Apa sajakah variasi gerak dasar non lokomotor dalam permainan kasti?

Sebutkan variasi gerak dasar dalam permainan kasti, Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif,pembahasan materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD kurikulum 2013.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajarigerak dasar dalam permainan bola basket. Selanjutnya, kamu akan mempelajari gerak dasar permainan kasti. Bagaimana variasi gerak dasar dalam permainan ini? Berikut akan kami sajikan pembahasan secara singkat dan lengkap tentunya.

Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Kasti

Apa yang dapat kamu ceritakan dari Gambar 2.1? Gambar tersebut menunjukkan aktivitas bermain bola kecil, yaitu kasti. Permainan kasti termasuk salah satu permainan tradisional Indonesia. Permainan ini berkembang di Indonesia secara turun-temurun. Hingga saat ini, masyarakat dapat menyaksikan ataupun memainkan bola kasti. Sepantasnya kita bersyukur atas karunia Tuhan ini, dengan ikut menjaga dan melestarikan permainan bola kasti.

Tahukah kamu, dalam permainan kasti, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif? Pada Gambar 2.1, tampak beberapa anak melakukan gerak dasar manipulatif. Memukul bola kasti merupakan contoh gerak manipulatif. Bagaimana dengan gerak lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan kasti? Mari, kita pelajari pelajaran ini untuk menemukan jawabannya.

Kasti merupakan permainan berkelompok. Sebagai permainan berkelompok, kasti dapat meningkatkan kekompakan dan kerja sama antaranggota kelompok. Kasti dimainkan oleh dua kelompok. Satu kelompok sebagai kelompok pemukul dan satu kelompok sebagai kelompok penjaga. Kelompok yang mendapat nilai terbanyak menjadi pemenang. Untuk memainkan kasti, diperlukan bola kasti, tongkat pemukul, dan tiang hinggap.

Amatilah kembali aktivitas fisik seperti Gambar 2.1. Pada Gambar 2.1, tampak beberapa anak bermain bola kasti. Pada permainan kasti, terdapat variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Contoh gerak lokomotor dalam permainan kasti ialah berlari dan berjalan. Contoh gerak nonlokomotor dalam permainan kasti ialah meliuk, mengayun dan menekuk. Contoh gerak manipulatif dalam permainan kasti ialah melempar bola, menangkap bola, memukul bola, dan memantulkan bola.

Gerak Lokomotor Permainan Kasti

Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

- Berjalan dan Berlari.

- Berlari dan Melompat.

- Berlari Lurus Cepat dan Lari Berkelok-kelok.

Lihat langkah-langkah gerakan secara lengkap DISINI

Gerak Nonlokomotor Permainan Kasti

Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan kasti?

- Menekuk Kaki dan Tangan.

- Memutar Badan dan Mengayunkan Tangan.

- Menekuk dan Mengayunkan Tangan.

Gerak Manipulatif Permainan Kasti

Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan kasti?

- Melempar Bola Melambung, Mendatar, dan Bawah.

- Menangkap Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah.

- Memukul Bola Melambung, Mendatar, dan Menyusur Tanah.

- Pembelajaran Variasi Gerak Manipulatif Dasar dalam Permainan Kasti.

Demikian penjelasan materi PJOK sebutkan variasi gerak dasar dalam permainan kasti secara lengkap. Silahkan baca materi lainnya di kolom pencarian. Terimakasih

Share this post