Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah tetap

Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah?

  1. tidak bersifat magnet
  2. hanya memiliki kutub utara
  3. hanya memiliki kutub selatan
  4. memiliki kutub utara dan selatan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. memiliki kutub utara dan selatan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah memiliki kutub utara dan selatan.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pernyataan yang benar tentang garis gaya magnet di bawah ini adalah? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah? Dilansir dari Encyclopedia Britannica, apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah memiliki kutub utara dan selatan.

Apabila suatu magnet dipotong-potong menjadi bagian terkecil Apakah sifat magnet tersebut masih sama jelaskan?

Setiap seperdua magnet batang itu memiliki sebuah kutub utara dan sebuah kutub selatan. Jadi setiap magnet yang dipotong dua akan menghasilkan dua magnet baru yang lebih kecil. Bagian terkecil sekalipun yang telah dipotong akan bersifat magnet.

Apa yang terjadi jika sebuah magnet batang dipotong menjadi 4 bagian?

Jawaban. Sebuah magnet dipotong menjadi 4 bagian maka setiap potongan tersebut masih bersifat magnet. Kutub magnet akan selalu berpasangan yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Apa yang terjadi jika magnet permanen dipotong menjadi dua bagian utara dengan selatan?

Hal tersebut membuat jika sebuah magnet dipotong menjadi dua untuk memisahkan kutub utara dan kutub selatannya, maka akan terbentuk kutub utara dan kutub selatan yang baru pada kedua potongan benda tersebut.

Apa yang terjadi jika sebuah magnet batang dipotong?

Apa yang terjadi pada kutub magnet yang dipotong?

Pembahasan. Jika sebuah magnet batang dipotong, menjadi berapapun. maka akan terbentuk magnet baru, dengan kutub utara dan selatan magnet berada di sisi yang sama dengan posisi potongan batang sama dengan posisi semula.

Jelaskan apa yang terjadi jika magnet batang dipotong?

Langkah membuat magnet dengan cara menggosok?

1. Cara Membuat Magnet dengan Sentuhan (Menggosok)

  1. Peganglah magnet tetap, lalu gosokan ujung magnet tersebut di sepanjang permukaan batang besi.
  2. Gosok besi tersebut dengan magnet secara satu arah dan lakukan secara berulang kurang lebih selama lima menit.
  3. Kemudian dekatkan besi tersebut pada jarum.

Apabila magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah

Jawaban

Magnet adalah sejenis batuan yang dapat menarik benda logam seperti besi. Di bagian dalam magnet terdiri dari atom – atom magnetik yang disebut dengan magnet elementer. Susunan magnet elementer pada magnet teratur dan memiliki arah yang sama. Hal inilah yang menyebabkan magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Apabila posisi magnet elementer ini diganggu, misalnya magnet dibakar atau dipukul – pukul, susunan magnet elementer bisa berubah menjadi tidak teratur, akibatnya magnet akan kehilangan sifat kemagnetannya.

Apabila magnet dipotong, susunan magnet elementer tidak akan berubah. Maka setiap potongannya, akan memiliki sifat kemagnetannya. Jadi, bila dipotong, setiap potongan akan memiliki kutub utara dan kutub selatan. Berapa kali dipotong, setiap potongan akan tetap menjadi magnet.

Diketahui:

Sebuah magnet dipotong tiga bagian.

Ditanya:

Potongan yang tengah ?

Jawab:

Bila magnet dipotong, maka akan akan mempunyai dua kutub. Setiap potongan akan menjadi magnet dengan dua buah kutub.

Jika magnet batang dipotong menjadi tiga bagian, maka bagian yang tengah adalah sepotong magnet dengan kutub utara dan kutub selatan.

Baca Juga:  Sebutkan jenis iklan dalam surat kabar berdasarkan ruang