Apa yang dimaksud bounce pass dalam permainan bola basket

Selasa, 28 September 2021, 05:01 WIB

Pebasket Sierra Calrk memperlihatkan cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket. (Foto: cuieagles.com)

TIDAK banyak yang mengetahui  cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket dengan benar. Padahal ini adalah satu kemampuan passing yang sangat penting dari permainan olahraga yang pertama kali dimainkan pada 21 Desember 1891 atau sekitar 129 tahun lalu tersebut. 

Bounce pass adalah salah satu teknik passing atau operan yang dilakukan dengan cara memantulkan bola dengan dua tangan ke lantai dengan titik pantul 2/3 dari jarak teman atau tim satu regu atau tim. 

Passing dalam bola basket bisa dilakukan lewat atas atau bawah pemain. Teknik passing yang penggunaannya melewati bawah pemain yakni operan memantul atau biasa dikenal dengan istilah bounce pass.

Penggunaan teknik bounce pass dilakukan untuk menghindari lawan dengan badan yang lebih tinggi dengan cara di pantul kan saat bola akan diberikan kepada kawan namun tak ada ruang maupun terdapat pemain lawan. Ketika melakukan umpan pantul, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemain.

Seperti arah bola harus tepat sasaran agar tidak direbut lawan, timing dan kekuatan umpan. Karena itu, agar teknik bounce pass bisa sempurna perlu dilakukan latihan teknik melakukannya dengan benar.

Cara Melakukan Bounce Pass Bola Basket

  
1. Sikap permulaan sama dengan operan setinggi dada.

2. Pegang bola setinggi dada menggunakan dua tangan

2. Arahkan bola tiga perempat jarak dengan rekan yang ingin diumpan, sehingga bola akan memantul dari lantai dalam posisi yang menguntungkan untuk diterima, kira-kira setinggi pinggang

3. Lepaskan atau dorong bola dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima.

4. Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima.

Biasanya ada beberapa kesalahan dalam penggunaan teknik bounce pass. Berikut kesalahan umum yang biasanya terjadi:

1. Posisi kaki yang tidak dibuka pada saat awalan dan kaki tidak maju saat memantulkan

2. Jarak pantulan ke lantai terlalu jauh

3. Kekuatan lemparan yang lemah dan terlalu keras

4. Cara memegang bola yang salah dengan menggunakan seluruh bagian telapak tangan.

Kendati demikian, teknik bounce pass ini dapat dilatih dan diasah. Adapun cara yang dapat dilakukan, yakni berpasangan dan berhadapan dengan jarak 3 meter kemudian melakukan bounce pass ke arah pasangan secara bergantian. (zahran fathin)

Editor : Maruf

Dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik dalam mengoper bola (passing), salah satunya adalah bounce pass (operan pantul).

Apa pengertian bounce pass bola basket, dan bagaimana cara melakukan operan dengan teknik ini? Simak video dan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Bounce pass adalah teknik melempar bola dengan ke teman satu tim dengan cara dipantulkan ke lantai.

Secara teori, melakukan bounce passing adalah pada titik pantul 2/3 dari jarak target kawan satu tim. Teknik ini salah satu teknik mengoper untuk menghindari atau mengelabui lawan sehingga lawan tidak mampu merebut bola.

Bounce passing sangat baik dilakukan dalam pertandingan pada sasaran yang melakukan backdoor cut dan saat pemain di hadang lawan sehingga sulit mencapai passing line.

Ketika melakukan passing atau operan harus mempertimbangkan beberapa hal di antaranya:

  • Arah bola harus tepat ke sasaran teman agar terhindar dari serobotan lawan
  • Timing harus tepat
  • Perasaan
  • Hindari lemparan menyilang.

Operan pantulan atau bounce pass digunakan untuk menerobos lawan dengan cara bola dipantulkan ke samping kanan dan kiri lawan. Operan ini hampir sama dengan operan dada atau chest pass hanya saja operan ini dipantulkan terlebih dahulu.

[irp posts=”1575″ name=”Macam-Macam Passing dalam Permainan Bola Basket”]

Bounce pass atau operan pantul adalah gerakan passing yang dilakukan agar penerima dapat menangkap bola dari pantulan ke daerah pinggul penangkap bola tersebut. Operan jenis ini dapat dilakukan dengan dua tangan maupun satu tangan.

Teknik bounce pass ini digunakan ketika ada pemain lawan dan tidak ada ruang untuk memberikan bola kepada kawan, alternatifnya menggunakan teknik bounce pass dengan memantulkan bola terlebih dahulu.

Teknik Bounce Pass Basket

Untuk melakukan bounce passing diperlukan beberapa pemahaman teknik agar operan dapat dilakukan dengan baik dan bola dapat mendarat di tangan teman.

Berikut ini teknik cara melakukan bounce pass yang benar:

  1. Sikap badan tegak lurus
  2. Siku ditekuk di samping badan dan posisikan bola di depan badan
  3. Salah satu kaki maju ke depan
  4. Lutut ditekuk, tumpukan berat badan di antara dua kaki
  5. Condongkan badan ke depan, tubuh rileks agar mendapat keseimbangan
  6. Dorong bola ke arah lantai dengan sasaran ¼ dari sasaran
  7. Lemparan bola di awali dengan sedikit menarik bola ke arah dada untuk mendapatkan awalan di akhir dengan lecutan pergelangan tangan dengan telapak tangan menghadap ke luar.

Secara singkat, cara melakukan teknik bounce pass:

  1. Pelaksanaannya hampir sama dengan operan dada.
  2. Bola dilepas atau didorong dengan tolakkan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan.
  3. Bila berhadapan dengan lawan bola diarahkan ke samping bawah lawan kanan ataupun kiri.

Berikut ini gambar tentang teknik bounce pass:

Itulah pengertian dan cara melakukan bounce pass bola basket yang benar. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin berlatih passing bola basket.

Jelaskan apa itu bounce pass pada permainan bola basket?

Pengertian bounce pass dalam basket Berdasarkan teori, bounce pass adalah lemparan pada titik pantul 2/3 dari jarak target teman satu tim. Biasanya teknik mengoper ini digunakan untuk menghindari atau mengelabui lawan, sehingga tidak bisa merebut bola.

Apa yang dimaksud dengan bounce pass bounce pass?

2. Bounce Pass Bounce pass adalah teknik mengumpan dengan cara melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima.

Apa yang dimaksud dengan operan pantul?

Sementara itu, bounce pass adalah teknik mengoper yang dilakukan dengan cara melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima. Bounce pass disebut juga dengan istilah operan pantul.