Apa perbedaan permainan bola basket dengan bola voli

Ragam Lainnya

Sportpedia: Perbedaan Permainan Bola Kecil dan Bola Besar

Foto: Nelly Korda memainkan olahraga golf yang merupakan permainan bola kecil. Ada perbedaan permainan bola kecil dan besar. (Foto: Reuters)

ADA banyak jenis perbedaan permainan bola kecil dan bola besar. Olahraga seringkali menggunakan bola sebagai objek permainan. Permainan bola ini dibedakan berdasar pada ukuran bola yang dimainkan. Permainan bola terbagi menjadi dua macam yaitu bola besar dan bola kecil.

Pengertian permainan bola kecil adalah jenis permainan dari cabang olahraga yang dimainkan perorangan maupun beregu. Permainan bola kecil umumnya dimainkan menggunakan alat bantu yang berupa alat pukull. Sedangkan permainan bola besar adalah permainan yang dilakukan secara kelompok dengan menggunakan bola yang ukuran diameternya lebih dari 50 cm.  Permainan bola besar yang dipertandingkan secara internasional ada sepak bola, basket, voli hingga rugby.

Berikut Perbedaan Permainan Bola Kecil dan Bola Besar:

Jenis Permainan Bola Kecil

Golf

Baca Juga : Macam-Macam Permainan Bola Kecil Beserta Penjelasan lengkapnya

Golf merupakan permainan bola kecil yang identik dengan olahraga elite. Hal ini dikarenakan peralatan yang digunakan untuk bermain golf terbilang cukup mahal dan penyewaan lapangan outdoor yang tak murah. Golf dimainkan  menggunakan tongkat khusus dimana pemain harus memasukkan bola kedalam lubang yang sudah tersebar luas di area lapangan luas.  Dulunya bola golf terbuat dari kayu namun kini bola golf terbuat dari bahan karet keras. Ukuran bola golf yakni berdiameter 42,67 mm.

Bisbol

Baca Juga : Sportpedia: Manfaat Permainan Bola Besar

Bisbol atau baseball menjadi olahraga yang termasuk permainan bola kecil yang dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020.  Bisbol dimainkan pada lapangan terbuka oleh dua tim. Satu tim penjaga dan satu tim pemukul. Selain menggunakan bola, alat lain yang digunakan untuk memainkan permainan ini adalah tongkat pemukul (bat) dan sarung tangan. Ukuran diameter bola bisbol yaitu 73 mm hingga 76 mm. 

Tenis Lapangan

Tenis lapangan termasuk ke dalam jenis permainan bola kecil. Tenis dimainkan oleh perorangan maupun tim yang beranggotakan dua orang.  Permainan ini menggunakan alat pendukung yakni raket yang digunakan untuk memukul bola agar bisa melewati net.  Pada tenis lapangan bola yang digunakan adalah bola yang khas dengan warna hijau neon yang berdiameter  65.41 mm sampai 68.58 mm.

Tenis Meja

Berbeda dengan tenis lapangan, tenis meja dilakukan secara indoor menggunakan meja sebagai arena lapangan yang dipisahkan oleh net.Permainan ini juga menggunakan bola kecil yang jauh lebih kecil dibanding bola yang digunakan pada tenis lapangan.  Bola yang digunakan pada tenis meja disebut pola pingpong. Ukuran diameter bola tersebut yaitu 40 mm menjadikan bola pingpong jadi bola terkecil dengan berat yang sangat ringan. 

salsachoirunisa3437 salsachoirunisa3437

Jawaban:

Bola : menendang

Voli : mengayun

basket : di banting

Lihat Foto

Shutterstock

Basket menjadi salah satu olahraga seru yang dapat dilakukan bersama anak di rumah.

KOMPAS.com - Terdapat perbedaan antara permainan bola besar dan kecil. Berikut perbedaan permainan bola besar dan kecil berserta pengertian dan jenisnya.

Pengertian Permainan Bola Besar dan Kecil

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), karya Sendang Sri Widiastuti, S.Pd, permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu dengan bantuan alat utama berupa bola berdiameter lebih dari 50 cm.

Sementara itu, pengertian permainan bola kecil adalah olahraga yang bisa dilakukan baik individu maupun beregu yang menggunakan bola berukuran kecil.

Jenis Permainan Bola Besar

Berikut adalah beberapa jenis permainan bola besar:

Baca juga: Asal-usul Sepak Bola

Lihat Foto

DOK. FREEPIK

Ilustrasi bermain sepak bola.

Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar. Permainan ini dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Masing-masing tim berjumlah 11 pemain yang berada di lapangan.

Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepak bola kategori dewasa atau berusia 12 tahun ke atas memiliki lingkar 68 hingga 70 cm (sentimeter).

Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu berlawanan. Masing-masing tim berisikan lima pemain yang berada di lapangan.

Sesuai peraturan FIBA yang juga diterapkan di Indonesia, ukuran bola basket adalah berat 576 gram dengan keliling sekitar 74,9 sentimeter.

Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain. Bola voli terbuat dari bahan kulit dengan keliling 65-67 sentimeter.

45 melakukan pola gerak tertentu yang diperlukan dalam permainan, misalnya mempertinggi loncatan smash dan block, serta memperkuat pukulan untuk smash. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa olahraga bola voli memerlukan kemampuan fisik yang baik dalam menunjang efektivitas permainan.

2. Persamaan

a. Sama-sama permainan tim, yaitu bola voli terdiri dari 6 pemain yang berada di lapangan permainan sedangkan bola basket terdiri dari 5 pemain yang beradda di dalam lapangan. b. Sama-sama permainan bola besar. c. Sama-sama permainan yang banyak menggunakan tangan. Dalam permainan bola basket semuanya menggunakan tangan begitu juga dengan bola voli. d. Sama-sama memerlukan daya ledak power yang relatif banyak. Dalam permaainan bola voli, daya ledak power banyak digunakan pada saat melakukan pukulan smash dan bendungan block yaitu pada saat kaki menolakkan badan ke atas. Sedangkan pada permainan bola basket, daya ledak power digunakan untuk berlari dan lay up. e. Sama-sama memerlukan koordinasi yang baik. Dalam permainan bola voli, koordinasi yang baik digunakan pada saat melakukan pukulan smash karena pada saat melakukan pukulan smash terdapat beberapa gerakan dan haruss dilakukan secara cepat. Sedangkan pada 46 permainan bola basket digunakan pada saat menggiring bola dribbling. f. Sama-sama memerlukan kecepatan speed, dalam permainan bola voli, kecepatan speed banyak dipergunakan untuk bergerak pada saat bertahan maupun menyerang. Sedangkan dalam permainan bola basket banyak digunakan pada saat berlari.

E. Karakteristik Anak SMA Usia 16-19 tahun

Murid sekolah menengah atas SMA berusia antara16 sampai 19 tahun. Menurut Hurlock 2005: 6 secara psikologis masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tiak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak dalam masyarakat mempunyai banyak aspek afektif dan aspek intelektual. Masa remaja sebagai periode yang penting. masa perkembangan fisiknya cepat dan penting disertai dengan perkembangan mental. Cepatnya perkembangan ini menimbulnya perlunya penyesuaian mental sikap, nilai, dan minat baru.

F. Analisis permainan bola basket dan permainan bola voli terhadap

peningkatan kesegaran jasmani Dari pembahasan tentang karakteristik permainan bola basket dan bola voli dapat disimpulkan bahwa kedua permainan tersebut apabila digunakan sebagai latihan peningkatan kesegaran jasmani maka keduanya dapat meningkatkan tingkat kasegaran jasmani secara 47 signifikan. Keduanya mempunyai karakter yang hampir sama ialah menggunakan kedua tangan dan melakukan lompatan. Perbedaannya adalah pada permainan bola basket diiringi dengan berlari dan memperebutkan bola dalam satu lapangan sedangkan pada bola voli tidak dengan diiringi berlari tetapi menggunakan lompatan untuk melakukan smash dan blok dan kedua tim dibatasi dengan net. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh terhadap peningkatan kesegaran jasmani bagi yang melakukan latihan bola basket dan bola voli.

G. Hipotesis

Hipotesis adalah suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpul. Hipotesis hanya dibuat jika yang dipermasalahkan menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini memunculkan satu variable ialah status kesegaran jasmani bagi siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler bola basket dan yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler olahraga bola voli, maka hipotesis yang diajukan adalah : Ada perbedaan status kesegaran jasmani antara yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan bola voli pada siswa putra SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 20142015? 48

BAB III METODE PENELITIAN

A. Desain Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif, yaitu penelitian yang semata-mata bertujuan mengetahui keadaan objek atau peristiwa tanpa suatu maksud untuk mengambil kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum Sutrisno Hadi, 1991: 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Metode survei adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari kekurangan-kekurangan secara faktual Suharsimi Arikunto, 2002: 56. Penelitian ini berjudul perbedaan status kesegaran jasmani siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dan bola basket di SMA Negeri 1 Parakan di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Gambar 11. Proses Penelitian Gambar diatas menggambarkan proses penelit ian di SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Siswa yang mengikuti ekskul Basket Siswa yang mengikuti ekskul Voli TKJI: - Lari 60 meter - Gantung siku tekuk - Baring duduk 60 detik - Loncat tegak - Lari 1200 meter Tabel skor Klasifikasi Persentase Penelitian Ekskul Basket Ekskul Voli