Apa yang dimaksud dengan serealia

Meskipun banyak orang yang masih asing dengan kata serealia, tetapi tidak secara langsung kita sering mengonsumsinya.

Masyarakat di Indonesia biasanya membutuhkan jenis berbagai tanaman pangan seperti serealia untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Ada banyak sumber energi bagi tubuh manusia yang didapat dari serealia karena kaya akan kandungan karbohidrat. Bagian tanaman serealia yang dipanen biasanya ialah bijinya.

Padi, gandum, jagung, oatdan sorgun merupakan contoh tanaman serealia.

Umumnya, serealia jenis padi dan gandum dijadikan bahan utama pangan manusia. Sementara jagung, jali, oat, dan sorgun lebih sering dijadikan sebagai bahan utama industri dan pakan ternak.

Lantasapa pengertian, jenis, dan manfaat serealia bagi manusia ya?

Kali ini, Popmama.com akan membahas pengertian, jenisdan manfaat serealia yang perlu diketahui. Simak sampai bawah ya!

1. Pengertian serealia

Pexels/grizzlybear

Serealia dikenal sebagai sereal atau dalam bahasa Inggris disebut cereal.

Istilah serealia sendiri diambil dari nama dewi pertanian bangsa Romawi, yaitu Ceres. Mayoritas serealia.

Serealia merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Gramineae atau rerumputan, tergolong dalam padi-padian, yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan manusia.

Selain mengandung karbohidrat berkisar 75%, serealia juga mengandung 12% protein, 2% lemak, kaya serat, vitamin E dan B kompleks, dan unsur mineral.

Tanaman serealia ialah tanaman semusim. Artinya, tanaman tersebut hanya satu kali tanam, satu kali panen, dan tumbuh di iklim sedang.

2. Jenis-jenis serealia yang biasa dimanfaatkan

Pexels/balazs-benjamin-299828

Terdapat beberapa jenis serealia yang biasa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan, sehingga tidak heran apabila tanaman ini menjadi bahan utama makanan manusia atau pakan ternak.

Berikut ini jenis-jenis serealia yang telah Popmama.com rangkum.

1. Beras

Salah satu bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia adalah beras. Beras berasal dari tanaman padi, yang kemudian melalui proses pemisahan gabah, pengeringan, penggilingan, hingga menjadi beras dan dimasak jadi nasi.

Beras yang dimasak jadi nasi itu sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sumber karbohidrat dan glukosa yang dapat memberikan sumber energi saat beraktivitas.

Ada berbagai macam beras, antara lain beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan, dan ketan hitam.

2. Jagung

Jagung termsuk tanaman semusim yang siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari.

Siklus pertama merupakan pertumbuhan vegetatif dan siklus kedua disebut tahap pertumbuhan generatif.

Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Bagian jagung yang kaya akan karbohidratnya adalah pada bagian biji. Hampir seluruh bagian tanaman jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan dan kehidupan manusia dan hewan. Untuk hewan ternak, biasanya jagung diolah menjadi pakan.

3. Gandum

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sama seperti padi/beras. Biasanya, di Indonesia gandum diolah sebagai bahan untuk roti dan mie. Sementara di negara-negara Eropa, gandum lebih banyak dimanfatkan sebagao sumber bahan pangan pokok.

Gandun membuat tumbuh merasa kenyang lebih lama karena serat yang terkandung menghambat pencernaan karbohidrat, dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan berat badan, menyembuhkan sembelit, dan mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, gandum juga baik untuk pengindap gejala gula darah naik.

4. Sorgum

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri.

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam sorgum dapat dijadikan bioetanol yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Ada banyak manfaat yang didapat dari tanaman sorgum mulai dari daun hingga akarnya, seperti dapat dijadikan kerajinan tangan dan hiasan, sapu, sirup, memperlancar peredaran darah, menjadi sumber pakan ternak, hingga sebagai bahan dasar pembuatan pangan.

3. Manfaat serealia

Pexels/sergei-akulich-1322276

Selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok harian manusia dan mendapat kan energi untuk beraktivitas, serealia juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit, seperti diabetes, kanker, menjaga kadar gula darahdan menurunkan kadar kolesterol.

Berikut ini manfaat lain dari tanaman serealia:

  1. Baik bagi kesehatan karena kandungan protein dan patinya yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, serealia juga rendah lemak.
  2. Kandungan serat pada serealia dapat mencegah sembelit dan sangat baik bagi pencernaan.
  3. Serealia mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat meminimalisir penyakit berbahaya.
  4. Dapat membantu menurunkan risiko multimorbiditas (adanya dua atau lebih penyakit kronis).
  5. Menjadi sumber vitamin.

Itu dia pengertian, jenis, dan manfaat serealia yang biasa kita konsumsi setiap hari secara tidak langsung. Serealia menjadi pilihan bahan pangan terbaik bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

  • 7 Manfaat Tanaman Echinacea untuk Kesehatan Anak
  • Pengertian, Ciri Serta Contoh Tanaman Hidrofit, Higrofit dan Xerofit
  • Tanaman Akar Wangi dan 4 Manfaatnya untuk Ditanam di Rumah

Video