Apa yang dimaksud dengan punden dan di mana benda tersebut ditemukan?

Bangunan suci berundak dan memiliki teras pada zaman praaksara digunakan sebagai… .

A. tempat menyimpan sesajen

B. sarana upacara pemujaan

C. penyimpanan jenazah kepala suku

D. tempat tinggal kepala suku

E. tugu batu untuk pemujaa

Pembahasan:

Benda yang dimaksud adalah Punden Berundak.

Punden berundak merupakan salah satu peninggalan zaman Megalitikum. Punden berundak digunakan sebagai sarana upacara pemujaan. Selain punden berundak terdapat bangunan lain peninggalan zaman megalitikum yang berhubungan dengan kepercayaan roh nenek moyang antara lain menhir, dolmen, sarkofagus, waruga dan arca.

Untuk materi lebih lanjut mengenai Zaman Pra Aksara di Indonesia dan materi sejarah lainnya bisa mengunjungi youtube berikut ini. Jangan lupa untuk suscribe like, komen, dan share. Terimakasih.

Kunci jawaban:

Bangunan suci berundak dan memiliki teras pada zaman praaksara digunakan sebagai… . B. sarana upacara pemujaan

Mari berlomba lomba dalam kebaikan. Semoga isi dari blog ini membawa manfaat bagi para pengunjung blog. Terimakasih

KORANJURI.COM – Bebatuan berbentuk balok yang ditemukan di Desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu, Buleleng diduga kuat sebagai peninggalan jaman megalitikum. Sejarawan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), I Made Pageh menyebut, bebatuan itu merupakan situs yang dibangun oleh manusia purba.

“Cara memahatnya dengan menggunakan besi yang diperkirakan setelah jaman neolitikum. Pada jaman megalitikum bebatuan digunakan untuk sarana pemujaan,” jelas Made Pageh.

Pageh merinci ada tiga ada tiga jenis batu yang biasa digunakan sebagai sarana pemujaan leluhur oleh manusia purba. Bebatuan itu antara lain, menhir atau batu berdiri, punden berundak berupa batu yang disusun bertingkat, Sarkofagus atau peti terbuat dari batu padas.

Situs prasejarah di Desa Tinggarsari dikatakan Pageh, termasuk Punden Berundak. batu tersebut sudah ada sejak jaman prasejarah. Yang menarik disitu, menurut Pageh, di Bali baru pertama ditemukan situs Punden Berundak. Meski dalam catatan yang ada, di pura-pura tua yang tersebar di Bali banyak ditemukan situs bebatuan tua.

Di Bali sendiri menurutnya sudah banyak ditemukan situs bebatuan. Situs-situs itu terutama tersebar di Pura-pura tua. Namun baru kali ini ditemukan situs Punden Berundak di Bali.

Bebatuan yang ditemukan di Pura Batur Gangsian, Desa Tinggarsari, Buleleng ini, berbentuk balok sepanjang 2 meter dan berdiameter sekitar 50 centimeter. Batu tersebut tersusun rapi dan seperti menempel pada dinding. Batu yang diduga benda prasejarah tersebut ditemukan di lahan seluas 4 hektare.  

way/be

http://koranjuri.com/punden-berundak-ditemukan-di-desa-tinggarsari-buleleng/

Fungsi punden berundak adalah sebagai tempat pemujaan arwah leluhur, tempat pemakaman, serta sebagai simbol keagungan dan kemegahan pada masa itu.

Pembahasan

Zaman Megalitikum

Zaman megalitikum adalah zaman dimana sebagian besar aktivitas manusia berhubungan dengan batu, seperti berburu, perabotan rumah, serta kebudayaan. Zaman megalitikum diperkirakan terjadi sekitar 2500-500 SM. Kebudayaan megalitikum dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang yang dibawa oleh bangsa proto melayu, dan gelombang yang dibawa oleh bangsa deutro melayu.

Ciri ciri

Zaman megalitikum memiliki beberapa ciri ciri yang membedakan dengan zaman lainnya, yaitu:

1. Mayoritas kegiatan memanfaatkan batu

2. Mengenal sistem pembagian kerja

3. Sudah bercocok tanam

4. Sudah berkembang kepercayaan animisme

5. menggunakan sistem hukum rimba (primus interpercis) untuk menentukan siapa yang berkuasa

Kehidupan

Kehidupan zaman megalitikum dalam berbagai sektor antara lain sebagau berikut.

