Apa saja contoh usaha jasa yang dapat ditemukan di wilayah perkotaan tuliskan tiga contohnya?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Jenis Usaha di Bidang Jasa, Apa Saja? Foto: iStock

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sangat beragam, salah satunya di bidang jasa. Jenis usaha di bidang jasa adalah bentuk pelayanan, seperti guru, dokter, perawat, dan lainnya.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar Kelas V oleh New Teaching Resource (2003: 50), usaha yang bergerak di bidang jasa adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan dengan memberikan pelayanan kepada konsumen.

Untuk pelayanan yang dilakukan pemberi jasa, orang tersebut berhak mendapatkan upah atau gaji sebagai imbalan terhadap jasa pelayanannya.

Lalu, apa saja jenis-jenis usaha di bidang jasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai Jenis Usaha di Bidang Jasa

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Berbagai Jenis Usaha di Bidang Jasa. Foto: iStock

Jenis usaha di bidang jasa adalah usaha yang menyediakan pelayanan tertentu, dan tidak menghasilkan produk yang terlihat dengan mata. Jenis-jenis usaha jasa dibedakan menjadi beberapa bidang, di antaranya:

1. Usaha Jasa di Bidang Kesehatan

Jenis usaha jasa yang pertama adalah bidang kesehatan. Contohnya, dokter, perawat, tenaga medis, apoteker, dan sebagainya.

ADVERTISEMENT

2. Usaha Jasa di Bidang Pendidikan

Jenis usaha jasa yang kedua adalah bidang pendidikan. Misalnya, guru, dosen, tenaga administrasi sekolah, dan tenaga profesional lainnya yang bergelut di dunia pendidikan.

3. Usaha Jasa di Bidang Pelayanan Sosial dan Pemerintahan

Jenis usaha jasa yang ketiga adalah bidang pelayanan sosial dan pemerintahan, seperti pegawai negeri, menteri, dan sebagainya.

4. Usaha Jasa di Bidang Transportasi

Jenis usaha jasa yang keempat adalah bidang transportasi, seperti sopir, pilot, masinis, dan lainnya.

5. Usaha Jasa di Bidang Kecantikan

Jenis usaha jasa yang kelima adalah bidang kecantikan. Contohnya, penata rias, tempat cukur rambut, salon, dan lainnya.

6. Usaha Jasa di Bidang Keuangan

Jenis usaha jasa yang keenam adalah bidang keuangan, seperti bank, asuransi, perencana keuangan, dan sebagainya.

ADVERTISEMENT

Selain yang telah disebutkan di atas, ada pula jenis usaha jasa lainnya dari berbagai bidang umum, seperti asisten rumah tangga, pelayan rumah makan, penjaga kasir, dan lainnya.

Contoh Kegiatan Usaha di Bidang Jasa

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Contoh Kegiatan Usaha di Bidang Jasa. Foto: iStock

Beberapa contoh kegiatan usaha di bidang jasa yang bisa menjadi peluang usaha, antara lain:

1. Perbengkelan

Perbengkelan merupakan contoh kegiatan usaha di bidang jasa karena dalam kegiatan usaha ini disediakan jasa montir untuk memperbaiki kendaraan, seperti menambal ban yang bocor dan memperbaiki mesin mobil.

2. Kursus Keterampilan

Contoh kegiatan usaha jasa lainnya adalah kursus keterampilan. Biasanya, jasa kursus keterampilan menjamur di kota-kota besar, seperti kursus keterampilan menjahit, memasak, menggambar, menyanyi, bermain alat musik, dan sebagainya.

3. Servis Komputer

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, servis komputer merupakan kegiatan usaha di bidang jasa yang populer dan sangat dibutuhkan. Sebab, saat ini komputer atau laptop menjadi barang yang sangat penting dan menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang, terutama bagi pekerja dan pelajar.

4. Asisten Rumah Tangga

Asisten rumah tangga merupakan contoh kegiatan usaha jasa yang masih dicari oleh banyak keluarga, terutama di wilayah perkotaan.

Hal ini umumnya karena keluarga yang tinggal di kota-kota besar memiliki kegiatan yang padat dan sibuk, sehingga tidak punya waktu untuk membersihkan rumahnya sendiri.

Oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan asisten rumah tangga.

5. Laundry

Laundry termasuk kegiatan usaha di bidang jasa yang mudah ditemukan, terutama di kota-kota besar. Hal ini karena orang-orang di perkotaan cenderung lebih sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

ADVERTISEMENT

(SFR)