Apakah chat WA yang sudah lama dihapus bisa dilihat lagi?

Bola.com, Jakarta - WhatsApp adalah aplikasi chat yang saat ini paling banyak digunakan. Beberapa keunggulan yang membuat WhatsApp menjadi aplikasi favorit ialah gratis, ringan, dan jarang mengalami gangguan. WhatsApp juga menyediakan berbagai fitur menarik.

WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video, serta mengirim berbagai macam file, selain dapat digunakan untuk mengirim pesan berupa teks.

Fitur dan keunggulan yang dimiliki WhatsApp membuat para penggunanya merasa nyaman. Satu di antara fitur unggulan dari aplikasi ini adalah dapat mengembalikan chat lama yang pernah dihapus.

Pernahkah Anda berkeinginan mengembalikan pesan dari WhatsApp yang telah terhapus, entah sengaja atau tidak telah Anda hapus?

Bila Anda dalam kondisi seperti itu, jangan khawatir, sekarang sudah ada cara mudah untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Cara ini bisa Anda terapkan baik di ponsel berbasis iOS maupun Android. Berikut ini beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, dikutip dari laman Ngelag dan Officialjimbreuer, Selasa (13/7/2021).

Kalian pasti pernah menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirim di WhatsApp bukan? Atau bahkan menerima chat yang sudah dihapus dari orang lain? Nah, ini dia cara lihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus.

  • Cara lihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus
    • Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa bantuan aplikasi
    • Notification log
    • Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus dengan bantuan aplikasi
      • Notification History
      • Recent notification
      • WhatsRemoved+
      • Nova
  • Kesimpulan
    • Related posts:

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus dai ponsel kamu. Yang pertama tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dan yang kedua adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa bantuan aplikasi

Nah, cara pertama ini sangat mudah karena kalian hanya perlu WhatsApp yang ingin kalian lihat history chatnya saja.

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di HP.
  2. Masuklah ke bagian titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Pilihlah menu Settings atau Pengaturan.
  4. Masuklah ke bagian Chatting.
  5. Pilihlah menu History Chat atau Riwayat Obrolan.
  6. Pilihlah chat mana yang ingin kalian lihat history atau riwayat nya.
  7. Pilih menu Export dan pilihlah media untuk tempat ekspor history chat WA seperti Email, Google Drive, Line Keep, Bluetooth, Dropbox, dll.

Notification log

Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi juga bisa kalian lakukan melalui fitur notification log yang tersedia di beberapa tipe HP. Nah, kalian bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP kalian sudah memiliki fitur ini. Jika sudah, maka kalian bisa mempraktekan caranya sebagai berikut ini:

  1. Masuklah ke menu widgets pada layar home HP kalian.
  2. Pilihlah menu atau fitur notification log.
  3. Tempatkan widget yang kalian pilih tersebut di home screen HP kalian.
  4. Fitur notification log sudah aktif merekam semua notifikasi chat WhatsApp di HP kalian secara otomatis.

Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus dengan bantuan aplikasi

Cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau pihak ketiga lho! Ini dia penjelasannya.

Notification History

via play.google.com

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan untuk melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus yaitu Notification History.

Kalian bisa mendownload aplikasi ini melalui Google PlayStore secara gratis. Setelah selesai mendownload, masuklah ke menu settings atau pengaturan pada HP kalian dan pilihlah menu aplikasi.

Kemudian, carilah aplikasi Notification History dan pilih dengan cara mengkliknya. Masuklah ke menu Permission atau Izin.

Aktifkanlah semua akses ke aplikasi tersebut dan masuklah ke aplikasi Notification History ini dan pilih ikon WhatsApp. Maka, aplikasi ini akan merekam semua aktivitas obrolan yang ada di WhatsApp termasuk chat yang sudah dihapus.

Recent notification

via play.google.com

Aplikasi untuk melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus adalah Recent Notification. Kalian bisa mendownload aplikasi ini melalui Google PlayStore secara gratis.

Nah, setelah selesai mendownload, selanjutnya kalian bisa langsung membuka pengaturan atau settings pada HP kalian.

Pilihlah menu Aplikasi dan carilah aplikasi Recent Notification. Masuklah ke menu Permission atau Izin aplikasi Recent Notification tersebut.

Aktifkanlah semua akses ke aplikasi Recent Notification dan setelah itu aplikasi akan merekam semua notifikasi yang ada di HP kalian secara otomatis.

WhatsRemoved+

via play.google.com

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan sebagai cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus yaitu WhatsRemoved+ yang bisa kalian install melalui Google PlayStore secara gratis.

Setelah selesai mendownload aplikasi ini, maka Anda bisa masuk ke menu Settings atau Pengaturan yang ada di HP Anda sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya.

Lalu, carilah aplikasi WhatsRemoved+ pada menu Aplikasi dan aktifkanlah semua akses ke aplikasi ini dengan mengaktifkan pada bagian Permissions atau Izin.

Selanjutnya, bukalah aplikasi WhatsRemoved+ dan pilihlah logo WhatsApp dan setelah itu semua notifikasi chat yang ada di WhatsApp kalian akan terekam secara otomatis oleh aplikasi ini.

Nova

Aplikasi untuk melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus selanjutnya adalah aplikasi Nova. Sayangnya, aplikasi Nova ini hanya bisa digunakan untuk melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus tidak lebih dari 68 menit saja.

Kalian bisa menggunakan aplikasi Nova ini dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google PlayStore di HP kalian. Bukalah Pengaturan atau Settings pada HP kalian lalu masuklah ke menu Application atau Aplikasi dan carilah aplikasi Nova ini.

Masuklah ke aplikasi Nova dan aktifkanlah semua akses ke aplikasi tersebut dengan mengaktifkan Permission atau Izin di aplikasi ini. Setelah itu, aplikasi Nova telah aktif dan akan secara otomatis merekam semua notifikasi chat yang ada di WhatsApp di HP kalian.

Kesimpulan

Buat kalian yang sedang penasaran dengan chat WhatsApp yang sudah dihapus duluan oleh pengirimnya atau sedang ingin mengecek history chat di WhatsApp pacar kalian, sekarang kalian sudah bisa mencoba cara melihat history chat WhatsApp yang sudah dihapus ini.

Bagaimana cara melihat chat WA yang sudah lama dihapus?

Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus dengan Fitur Notification History.
Buka menu Setting di HP, lalu pilih menu Notification..
Klik Advanced settings..
Aktifkan menu notification history..
Setelah itu, semua notifikasi pesan WA yang masuk ke HP, termasuk pesan yang sudah dihapus akan muncul..

Apakah riwayat chat yang sudah dihapus bisa dikembalikan?

Uninstall WhatsApp dan install lagi. Saat muncul perintah untuk "Restore" atau "Pulihkan" chat, aplikasi akan mengambil file dari HP kamu; Klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan kembali lagi.