Apa perbedaan nyata antara gerakan berjalan dan berlari Jelaskan dengan singkat?

Jawaban diposting oleh: Subarjosulistiono

jawaban:

Sedangkan dalam olahraga lari, tumpuan terletak pada ujung jari kaki depan. Salah satu perbedaan jalan dan lari adalah pada saat berjalan lutut tidak akan menekuk banyak. Sedangkan saat berlari, lutut akan menekuk lebih banyak dan beban pada lutut akan lebih besar daripada pada saat berjalan.

Berjalan dan berlari pada dasarnya merupakan kegiatan yang memiliki gerakan sama yakni gerakan melangkahkan kaki secara bergantian untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lain. Lari dan jalan juga sama-sama tergolong dalam cabang perlombaan atletik. Meskipun memiliki kesamaan, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Dilihat dari aktivitas fisiknya, sudah bisa dibedakan antara mana orang yang sedang berjalan dan mana orang yang sedang berlari.

Penjelasan:

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang perbedaan antara berjalan dan berlari. Berikut ini adalah beberapa perbedaan anatara berjalan dan berlari.

Perbedaan Jalan dan Lari

Posisi Kaki

Mengindentifikasi perbedaan jalan dan lari yang pertama adalah posisi di mana kaki melakukan kontak dengan tanah. Banyak yang tidak menyadari akan perbedaan ini. Namun sadar atau tidak, pasti hal ini terjadi ketika sedang melakukan aktivitas berjalan atau berlari. Ketika berjalan, kaki akan selalu kontak dengan tanah, pasti ada saat di mana salah satu kaki bertumpu pada tanah dan yang lainnya tidak bertumpu, atau saat di mana kedua kaki menyentuh dan menapak pada tanah secara bersamaan. Sedangkan ketika berlari, ada saat di mana salah satu kaki menapak pada tanah dan ada saat di mana kedua kaki tidak melakukan kontak dengan tanah, tidak menyentuh tanah sama sekalimelayang. Selain itu, saat berlari sangat jarang terjadi kedua kaki secara bersaman menapak pada tanah.

Tumpuan Kekuatan

Ketika berjalan dan berlari ada beberapa anggota tubuh yang membantu pergerakan sehingga membuat aktivitas keduannya menjadi lebih maksimal. Pada saat berjalan, gerak tangan dan gerak anggota tubuh lainnya juga membantu memaksimalkan proses berjalan, namun tumpuan kekutan pada saat berjalan terletak pada langkah kaki sebagai gerak utama. Berbeda dengan berjalan, berlari memiliki beberapa titik tumpuan, yakni pada gerak tangan yang membantu mendorong badan dan tekukan lutut melalui otot quadriceps yang memberikan kekuatan pada saat berlari ketika kaki bersentuhan dengan tanah. Jadi, tumpuan utama pada saat berlari tidak hanya bersumber dari kaki melainkan juga dari anggota tubuh yang lain.

Berdasarkan Jenisnya

Berjalan dan berlari memiliki jenis-jenis yang berbeda, ada yang diperlombakan dan ada juga yang tidak diperlombakan. Berikut ini adalah jenis-jenis dari berjalan dan berlari.

Jenis-Jenis Lari

Sprint (Lari Jarak Pendek)

Lari jarak menengah a

Marathon (Lari Jarak Jauh)

Estafet (Lari Sambung)

Jogging (Lari Santai)

Jenis-Jenis Jalan

Jalan Cepat

Jalan Santai

Berdasarkan Manfaatnya

Berjalan dan berlari memiliki maanfaat, fungsi, dan kegunaan bagi tubuh. Namun, ada beberapa perbedaan maanfaat yang didapatkan ketika berlari dan berjalan. Berikut akan kami paparkan perbedaan manfaat dari keduanya: Manfaat Berjalan Berjalan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin, berjalan dapat membantu memperbaiki suasana hati, melancarkan peredaran darah, membantu mengatasi depresi atau stress karena otot, otak, dan tubuh diajak untuk bergerak dan bekerja. Sering berjalan juga dapat mencegah terjadinya obesitas. Jadi, berjalan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, membuat suasana hati menjadi baik, dan membuat bahagia. Manfaat Berlari Berlari adalah sebuah kegiatan yang memberikan banyak sekali maanfaat bagi kesehatan jika dilakukan dengan baik, benar, dan rutin. Berlari dapat menyehatkan jantung, pembuluh darah, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Berlari juga dapat menguatkan tulang dan persendian. Selain itu, berlari merupakan salah satu olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori secara cepat. Sering melakukan kegiatan berlari dapat memaksimalkan kualitas tidur menjadi lebih baiktidur menjadi nyenyakdan dapat melatih kecepatan berpikir.

Detail jawaban

Kelas : VII

Mapel : Penjaskes

Bab : 3

Kode : 7.22.3

Kata Kunci : olah raga, lari, jalan, perbedaan

followjadikan jawaban tercerdassemoga membantuarigataou#tetapsemangatbelajar(: