Apa yang dimaksud teknik dalam seni rupa dua dimensi

Teknik, Bahan, dan Alat dalam Seni Lukis

A. Teknik

Berbicara tentang teknik dalam melukis, ada banyak teknik yang dapat digunakan dalam melukis. Beberapa teknik yang biasa digunakan dalam melukis antara lain adalah:

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

Lukisan dengan teknik Aquarel

2. Teknik Plakat

Teknik plakat merupakan teknik yang digunakan dalam melukis yang bertolak belakang dengan teknik aquarel, dimana teknik plakat menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang objeknya.

Lukisan dengan teknik Plakat

3. Teknik Goresan Ekspresif

Teknik goresan ekspresif merupakan teknik dalam melukis yang terkesan bebas karena pembuatannya bisa menggunakan alat berupa jari, tangan, kuas, ataupun objek lain yang dianggap menarik oleh senimannya.

Lukisan dengan teknik goresan ekspresif

4. Teknik Mozaik

Teknik mozaik atau timbul merupakan pembuatan karya seni rupa yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya.

Lukisan dengan teknik goresan ekspresif

Perhatikan animasi interaktif berikut! klik pada gambar!

B. Bahan dan Alat

Media berkarya dalam seni lukis meliputi bahan dan alat. Bahan dan alat yang digunakan terdiri dari:

1. Pensil

Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

Pensil

2. Penghapus

Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan. Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur, agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi resiko merusak kertas.

Penghapus

3. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

Pensil warna

4. Krayon

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

Krayon

5.Kuas

Kuas merupakan alat yang digunakan untuk menyapukan tinta atau cat diatas kanvas.

Kuas

6. Kanvas

Merupakan bahan utama yang harus ada dalam melukis, digunakan sebagai media yang dipakai untuk menyapukan tinta atau cat dalam berkarya seni lukis.

Kanvas

7. Cat air

Adalah bahan yang digunakan sebagai media pembentuk objek berupa warna yang dikuaskan pada media kanvas.

Cat Air

8. Palet cat

Palet cat adalah alat yang digunakan sebagai tempat mengaduk dan mencampur cat atau pewarna.

Palet Cat