Apa saja rumus dasar excel?

Suara.com - Salah satu skill dasar yang wajib kita kuasai karyawan adalah mengoperasikan Microsoft Excel, sebuah program serbaguna yang memudahkan kita dalam melakukan kompeutasi harian. Apakah kalian hafal rumus dasar excel?

Microsoft Excel menjadi bagian dari Microsoft Office yang bagi anda yang bersinggungan dengan spreadsheet (program pengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Pengguna Excel ketika pertama kali mempelajarinya adalah kesulitan dalam menghafalkan rumus-rumusnya.

Berikut kami rangkumkan untuk anda 10 rumus dasar excel beserta fungsinya.

10 Rumus Dasar Excel

Baca Juga: Cara Membuat Drop Down List di Excel

Diantara semua jenis Microsoft Office yang ada. Microsoft excel menjadi salah satu program yang penggunaanya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan jenis lainnya. Tentunya berdasarkan fakta bahwa program ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah proses pengolahan data.

Untuk dapat mengoperasikan excel secara mudah maka pengguna diwajibkan untuk dapat menghafal rumus-rumus tertentu, berikut adalah 10 rumus dasar excel yang perlu anda ketahui:

1.       SUM

Rumus dasar excel yang pertama ialah ‘SUM’, rumus ini digunakan untuk dapat menjumlahkan setiap angka yang terdapat pada sebuah table. Pengaplikasian rumus ini dapat dilakukan untuk menambahkan data tiap cell, data tiap range, ataupun data dalam beberapa range.

2.       IF

Baca Juga: Beragam Cara Menggunakan Autofill di Microsoft Excel

Rumus IF difungsikan untuk mengembalikan nilai, apabila ada pernyataan yang bernilai benar. Rumus IF juga dapat didunakan untuk menampilkan nilai jika pernyataan bernilai salah.

Rumus ini juga dapat dipakai pada berbagai kondisi, caranya dengan menggabung beberapa fungsi IF sekaligus.

3.       LOOKUP

‘LOOKUP’ ialah sebuah rumus yang digunakan untuk dalam mencari nilai data pada suatu kolom atau row. Namun pemanfaatan rumus LOOKUP kurang populer jika dibandingkan dengan rumus ‘VLOOKUP’ dan ‘HLOOKUP’.

4.       VLOOKUP

Cara kerja rumus excel ini hampir menyerupai rumus ‘LOOKUP’, ketika rumus ini diaplikasikan maka akan muncul hasil yang berbentuk beberapa nilai pada beberapa kolom menurut urutan kolom yang dituju.

5.       MATCH

Fungsi rumus MATCH adalah mencari suatu nilai di sebuah tabel. MATCH juga akan menampilkan nomor urutan nilai yang dicari.

6.       CHOOSE

“CHOOSE’ diaplikasikan bagin pengguna untuk memilih dan menunjukkan suatu nilai di sekumpulan nilai. Rumus excel ini dapat digunakan untuk memilih satu dari 254 nilai menurut nomor indeks.

7.       DATE

‘DATE’ berfungsi untuk menunjukkan nomor seri yang sekuensial dengan representasi tanggal. Rumus excel ini bermanfaat apabila menemukan suatu situasi yang mana tahun, bulan, dan tanggal ada pada cell yang terpisah.

8.       DAYS

Untuk menjumlah jumlah hari pada dua tanggal anda dapat menggunakan rumus ‘DAYS’. Selain itu, fungsi ini juga bisa dipergunakan untuk menghitung mundur sebuah acara atau menunjukkan masa kedaluwarsa.

9.       FIND

Untuk dapat menemukan suatu teks atau potongannya dalam cell yang berisi sebuah teks panjang anda dapat menggunakan rumus dasar excel ini. Selain itu rumus ini juga dapat menghitung tiap karakter, baik byte tunggal atau ganda sebagai satu, terlepas pengaturan default bahasanya.

10.   INDEX

Fungsi INDEX adalah mengambil atau menghasilkan nilai range atau tabel. Fungsi tersebut akan mengambil suatu nilai tertentu pada range atau tabel, sebagaimana dengan yang diinginkan.

Demikian adalah ulasan tentang 10 rumus dasar Excel yang perlu anda ketahui. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu memberikan kemudahan bagi anda sekalian untuk dapat mempelajari excel lebih dalam lagi.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Membuat rumus sederhana di Excel

Excel untuk Microsoft 365 Excel untuk Microsoft 365 untuk Mac Excel 2021 Excel 2021 for Mac Excel 2019 Excel 2019 untuk Mac Excel 2016 Excel 2016 untuk Mac Excel 2013 Excel 2010 Excel 2007 Excel untuk Mac 2011 Lainnya...Lebih sedikit

Anda dapat membuat rumus sederhana untuk melakukan penambahan, pengurangan, pengalian, atau pembagian nilai dalam lembar kerja. Rumus sederhana selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=), diikuti oleh konstanta yang berupa nilai numerik dan operator penghitungan seperti tanda plus (+), minus (-), tanda bintang(*), atau garis miring (/).

Mari kita ambil contoh rumus sederhana.

