua lain, benua Amerika memiliki empat iklim berdasarkan letak setiap kawasan. Keempat iklim Benua Amerika tersebut di antaranya:


1. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini memengaruhi daerah paling utara.


2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Iklim ini meliputi kawasan sebelah selatan kawasan paling utara.


3. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembaban tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.


4. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan.

Baca juga: 6 Jenis Iklim Amerika Serikat yang Variatif

Ragam Flora dan Fauna


Untuk persebaran flora dan fauna di benua Amerika bergantung pada iklim dan aktivitas manusia di sana. Beberapa di antara jenis flora dan fauna di Amerika adalah:


- Flora: hutan tropis, hutan iklim sedang, tundra, semak belukar dan tanaman gurun, rumput


- Fauna: bison, musang, kelinci liar, ular, burung, monyet, armadillo, lama, guanaco, jaguar, puma, ocelot, tapir, binatang pengerat, beruang, kadal, alligator, dan ikan.


Nah itulah letak astronomis, geografis, dan kondisi wilayah benua Amerika. Semoga detikers jadi semakin paham, ya!



Simak Video "Penembakan Misterius di Texas, 3 Orang Tewas"

(faz/lus)