Apa saja manfaat saat bisa menghafal surat surat pendek?

Setiap muslim harus bisa membaca Alquran, bahkan kalau perlu menghafal Alquran. Sebab ini merupakan amalan yang lebih disukai di sisi Allah.

Menghafal Alquran selain merupakan amal ibadah yang mulia juga memiliki banyak manfaatnya. Seperti dikutip dari buku karya Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad yang berjudul 'Menghafal Alquran: Manfaat, Keutamaan, Keberkahan, dan Metode Praktisnya', terdapat sejumlah manfaat menghafal Alquran yang perlu kamu ketahui.

1. Manfaat spiritual

Orang yang menghafal Alquran akan selalu hidup dengan nilai-nilai Alquran yang memiliki manfaat spiritual. Sebelum membaca Alquran kita terlebih dahulu membersihkan diri dengan berwudhu, kemudian menghadap kiblat dan memegang mushaf Alquran. Lalu membacanya dengan penuh kekhusyukan.

Semua proses tersebut akan menciptakan rasa spiritual yang tinggi. Keimanan dan ketakwaannya bisa bertambah dan terus bertambah. Dengan demikian, menghafal Alquran bisa menciptakan generasi saleh dan berakhlak mulia.

2. Manfaat etika dan akhlak

Menghafal Alquran bisa menciptakan generasi yang penuh etika dan akhlak. Sebagai gambaran, seorang penghafal Alquran harus menyetorkan hafalannya kepada gurunya. Ketika berhadapan dengan guru, mereka harus beretika terhadap guru. Seorang murid harus menunjukkan etika dan kesopanannya. Jika hal ini berlangsung terus-menerus, maka orang tersebut bisa dipastikan mempunyai etika dan akhlak yang mulia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Manfaat intelektual

Salah satu manfaat menghafal Alquran adalah penguatan otak. Otak adalah salah satu anggota tubuh. Jika digunakan terus-menerus, anggota tubuh akan semakin kuat. Begitu juga dengan otak manusia. Otak manusia seperti kumparan dalam mesin listrik. Ketika menghafal ayat-ayat Alquran, kumparan itu akan terus berjalan. Dengan terus berjalan, mesin akan aktif dan dinamis. Sel-sel dan partikel di otak akan aktif. Aktifnya sel dalam otak akan memperkuat otak itu sendiri Hal ini akan bermanfaat untuk mengolah data yang masuk ke dalam otak. Apalagi jika materi untuk menjalankan kumparan itu adalah Kalamullah yang demikian mulia. Hasilnya akan lain dibandingkan dengan ungkapan yang lain.

4. Manfaat keilmuan


Di antara manfaat menghafal Alquran, secara keilmuan khususnya bagi mereka yang sudah bisa mengerti isi kandungan Alquran, adalah mereka akan menemukan banyak sekali ungkapan yang terkait dengan berbagai macam keilmuan, yaitu banyak menghafal kosakata, kaidah-kaidan nahwu dan sharaf, menghafal dalil-dalil hukum, menghafal dalil sejarah, menghafal kata-kata hikmah, mengahafal ayat-ayat kauniya, ayat tentang akidah dan tema-tema kehidupan.

Seperti dilansir dari website NUDepok.com, anggota JQH NU Depok Moch Ikmaluddin menjelaskan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat menghafal Alquran. Oleh karena itu generasai muda seharusnya belajar menghafal Alquran.

"Terkadang masih ada stigma menghafal Alquran harus khatam tiga puluh juz sehingga hal itu malah menjadi momok yang menakutkan. Padahal menghafal Alquran bisa di mulai dari Juz Amma atau surat-surat pilihan, yang penting mulai saja dulu," pungkasnya.

1
2
  • #manfaat
  • #Alquran
  • #Menghafal Alquran
  • #manfaat menghafal alquran

Video

Advertising