Apa yang dimaksud dengan iso 14001

Apa Itu ISO 14001ISO 14001 merupakan standar yang disepakati secara internasional yang menetapkan persyaratan bagi sistem manajemen lingkungan. Standar ini membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja lingkungannya melalui penggunaan yang lebih efisien dari segala sumber daya dan mengurangi limbah, sehingga mendapatkan manfaat yang kompetitif dan kepercayaan dari para stakeholders.


Apa itu Sistem Manajemen Lingkungan ?
Sistem Manajemen Lingkungan membantu semua organisasi dalam mengidentifikasi, mengelola, mengawasi, dan mengendalikan isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan dengan cara yang “holistik”.

Standar ISO yang fokus pada sistem manajemen yang berbeda, seperti ISO 9001 untuk manajemen mutu dan ISO 45001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja, semuanya menggunakan struktur tingkat tinggi. Dengan demikian, ISO 14001 dapat diintegrasikan dengan mudah dengan sistem manajemen ISO manapun. ISO 14001 sesuai bagi organisasi dengan jenis dan ukuran apapun, baik perusahaan swasta, non-profit ataupun pemerintahan. Standar ini mengharuskan suatu organisasi untuk mempertimbangkan semua isu lingkungan yang berhubungan dengan operasi atau kegiatannya, seperti polusi udara, isu air dan salurannya, pengelolaan limbah, kontaminasi tanah, mitigasi perubahan iklim, serta penggunaan dan efisiensi sumber daya.

Seperti standar sistem manajemen ISO lainnya, ISO 14001 mencakup perlunya perbaikan yang terus menerus dari sistem organisasi dan dari pendekatan terhadap persoalan lingkungan. Standar ini telah melalui revisi, dengan perbaikan-perbaikan utama seperti pada aspek semakin pentingnya manajemen lingkungan dalam proses perencanaan strategis organisasi, input yang lebih luas dari kepemimpinan, dan komitmen yang lebih kuat untuk bersikap proaktif terhadap inisiatif-inisiatif yang meningkatkan kinerja lingkungan.


Apa manfaat yang diberikan Standar ini bagi usaha atau organisasi saya ?
Banyak alasan mengapa suatu organisasi harus melakukan pendekatan strategis dalam rangka meningkatkan kinerja lingkungannya. Mereka yang sudah menggunakan Standar ini menyampaikan bahwa ISO 14001 dapat membentu mereka dalam :

  • Menunjukkan kepatuhan terhadap segala persyaratan peraturan dan hukum saat ini dan yang akan datang
  • Meningkatkan keterlibatan kepemimpinan dan keterikatan karyawan
  • Meningkatkan reputasi organisasi dan kepercayaan para stakeholders melalui komunikasi strategis
  • Meraih tujuan-tujuan bisnis strategis dengan menyertakan isu-isu lingkungan ke dalam manajemen bisnis
  • Memberikan keuntungan keuangan dan kompetitif melalui peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya
  • Mendorong kinerja lingkungan yang lebih baik dari para pemasok dengan mengintegrasikan mereka ke dalam sistem bisnis organisasi


Semua Standar ISO senantiasa direvisi secara reguler untuk memastikan keberadaannya tetap relevan.

Mengapa ISO 14001 direvisi ?
Semua Standar ISO senantiasa di-review dan direvisi secara reguler untuk memastikan relevansinya terhadap pangsa pasar. ISO 14001:2015 harus dapat merespon tren-tren mutakhir, termasuk meningkatnya pengakuan banyak perusahaan akan pentingnya mempertimbangkan unsur-unsur internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap faktor lingkungan, seperti iklim yang terus berubah-ubah dan konteks persaingan yang terjadi. Perubahan-perubahan yang dibuat juga untuk memastikan bahwa standar ini sejalan dengan standar sistem manajemen lainnya.

Apa yang dimaksud dengan iso 14001

Apa saja yang menjadi perbaikan atau peningkatan utama ?
ISO 14001:2015 saat ini mensyaratkan:

  • Manajemen lingkungan yang lebih diperhatikan dalam arah strategis organisasi
  • Komitmen kepemimpinan yang lebih luas
  • Implementasi dari inisiatif proaktif untuk melindungi lingkungan dari bahaya dan degradasi, seperti penggunaan sumber yang berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim
  • Fokus pada pola pikir siklus hidup untuk memastikan dipertimbangkannya aspek-aspek lingkungan dari perkembangan hingga akhir hidup
  • Bertambah fokusnya strategi komunikasi dengan stakeholder

Standar ini juga membantu integrasi yang lebih mudah ke dalam sistem manajemen lainnya, dikarenakan kesamaan struktur, istilah, dan definisi.


