Apa yang dimaksud dengan celakalah orang yang shalat pada ayat ke 4 surah al ma un jelaskan?

Shalat menjadi salah satu pembuktian atas penghambaan kita kepada Allah swt. Ibadah 5 waktu ini benar-benar ditekankan dalam ajaran Islam. Karena perintah ini langsung disampaiakan Allah swt kepada Nabi Muhammad tanpa perantara. Namun demikian masih ada dari kita yang justru menggampangkan ibadah ini. Padahal dalam Surat Al-Ma’un ayat 4-7 telah diingatkan tentang celakanya mereka yang lalai dalam melaksanakan Shalat.

Tafsir Surat al-Ma’un ayat 4-7

Surat al-Ma’un merupakan salah satu surat dari sekian banyak surat/ayat yang mengintakan umat Islam agar tidak melalaikan Shalat. Adapun bunyi ayat tersebut ialah:

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)

“Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang yang berbuat riya’, dan enggan (menolong dengan) barang berguna”

Pada 3 ayat sebelumnya telah dijelaskan perihal para pendusta agama dengan menjelaskan sikap-sikap yang tercela terhadap sesama manusia. Sedangkan pada ayat berikutnya lebih menguraikan tentang perbuatan buruk terhadap Allah swt.

Seperti yang dijelaskan dalam Tafsir al-Munir, Wahbah az-Zuhaili mengambil riwayat dari ibn ‘Abbas yang mengatakan bahwa ayat ke-empat ini turun berkaitan dengan orang munafik yang menunaikan shalat jika orang mukmin melihatnya. namun ketika sendirian, mereka tidak melaksanakannya serta menahan untuk menolong dengan sukarela. Riwayat ini juga dikutip dalam Tafsir Jalalain.

Adanya huruf ف pada awal ayat ke 4 menjadi penghubung dengan kalimat sebelumnya sehingga menurut Quraish Shihab kalimat sebelum dan sesudahnya seperti hubungan sebab akibat. Ini seperti yang juga dijelaskan oleh Husain Thabathaba’i dalam tafsir al-Mizan bahwa adanya huruf ف menunjukan keterkaitan antara orang yang mendustakan agama/hari pembalasan dengan mereka yang lalai dalam sahalatnya.

Baca juga: Al Qur’an Maghribi, Mushaf Unik yang Huruf Qaf-nya Bertitik Satu

Mereka yang Lalai

dalam Tafsir al-Quran al-Adzim, Ibn kathir menjelaskan bahwa makna lil mushallin menunjukan pada mereka yang ahli shalat dan biasa melakukannya Adapun kata سَاهُونَ pada ayat ke 5, Nasir Makarim Syirazi dalam Tafsir al-Amtsal menjelaskan bahwa kata saahun berakar pada kata sahwun dan ini merupakan sumber kelalaian manusia. Sedangkan pada ayat ini, kata tersebut lebih menekankan pada kelalaian terhadap seluruh bagian-bagian shalat.

Ibn kathir dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa makna lil mushallin menunjukan pada mereka yang ahli shalat dan biasa melakukannya. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kelalaian ini terjadi pada tiga hal, pertama ialah mereka yang lalai dalam melaksanakan shalat seperti lalai terhadap syarat maupun rukun dalam shalat. Kedua ialah mereka yang lalai dalam waktu shalat, yakni yang mengakhirkan waktu shalat (tanpa ada udzur) dan menjadikannya kebiasaan. Dan ketiga ialah mereka  yang lalai dalam kekhusyuan.

Berbeda dengan al-Zamakshsyari, dalam al-kasysyaf disebutkan bahwa penggunaan kata عَنْ ini dipahami bahwa yang dimaksud lalai ialah mereka yang meninggalkan shalat dan minimnya kepedulian mereka terhadap ibadah tersebut. Al-Qurthuby juga sependapat akan hal itu, ia menambahkan dalam tafsirnya bahwa jika lalai yang dimaksud ialah dalam salat, tentu ancaman itu akan menimpa seluruh orang beriman karena dalam shalat tidak menutup kemungkinan mereka mendapat bisikan setan maupun lupa dengan sendirinya. Dan itu hal yang manusiawi.

Baca juga: Memahami Kalimat Ta’awwudz Sebelum Membaca Al-Quran dengan Metode Tadabbur

Mereka yang Riya’ dan Enggan Membantu

Perbuatan riya’ merupakan hal yang sulit terlihat, bahkan mustahil untuk diketahui orang lain. riya’ sendiri merupakan penyakit hati dimana seseorang beramal bukan karena Allah melainkan untuk mendapat popularitas semata. Bahkan Rasul menyamakan perbuatan riya’ dengan syirik kecil seperti sabdanya yakni:

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ ” قَالُوا: وَمَا الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: ” الرِّيَاءُ “

Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah syirik kecil” mereka bertanya: Apa itu syirik kecil Wahai Rasulullah?, Rasul menjawab : Riya”(HR. Ahmad)

Adapun pada ayat terakhir, Husain Thabathaba’i mengatakan bahwa al-Ma’un yakni membantu orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti memberi makanan atau meminjamkan barang-barang yang diperlukan orang lain.

Quraish Shihab berpandangan bahwa ayat 6 dan 7 masih memiliki keterkaitan erat dengan ayat-ayat sebelumnya. Menurutnya kelalaian dalam shalat senantiasa dilakukan oleh orang-orang yang selalu berbuat riya’, tidak ikhlas, munafik, dan suka menghalangi dirinya dan orang lain dalam membantu sesama. Dalam tafsir al-Misbah, ia malanjutkan bahwa azab dan kecelakaan akan menimpa bagi mereka yang bersembahyang dengan hati yang lalai, beramal dengan riya’ dan tidak mau meminjamkan barang-barang miliknya kepada orang yang membutuhkan. 