  1. Di lembar kerja, klik sel tempat Anda ingin memasukkan rumus.

  2. Ketik tanda = (sama dengan) diikuti oleh konstanta dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda gunakan dalam perhitungan.

    Untuk contoh kami, ketik =1+1.

    Catatan: 

    • Daripada mengetik konstanta ke dalam rumus Anda, Anda dapat memilih sel berisi nilai yang ingin Anda gunakan dan masukkan operator di antara sel yang dipilih.

    • Mengikuti urutan standar operasi matematika, perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penjumlahan dan pengurangan.

  3. Tekan Enter (Windows) atau Return (Mac).

Mari kita ambil contoh rumus sederhana lainnya. Ketik =5+2*3 di sel lain, lalu tekan Enter atau Return. Excel mengalikan dua angka terakhir dan menjumlahkan angka pertama dengan hasilnya

Menggunakan Jumlah Otomatis

Anda dapat menggunakan Jumlah Otomatis untuk menjumlahkan kolom atau baris atau angka dengan cepat. Pilih sel di samping angka yang ingin Anda jumlahkan, klik Jumlah Otomatis pada tab Beranda, tekan Enter (Windows) atau Return (Mac), dan selesai!

Ketika Anda mengklik Jumlah Otomatis, Excel akan otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi SUM) untuk menjumlahkan angka.

Catatan:  Anda juga dapat mengetikkan ALT+= (Windows) atau ALT+

+= (Mac) ke dalam sel, dan Excel akan menyisipkan fungsi SUM secara otomatis.

Inilah contohnya. Untuk menambahkan angka di bulan Januari dalam anggaran Hiburan, pilih sel B7, sel berada tepat di bawah kolom angka. Selanjutnya klik JumlahOtomatis. Rumus muncul di sel B7, dan Excel menyorot sel yang Anda jumlahkan.

Tekan Enter untuk menampilkan hasil (95.94) di sel B7. Anda juga bisa melihat rumus di bilah rumus pada bagian atas jendela Excel.

Catatan: 

  • Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel yang berada tepat di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan baris angka, pilih sel yang berada tepat di sebelah kanan.

  • Ketika Anda membuat rumus, Anda bisa menyalinnya ke sel yang lain daripada mengetiknya berulang kali. Sebagai contoh, jika Anda menyalin rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara otomatis menyesuaikan terhadap lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.

  • Anda juga bisa menggunakan JumlahOtomatis pada lebih dari satu sel sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menyorot baik sel B7 maupun C7, klik JumlahOtomatis, dan menjumlah di kedua kolom pada saat yang sama.

Salin contoh data di dalam tabel berikut ini, dan tempelkan ke dalam sel A1 lembar kerja Excel yang baru. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

Catatan: Agar rumus menampilkan hasil, pilih rumus, tekan F2, lalu tekan Enter (Windows) atau Return (Mac).

Data

2

5

Rumus

Deskripsi

Hasil

=A2+A3

Menambahkan nilai di sel A1 dan A2

=A2+A3

=A2-A3

Mengurangi nilai di sel A2 dari nilai di A1

=A2-A3

=A2/A3

Membagi nilai di sel A1 dengan nilai di A2

=A2/A3

=A2*A3

Mengalikan nilai di sel A1 dengan nilai di A2

=A2*A3

=A2^A3

Menaikkan nilai di sel A1 ke nilai eksponensial yang ditetapkan di A2

=A2^A3

Rumus

Deskripsi

Hasil

=5+2

Menambahkan 5 dengan 2

=5+2

=5-2

Mengurangi 2 dari 5

=5-2

=5/2

Membagi 5 dengan 2

=5/2

=5*2

Mengalikan 5 dengan 2

=5*2

=5^2

Menaikkan 5 ke pangkat ke-2

=5^2

Perlu bantuan lainnya?

Anda dapat bertanya kapan saja kepada pakar di Komunitas Teknologi Excel atau mendapatkan dukungan di Komunitas Jawaban.

Perlu bantuan lainnya?

Rumus Excel dasar apa saja?

Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja, Wajib Catat Nih!.
IF. Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. ... .
SUM. Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka. ... .
Count. ... .
CountA. ... .
CountIF. ... .
SumIF. ... .
Match. ... .
VLookUp..

Rumus Excel apa saja yang harus dikuasai admin?

Rumus Excel yang harus dikuasai oleh admin ada beragam. Contohnya saja IF, VLOOKUP, HLOOKUP, SUM, AVERAGE, dan sebagainya. Seorang admin tentu saja perlu menguasai semua rumus tersebut.

Bagaimana cara membuat rumus di Excel?

Membuat rumus sederhana di Excel.
Di lembar kerja, klik sel tempat Anda ingin memasukkan rumus..
Ketik tanda = (sama dengan) diikuti oleh konstanta dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda gunakan dalam perhitungan. Untuk contoh kami, ketik =1+1. Catatan: ... .
Tekan Enter (Windows) atau Return (Mac)..

Apa rumus perkalian di Excel?

Untuk melakukan tugas ini, gunakan operator aritmatika * (tanda bintang). Misalnya, jika Anda mengetik = 5 * 10 dalam sel, sel Menampilkan hasil, 50.