Jika Saya sudah tersertifikasi ISO 14001:2004, Apa artinya revisi ini bagi Saya ?
Setiap organisasi diberikan masa transisi tiga tahun untuk pindah ke edisi terbaru dari standar ini, ketika revisinya sudah dipublikasikan. Setelah masa transisi, jika menginginkan sertifikat kembali, maka Anda harus mendapatkan sertifikasi dengan versi terbaru.


Haruskah Saya tersertifikasi ISO 14001 ?
Sertifkasi ISO 14001 yang terkreditasi bukanlah sebuah keharusan, karena setiap organisasi dapat memperoleh banyak manfaat dari standar ini tanpa melalui proses sertfikasi yang terakreditasi.

Akan tetapi, sertifikasi pihak ketiga – dimana lembaga sertifikasi independen melakukan audit terhadap segala kegiatan organisasi anda berdasarkan semua persyaratan dari standar ini– merupakan cara memberitahukan para pembeli, pelanggan, pemasok, dan stakeholder lainnya bahwa anda telah mengimplementasikan standar ini dengan tepat. Apalagi? Bagi sebagian organisasi, standar ini membantu mereka menunjukkan bagaimana mereka memenuhi segala persayaratan kontrak dan regulasi.

Meskipun kami mengembangkan dan mempublikasikan standar-standar, ISO tidak melakukan sertifikasi. Untuk informasi lanjut mengenai proses sertifikasi dan bagaimana menemukan lembaga sertifikasi yang tepat, silahkan kunjungi bagian “sertifikasi” di website kami (www.iso.org).


Bagaimana Saya memulai dengan ISO 14001:2015 ?
Sejumlah sumber, termasuk The ISO 14001 checklist for small business (Ceklis ISO 14001 untuk UMKM), memberikan panduan rinci mengenai bagaimana menggunakan standar ini, namun berikut adalah beberapa tip bagi anda untuk memulainya:

Tip 1 – Perjelas tujuan-tujuan anda. Apa yang anda ingin capai dengan standar ini?

Tip 2 – Dapatkan dukungan dari manajemen senior. Sangat penting bahwa para pemimpin organisasi anda mendukung tujuan dari sistem manajemen lingkungan yang efektif dan berkomitmen terhadap prosesnya.

Tip 3 – Lakukan tinjauan yang baik mengenai semua sistem dan proses yang ada yang relevan dengan dampak lingkungan organisasi anda. Hal ini dapat menjadi dasar bagi sistem manajemen lingkungan anda dan membantu mengidentifikasi segala kekurangan dengan lebih mudah.


Standar-standar lain di satu rumpun yang dapat membantu
Rumpun ISO 14000 terdiri dari sejumlah standar yang melengkapi ISO 14001, sebagian dari standar tersebut dijelaskan di bawah ini. Anda dapat juga memperoleh informasi lanjut di brosur Environ mental management – The ISO 14000 family of International Standards (Manajemen Lingkungan – Rumpun Standar Internasional ISO 14001), sebagai pengantar dasar dari rangkaian standar ISO 14000.

  • ISO 14004 memberikan panduan mengenai penetapan, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan sistem manajemen lingkungan dan koordinasinya dengan sistem manjemen lainnya.
  • ISO 14006 diperuntukkan bagi organisasi apapun yang telah mengimplementasikan sistem manajemen lingkungan sesuai dengan ISO 14001, namun dapat membantu pengintegrasian eco-design ke dalam sistem manajemen lainnya.
  • ISO 14064-1 memperjelas prinsip dan persyaratan pada tingkat organisasi mengenai kuantifikasi dan pelaporan efek gas emisi dan buang dari rumah kaca (greenhouse gas (GHG)).

Sumber: iso.org

Apa yg dimaksud dengan ISO 9001 dan ISO 14001?

ISO 9001 merupakan standar yang berfokus pada Sistem Manajemen Mutu, sementara ISO 14001 merupakan Sistem Manajemen Lingkungan.

Apa tujuan ISO 14001?

Tujuan ISO 14001 Membantu organisasi/perusahaan untuk meningkatkan kemampuannya dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Mendukung kegiatan ekonomi dan industri dengan memberikan kemampuan dan fasilitas terkait.

Apa yang dimaksud dengan ISO 45001?

ISO 45001 tahun 2018 merupakan standar bertaraf internasional yang menetapkan berbagai persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau dikenal dengan SMK3. Standar tersebut memungkinkan organisasi untuk aktif meningkatkan kinerja SMK3 untuk mencegah kecelakaan kerja.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sistem Manajemen Lingkungan Menurut ISO 14001 2015?

Menurut standar ISO 14001:2015, sistem manajemen lingkungan merupakan sebuah sistem yang mencakup struktur organisasi, tanggung jawab, perencanaan kegiatan, dan peraturan-peraturan atau kebijakan perusahaan terhadap lingkungan, terutama lingkungan sekitarnya.