Apa saja unsur unsur dalam debat?

Fimela.com, Jakarta Debat adalah seni dalam berbicara dan memertahankan argumen sehingga orang yang berdebat diharapkan mampu memiliki kualitas berpikir dan cara berbicara yang baik. Debat yang dimaksud dalam hal ini bukanlah debat yang sifatnya informal seperti yang mudah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi merupakan debat yang dalam rangka kompetisi maupun suatu kegiatan resmi untuk kepentingan dan tujuan tertentu.

Tentu saja dalam berdebat, kita tidak boleh sembarang mengutarakan argumen karena apapun yang kita ungkapkan harus mampu dipertanggungjawabkab. Itulah mengapa data dan fakta adalah kekuatan dalam debat itu sendiri. Selain data dan fakta, debat yang resmi juga memiliki aturan sehingga setiap orang dapat gilirannya untuk berbicara.

TERKAIT: Sambut Hari Sumpah Pemuda, UNDP dan BAPPENAS Ajak Mahasiswa Ikuti Debat
TERKAIT: Debat adalah Seni dalam Berbicara, Berikut Pengertian, Tujuan, dan Etikanya
TERKAIT: Debat dengan Ortu dan Camer Soal Persiapan Nikah Memang Menguras Emosi

Debat dalam ranah akademik digunakan bukan untuk mempermalukan atau menyinggung lawan, tetapi mencari alternatif ataupun solusi yang terbaik pada permasalahan yang diperdebatkan. Melalui debat, kita bisa melihat argumen mana yang kuat dan lebih logis untuk dijadikan keputusan.

Nah, untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas unsur-unsur debat, lengkap beserta tujuan dan macamnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Video

Advertising