Baca juga; Tidak Sama yang Buruk dengan yang Baik, Jangan Terjebak Keburukan yang Melenakan!

Sebuah Renungan dan Introspeksi Diri

Kemukjizatan al-Quran begitu sangat jelas terlihat dari isi-sisnya yang seimbang. Tidak hanya membawa kabar gembira (Basyiran) tapi juga menyampaikan ancaman (Nadliron). Ini sudah menjadi konsekuensi umat Islam dalam beriman dan bertaqwa.

Tak bisa dipungkiri juga bahwa semua hal yang disinggung dalam surat al-Ma’un banyak dilakukan oleh umat Islam hingga sekarang. Kecaman bagi mereka yang lalai dalam menjalankan ibadah hingga tidak mau membantu kepada sesama menjadi cambuk peringatan bagi kita untuk senantiasa bermuhasabah diri dan tak henti-hentinya selalu bertaubat dengan memperbaiki kesahalan yang telah lalu. Wallahu A’lam

"Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna."(QS Almaun, 4-6).

REPUBLIKA.CO.ID, Said Quthb dalam tafsir Fizilalil Quran mengungkapkan, tiga ayat tersebut adalah doa ancaman kebinasaan bagi orang-orang yang lalai dari shalatnya. Mereka mengerjakan shalat tapi tidak menegakkan shalat. Mereka menunaikan gerakan shalat dan mengucapkan doa-doanya tetapi hati mereka tidak hidup bersama shalat. Ruh mereka tidak menghadirkan hakikat shalat, hakikat bacaan, doa-doa, dan zikir dalam shalat. 

Karena itu mereka melalaikan shalat meski mengerjakannya. Menegakkan shalat sepatutnya menghadirkan hakikatnya dan melakukannya hanya karena Allah semata. Shalat yang lalai itu pun tidak memberi bekas di dalam jiwa. Dampaknya, mereka enggan memberi bantuan dengan barang-barang yang berguna. Tak mau memberi pertolongan dan enggan berbuat kebajikan kepada saudara-saudaranya sesama manusia. Shalat yang lalai itu pun menjadi debu berhamburan karena tak berbekas dalam hati. 

Quraish Shihab dalam tafsir Al Misbah menyebutkan tiga ayat tentang lalainya seseorang dalam shalat berhubungan dengan ayat-ayat sebelumnya di surah yang sama. Di dalam surah Al Maun ayat 1-3 menjelaskan siapa yang mendustakan agama yakni mereka yang menghardik anak yatim dan tidak memperlakukannya dengan baik. Mereka pun disebut sebagai orang yang tidak saling menganjurkan memberi pangan kepada orang yang butuh,  orang yang mendustakan agama dan mengingkari hari Pembalasan. 

Pada ayat 1-3, tidak ada penjelasan mengenai kecelakaan yang menimpa mereka. Sementara pada 4-7 mengandung ancaman kecelakaan.

Quraish Shihab menulis bahwa Al-Mushallin (orang-orang yang shalat) pada ayat ke-4 tidak didahului dengan kata atau seakar dengan Aqimu. Biasanya, Alquran menggunakan kata Aqimu dan yang seakar dengannya bila yang dimaksudkan adalah shalat yang sempurna rukun dan syarat-syaratnya. Kata Aqimu atau yang seakar dengannya itu mengandung makna pelaksanaan sesuatu dalam bentuk yang sempurna. 

Karena itu, pendiri Pusat Studi Quran itu menyimpulkan bahwa kata Al Mushallin pada ayat di atas yang tanpa didahului kata Aqimu mengisyaratkan bahwa shalat mereka tidak sempurna dan tidak khusyuk. Shalatnya pun tidak memperhatikan syarat dan rukun-rukunnya atau tidak menghayati arti dan tujuan hakiki dari shalat. 

Ayat Fawaylulil mushallin kemudian disambung dengan dua ayat berikutnya  '(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna'.

Ini merupakan kecaman terhadap orang-orang lalai serta lupa dalam shalatnya. Hatinya itu ditujukan kepada sesuatu selain dari shalatnya. Dengan kata lain, celakalah orang-orang yang tidak khusyuk dalam shalatnya. 

Lalainya shalat juga pernah disabdakan Rasulullah SAW. Pada satu kali, Rasulullah pernah menyampaikan kekhawatiran tentang sesuatu yang di kemudian hari bisa menjangkiti umatnya. Beliau bersabda, "Sesungguhnya ada sesuatu yang aku takutkan di antara sesuatu yang paling aku takutkan menimpa umatku kelak, yaitu syirik kecil.

Para sahabat bertanya, "Apakah syirik kecil itu?" Beliau menjawab, riya. Dalam sebuah hadis diceritakan pula bahwa di akhirat kelak akan ada sekelompok orang yang mengeluh, merangkak, dan menangis. Mereka berkata, "Ya Allah di dunia kami rajin melakukan shalat, tapi kami dicatat sebagai orang yang tidak mau melakukan shalat."

Para malaikat menjawab, "Tidakkah kalian ingat pada waktu kalian melakukan shalat kalian bukan mengharap ridha Allah, tapi kalian mengharap pujian dari manusia, kalau itu yang kalian cari, maka carilah manusia yang kau harapkan pujiannya itu."