Apabila pada langkah ketiga berhasil melakukan drag dan klik kiri maka akan muncul revisi

Gambar boladibuat pada“sprite” barudengan klik“Choose spritefrom library”.Kemudianmemilih bendayang menurutAnda sesuai.12. Gambar yangdihasilkan dapatdiperbesar atauperkecil sesuaikebutuhandenganmenggunakanfitur “shrink”. Klikkemudianarahkan ke“sprite” yangakan diperkecildan klik untukmemperkecil

142“sprite”. Klikkemudianarahkan ke“sprite” yangakan diperbesardan klik untukmemperbesar.D. Membuat Program Untuk PemukulPada langkah ini kita akan membuat kendali/ kontrol pada pemukul, pemukulpertama dikendalikan oleh pemain pertaman dan pemukul kedua dikendalikan olehpemain kedua. Kendali dari pemukul berupa gerakan keatas-bawah.1. Pilih pemukul yang pertama (sprite 1). Sprite 1nantinya akan dikendalikan oleh pemain pertama.2. Buat script yang memberikan perintah pada pemukuluntuk bergerak ke atas apabila ditekan huruf w.3. Pembuatan script yang memerintahkan pemukuluntuk bergerak ke bawah apabila ditekan huruf a,dapat dibuat dengan memodifikasi perintahsebelumnya.

143Pada script klik kanan dan pilih “duplicate”, kemudianganti huruf w dengan huruf a.4. Script pada pemukul kedua (sprite 2) dapat dilakukandengan cara yang hamper serupa, script pada sprite1 di-drag dan letakkan pada script ke 2. Hal tersebutjuga akan membuat duplikasi script tetapi dilakukanpada sprite yang berbeda.

1445. Kemudian ubahdari w menjadi uparrow, untukgerakan ke atas.Dan down arrowuntuk gerakan kebawah.E. Membuat Program Untuk BolaPada permainan ini, kita akan memprogram bola agar memantul ketika menyentuhtepi. Selain itu, untuk menambah kesulitan dari permainan ini jalur pantulan boladapat dibuat secara acak.1. Pilih spriteBaseball.

1452. Script tersebutmemastikan bahwapada setiap kalipermainan dimulai,posisi bola berada dikoordinat x=0 dany=0. Selanjutnya,setelah bola padaposisi tersebutmemastikan jalur bolasecara acak diantara45 sampai 135(derajat).3. Script tersebut memastikan agar bola bergeraksecepat 5 langkah dan pada saat mencapai tepi, bolatersebut akan memantul.F.Membuat Program Untuk PermainanPada langkah ini kita memastikan agar pada saat bola menyentuh pemukul makabola tersebut akan memantul dan permainan dapat dilakukan.1. Pilih sprite Baseball.

1462. Pada script yang telah adasebelumnya, akanditambahkan fungsilainnya sepertimemastikanbahwa bolaakan memantul jugaapabila mengenaipemukul.3. Script tersebutmemastikan bahwa padasaat bola menyentuhsprite 1 dan sprite 2 makabola akan memantuldengan arah yangberlawanan dengan arahdatangnya bola. Kemudiansisipkan script tersebutpada script yang telahdibuat sebelumnya.Kemudian cobalah apa yang terjadi….G. Membuat Program Untuk ScorePada langkah ini kita memastikan bahwa sistem score berjalan dengan baik,sehingga permainan berjalan dengan baik pula.

1471. Sistem score dibuatdenganmenggunakanvariabel yakni:variabel pemain 1dan pemain 2.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 214 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document