Apa yang dimaksud dengan jasmani dan rohani

Dok, bagaimana orang bisa dikatakan sehat jasmani & rohani?

pria, 18 Tahun
30 Des 2017, 10:33 WIB

avataravatar-fallback

Dijawab oleh:

dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab tubuh sehat jasmani dan rohani menggunakan layanan Tanya Dokter

Sehat secara jasmani adalah sehat secara fisik dan tidak menderita sakit tertentu, sedangkan secara rohani, berarti Anda memiliki isi pikir yang sehat tanpa gangguan psikis.

Inti dari pola hidup sehat adalah menjaga pola dan asupan makanan, olahraga secara teratur, dan istirahat cukup. Makanan yang dikonsumsi harus bergizi. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus bersih, mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang tidak sehat seperti junkfood, makanan/minuman yang terlalu manis (misal minuman kaleng), makanan yang tinggi kolesterol. Makanlah banyak sayur dan buah, kurangi gula/garam, dan pastikan Anda tidak pernah melewatkan sarapan pada pagi hari.

Olahraga harus dilakukan selama 3x/minggu selama minimal 30 menit sesinya. Jika Anda jarang berolahraga mulai dari intensitas ringan seperti berjalan kaki. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memacu kerja jantung seperti berenang, berlari/jogging, bersepeda, dll.

Selanjutnya adalah istirahat yang cukup, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk terus berolahraga dan bekerja jika merasa lelah. Tubuh memerluka istirahat (terutama pada malam hari) untuk meregenerasi sel-sel dan mengoptimalkan fungsi tubuh. Tidurlah minimal 7-8 jam/hari.

Yang terakhir, hindari sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Beberapa obat tertentu, dapat sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara sembarangan dan tanpa resep dokter. Hindari juga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Berikut kampi lampirkan artikel mengenai pola hidup sehat:

5 Langkah Awal Hidup Sehat Tanpa Kanker6 Makanan & Minuman Perusak Gigi8 Tips untuk Hidup Sehat10 Petunjuk Pola Hidup SehatPola Hidup SehatDelapan Cara Unik Mencegah PenyakitDemikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Video

Advertising