1. Sosial

Manusia telah mengenal pembangian tugas dan sistem pemimpin dalam melaksanakan perkerjaan. Sistem ini membawa kemajuan besar dalam kehidupan manusia megalitikum

2. Budaya

Manusia telah mulai terampil menggunakan batu untuk melakukan perkerjaan sehari-hari. mereka juga telah mampu membuat makam serta bangunan sederhana, seperti punden berundak, menhir, dan batu lumpang. Mereka juga telah mampu mengasah batu hingga menjadi kapak lonjong yang lebih tajam dan licin.

3. Kepercayaan

Manusia telah mengenal kepercayaan animisme dan mulai mengembangkan kepercayaan dinamisme

Peninggalan

Zaman megalitikum memiliki banyak peninggalan karena manusia telah mampu menciptakan banyak alat dan bangunan. Beberapa alat itu tidak hancur dimakan usia dan tetap ada hingga sekarang. Beberapa peninggalan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kubur batu

Kubur batu adalah kumpulan batu yang disusun membentuk peti mati. Kubur batu digunakan untuk menyimpan mayat

2. Sarkofagus

Sarkofagus adalah peti mati yang mirip dengan kubur batu, namun bentuknya lebih lonjong. Fungsinya pun sama, yaitu menyimpan mayat.

3. Waruga

Waruga adalah bangunan makan yang memiliki atap segitiga dan fungsinya juga untuk menyimpan mayat

4. Punden berundak

Punden berundak adalah bangunan batu yang bertingkat dan umumnya memiliki puncak yang sempit. Fungsi punden berundak adalah sebagai tempat pemujaan arwah leluhur, tempat pemakaman, serta sebagai simbol keagungan dan kemegahan pada masa itu.

5. Dolmen

Dolmen adalah sebuah meja besar yang umumnya disusun oleh tiga batu besar. Dolmen berfungsi sebagai tempat sesaji dan juga sebagai tempat penujaan arwah para leluhur.

6. Menhir

Menhir adalah batu besar yang berdiri tegak seperti pilar. Menhir berfungsi sebagai peringatan dari para leluhur.

7. Arca batu

Arca batu merupakan salah satu peninggalan terpenting pada masa megalitikum. Batu diukir dengan pahat sederhana membentuk hewan maupun manusia yang melambangkan kekuatan para leluhur. Arca kuno ini menjadi latar belakang lahirnya seni memahat modern.

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

Simak Lebih Lanjut

Zaman praaksara: brainly.co.id/tugas/108316

Peninggalan zaman neolitikum: brainly.co.id/tugas/26238038

Detail Jawaban

Mapel: Sejarah

Kelas: X

Bab: III (Indonesia Zaman Praaksara)

Kata Kunci: megalitikum

Kode Kategorisasi: 10.3.3

#TingkatkanPrestasimu

Sebutkan tiga contoh peninggalan sejarah pada masa kerajaan Hindu Budha di Indonesia

B . Memunculkan ide ide budaya baru yg sesuai Dengan perkembang an zaman . Semoga bnr

Perbedaan pokok antara pemerintahan kolonial dengan pemerintahan pendudukan Jepang antara lain. A. Belanda lebih toleran terhadap perjuangan kemerdeka … an B. Jepang memindahkan pusat pemerintahan daei jakarta C. Pemerintahan jepang adlh pemerintahan militer D. Belanda adlh pemerintahan sipil dan militer.

apa saja yg kamu observasi dalam lingkungansekitar​

jelaskan isi buku habislah gelap terbitlah terang ​

sebutkan dan jelaskan ada berapa peradilan khusus yang ada di indonesia bagaimana fungsi dan kewenangannya ?

sangiran, salah satu tempat ditemukan nya fosil manusia purba merupakan daerah yg berada di lembah

Letak wilayah suatu daerah sesuai dgn keadaan yg sebenarnya disebut

4 teori mengenai masuknya agama dan budaya hindu buddah di I Indonesia

Globalisasi di bidang pendidikan ditandai dengan dibentuknya badan-badan kependidikan seperti...A. IDIB. MUIC. SPSID. PGRI​